Cara Menghitung Persentase, Perubahan, dan Selisih

Mengetahui cara menghitung persentase suatu angka adalah tindakan mendasar untuk banyak aspek kehidupan. Misalnya, Anda mungkin perlu mengetahui cara menghitung persentase untuk memperkirakan pembayaran mobil atau menentukan uang muka rumah.

Perhitungan persentase juga penting dalam bisnis dan berbagai pengaturan profesional seperti saat menghitung pajak atau kenaikan gaji karyawan. Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi apa itu kalkulator persen, bagaimana menghitung berbagai komponen persentase dan jenis persentase.

Apa itu persentase?

Persentase, yang juga dapat disebut sebagai persen, adalah pecahan dari angka dari 100%. Persentase berarti “per 100” dan menunjukkan bagian dari jumlah total. Misalnya, 45% mewakili 45 dari 100, atau 45% dari jumlah total.

Persentase juga dapat disebut sebagai “dari 100” atau “untuk setiap 100”. Misalnya, Anda dapat mengatakan “salju turun 20 hari dari setiap 100 hari” atau “salju turun 20% setiap saat”.

Persentase dapat ditulis dalam beberapa cara. Salah satu caranya adalah dengan menggambarkannya sebagai desimal. Misalnya, 24% juga dapat ditulis sebagai .24. Anda dapat menemukan versi desimal dari kalkulator persen dengan membagi persentase dengan 100.

Bagaimana cara menghitung persentase:

Rumus berikut adalah strategi umum untuk menghitung persentase:

1. Tentukan jumlah total dari apa yang ingin Anda temukan persentasenya

Misalnya, jika Anda ingin menghitung kalkulator persen hari hujan dalam sebulan, Anda akan menggunakan jumlah hari dalam bulan itu sebagai jumlah total. Jadi, katakanlah kita sedang mengevaluasi jumlah hujan selama 30 hari di bulan April.

2. Bagi angka untuk menentukan persentase

Dengan menggunakan contoh di atas, katakanlah hujan turun 15 dari 30 hari di bulan April. Anda akan membagi 15 dengan 30, yang sama dengan 0,5.

3. Kalikan nilainya dengan 100

Melanjutkan contoh di atas, Anda akan mengalikan 0,5 dengan 100. Ini sama dengan 50, yang akan memberi Anda jawaban 50%. Jadi, pada bulan April, hujan turun 50% dari waktu.

Jenis masalah persentase:

Ada tiga jenis masalah persentase utama yang mungkin Anda temui dalam pengaturan pribadi dan profesional. Ini termasuk:

1. Menemukan nomor akhir

Berikut ini adalah contoh pertanyaan yang mengharuskan Anda menggunakan perhitungan persentase untuk menemukan angka akhir dalam soal: “Berapa 50% dari 25?” Untuk masalah ini, Anda sudah memiliki kalkulator persen dan jumlah keseluruhan yang ingin Anda cari persentasenya.

Karena Anda sudah memiliki persentase, Anda akan mengalikan persentase dengan bilangan bulat. Untuk persamaan ini, Anda akan mengalikan 50%, atau 0,5, dengan 25. Ini memberi Anda jawaban 12,5. Jadi, jawaban untuk masalah persentase ini adalah “12,5 adalah 50% dari 25.”

2. Mencari persentase

Jika Anda perlu menemukan persentasenya, sebuah pertanyaan dapat diajukan sebagai “Berapa persen dari 5 adalah 2?” Dalam contoh ini, Anda perlu menentukan dalam persentase berapa banyak dari 2 adalah bagian dari keseluruhan 5. Untuk jenis masalah ini, Anda cukup membagi angka yang ingin Anda ubah kalkulator persen dengan keseluruhan. Jadi, dengan menggunakan contoh ini, Anda akan membagi 2 dengan 5. Persamaan ini akan memberi Anda 0,4. Anda kemudian akan mengalikan 0,4 dengan 100 untuk mendapatkan 40, atau 40%. Jadi, 2 sama dengan 40% dari 5.

3. Menemukan nomor awal

Masalah persentase yang meminta Anda untuk menemukan nomor awal mungkin terlihat seperti “45% dari 2?” Ini biasanya merupakan persamaan yang lebih sulit tetapi dapat dengan mudah diselesaikan dengan menggunakan rumus yang disebutkan sebelumnya. Untuk jenis masalah persentase ini, bagilah keseluruhannya kalkulator persen yang diberikan. Menggunakan contoh, Anda membagi 2 dengan 45% atau 0,45. Ini akan memberi Anda 4,4, yang berarti 2 adalah 45% dari 4,4.

How to calculate percentage change

Perubahan persentase adalah nilai matematika yang menunjukkan tingkat perubahan dari waktu ke waktu. Ini paling sering digunakan dalam keuangan untuk menentukan perubahan harga sekuritas dari waktu ke waktu. Rumus ini dapat diterapkan untuk setiap nomor yang sedang diukur dari waktu ke waktu.

Perubahan persentase sama dengan perubahan nilai yang diberikan. Anda dapat menyelesaikan perubahan kalkulator persen dengan membagi seluruh nilai dengan nilai aslinya, lalu mengalikannya dengan 100. Rumus untuk menyelesaikan perubahan persentase adalah sebagai berikut:

Untuk kenaikan harga atau persentase:

[(Harga Baru – Harga Lama)/Harga Lama] x 100

Untuk penurunan harga atau persentase:

[(Harga Lama – Harga Baru)/Harga Lama] x 100

Berikut ini contoh kenaikan harga/persentase:

Sebuah TV berharga $100 tahun lalu tetapi sekarang berharga $125. Untuk menentukan kenaikan harga, Anda akan mengurangi harga lama dari harga baru: 125 – 100 = 25. Anda kemudian membaginya dengan harga lama: 25 dibagi 100 sama dengan 0,25. Anda kemudian akan mengalikan angka ini dengan 100: 0,25 x 100 = 25, atau 25%. Jadi, harga TV telah meningkat sebesar 25% selama setahun terakhir.

Contoh penurunan harga/persentase:

Sebuah TV berharga $100 tahun lalu tetapi sekarang hanya berharga $75. Untuk menentukan penurunan harga, Anda akan mengurangi harga baru dari harga lama: 100 – 75 = 25. Anda kemudian akan membagi angka ini dengan harga lama: 25 dibagi 100 sama dengan 0,25. Anda kemudian akan mengalikannya dengan 100: 0,25 x 100 = 25. atau 25%. Ini berarti biaya TV 25% lebih rendah daripada tahun sebelumnya.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment