3 Alat Teratas yang Digunakan untuk Pisah PDF File

Cara Kerja Pemisahan PDF:

Sebagian besar pemisah halaman PDF di bawah ini memberi Anda beberapa opsi: “meledak” dokumen menjadi beberapa file di mana setiap halaman dokumen asli menjadi PDF-nya sendiri, mengekstrak satu (atau lebih) halaman tertentu, atau menghapus bagian tertentu dari PDF sehingga Anda ‘tersisa hanya bagian asli yang Anda inginkan.

Saat mengekstrak halaman tertentu dari PDF, Anda sering diberi opsi untuk pisah pdf file menjadi dua sehingga satu PDF menampung paruh pertama halaman dan yang lainnya memiliki paruh kedua. Misalnya, Anda dapat membagi dokumen 100 halaman sehingga Anda memiliki dua PDF terpisah, masing-masing dengan 50 halaman.

Cara lain kerja pemisah ini adalah dengan membiarkan Anda memilih berbagai halaman. Mungkin file Anda memiliki 225 halaman tetapi Anda hanya menginginkan halaman 10–50 dan 223–225. Dalam skenario ini, Anda akan membagi menjadi dua PDF terpisah, keduanya hanya berisi halaman yang Anda pilih untuk diekstrak. Beberapa pembagi bahkan memungkinkan Anda menggabungkan rentang halaman terpisah—untuk ini, PDF hanya akan berisi halaman 10 hingga 225, dengan 1–9 dan 51–222 dihapus.

Beberapa pembagi PDF yang lebih baik juga dapat memotong dokumen berdasarkan ukuran, solusi sempurna jika milik Anda terlalu besar untuk diunggah ke situs web, mengirim melalui email, dll. Cukup pilih ukuran yang Anda inginkan untuk setiap bagian dan program akan pisah pdf menjadi potongan-potongan sebanyak yang diperlukan untuk memastikan bahwa setiap file berada di bawah ukuran yang Anda tentukan.

Tahukah kamu!

Anda juga dapat pisah pdf file secara online menggunakan pdf splitter online. Menggunakan pdf splitter online untuk membelah file pdf tidak akan mengurangi kualitas kontennya. Jadi, sekarang Anda dapat pisah pdf file dalam bentuk batch menggunakan theonlineconverter.com tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Situs alat online ini 100% gratis dan aman, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang privasi data Anda.

A-PDF Split:

Sesuai dengan namanya, A-PDF Split adalah PDF splitter. Tidak banyak program ini kecuali untuk kemampuan pemisahan PDF, tetapi ia melakukannya dengan baik dan memiliki beberapa fitur unik yang perlu diperhatikan.

Sebagai permulaan, program ini bekerja seperti yang lain dalam daftar ini. Anda dapat memilih rentang halaman untuk membagi PDF, membuat PDF terpisah untuk setiap halaman dalam dokumen, atau pisah pdf setelah setiap beberapa halaman. Jika ada bookmark yang disematkan, Anda juga dapat membagi PDF dengan itu.

A-PDF Splitter juga dapat mengekstrak halaman tertentu dari PDF untuk memisahkannya dari file asli, atau Anda dapat memilih halaman mana yang akan dihapus.

Opsi “Definisi Lanjutan” sama dengan opsi rentang ganda di pembagi PDF lain di atas, hanya di bagian “lanjutan” dari program. Jadi, Anda dapat menggunakannya untuk membagi halaman 1–4 dan 8–15, misalnya, untuk menghapus beberapa halaman tengah dengan cepat.

Dalam pengaturan adalah opsi untuk mengaktifkan opsi menu konteks klik kanan untuk membuka PDF dengan mudah di program ini.

PDF Split & Merge:

Program ini tidak menebak apa yang akan terjadi ketika Anda memilih opsi tertentu. Cukup pilih opsi pisah pdf di jendela utama dan pilih salah satu dari empat opsi PDF split.

Setiap opsi memiliki penjelasan singkat dalam program, menjelaskan dengan jelas apa yang akan terjadi jika Anda menindaklanjuti opsi itu. Ini tidak umum di pembagi PDF atau program pengeditan PDF lainnya, jadi itu sesuatu yang perlu dipikirkan jika Anda menggunakan program ini.

Anda dapat menyimpan setiap halaman ke PDF terpisah, mengelompokkan halaman untuk membagi PDF menjadi beberapa bagian, memilih halaman mana yang harus dihapus dari PDF, dan pisah pdf file ke dalam grup dari begitu banyak halaman.

Selain menambahkan kata sandi ke PDF dan dapat menggabungkan beberapa halaman PDF menjadi satu, program ini hanya berfungsi sebagai pembagi PDF—sempurna jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan banyak opsi pengeditan lainnya.

PDFelement Professional:

PDFelement Professional adalah suite pengeditan PDF lengkap lainnya yang tidak gratis tetapi menyediakan banyak opsi untuk mengedit, mengompresi, melindungi, dan memisahkan PDF, antara lain.

Dengan PDF Anda terbuka, buka tab Halaman dan gunakan Split untuk melihat layar yang mirip dengan apa yang Anda lihat di atas. Anda mendapatkan pisah pdf dengan jumlah halaman atau dengan bookmark tingkat atas.

Jika Anda menggunakan opsi Ekstrak sebagai gantinya, Anda dapat memilih halaman mana dari PDF yang harus disimpan, yang akan menghapus halaman yang tidak ada dari PDF. Atau, cukup klik kanan dan hapus halaman yang ingin Anda tuju.

Anda juga dapat menggunakan program ini untuk memutar halaman tertentu dalam PDF, menggabungkan halaman bersama untuk membuat satu gambar, mengganti atau menambahkan halaman dengan halaman dari PDF lain, menyisipkan halaman kosong, mencetak halaman tertentu, mengekstrak data formulir, menambahkan kata sandi, memotong halaman PDF, simpan halaman PDF ke beberapa format file (gambar, Excel, Word, TXT, HWP, dll.), dan banyak lagi.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment