Background Anak Paud

Saat ini, disain grafis semakin dibutuhkan oleh berbagai kalangan, termasuk anak TK sekalipun. Agar tampilan media belajar lebih menarik dan menyenangkan, beberapa background kreatif pun dapat diaplikasikan. Berikut adalah 10+ background untuk anak TK yang bisa kalian gunakan:

1. Background Warna-warni

Background Warna-warni

Apa itu? Background Warna-warni adalah latar belakang yang terdiri dari beberapa warna cerah yang diletakkan secara acak.

Mengapa harus memilih Background Warna-warni? Karena background ini memberikan kesan rileks, ceria dan menyenangkan. Selain itu, anak TK dapat belajar mengenal berbagai warna dan mengasah kemampuan kreativitas mereka.

Kapan bisa digunakan? Background Warna-warni biasanya digunakan saat anak sedang belajar mengenal warna atau saat sesi mewarnai.

Dimana bisa mendapatkannya? Background Warna-warni dapat ditemukan di berbagai situs penyedia background gratis seperti Canva dan Freepik.

Kelebihan: memberikan kesan rileks dan ceria, melatih kemampuan kreativitas anak.

Kekurangan: mungkin terlalu ramai sehingga sulit bagi anak untuk fokus.

Bagaimana cara menggunakannya? Pilihlah warna-warna cerah yang kontras satu sama lain dan gunakan secara acak untuk mendapatkan efek yang lebih hidup. Gunakanlah background ini untuk media belajar tentang warna atau untuk kegiatan mewarnai.

Contoh penggunaan:

Contoh penggunaan Background Warna-warni

2. Background Karakter Kartun

Background Karakter Kartun

Apa itu? Background Karakter Kartun adalah latar belakang yang mengandung gambar karakter kartun yang lucu dan menggemaskan.

Mengapa harus memilih Background Karakter Kartun? Karena background ini dapat membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan menyegarkan. Selain itu, anak-anak akan senang melihat karakter kartun kesayangan mereka sebagai latar belakang.

Kapan bisa digunakan? Background Karakter Kartun dapat digunakan dalam berbagai jenis media belajar, baik cetak maupun digital.

Dimana bisa mendapatkannya? Background Karakter Kartun dapat ditemukan di berbagai situs penyedia gambar seperti Shutterstock dan Pexels.

Kelebihan: menarik dan dapat membuat suasana belajar lebih ceria.

Kekurangan: mungkin kurang serius dan kurang cocok untuk media belajar yang menuntut konsentrasi penuh.

Bagaimana cara menggunakannya? Pilihlah karakter kartun yang disukai oleh anak dan aturlah latar belakangnya sedemikian rupa sehingga karakter tersebut terlihat jelas dan kontras dengan teks yang ada.

Contoh penggunaan:

Contoh penggunaan Background Karakter Kartun

3. Background Kain

Background Kain

Apa itu? Background Kain adalah latar belakang yang terbuat dari kain atau bahan penutup yang memiliki corak atau warna atau tekstur tertentu.

Mengapa harus memilih Background Kain? Karena background ini memberikan kesan yang elegan dan menenangkan. Selain itu, background kain cocok digunakan sebagai latar belakang saat anak sedang mengisi selingan waktu, seperti saat istirahat atau waktu luang.

Kapan bisa digunakan? Background Kain bisa digunakan dalam berbagai jenis media belajar, baik cetak maupun digital. Cocok digunakan saat saat anak sedang istirahat atau saat waktu luang.

Dimana bisa mendapatkannya? Background Kain dapat ditemukan di berbagai toko bahan kain atau online shop yang menjual kain.

Kelebihan: memberikan kesan yang elegan dan menenangkan.

Kekurangan: bisa terlihat membosankan bila digunakan terlalu sering atau tanpa diselingi background yang lain.

Bagaimana cara menggunakannya? Pilihlah kain yang memiliki corak atau warna atau tekstur yang menarik, dan aturlah latar belakangnya sedemikian rupa sehingga terlihat estetik dan menenangkan.

Contoh penggunaan:

Contoh penggunaan Background Kain

4. Background Alam

Background Alam

Apa itu? Background Alam adalah latar belakang yang mengandung gambar alam seperti hutan, pantai, dan lainnya.

Mengapa harus memilih Background Alam? Karena background ini dapat memberikan suasana yang aksen natural dan menenangkan. Selain itu, background alam dapat meningkatkan rasa penasaran anak tentang lingkungan di sekitar mereka.

Kapan bisa digunakan? Background Alam biasanya digunakan di buku atau media belajar yang membahas tentang lingkungan atau saat sedang belajar sains dan ilmu pengetahuan.

Dimana bisa mendapatkannya? Background Alam dapat ditemukan di berbagai situs penyedia gambar seperti Shutterstock dan Pexels.

Kelebihan: memberikan suasana yang aksen natural dan menenangkan, dapat memicu rasa penasaran anak.

Kekurangan: bisa kurang jelas bila terlalu banyak detail.

Bagaimana cara menggunakannya? Pilihlah gambar alam yang menarik dan aturlah latar belakangnya sedemikian rupa sehingga terlihat jelas dan dapat mendukung pembelajaran.

Contoh penggunaan:

Contoh penggunaan Background Alam

5. Background Lucky Star

Background Lucky Star

Apa itu? Background Lucky Star adalah latar belakang yang terdiri dari gambar kecil-kecil bintang berwarna-warni yang dicetak pada kertas dengan ukuran A4.

Mengapa harus memilih Background Lucky Star? Karena background ini dapat memberikan kesan yang lucu dan menyenangkan. Selain itu, background akan memudahkan anak mengenal dan menghafal bintang-bintang sambil bermain.

Kapan bisa digunakan? Background Lucky Star biasanya digunakan saat sedang mempelajari kosmos, bintang dan planet.

Dimana bisa mendapatkannya? Background Lucky Star dapat dibuat sendiri dengan mencetak gambar bintang pada kertas, atau mendownload gambar yang sudah disediakan di internet.

Kelebihan: memberikan efek visual yang menarik dan dapat memudahkan anak mengenal bintang-bintang.

Kekurangan: kurang cocok digunakan pada media belajar yang terdapat banyak teks.

Bagaimana cara menggunakannya? Cukup mencetak gambar bintang pada kertas A4 dan latar belakang ready to use.

Contoh penggunaan:

Contoh penggunaan Background Lucky Star

6. Background Luar Angkasa

Background Luar Angkasa

Apa itu? Background Luar Angkasa adalah latar belakang yang mengandung gambar bintang, planet, asteroid, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan luar angkasa.

Mengapa harus memilih Background Luar Angkasa? Karena background ini dapat memberikan kesan yang futuristik dan menarik. Selain itu, background luar angkasa cocok digunakan untuk memperkenalkan sains dan teknologi pada anak.

Kapan bisa digunakan? Background Luar Angkasa biasanya digunakan dalam media belajar yang membahas tentang angkasa luar dan sains.

Dimana bisa mendapatkannya? Background Luar Angkasa dapat ditemukan di berbagai situs penyedia gambar seperti Shutterstock dan Pexels.

Kelebihan: memberikan kesan yang futuristik dan menarik, cocok untuk memperkenalkan sains dan teknologi pada anak.

Kekurangan: kurang cocok digunakan pada media belajar yang terdapat banyak teks.

Bagaimana cara menggunakannya? Pilihlah gambar luar angkasa yang menarik dan aturlah latar belakangnya sedemikian rupa sehingga terlihat jelas dan estetik.

Contoh penggunaan:

Contoh penggunaan Background Luar Angkasa

7. Background Musik

Background Musik

Apa itu? Background Musik adalah latar belakang yang mengandung gambar-gambar yang berkaitan dengan musik, seperti notasi musik, alat musik, atau musisi.

Mengapa harus memilih Background Musik? Karena background ini cocok digunakan untuk media belajar mengenai musik atau seni. Selain itu, pemilihan background musik yang tepat dapat meningkatkan minat dan motivasi anak untuk belajar musik.

Kapan bisa digunakan? Background Musik biasanya digunakan saat sedang mempelajari musik atau dalam media belajar yang membahas tentang seni musik.

Dimana bisa mendapatkannya? Background Musik dapat ditemukan di berbagai situs penyedia gambar seperti Shutterstock dan Pexels.

Kelebihan: cocok digunakan untuk media belajar musik atau seni, meningkatkan minat dan motivasi anak

Kekurangan: bisa terlalu berisi atau terlalu ramai, sehingga mengalihkan perhatian.

Bagaimana cara menggunakannya? Pilihlah gambar-gambar yang berkaitan dengan musik yang menarik dan aturlah latar belakangnya sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan tidak berlebihan. Gunakan background ini untuk media belajar yang berhubungan dengan musik dan seni.

Contoh penggunaan:

Contoh penggunaan Background Musik

8. Background Makanan

Background Makanan

Apa itu? Background Makanan adalah latar belakang yang mengandung gambar-gambar makanan atau minuman.

Mengapa harus memilih Background Makanan? Karena background ini dapat memenuhi keingintahuan anak terhadap makanan dan minuman. Selain itu, background makanan sesuai digunakan untuk media belajar masak atau pengenalan jenis-jenis makanan.

Kapan bisa digunakan? Background Makanan biasanya digunakan dalam media belajar yang berhubungan dengan masak-memasak atau kuliner.

Dimana bisa mendapatkannya? Background Makanan dapat ditemukan di berbagai situs penyedia gambar seperti Shutterstock dan Pexels.

Kelebihan: cocok digunakan untuk media belajar masak atau pengenalan jenis-jenis makanan.

Kekurangan: bisa memicu rasa lapar sehingga mengurangi konsentrasi belajar.

Bagaimana cara menggunakannya? Pilihlah gambar-gambar makanan atau minuman yang menarik dan aturlah latar belakangnya sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan tidak berlebihan.

Contoh penggunaan:

Contoh penggunaan Background Makanan

9. Background Natal

Background Natal

Apa itu? Background Natal adalah latar belakang yang mengandung gambar kerangka ayam dan barang-barang yang berkaitan dengan hari Natal.

Mengapa harus memilih Background Natal? Karena background ini cocok untuk pengajaran Natal atau untuk membuat suasana Natal yang meriah.

Kapan bisa digunakan? Background Natal biasanya digunakan saat hari Natal atau sekitar waktu liburan akhir tahun.

Dimana bisa mendapatkannya? Background Natal dapat ditemukan di berbagai situs penyedia gambar seperti Shutterstock dan Pexels.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Background Anak Paud yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment