Contoh Abstrak

Beberapa contoh abstrak lengkap untuk skripsi, karya ilmiah, laporan, tesis, jurnal, dan makalah yang bisa dijadikan contoh untuk membuat abstrak. Seorang yang masuk ke dalam golongan akademisi berarti harus tahu bagaimana cara membuat dan membangun tulisan ilmiah dan terstruktur. Kita mungkin terbiasa menulis karya tulis ilmiah dalam bentuk makalah sejak SMA. Akan tetapi, pada sistem akademisi, struktur karya ilmiah sedikit lebih serius lagi pengerjaannya.

Biasanya, dalam sebuah tulisan ilmiah, baik berbentuk jurnal ataupun tugas biasa akan dilengkapi dengan abstrak. Abstrak sendiri, dalam pengertian literatur, memiliki arti sebagai sebuah tulisan pendek yang berisi penjelasan tentang isi atau  gambaran sebuah artikel atau karya tulis. Abstrak biasanya berada pada awal tulisan, sebelum pembahasan untuk memberi gambaran pada pembaca mengenai apa yang akan dibahas dalam tulisan tersebut.

Abstrak selalu berisi pernyataan yang lengkap, pendek, dan kuat serta memiliki tujuan untuk menggambarkan isi karya tulis yang lebih besar. Komponen bervariasi sesuai dengan disiplin ilmu.

Sebuah abstrak dari ilmu sosial atau karya ilmiah dapat berisi ruang lingkup, tujuan, hasil, dan isi dari karya tersebut.

Sebuah abstrak dari sebuah karya humaniora dapat berisi tesis, latar belakang, dan kesimpulan dari karya yang lebih besar.

Yang perlu diingat adalah bahwa abstraksi bukan sebuah ikhtisar ataupun review. Abstraksi juga tidak bertujuan untuk mengevaluasi pekerjaan yang diabstraksikan. Abstrak berisi kalimat yang masuk ke dalam dokumen dan bukan sebuah paragraf yang mengutip sebuah isi karya tulis tersebut. Berikut beberapa contoh abstrak:

Baca Juga : Contoh Paper yang Baik dan Benar

Contoh Abstrak Skripsi

Karakterisasi Endapan Besi dalam Feritin Heteropolimer Rekombinan

Abstrak:

Ferritin adalah penyimpanan besi dan protein detoksifikasi di mana-mana ditemukan sangat dilindungi dalam spesies dari bakteri ke tanaman ke manusia. Pada mamalia, ferritin terdiri dari dua fungsional dan

jenis subunit yang berbeda secara genetik, subunit H (berat, ~ 21.000 Da) dan L (ringan, ~ 19.000 Da) yang bergabung dalam berbagai rasio dengan distribusi spesifik jaringan untuk membentuk protein seperti kulit.

Subunit H bertanggung jawab untuk konversi cepat Fe (II) menjadi Fe (III) oleh dioksigen (atau H2O2), sedangkan L-subunit diperkirakan berkontribusi pada nukleasi inti besi. Pada saat ini bekerja, kami menyelidiki oksidasi besi dan mekanisme pengendapan dalam dua rekombinan heteropolimer sampel ferritin dari ~ 20H: 4L (disebut H / L) dan ~ 22L: 2H (disebut L / H) rasio.

Data menunjukkan bahwa oksidasi besi terjadi terutama pada subunit-H dengan stoikiometri 2Fe (II): 1O2, menunjukkan pembentukan H2O2. Sampel H / L meregenerasi sepenuhnya aktivitas ferroxidase dalam waktu singkat menunjukkan pergerakan cepat Fe (III) dari pusat ferroxidase ke rongga untuk membentuk inti mineral, konsisten dengan peran rantai-L di memfasilitasi pergantian zat besi di pusat ferroxidase dari subunit H.

Dalam L / H, oksidasi Fe (II) dan mineralisasi tampaknya terjadi oleh dua jalur simultan di semua tingkat penambahan zat besi: a jalur ferroksidasi dengan rasio 2Fe (II) / 1O2 dan jalur mineralisasi dengan 4Fe (II) / 1O2 menghasilkan stoikiometri bersih rata-rata ~ 3Fe (II) / 1O2.

Hasil ini menggambarkan bagaimana feropol heteropolimer rekombinan mengendalikan zat besi dan toksisitas oksigen sambil menyediakan reservoir yang aman untuk penyerapan reversibel dan pelepasan besi untuk digunakan oleh sel.

Kata Kunci: Ferritin, rekombinan, oksigen

Contoh Abstrak Karya Ilmiah PDF

Abstrak

Dermatitis Seboroik pada Pasien dengan Sindrom Imunodefisiensi Akuisisi.

Beberapa kondisi kulit diketahui berhubungan dengan sindrom defisiensi imun yang didapat (AIDS). Pengamatan klinis kami menyarankan hipotesis bahwa dermatitis seboroik adalah manifestasi kulit AIDS yang kurang dikenal tetapi memiliki arti prognostik jangka pendek yang penting.

Semua pasien dengan AIDS terlihat di Rumah Sakit Henry Ford, rumah sakit perkotaan, selama periode satu tahun terdaftar dalam penelitian kohort. Setiap pasien menjalani pemeriksaan kulit komprehensif.

Semua kondisi kulit dicatat, dan tingkat keparahan dermatitis seboroik dinilai. Sekelompok pasien berjenis kelamin dan cocok yang terlihat selama periode waktu yang sama menjabat sebagai kelompok kontrol.

Pada bagian kedua penelitian, pasien AIDS atau HIV dengan tingkat dermatitis seboroik yang paling parah dibandingkan dengan pasien dengan dermatitis seboroik ringan atau tidak ada untuk mortalitas jangka pendek. Perbandingan dianalisis dengan chi square dan perhitungan risiko relatif.

Delapan belas pasien dengan AIDS dan 12 pasien dengan infeksi HIV terdaftar (29 laki-laki, 1 perempuan). Tiga puluh usia dan kontrol yang sesuai jenis kelamin dipilih secara acak dari daftar pasien. Faktor risiko yang paling umum untuk kasus ini adalah homoseksualitas dan penyalahgunaan narkoba IV.

Ada peningkatan yang signifikan dalam dermatitis seboroik pada pasien dengan AIDS, dan tingkat keparahan dermatitis seboroik mungkin memiliki signifikansi prognostik jangka pendek.

Kata kunci: HIV/AIDS, faktor risiko, Sindrom Imunodefisiensi

Silakan lihat disini bagi Anda yang hendak download abstrak PDF.

Contoh Abstrak Makalah

Keterampilan Belajar dan Korelasi mereka dengan Kepuasan Akademik dan Prestasi di antara Mahasiswa Kedokteran dan Farmasi di Universitas Ilmu Kedokteran

Abstrak:

“Pendahuluan: Keterampilan belajar dan kepuasan siswa dengan kinerja mereka secara positif mempengaruhi prestasi akademik mereka. Penelitian saat ini dilakukan untuk menyelidiki korelasi keterampilan belajar dengan prestasi akademik di antara mahasiswa kedokteran dan farmasi pada tahun 2013.

Metode: Penelitian deskriptif-analitik ini dilakukan pada 148 siswa ilmu kedokteran dasar dan farmasi melalui convenience sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang valid dan dapat diandalkan, yang terdiri dari dua bagian.

Informasi demografis dan pertanyaan tentang jam belajar harian, keterampilan belajar dalam enam domain, dan kepuasan siswa dengan keterampilan belajar. Kumpulan data yang dikumpulkan dianalisis dengan perangkat lunak SPSS-16.

Hasil: Secara total, 10,9% siswa dilaporkan memiliki keterampilan belajar yang baik. Skor minimum ditemukan untuk persiapan domain ujian. Juga, korelasi positif yang signifikan diamati antara kemampuan belajar siswa dan Grade Point Average (IPK) mereka dari semester sebelumnya (P = 0,001, r = 0,269) dan kepuasan dengan keterampilan belajar (P = 0,001, r = 0,493).

Kesimpulan: Temuan menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa perlu ditingkatkan. Mengingat hubungan yang signifikan antara keterampilan belajar dan IPK, sebagai indeks prestasi akademik, dan kepuasan, perlu untuk mempromosikan keterampilan belajar siswa. Keterampilan ini disarankan untuk diperkuat, dengan lebih menekankan pada domain yang lebih lemah

Keyword: indeks prestasi akademik, keterampilan belajar

Baca Juga : Cara Membuat Rumusan Masalah yang Baik dan Benar

Contoh Abstrak Penelitian

Penelitian tentang Perbedaan Pendanaan Organisasi Nirlaba Lingkungaan di Inggris

Abstrak:

Organisasi nirlaba lingkungan di Inggris saat ini menghadapi kesenjangan pendanaan yang signifikan. Penelitian telah menunjukkan bahwa niat donasi dipengaruhi oleh strategi pesan kampanye, dan bahwa representasi individu korban umumnya lebih efektif daripada banding berdasarkan konsep abstrak seperti perubahan iklim.

Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana organisasi lingkungan dapat menargetkan kampanye penggalangan dana untuk meningkatkan donasi. Dibangun pada pekerjaan yang ada pada penggalangan dana yang ditargetkan, ia bertanya: Sejauh mana jarak sosial donor potensial dari korban perubahan iklim dalam mempengaruhi kampanye mereka untuk memberikan donasi?

Dalam konteks ini, jarak sosial didefinisikan sebagai sejauh mana orang merasa mereka berada dalam kelompok sosial yang sama (in-group) atau kelompok sosial lain (out-group) dalam kaitannya dengan para korban perubahan iklim.

Berdasarkan tinjauan literatur tentang niat donasi dan teori jarak sosial, survei online didistribusikan kepada donor potensial yang berbasis di Inggris. Responden secara acak dibagi menjadi dua kondisi (jarak sosial besar dan kecil) dan diminta untuk menanggapi salah satu dari dua set materi penggalangan dana.

Analisis tanggapan menunjukkan bahwa jarak sosial yang besar dikaitkan dengan niat sumbangan yang lebih kuat daripada jarak sosial yang kecil. Hasilnya menunjukkan bahwa jarak sosial memang berdampak pada niat sumbangan.

Atas dasar ini, direkomendasikan agar organisasi lingkungan menggunakan jarak sosial sebagai faktor utama dalam merancang dan menargetkan kampanye mereka. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang dapat memperkuat efektivitas kampanye ini.

Contoh Abstrak Jurnal

Pemantauan Pertumbuhan untuk Peningkatan Keterampilan AWW

Abstrak:

Pendahuluan: Pemantauan pertumbuhan reguler dapat membantu dalam deteksi dini dan tindakan yang tepat untuk goyah pertumbuhan. Oleh karena itu penting bahwa praktik rutin yang berkaitan dengan Pemantauan Pertumbuhan dilakukan, yang akan mengarah pada peningkatan keterampilan AWW.

Kemanjuran dalam praktik juga dipengaruhi oleh ketersediaan dan fungsionalitas logistik terkait dengan Pemantauan Pertumbuhan di AWC.

Tujuan: 1. Untuk menilai peningkatan praktik terkait pemantauan pertumbuhan oleh pekerja Anganwadi setelah intervensi yang direncanakan. 2. Untuk menilai pengaruh ketersediaan dan Fungsionalitas logistik pada praktik terkait pemantauan Pertumbuhan oleh AWWs

Metodologi: Itu adalah studi intervensi berbasis lapangan, yang dilakukan pada 66 AWW masing-masing dari Chiraigaon (intervensi) dan pengembangan komunitas Cholapur (kontrol) blok distrik Varanasi. AWW diwawancarai dengan bantuan jadwal wawancara pra-desain dan pretested.

Ketersediaan dan fungsionalitas logistik di Pusat Anganwadi telah diverifikasi dan praktik terkait Pemantauan Pertumbuhan oleh AWW diperiksa silang selama hari kesehatan dan Gizi Desa.

Hasil: Mempraktikkan metode yang benar untuk ‘tanggal lahir’ konfirmasi secara signifikan (p <0,05) meningkat pasca intervensi. Proporsi responden yang mempraktikkan pengisian lengkap dari grafik pertumbuhan meningkat dari kurang dari 50% menjadi 72,7% pada blok intervensi selama endline (p <0,05).

Penggunaan peralatan (mesin penimbang, infantometer dll.) Lebih tinggi proporsinya dibandingkan dengan ketersediaan dan fungsinya. Kesimpulan: Intervensi ditemukan efektif dalam meningkatkan praktik AWW sehubungan dengan pemantauan pertumbuhan dan ketersediaan dan fungsionalitas dukungan logistik yang diperlukan untuk pemantauan pertumbuhan ditemukan mempengaruhi praktik terkait mereka.

Contoh Abstrak Tugas Akhir

Struktur Mikro dari Sampel Disinter Konvensional

Abstrak:

Perbandingan terperinci dari sifat dan struktur mikro dari sampel yang disinter secara konvensional dan gelombang mikro dengan 3 mol% dan 8 mol% yttria zirconia telah dilakukan. Profil termal identik digunakan untuk kedua jenis pemanasan. Untuk kedua bahan, pemanasan microwave ditemukan untuk meningkatkan proses densifikasi yang terjadi selama pemanasan tingkat konstan.

3 mol% yttria zirconia material menunjukkan pergeseran dalam ukuran butir / hubungan kepadatan yang mendukung densifikasi, menghasilkan sampel dengan kepadatan lebih tinggi dengan ukuran butir lebih kecil pada kerapatan di bawah 96% dari kerapatan teoritis.

Pada kepadatan yang lebih tinggi, pertumbuhan biji-bijian yang signifikan terjadi. Untuk material 8% mol yttria zirconia, hubungan ukuran / kepadatan butir tetap tidak berubah.

Perbedaan dalam respons kedua bahan tersebut dihubungkan dengan perbedaan dalam energi aktivasi untuk pertumbuhan butir, dan dalam mobilitas batas butir. Modulus pecah dan ketangguhan baik microwave dan sampel yang disinter secara konvensional adalah serupa.

Setelah pemanasan isotermal pada suhu 13000C, sampel yang dipanaskan dengan microwave ditemukan lebih padat daripada sampel yang dipanaskan secara konvensional.

Suhu ini juga membatasi pertumbuhan biji-bijian begitu densifikasi mendekati penyelesaian. Temuan ini memiliki implikasi yang signifikan untuk aplikasi komersial sintering gelombang mikro. Tampaknya metode sintering ini menghasilkan produk yang unggul daripada sintering konvensional.

Contoh Abstrak Bahasa Inggris

Binding of Credit with Mortgage Collateral in Banking Activities

Abstract:

The existence of legal provisions override the imposition of mortgage rights in a credit agreement aimed at obtaining legal certainty and protection for all parties in using land along with objects related to land as credit collateral.

Thus, the application of credit binding with guaranteed mortgage rights in banking activities should be carried out in accordance with what is stipulated in the UUHT. The case to be investigated is overriding the procedure for applying the method of granting credit with guaranteed mortgage rights at PD BPR BKK Tengaran, and the obstacles faced in applying the granting of credit with guaranteed mortgage rights and the method for overcoming it.

The method used in this legal research is the method of sociological juridical approach, research that emphasizes the science of law and seeks to examine the rules of law that apply to citizens.

The illustration taken in this research is PD BPR BKK Tengaran located in Semarang Regency. Illustration is tried using the non random sampling method, because not all factors of the population have the same opportunity to be representative of the population.

The type of illustration used is purposive sampling, is research by using considerations in ensuring illustrations are based on adequate knowledge and certain identities associated with the research case.

From the research that was tried on PD PBR BKK Tengaran, it was obtained that the overriding method of applying credit with guaranteed mortgage rights included credit giving by PD BPR BKK Tengaran which gave rise to rights and obligations between the two parties (creditors and debtors), making Deed of Granting Mortgage Rights which aims to ensure legal certainty of land rights encumbered with mortgages, registration of deed granting Mortgage Rights

To obtain legal certainty between the creditor and the mortgage rights holders as well as the debtor as the giver of the mortgage rights and the constraints experienced by PD BPR BKK Tengaran and the method for overcoming them.

These constraints are uncertified land used as credit guarantees. The method to overcome them is by distributing confidence loans (unsecured loans) as well as efforts by PD BPR BKK Tengaran in overcoming non-performing loans, among others by conducting auctions of debtor collateral items and credit restructuring.

From the results of this research it can be concluded that bank credit has a very significant position in the economic field, the main application is the binding of credit guarantees with guaranteed mortgage rights aimed at distributing legal certainty guarantees between the two parties.

Keywords: Credit, Collateral, Mortgage Rights.

Contoh Abstrak Tesis

Pengikatan Kredit dengan Jaminan Hipotek dalam Kegiatan Perbankan

Abstrak:

Adanya ketentuan hukum mengesampingkan pengenaan hak hipotek dalam perjanjian kredit yang bertujuan untuk mendapatkan kepastian hukum dan perlindungan bagi semua pihak dalam menggunakan tanah beserta benda-benda yang terkait dengan tanah sebagai jaminan kredit.

Dengan demikian, aplikasi pengikatan kredit dengan jaminan hak hipotek dalam kegiatan perbankan harus dilakukan sesuai dengan apa yang diatur dalam UUHT. Kasus yang akan diselidiki adalah mengesampingkan prosedur untuk menerapkan metode pemberian kredit dengan jaminan hipotek di PD BPR BKK Tengaran, dan kendala yang dihadapi dalam menerapkan pemberian kredit dengan jaminan hak hipotek dan metode untuk mengatasinya.

Metode yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis, penelitian yang menekankan pada ilmu hukum dan berupaya meneliti aturan-aturan hukum yang berlaku bagi warga negara.

Ilustrasi yang diambil dalam penelitian ini adalah PD BPR BKK Tengaran yang berlokasi di Kabupaten Semarang. Ilustrasi dicoba menggunakan metode non random sampling, karena tidak semua faktor populasi memiliki peluang yang sama untuk mewakili populasi.

Jenis ilustrasi yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu penelitian dengan menggunakan pertimbangan dalam memastikan ilustrasi didasarkan pada pengetahuan yang memadai dan identitas tertentu yang terkait dengan kasus penelitian.

Dari penelitian yang diujicobakan pada PD PBR BKK Tengaran, diperoleh bahwa metode utama penerapan kredit dengan jaminan hipotek termasuk pemberian kredit oleh PD BPR BKK Tengaran yang memunculkan hak dan kewajiban antara kedua pihak (kreditor dan debitor) , membuat Akta Pemberian Hak Tanggungan yang bertujuan untuk memastikan kepastian hukum hak atas tanah yang dibebani dengan hipotek, pendaftaran akta pemberian Hak Tanggungan

Untuk mendapatkan kepastian hukum antara kreditor dan pemegang hak hipotek serta debitur sebagai pemberi hak hipotek dan kendala yang dialami oleh PD BPR BKK Tengaran dan metode untuk mengatasinya.

Kendala ini adalah tanah tidak bersertifikat yang digunakan sebagai jaminan kredit. Metode untuk mengatasinya adalah dengan menyalurkan kredit kepercayaan (kredit tanpa agunan) serta upaya PD BPR BKK Tengaran dalam mengatasi kredit macet, antara lain dengan melakukan lelang barang agunan debitur dan restrukturisasi kredit.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kredit bank memiliki posisi yang sangat signifikan dalam bidang ekonomi, aplikasi utamanya adalah pengikatan jaminan kredit dengan jaminan hak hipotek yang bertujuan mendistribusikan jaminan kepastian hukum antara kedua pihak.

Kata kunci: Kredit, Jaminan, Hak Tanggungan.

Contoh Abstrak Karya Tulis Ilmiah

Laporan Penelitian Pengelolaan Sampah Kertas yang Ada di Indonesia

Abstrak:

Permasalahan sampah kertas memang bukan permasalahan utama di dunia persampahan. Ditambah lagi dengan darurat sampah plastik dan kenyataan bahwa permasalahan daur ulang sampah bisa di Indonesia carut marut.

Penelitian dilakukan di Bantar Gebang, tempat gunungan sampah Ibukota menumpuk. Bantar gebang adalah contoh bagaimana buruknya pengelolaan sampah di Indonesia. Sampah kertas semakin terabaikan keberadaaanya dibanding sampah plastik yang menjadi ancaman utama di dunia.

Sampah kertas juga menjadi berbahaya sebab proses terurainya juga sedikit lebih lama. Di sisi lain, pemakaian kertas yang boros dapat membuat keberadaan pohon kayu terancam. Sebab semakin banyak kertas terbuang, ada banyak pohon yang ditebang dalam produksi kertas.

Kata kunci: Sampah kertas, penguraian sampah

Contoh Abstrak Laporan

Penguburan Benih untuk Penyelamatan Spesies dari Kebarakan

Abstrak:

Banyak tanaman di Australia yang benihnya dikubur agar spesiesnya bisa selamat dari kebakaran. Benih mulai berkecambah di bawah tanah pada suhu tertentu. Biji Acacia terminalis dan Dillwynia floribunda diperiksa dalam percobaan ini. Dihipotesiskan bahwa benih membutuhkan panas untuk memulai perkecambahan.

Benih dari dua spesies diperlakukan dalam air panas dan dingin dan dibiarkan mulai berkecambah. Acacia terminalis menunjukkan respons yang signifikan dalam perkecambahan setelah pengolahan air panas sedangkan Dillwynia floribunda tidak. Tidak ada benih yang menunjukkan respons berkecambah setelah pengolahan air dingin. Hasil untuk Dillwynia floribunda tidak terduga tetapi dapat dijelaskan oleh faktor-faktor seperti suhu air dan lamanya waktu benih tetap dalam air panas.

Contoh Abstrak Proposal

Perancangan Penggunaan Kamera Pengawas dan Infra Red di Gerbang Tol Berbasis Teknologi Informasi

Abstrak:

Belakangan ini banyak pengemudi yang mengeluhkan kemacetan di gerbang tol. Tidak heran jika gerbang tol menjadi salah satu titik kemacetan karena lamanya prosedur yang harus dilakukan untuk membayar uang tol. Terutama di gerbang keluar.

Berkaca dari negara lain, adalah sangat bagus apabila gerbang tol dilengkapi dengan teknologi infra merah sehingga tidak perlu lagi menggunakan gerbang. Melainkan hanya menggunakan semacam barcode pembayaran.

Micocontroler yang ada di infra merah akan membaca barcode stiker di kendaraan pengunjung sehingga pembayaran akan otomatis dilakukan seharga dengan stiker tersebut

Pada titik ini, prototype yang dihasilkan oleh teknologi digital akan mengefisiensikan waktu di gerbang tol sehingga mengurangi titik kemacetan.

Kata kunci: gerbang tol, prototype, infra merah.

Contoh Abstrak Artikel

Penilaian Kesehatan Mulut di Reservasi Indian Pine Ridge

Abstrak:

Kami menilai kesehatan mulut orang-orang Pine Ridge Oglala Lakota, menggambarkan kesehatan mulut baru alat penilaian untuk penduduk asli, dan menyarankan cara untuk meningkatkan kesehatan mulut asli.

Pemeriksaan Tim studi dokter gigi dan ahli kesehatan gigi melakukan pemeriksaan gigi dan mulut jaringan lunak untuk sampel kenyamanan 292 orang dewasa dan anak-anak.

Personel penyaringan menghitung jumlah gigi yang lapuk, terisi, tersegel, dan total, menggunakan probe untuk mengukur penyakit periodontal, dan diskrining untuk lesi oral. Setengah dari orang dewasa memiliki 27 atau lebih sedikit gigi.

Enam belas persen orang dewasa memiliki setidaknya satu gigi dengan kedalaman poket> 6mm. Partisipan memiliki jumlah gigi membusuk yang lebih banyak (p <0,0001), dan jumlah gigi yang diisi lebih sedikit (p <0,0001) daripada yang tercermin dalam Kesehatan India

Layanan mengumpulkan data lintas suku dari tahun 1999. Di antara orang Lakota di Pine Ridge, penelitian kami mendokumentasikan prevalensi tinggi karies dan penyakit periodontal, banyak orang dengan kehilangan gigi, dan banyak kebutuhan gigi yang tidak terpenuhi.

Studi masa depan tentang perilaku yang berhubungan dengan kesehatan mulut, dan akses ke perawatan kesehatan mulut diperlukan untuk menjelaskan masalah gigi, periodontal, dan jaringan lunak itu berdampak buruk pada Oglala Lakota.

Contoh Abstrak KTI

Pengujian Efektivitas Filter Komposit yang Dibuat dari Kulit Jeruk

Abstrak:

Tujuan dari percobaan ini adalah untuk menguji efektivitas filter komposit yang dibuat kulit jeruk dan pektin jeruk bersama dengan arang dan pasir untuk menghilangkan polutan logam berat dari perairan Tar Creek.

Tes toksisitas juga dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan filtrasi Daphnia magna. Arang dan pasir digunakan sebagai filtrat untuk mengurangi TDS dan menetralkannya pH air setelah filtrasi. Daphnia magna digunakan sebagai uji toksisitas sebelum dan sesudah penyaringan.

Dihipotesiskan bahwa filter komposit (jeruk + pasir + arang) akan mengurangi berat konsentrasi logam, menetralkan pH, dan menurunkan TDS setelah filtrasi. Itu juga berhipotesis bahwa persentase yang lebih tinggi dari Daphnia magna akan bertahan hidup di air yang disaring sebagai dibandingkan dengan air tanpa filter.

Sampel air dikumpulkan dari empat lokasi berbeda di Tar Creek. Setiap sampel air pergi melalui empat filter jeruk berbeda ditambah satu kontrol (pasir + arang). Semua filter jeruk menurunkan konsentrasi logam berat setelah filtrasi.

Semua filter menetralkan pH. Itu filter kulit jeruk untuk Situs 4 adalah satu-satunya filter yang memiliki pH 7 setelah filtrasi. Hanya 25% dari filter jeruk menurunkan TDS setelah filtrasi, sementara 50% filter kontrol menurunkan TDS setelah filtrasi.

Persentase Daphnia magna yang lebih tinggi bertahan setelah penyaringan. Jeruk kulit memiliki kelangsungan hidup Daphnia tertinggi secara keseluruhan setelah filtrasi. Korelasi diamati sebelumnya dan setelah filtrasi kadmium paling beracun bagi Daphnia magna.

Contoh Abstrak IKTI

Nilai Obat dari Juniperus Communis Semak Berry

Abstrak:

Juniperus communis semak barat daya (Juniper Berry) memiliki banyak nilai obat yang signifikan dalam budaya penduduk asli Amerika yang belum terbukti secara ilmiah. Salah satu kegunaan populer buah Juniper selain dari tindakan detoksifikasi adalah potensinya untuk mengusir serangga.

Pelajaran ini berfokus pada pengembangan penolak serangga dari minyak atsiri yang diperoleh melalui uap distilasi. 50 g buah segar dikumpulkan dan dikeringkan selama 5 hari dan ditempatkan dalam diam tangki dengan 100 mL air untuk destilasi uap menggunakan Flinn Scientific Borosilicate Lab Kit.

Kumpulkan minyak yang diekstraksi dan encerkan 70% dalam tiga wadah terpisah untuk ditransfer ke botol semprot. Pengujian melibatkan penyemprotan sampel encer ke dalam toples kelas dengan Anopheles juidthae (nyamuk NM umum) dan membandingkannya dengan efek serangga komersial repellant.

Setelah menguji dan membandingkan hasilnya, penolak serangga komersial secara signifikan menunjukkan bahwa itu adalah penolak serangga yang lebih baik dibandingkan dengan J. communis yang diencerkan esensial minyak. Namun, minyak atsiri juga memiliki potensi penolak serangga.

Contoh Abstrak Paper

Menggunakan Analisis Kesesuaian Situs GIS untuk Mempelajari Kemampuan Beradaptasi dan Evolusi Kehidupan

Abstrak:

GIS adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan untuk menemukan mata air yang bersumber dari ophiolites. Unik fitur yang terkait dengan pegas ini termasuk lingkungan bawah permukaan yang berkurang bereaksi pada rendah suhu menghasilkan pH tinggi, cairan formasi yang kaya Ca dengan hidrogen terlarut tinggi dan metana.

Karena karakteristik kimianya yang unik, area ini sering dikaitkan dengan mikroba dan dianggap mirip dengan fitur yang memungkinkan kehidupan berevolusi di Bumi. Lokasi dan pengambilan sampel mata air ini dapat menawarkan pandangan yang lebih dalam ke dalam biosfer bumi yang dalam dan sejarah kehidupan di Bumi.

Mata air secara tradisional telah berlokasi dengan menggunakan waktu dan biaya mengkonsumsi teknik lapangan. Pekerjaan lapangan bisa berbahaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah model yang dapat menemukan fitur-fitur geologis yang unik ini tanpa terlebih dahulu masuk ke lapangan menghemat waktu, uang dan mengurangi risiko yang terkait dengan lokasi lapangan terpencil.

Situs GIS analisis kesesuaian bekerja dengan melapis data referensi geografis yang ada ke dalam program komputer dan menambahkan set data yang berbeda setelah menetapkan nilai numerik ke bidang penting.

Untuk proyek ini, saya menggunakan peta air permukaan dan air tanah, peta geologi, peta tanah, dan peta patahan selama empat kabupaten di California Utara. Model telah menunjukkan bahwa itu mungkin untuk digunakan model kali ini dan menerapkannya pada area geologi yang kompleks untuk menghasilkan peta bidang yang dapat digunakan untuk pekerjaan lapangan di masa depan.

Contoh Abstrak Laporan PKL

Reimagining Hubungan Multimodal melalui Disosiasi ”

Abstrak:

“W.J.T. Mitchell telah terkenal mencatat bahwa kita berada di tengah-tengah “giliran bergambar,” dan gambar memainkan peran yang semakin penting dalam komunikasi digital dan multimodal. Disertasi saya membahas pertanyaan tentang bagaimana makna dibuat ketika teks dan gambar disatukan dalam argumen multimodal.

Retorika visual sering berusaha untuk memahami argumen teks-gambar dengan mengistimewakan satu media di atas yang lain, baik menggunakan prinsip retoris berbasis teks atau mengembangkan teori berbasis gambar baru.

Saya berpendapat bahwa hubungan antara kedua media ini lebih dinamis, dan dapat lebih dipahami dengan menerapkan konsep disosiasi Retorika Baru, yang dikembangkan Chaim Perelman dan Lucie Olbrechts-Tyteca untuk menunjukkan bagaimana interaksi berbagai konsep yang dinilai berbeda dapat membangun makna baru.

Disertasi saya memperluas jangkauan disosiasi dengan menerapkannya secara khusus pada konteks visual dan menggunakannya untuk mengkritik argumen visual dalam serangkaian momen historis ketika faktor-faktor politik, agama, dan ekonomi menyebabkan satu bentuk media dinilai lebih dari yang lain: Byzantine Iconoclasm, periode akhir abad pertengahan, booming iklan tahun 1950-an, dan era digital modern.

Dalam masing-masing periode ini, saya berpendapat bahwa disosiasi mengungkapkan bagaimana media istimewa dapat membentuk seluruh argumen multimodal. Saya menyimpulkan dengan diskusi pedagogi multimodal disosiatif, menerapkan disosiasi ke kelas komposisi multimodal. ”

Contoh Abstrak PKM

Ekonomi Penampakan: Citra Spektral dalam Imajinasi Antebellum ”

Abstrak:

“Ekonomi Penampakan diinvestasikan dalam pertimbangan historis kondisi ekonomi melalui era sebelum perang dan pemeriksaan tentang bagaimana representasi spektral menggambarkan efek dari kondisi tersebut pada publik lokal dan individu.

Dari perspektif ini, proyek menunjukkan bagaimana literatur periode secara luas terjerat dalam ekonomi: dalam kehancuran finansial, dalam batas-batas kemajuan yang tampaknya tak terbatas, dan dalam standar nilai yang mengatur nilai komoditas dan orang yang dapat berdagang untuk mereka.

Saya berpendapat bahwa ruang momok adalah kekuatan representasi, sebuah situs yang tidak terlihat di mana ketidakpastian perubahan ekonomi dan sosial sebelum perang menjadi terlihat. Saya membaca ruang spektral ini dalam karya kanonik oleh Nathaniel Hawthorne, Edgar Allan Poe, Herman Melville, dan Walt

Whitman dan dalam teks-teks yang muncul oleh Robert Montgomery Bird, Theophilus Fisk, Fitz James O’Brien, dan Edward Williams Clay. Secara metodologis, Ekonomi Penampakan bergerak melalui peristiwa sejarah dan representasi tekstual dalam dua cara: secara kronologis memperhatikan materi arsip.

Melalui era sebelum perang (dimulai dengan momok yang muncul dengan Panik 1837) dan secara interpretatif melintasi bacaan momok sastra (seperti ruang kekurangan dan potensi, sebagai pertukaran, sebagai transformasi, dan sebagai kehadiran ketidakhadiran).

Sebagai badan yang gagal dan, oleh karena itu, perwujudan cacat dari keberadaan ekonomi, momok sastra membuktikan representasi kuat dari ketidakpastian sosial dan keuangan sebelum perang.

Kata Kunci: Literatur, Citra Spektral, Imajinasi Antebellum

Contoh Abstrak Yang Baik

Hak Hipotek dalam Kegiatan Perbankan

Abstrak

Adanya ketentuan hukum mengesampingkan pengenaan hak hipotek dalam perjanjian kredit yang bertujuan untuk mendapatkan kepastian hukum dan perlindungan bagi semua pihak dalam menggunakan tanah beserta benda-benda yang terkait dengan tanah sebagai jaminan kredit.

Dengan demikian, aplikasi pengikatan kredit dengan jaminan hak hipotek dalam kegiatan perbankan harus dilakukan sesuai dengan apa yang diatur dalam UUHT. Kasus yang akan diselidiki adalah mengesampingkan prosedur untuk menerapkan metode pemberian kredit dengan jaminan hipotek di PD BPR BKK Tengaran, dan kendala yang dihadapi dalam menerapkan pemberian kredit dengan jaminan hak hipotek dan metode untuk mengatasinya.

Metode yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis, penelitian yang menekankan pada ilmu hukum dan berupaya meneliti aturan-aturan hukum yang berlaku bagi warga negara.

Ilustrasi yang diambil dalam penelitian ini adalah PD BPR BKK Tengaran yang berlokasi di Kabupaten Semarang. Ilustrasi dicoba menggunakan metode non random sampling, karena tidak semua faktor populasi memiliki peluang yang sama untuk mewakili populasi.

Jenis ilustrasi yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu penelitian dengan menggunakan pertimbangan dalam memastikan ilustrasi didasarkan pada pengetahuan yang memadai dan identitas tertentu yang terkait dengan kasus penelitian.

Dari penelitian yang diujicobakan pada PD PBR BKK Tengaran, diperoleh bahwa metode utama penerapan kredit dengan jaminan hipotek termasuk pemberian kredit oleh PD BPR BKK Tengaran yang memunculkan hak dan kewajiban antara kedua pihak (kreditor dan debitor) , membuat Akta Pemberian Hak Tanggungan yang bertujuan untuk memastikan kepastian hukum hak atas tanah yang dibebani dengan hipotek, pendaftaran akta pemberian Hak Tanggungan

Untuk mendapatkan kepastian hukum antara kreditor dan pemegang hak hipotek serta debitur sebagai pemberi hak hipotek dan kendala yang dialami oleh PD BPR BKK Tengaran dan metode untuk mengatasinya.

Kendala ini adalah tanah tidak bersertifikat yang digunakan sebagai jaminan kredit. Metode untuk mengatasinya adalah dengan menyalurkan kredit kepercayaan (kredit tanpa agunan) serta upaya PD BPR BKK Tengaran dalam mengatasi kredit macet, antara lain dengan melakukan lelang barang agunan debitur dan restrukturisasi kredit.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kredit bank memiliki posisi yang sangat signifikan dalam bidang ekonomi, aplikasi utamanya adalah pengikatan jaminan kredit dengan jaminan hak hipotek yang bertujuan mendistribusikan jaminan kepastian hukum antara kedua pihak.

Kata kunci: Kredit, Jaminan, Hak Tanggungan.

Contoh Abstrak Laporan Praktikum

Percobaan Kromatografi untuk Menganalisis Asam Amino

ABSTRAK

Dalam percobaan ini, kromatografi digunakan untuk menganalisis asam amino dalam larutan. Standar digunakan untuk mengidentifikasi asam amino yang tidak diketahui dalam suatu campuran. Kromatografi lapis menaik dengan pelarut berbasis isopropanol digunakan untuk memisahkan asam amino, yang kemudian dideteksi dengan ninhidrin.

Campuran yang tidak diketahui dianalisis ditemukan mengandung aspartat dan histidin. Diamati bahwa asam amino hidrofobik paling mobile. Teknik ini terbukti menjadi cara yang efektif untuk menganalisis campuran asam amino yang tidak diketahui. Mekanisme untuk mengikat ninhidrin dengan asam amino diusulkan, berdasarkan pengamatan dari percobaan ini.

Kata Kunci: Kromatografi, Asam Amino, Hidrofobik.

Contoh Abstrak Yang Benar

Abstrak yang benar memiliki susunan seperti ini: judul, isi, dan kata kunci.

Penelitian Penggunaan Ponsel di Kalangan Remaja

Abstrak:

Penggunaan ponsel di kalangan remaja memberi dampak baik sekaligus buruk. Beberapa dampak buruk dari penggunaan ponsel adalah para remaja banyak membuang waktu ke ponsel tersebut. Sedangkan dampak baiknya, kalangan remaja memiliki akses informasi yang cukup beragam.

Penggunaan ponsel bagi para siswa harus memiliki kontrol dan penggunaan yang tepat. Karena jika tidak, maka bisa dibilang bahwa penggunaan tersebut gagal.

Kata Kunci: Ponsel, Dampak Baik, Dampak Buruk

Itu adalah beberapa contoh abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan lengkap. Biasanya, abstrak hanya memiliki panjang sekitar 150 suku kata. Tetapi untuk beberapa kasus, abstraksi bisa panjang. Tergantung pembahasan yang ada di dalam karya ilmiahnya.

Tinggalkan komentar