Bekal Untuk Anak Tk

Bekal makanan untuk anak sekolah adalah satu hal yang perlu dipikirkan oleh para orangtua. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan mereka, tetapi juga untuk memastikan agar mereka tidak kelaparan atau kekurangan gizi di tengah-tengah hari di sekolah. Namun, seringkali masalah yang muncul adalah mengenai anggaran. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, berikut adalah 5 menu bekalmakanan sehat untuk anak dengan anggaran yang terjangkau.

1. Nasi Kotak Ayam

nasi kotak ayam

Apa Itu Nasi Kotak Ayam?

Nasi kotak ayam adalah nasi putih yang disajikan dengan sepotong ayam goreng tepung, sedikit sayur, dan satu potong telur rebus.

Mengapa Memilih Nasi Kotak Ayam?

Berbagai alasan membuat nasi kotak ayam cocok bagi anak-anak, seperti rasanya yang enak dan disukai banyak orang, serta nutrisi yang terkandung di dalamnya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian gizi anak.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Nasi Kotak Ayam?

Nasi kotak ayam bisa dikonsumsi kapan saja, baik siang hari di sekolah ataupun sebagai bekal untuk piknik atau acara keluarga di luar rumah.

Dimana Membeli Nasi Kotak Ayam?

Nasi kotak ayam bisa dibeli di warung makan atau restoran terdekat, atau bisa juga dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar atau supermarket.

Apa Kelebihan dari Nasi Kotak Ayam?

Nasi kotak ayam mudah dibuat dan disajikan, serta cocok bagi anak-anak yang suka makan ayam dan telur. Selain itu, nasi kotak ayam juga bisa dipadukan dengan berbagai lauk pendamping yang lain, seperti sayur atau tempe goreng.

Apa Kekurangan dari Nasi Kotak Ayam?

Nasi kotak ayam bisa menjadi kurang sehat jika mengandung banyak minyak karena ayam goreng tepung. Oleh karena itu, perlu memilih ayam yang tidak terlalu berlemak dan goreng dengan jumlah minyak yang tepat

Bagaimana Cara Membuat Nasi Kotak Ayam?

Cara membuat nasi kotak ayam sangat mudah, cukup dengan menanak nasi dan menggoreng ayam di dalam tepung. Setelah itu, tata nasi dan ayam di dalam kotak dan tambahkan sayur serta telur rebus. Sebagai variasi, bisa juga ditambahkan saus sambal atau kecap manis.

Contoh Nasi Kotak Ayam

Silahkan coba resep nasi kotak ayam berikut ini:

  • Bahan: nasi, ayam fillet, tepung bumbu, sayur, telur rebus, sambal dan kecap manis.
  • Cara membuat: potong ayam fillet sesuai selera, kemudian gulingkan pada tepung bumbu hingga merata. Goreng ayam dalam minyak panas hingga matang.
  • Tata nasi, sayur dan telur rebus di dalam kotak makan. Letakkan ayam di atasnya. Sajikan dengan sambal dan kecap manis.

2. Salad Sayur

salad sayur untuk bekalmakanan anak sekolah

Apa Itu Salad Sayur?

Salad sayur adalah campuran berbagai macam sayur segar yang disajikan dalam bentuk hidangan ringan.

Mengapa Memilih Salad Sayur?

Salad sayur mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh anak. Selain itu, racikan sayur yang lengkap dan bervariasi sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi harian anak.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Salad Sayur?

Salad sayur bisa dikonsumsi sebagai camilan di tengah hari atau sebagai bekal untuk piknik atau aktivitas luar ruangan lainnya.

Dimana Membeli Salad Sayur?

Salad sayur bisa dibeli di pasar atau supermarket terdekat, atau bisa juga diolah sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Apa Kelebihan dari Salad Sayur?

Salad sayur mudah dibuat dan disajikan, serta menjadi pilihan sehat bagi anak yang membutuhkan asupan serat dan vitamin yang cukup dalam hidupnya.

Apa Kekurangan dari Salad Sayur?

Salad sayur bisa dikatakan kurang nasi sehingga tidak bisa menjadi pengganti makanan yang cukup bagi anak yang aktif.

Bagaimana Cara Membuat Salad Sayur?

Salad sayur sangat mudah untuk dibuat. Cukup berikan pilihan sayuran segar yang berwarna-warni seperti tomat, selada, mentimun, jagung, toge, kacang polong, dan sebagainya. Belah sayuran sesuai selera dan siapkan bahan dressing sesuai dengan keinginan anak.

Contoh Salad Sayur

Silahkan coba resep salad sayur berikut ini:

  • Bahan: selada, tomat, timun, kacang polong, jagung, toge, keju parut, dan dressing salad.
  • Cara membuat: cuci bersih sayuran dan potong sesuai selera. Campurkan semua bahan dalam mangkuk dan beri dressing sesuai dengan selera.
  • Tambahkan keju parut sebagai taburan dan siap untuk disajikan sebagai bekal anak.

3. Roti Gandum Isi Sayur

roti gandum isi sayur bekalmakanan anak

Apa Itu Roti Gandum Isi Sayur?

Roti gandum isi sayur adalah roti berbahan dasar gandum yang diisi dengan sayur-sayuran segar seperti wortel, kentang, brokoli, dan bawang bombay.

Mengapa Memilih Roti Gandum Isi Sayur?

Roti gandum isi sayur mengandung banyak serat dan vitamin dari sayur-sayuran, serta gandum yang lebih sehat dibandingkan dengan tepung terigu putih. Selain itu, roti gandum isi sayur dapat menjadi pilihan alternatif bagi anak yang tidak suka nasi.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Roti Gandum Isi Sayur?

Roti gandum isi sayur bisa dikonsumsi sebagai bekal untuk sarapan atau sebagai pengganti nasi pada waktu makan siang.

Dimana Membeli Roti Gandum Isi Sayur?

Roti gandum isi sayur bisa dibeli di toko roti terdekat atau bisa juga dibuat sendiri di rumah.

Apa Kelebihan dari Roti Gandum Isi Sayur?

Roti gandum isi sayur mudah dibuat dan menyediakan variasi pilihan untuk sarapan atau bekal anak di sekolah. Selain itu, roti gandum juga lebih sehat dibandingkan dengan roti putih biasa.

Apa Kekurangan dari Roti Gandum Isi Sayur?

Roti gandum isi sayur bisa menjadi kurang enak dan tidak disukai anak karena sayurannya.

Bagaimana Cara Membuat Roti Gandum Isi Sayur?

Cara membuat roti gandum isi sayur:

  • Bahan: roti gandum, wortel, kentang, brokoli, bawang bombay, dan keju.
  • Cara membuat: potong-potong sayuran kecil-kecil dan tumis sebentar hingga matang dengan frying pan yang telah diolesi margarin. Olesi roti gandum dengan mayonaise, lalu beri keju parut, dan beri isi sayur. Bandingkan dengan roti gandum lainnya, lalu panggang di oven selama 10 menit atau sampai matang.

4. Spaghetti Bolognese

spaghetti bolognese untuk bekalmakanan anak sekolah

Apa Itu Spaghetti Bolognese?

Spaghetti Bolognese adalah hidangan makanan pasta dari spaghetti yang disajikan dengan saus daging dan sayuran.

Mengapa Memilih Spaghetti Bolognese?

Spaghetti Bolognese mengandung karbohidrat yang baik bagi anak, serta protein dan serat dari saus daging dan sayuran yang menjadi komponen penting dalam makanan sehat anak.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Spaghetti Bolognese?

Spaghetti Bolognese bisa dikonsumsi pada waktu makan siang atau sebagai pengganti nasi pada waktu makan malam.

Dimana Membeli Spaghetti Bolognese?

Spaghetti Bolognese bisa dibeli di restoran atau warung makan terdekat, atau bisa juga dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar atau supermarket.

Apa Kelebihan dari Spaghetti Bolognese?

Spaghetti Bolognese mudah disukai anak-anak karena rasanya yang gurih dan enak. Selain itu, saus daging dan sayuran dapat menjadi sumber vitamin dan mineral bagi tubuh anak.

Apa Kekurangan dari Spaghetti Bolognese?

Spaghetti Bolognese bisa menjadi kurang sehat jika mengandung banyak bahan penyedap buatan atau bahan kimia lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Spaghetti Bolognese?

Resep Spaghetti Bolognese yang mudah dan praktis:

  • Bahan: spaghetti, daging sapi cincang, bawang bombay, bawang putih, tomat, saus tomat, oregano, merica, olive oil, dan keju parut.
  • Cara membuat: tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, kemudian masukan daging sapi cincang hingga berubah warna. Masukan tomat yang telah dipotong-potong dan aduk rata. Tambahkan saus tomat, oregano, merica dan sedikit garam. Tumis hingga matang.
  • Rebus spaghetti disertai sedikit olive oil sekitar 10 menit. Angkat dan tiriskan. Tambahkan saus daging di atasnya dan taburkan keju parut sebagai topping.

5. Bubur Kacang Hijau

bubur kacang hijau untuk bekalmakanan anak sekolah

Apa Itu Bubur Kacang Hijau?

Bubur kacang hijau adalah makanan berbahan dasar kacang hijau yang diolah menjadi bubur dengan tambahan air dan gula kelapa.

Mengapa Memilih Bubur Kacang Hijau?

Bubur kacang hijau kaya akan serat, protein, karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya. Selain itu bubur kacang hijau juga sangat mudah dicerna oleh lambung.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Bubur Kacang Hijau?

Bubur kacang hijau sangat cocok dikonsumsi saat sarapan atau sebagai camilan di tengah hari.

Dimana Membeli Bubur Kacang Hijau?

Bubur kacang hijau bisa dibeli di pasar tradisional, warung makan atau toko kue.

Apa Kelebihan dari Bubur Kacang Hijau?

Bubur kacang hijau tidak hanya mudah dibuat dan disajikan, tetapi juga sangat kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh anak.

Apa Kekurangan dari Bubur Kacang Hijau?

Bubur kacang hijau bisa menjadi kurang nikmat jika tidak disajikan dengan gula kelapa yang cukup atau bahan pelengkap lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Bubur Kacang Hijau?

Cara membuat bubur kacang hijau yang lezat dan sehat:

  • Bahan: kacang hijau, gula kelapa, air, dan santan.
  • Cara membuat: rendam kacang hijau selama satu malam. Kemudian, rebus kacang hijau hingga empuk dengan air secukupnya. Tambahkan santan dan gula kelapa dan masak hingga mendidih.
  • Sajikan bubur kacang hijau dengan taburan kelapa parut atau kismis sebagai tambahan.

Demikianlah 5 pilihan menu bekalmakanan sehat yang bisa disiapkan oleh para orangtua dengan budget yang terjangkau. Selamat mencoba!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Bekal Untuk Anak Tk yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment