Apa Itu Bpjs Tk

Apa itu KPJ? Lagi bingung kan sama yang namanya KPJ? Jangan khawatir, JejakSemut akan jelasin buat kamu yang masih gaptek ini.

Apa Itu KPJ?

KPJ atau Kartu Indonesia Sehat adalah kartu yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan sebagai identitas peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Nah, gak cuma itu aja, selain bisa digunakan sebagai jaminan pelayanan kesehatan, KPJ juga berfungsi sebagai kartu identitas peserta BPJS Kesehatan. Keren kan?

Mengapa Harus Memiliki KPJ?

Punya KPJ itu penting banget, karena dengan memiliki KPJ, kamu akan lebih mudah dalam memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Nah buat kamu yang masih merasa malas untuk daftar BPJS Kesehatan dan memiliki KPJ, jangan males-males ya. Soalnya, dengan memiliki BPJS Kesehatan dan KPJ, kamu akan terlindungi dari kerugian finansial yang bisa terjadi ketika sedang sakit.

Kapan Harus Membuat KPJ?

Membuat KPJ bisa kamu lakukan kapan saja. Namun, kepemilikan KPJ ini wajib untuk peserta BPJS Kesehatan ya. Jadi, sekarang juga yuk daftarkan diri kamu di BPJS Kesehatan dan jangan lupa membuat KPJ nya.

Dimana Bisa Membuat KPJ?

Kamu bisa membuat KPJ di kantor BPJS Kesehatan yang ada di daerah kamu. Atau kamu juga bisa melakukannya secara online melalui website BPJS Kesehatan. Gampang banget kan?

Kelebihan Memiliki KPJ?

Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memiliki KPJ, salah satunya adalah kamu bisa gampang banget mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa merasa khawatir biaya membengkak. Selain itu, dengan memiliki KPJ, kamu juga bisa memperoleh diskon khusus ketika membeli obat-obatan tertentu yang menjadi kerja sama BPJS Kesehatan.

Kekurangan Memiliki KPJ?

Kalau dari segi kekurangan sih gak ada ya. Kecuali kalau kamu malas untuk daftar BPSJ Kesehatan, itu bisa jadi kekurangan buat kamu sendiri. Karena BPJS Kesehatan dan KPJ ini bisa dibilang penting loh buat kamu yang ingin terlindungi dari kerugian finansial saat terkena penyakit.

Bagaimana Cara Mendapatkan KPJ?

Untuk mendapatkan KPJ atau Kartu Indonesia Sehat, kamu harus sudah terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Kesehatan. Nah, setelah itu kamu harus mengajukan permohonan pembuatan KPJ di kantor BPJS Kesehatan terdekat atau mendaftarkan diri secara online melalui website BPJS Kesehatan.

Contohnya Gimana?

Ilustrasi KPJ

Nah, contoh KPJ itu seperti gambar di atas. Gimana? Gampang kan?

Gimana Kalau KPJ/BPJS TK Hilang?

Kalau BPJS TK atau KPJ kamu hilang, kamu bisa melaporkannya ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Kamu akan diminta untuk membawa fotokopi kartu identitas dan nomor kartu BPJS Kesehatan untuk proses penerbitan kartu pengganti. Tapi kembali lagi, yang paling penting adalah jangan sampai hilang ya!

Gimana Kalau Lupa Nomor BPJS TK?

Kalau kamu lupa nomor BPJS TK, jangan panik! Kamu bisa cek nomornya melalui beberapa cara, salah satunya adalah melalui website resmi BPJS Kesehatan. Nah, kalau kamu mau yang lebih praktis, kamu bisa juga nih download aplikasi BPJS Kesehatan melalui Playstore atau Appstore.

Itu Aja?

Iya, itu aja penjelasan mengenai KPJ atau Kartu Indonesia Sehat dan BPJS Kesehatan. Mudah-mudahan membantu ya buat kamu yang masih bingung. Jangan lupa buat daftar ya di BPJS Kesehatan dan miliki KPJ kamu sendiri. Selamat mencoba!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa Itu Bpjs Tk yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment