Asesmen Paud Adalah

BAN-PT Asesmen Prodi PG PAUD UIM Asesor Disambut Rektor

foto asesmen prodi PG PAUD UIM

Asesmen Prodi PG PAUD UIM disambut oleh rektor dengan penuh semangat. Acara ini merupakan sebuah pengabdian dari asesor terhadap prodi ini dengan harapan agar memperoleh akreditasi yang lebih baik kedepannya. Dalam asesmen ini, digunakan beberapa instrumen seperti observasi kelas, pengamatan, wawancara, penilaian dan pencatatan. Dalam rangkaian asesmen, para asesor melakukan proses pengamatan tentang berbagai komponen dalam proses pembelajaran seperti efektivitas aktivitas belajar mengajar, materi yang diajarkan, pemilihan metode, sesuai atau tidaknya antara tujuan pembelajaran dengan konten yang diberikan dan lain-lain. Asesmen prodi PG PAUD UIM ini bertujuan untuk mengukur mutu pendidikan yang dihasilkan oleh prodi tersebut dan sebagai wahana evaluasi untuk menentukan capaian atau hasil dari kegiatan pembelajaran pada kurikulum berbasis kompetensi.

Praktik Instrumen Asesmen Harian di PAUD

asmen harian di PAUD

Apa itu Instrumen Asesmen Harian di PAUD?

Instrumen asesmen harian pada anak usia dini (PAUD) merupakan alat untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan kemajuan belajar siswa secara sistematis, terus-menerus, dan berkala. Instrument tersebut digunakan oleh guru atau pendidik pada level PAUD untuk menilai dan mengamati perkembangan siswa dalam berbagai aspek seperti kognitif, afektif, psikomotorik dan sosial emosional.

Mengapa Instrumen Asesmen Harian di PAUD Penting?

Instrumen asesmen harian pada anak usia dini memiliki tujuan untuk membantu guru dalam memantau perkembangan anak di dalam kelas, memperbaiki proses pembelajaran, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Asesmen harian sangat penting karena dapat membantu mengidentifikasi kesulitan atau masalah yang dihadapi siswa dalam belajar dan sekaligus menjadi acuan untuk menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

Kapan Instrumen Asesmen Harian di PAUD Dilakukan?

Instrumen asesmen harian di PAUD dilakukan secara terpusat oleh pendidik atau guru selama proses belajar mengajar berlangsung. Proses asesmen ini dilakukan setiap harinya dan hasilnya dilaporkan kepada orang tua siswa pada akhir semester.

Dimana Instrumen Asesmen Harian di PAUD Dilakukan?

Instrumen asesmen harian di PAUD dilakukan di dalam lingkungan sekolah atau lembaga PAUD dan penggunaannya dikategorikan sebagai suatu penilaian yang berkesinambungan dan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.

Kelebihan Instrumen Asesmen Harian di PAUD

Instrumen asesmen harian pada anak usia dini memiliki beberapa kelebihan seperti:

  1. Memudahkan penilaian kemampuan siswa secara holistik dan terprogram
  2. Membantu guru dalam memantau kemajuan anak yang lebih komprehensif
  3. Memperbaiki proses belajar mengajar agar lebih efektif
  4. Memotivasi siswa untuk terus belajar dengan baik dan meningkatkan prestasi belajar

Kekurangan Instrumen Asesmen Harian di PAUD

Adapun beberapa kekurangan dalam penggunaan instrumen asesmen harian pada anak usia dini, yaitu:

  1. Membuat guru menjadi agak sulit untuk menyesuaikan keinginan dan kemampuan siswa dengan kurikulum dan standar yang sudah ditetapkan
  2. Proses pengamatan dan penilaian terhadap anak yang masih sangat kecil seringkali cenderung sulit dilakukan dengan obyektif dan akurat

Bagaimana Proses Instrumen Asesmen Harian di PAUD Dilakukan?

Proses Instrumen Asesmen Harian di PAUD dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pendidik atau guru mempersiapkan instrumen asesmen harian yang akan digunakan saat proses belajar mengajar berlangsung
  2. Guru atau pendidik diminta untuk mengamati dan mencatat perkembangan siswa dalam berbagai aspek secara teliti, seperti perilaku siswa, kemampuan belajar, partisipasi aktif di dalam kelas, dan lain sebagainya
  3. Hasil penilaian harian tersebut nantinya akan dikumpulkan setiap harinya untuk kemudian dilaporkan kepada orang tua siswa pada akhir semester

Cara Meningkatkan Efektivitas Instrumen Asesmen Harian di PAUD

  1. Pendidik atau guru harus kompeten dalam memilih dan menyusun instrumen asesmen yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini
  2. Guru atau pendidik harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pencatatan, pengukuran dan evaluasi agar teknik penilaian dapat diaplikasikan dengan tepat dan akurat
  3. Melakukan kerjasama dengan orang tua siswa dalam memantau perkembangan anak di rumah
  4. Menyusun langkah-langkah untuk memperbaiki pembelajaran yang diidentifikasi melalui hasil asesmen

Contoh Instrumen Asesmen Harian di PAUD

Contoh Instrumen Asesmen Harian di PAUD

Berikut contoh instrumen asesmen harian pada anak usia dini:

Nama siswa Aspek yang dinilai Nilai
1. Pemahaman materi 2. Kemampuan komunikasi 3. Keterampilan kerjasama
Adinda 80 70 75 75
Agung 70 90 75 80
Andi 75 75 85 80
Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Asesmen Paud Adalah yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment