15 Huruf Ikhfa Dan Contohnya Beserta Suratnya

Halo teman-teman! Kali ini kita akan membahas tentang Tajwid dan Hukum Bacaan Ikhfa dalam Al Quran. Mari kita belajar bersama-sama!

Tajwid

Tajwid adalah ilmu yang mempelajari cara membaca Al Quran dengan benar. Dalam Tajwid terdapat beberapa aturan atau hukum yang harus kita pahami agar kita dapat membaca Al Quran dengan baik dan benar.

Seperti contohnya, kita harus memahami hukum Ikhfa’ pada saat membaca huruf nun mati dan tanwin. Apa itu Ikhfa’?

Apa Itu Ikhfa’?

Ikhfa’ adalah penggabungan suara tanpa nada atau mad di antara huruf nun mati/tanwin dengan huruf yang berikutnya. Dalam Tajwid, Ikhfa’ terdapat dua jenis yaitu Ikhfa’ syafawi dan Ikhfa’ hakiki.

Ikhfa’ syafawi adalah Ikhfa’ yang terjadi pada huruf Nun yang diikuti huruf yang mempunyai suku kata Syafawi (yaitu suara n, m, w yang dilafalkan dengan merapatkan bibir dan menempelkan bibir ke dua gigi atas).

Sedangkan Ikhfa’ hakiki adalah Ikhfa’ yang terjadi pada huruf Nun yang diikuti oleh huruf Hijaiyah lainnya yang bukan Syafawi, yakni huruf yang mudghahmadghah (bergetar dan terdengar seperti bunyi burung /ʕ/ dan /r/).

Mengapa Perlu Memahami Ikhfa’?

Mempelajari Ikhfa’ penting karena dari sisi tajwid, kita harus membaca Al Quran dengan benar. Selain itu, memahami hukum Ikhfa’ juga akan mempengaruhi makna dari bacaan Al Quran itu sendiri.

Kapan Ikhfa’ Digunakan?

Ikhfa’ digunakan pada saat membaca Al Quran. Terutama saat membaca huruf nun mati dan tanwin yang diikuti oleh huruf hijaiyah yang mempunyai suara tanpa nada atau mad.

Dimana Ikhfa’ Digunakan?

Ikhfa’ digunakan di seluruh dunia oleh orang-orang yang membaca Al Quran.

Kelebihan Ikhfa’

Dengan memahami Ikhfa’ kita dapat membaca Al Quran dengan benar dan sesuai dengan aturan tajwid. Dalam membaca Al Quran yang benar, kita juga bisa memahami makna yang terkandung di dalamnya. Selain itu, membaca Al Quran dengan benar juga memberikan ketenangan dan kedamaian hati.

Kekurangan Ikhfa’

Tidak ada kekurangan dalam memahami Ikhfa’ jika kita melakukannya dengan benar dan sungguh-sungguh. Namun, jika tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh, kita tidak akan memperoleh manfaat dari pembelajaran.

Bagaimana Memahami Ikhfa’?

Untuk memahami Ikhfa’, kita perlu belajar tajwid secara menyeluruh dan mempraktikkan langsung ketika membaca Al Quran. Ada banyak referensi dan sumber belajar tajwid yang dapat kita gunakan.

Berikut ini adalah contoh tabel hukum Ikhfa’ dalam Al Quran. Tabel Hukum Ikhfa’

Cara Melakukan Ikhfa’

Jika menemukan huruf Nun mati/tanwin dan hijaiyah yang berikutnya mempunyai suara tanpa nada atau mad, lakukan Ikhfa’. Huruf Nun mati/tanwin diucapkan dengan membaca dengan suara merdu, kemudian dilanjutkan dengan huruf hijaiyah yang diikuti dengan penggabungan suara tanpa nada atau mad.

Demikianlah pembahasan tentang Tajwid dan Hukum Bacaan Ikhfa’ dalam Al Quran. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi untuk belajar lebih dalam tentang Al Quran dan tajwid.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 15 Huruf Ikhfa Dan Contohnya Beserta Suratnya yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment