Buku Paket Tema 8 Kelas 5

Hayolo teman-teman! Hari ini kita mau bahas nih dua item edukasi yang bikin anak SD kita semakin cerdas. Yuk langsung aja kita liat dari contoh gambar pertama.

Sd Kelas 5 Tema 2

sd kelas 5 tema 2

Apa itu? Tema 2 ini sejatinya membahas tentang India dan Koletivis, loh. Mulai dari sejarah India, aktivitas warga India, hingga sistem kehidupan masyarakat Koletivis dibahas dalam buku ini.

Mengapa harus belajar tema ini? Mengapa harus tau soal India dan Koletivis? Ya jelas dong, biar anak kita tahu lagi-lagi bahwa Indonesia itu nggak sendiri. Kita belajar tentang negara lain, bagaimana cara hidup dan berkehidupan di sana, supaya buah pikiran kita terbuka dan kita bisa jadi individu yang cakap, yang tahu banyak hal dan bisa beradaptasi di mana saja.

Kapan harus belajar tema ini? Ya, levelnya untuk siswa kelas 5 SD, jadi sesuai dengan kurikulum ya gansis. Tapi nggak ada salahnya juga buat anak-anak yang lebih muda atau lebih tua dari level tersebut, asal bisa ngerti aja lah. Hahaha.

Dimana bisa belajar tema ini? Well, bisa beli bukunya (yang tentunya udah dilengkapi dengan soal, jawaban, dll) di toko-toko buku atau website e-commerce terpercaya lainnya. Biasanya juga bisa minta dari sekolah deh.

Kelebihan buku ini apa? Kelebihannya, tentu saja, adalah karena isinya yang memang mengedukasi banyak hal, mulai dari sejarah, sosial, hingga kultural. Bukan hanya soal sejarah Indonesia aja, tapi juga tentang bagaimana anak-anak SD bisa mengenal dan memahami budaya di luar Indonesia.

Kekurangannya sendiri apa, sih? Hmm, ada beberapa kurangannya tentu aja, meskipun nggak banyak. Takutnya anak-anak kecil jadi bosen atau nggak tertarik bacanya, ya. Atau agak ketinggalan zaman karena isinya dalam bentuk buku cetak. Hehehe.

Bagaimana cara mengolah buku ini supaya anak-anak jadi pengen baca? Ya, bisa dengan bercerita singkat tentang India dan Koletivis, sambil jadi role model, kayak sambil makan nasi baksil di rumah, pakai sari, atau memperkenalkan nama-nama orang yang ada di sana. Lucu juga sih, bisa jadi pertanyaan pembuka sebelum tidur di malam hari.

Contoh aktivitas untuk memperkenalkan tema ini. Ya, bisa bikin peta India dengan bahan barang bekas seperti kertas kado atau potongan kertas, kasih warna dan tulis nama negara-negara di sekitarnya, lalu ajakin anak-anak biar tau apa aja yang biasanya ada di sana, biar makin seru dan bervariasi, hehehe.

Alat Peraga Deorama Proses Terjadinya Hujan Kelas 3 Sd Tema 3 Sub Tema

alat peraga deorama proses terjadinya hujan kelas 3 sd tema 3 sub tema

Apa itu? Ya, ini dia, teman-teman. Alat peraga yang mampu memvisualisasikan proses terjadinya hujan. Anak-anak bisa melihat langsung proses terjadinya hujan dari atas awan hingga sampai ke bumi.

Mengapa harus ada alat peraga kayak gini? Kita tahu, anak-anak itu paling paham kalau mereka melihat langsung dan bisa merasakan sesuatu. Lagi pula, dari visualisasi atau percobaan langsung, anak-anak bisa lebih mengerti tentang fenomena alam dan misalkan, gimana caranya menginterpretasikan apa yang terjadi.

Kapan bisa mengajari anak tentang proses terjadinya hujan? Tentu aja, bisa sesuai dengan kurikulum pelajaran matematika, sains dan teknologi untuk kelas 3 SD. Itu pun bisa disesuaikan dengan kondisi anak-anak, jadi si kecil nggak kesulitan memahaminya atau justru merasa bosan.

Dimana pun bisa beli dan menggunakan alat peraga ini, ya. Cuma ada baiknya kita beli dari toko-toko atau website terpercaya dan resmi aja, biar kualitas alatnya terjamin. Contoh yaa Tokopedia Spesial, atau lainnya yang memang spesialis menyediakan alat edukasi kayak gini, loh.

Kelebihan alat peraga ini, tentu saja, karena jadinya pembelajaran bisa lebih interaktif dan seru. Anak-anak jadi lebih mudah memahami proses terjadinya hujan, mengurangi risiko kesulitan memahaminya atau berbicara tentang konsep matematika.

Ada juga kekurangan-nya, tentu aja, karena harganya yang relatif cukup tinggi dibandingkan dengan buku pelajaran atau buku edukasi sejenisnya. Ditambah lagi, mungkin kalau terlalu much ya nggak jadi fokus lagi sama konsep matematikanya.

Nah, kalau mengolah alat peraga ini, bisa kayak observasi awan di luar rumah sembari ngomongin tentang asal-usul air hujan dan gimana fenomena alam itu bisa jadi besar buat kehidupan kita sehari-hari. Atau bisa juga buat percobaan sendiri tentang bagaimana bisa membuat airnya keluar dari pipa atau mekanisme lain.

Contoh aktivitas yang bisa kamu cobain bareng anak-anak. Misalnya aja, bisa ambil bahan-bahan dari daun-daun atau rumput, terus dikumpulin di sebuah botol plastik. Diputar-putar aja botolnya, supaya udara di dalam botol jadi lebih lembab dan sejuk. Trus, tunggu aja beberapa saat, nanti kan ada tetesan air di dinding dalam botolnya. Bisa aja sambil diwarnain atau sejenisnya, loh. Hihihi.

Gimana teman-teman, seru kan ngomongin edukasi kayak gini? Dua item edukasi di atas, meskipun soalnya berbeda, semuanya nggak kalah pentingnya dalam mendidik anak-anak dan memperluas wawasan mereka. Yuk, tingkatkan lagi kreativitas kita untuk mengajarkan dengan cara yang seru dan interaktif. See you!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Buku Paket Tema 8 Kelas 5 yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment