Contoh Amplop Surat Pengunduran Diri

Hallo semuanya, kali ini akan kami bahas tentang Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan . Banyak sekali alasan mengapa seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Namun, bagi sebagian orang, membuat surat pengunduran diri bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Nah, dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh surat pengunduran diri serta menjelaskan mengenai apa itu, mengapa, kapan, dimana, kelebihan, kekurangan, bagaimana dan cara membuat surat pengunduran diri.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Pekerjaan

Sebelum membahas lebih jauh mengenai surat pengunduran diri, berikut contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan yang bisa menjadi referensi Anda:

Contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan

Surat Pengunduran Diri

Nomor : XXX/XXX/XXXX

Perihal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,

Bapak/Ibu HRD/Manajer SDM

PT. Contoh Perusahaan

Alamat Kantor

Dengan hormat,

Sesuai dengan peraturan perusahaan, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Contoh Nama

Jabatan : Contoh Jabatan

Divisi : Contoh Divisi

Dengan ini memberitahukan bahwa saya mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan yang saya geluti selama ini di PT. Contoh Perusahaan.

Pengunduran diri ini saya ajukan karena beberapa hal yang mengharuskan saya untuk meninggalkan pekerjaan ini. Beberapa hal tersebut antara lain:

  • Alasan 1
  • Alasan 2
  • Alasan 3

Saya sadar bahwa pengunduran diri ini tentunya akan memberikan dampak bagi perusahaan, oleh karena itu saya akan berusaha untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang masih saya pegang dan bertanggung jawab terhadapnya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan, atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Nama Terang

Apa Itu Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan?

Surat pengunduran diri dari pekerjaan merupakan surat resmi yang diajukan oleh seorang karyawan kepada perusahaan untuk menyatakan keinginannya untuk mengakhiri hubungannya sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Surat pengunduran diri ini seringkali diajukan karena adanya alasan tertentu yang membuat karyawan tidak nyaman atau merasa tidak cocok dengan lingkungan kerja dalam perusahaan tersebut.

Mengapa Membuat Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan?

Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan, antara lain:

  • Kurang puas dengan lingkungan kerja dan perusahaan
  • Tidak cocok dengan pekerjaan yang dijalani
  • Ada tawaran pekerjaan yang lebih baik
  • Alasan keluarga, seperti harus pindah kota atau harus fokus pada keluarga
  • Masalah kesehatan

Apapun alasan Anda untuk membuat surat pengunduran diri, pastikan Anda mengevaluasi dan mempersiapkannya dengan baik agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi karir Anda di masa depan.

Kapan Membuat Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan?

Sebelum membuat surat pengunduran diri, pastikan Anda sudah menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab yang sudah diamanahkan kepada Anda. Selain itu, berikut beberapa waktu yang tepat untuk membuat surat pengunduran diri:

  • Setelah menyelesaikan proyek tertentu
  • Saat perusahaan tidak sedang mengalami masa sulit
  • Setelah Anda menyelesaikan masa percobaan atau memiliki kontrak tertentu

Pastikan juga Anda memberikan notifikasi kepada perusahaan beberapa minggu sebelumnya agar perusahaan bisa mencari pengganti karyawan yang mengundurkan diri.

Dimana Membuat Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan?

Surat pengunduran diri dari pekerjaan bisa Anda buat di kantor HRD atau bagian kepegawaian. Namun, pastikan Anda sudah mempersiapkan dan mengevaluasi alasan pengunduran diri terlebih dahulu sebelum bertemu dengan HRD/Manajer SDM untuk menjelaskan keputusan Anda.

Kelebihan Membuat Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Memberikan kesan profesional kepada perusahaan
  • Meningkatkan citra diri Anda dan membuat Anda lebih respek di mata perusahaan
  • Menjaga hubungan baik dengan perusahaan dan atasan
  • Memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk mencari pengganti karyawan yang mengundurkan diri

Sebagai seorang profesional, ini adalah tindakan yang penting untuk Anda lakukan untuk memberikan kesan yang baik kepada perusahaan dan orang-orang di sekitar Anda.

Kekurangan Membuat Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Meskipun membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan memiliki beberapa kelebihan, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

  • Dapat membuat kesulitan bagi tim kerja jika posisi yang ditinggalkan sulit untuk diisi
  • Anda mungkin kehilangan manfaat atau tunjangan tertentu jika tidak berhenti dengan benar
  • Ada kemungkinan Anda tidak bisa kembali bekerja di perusahaan tersebut di masa depan

Oleh karena itu, pastikan Anda mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan terlebih dahulu sebelum membuat keputusan akhir untuk mengundurkan diri dari pekerjaan.

Bagaimana Cara Membuat Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan?

Berikut adalah langkah-langkah serta tips yang bisa Anda lakukan saat membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan:

  1. Siapkan alasan yang jelas dan tepat
  2. Sebelum membuat surat pengunduran diri, pastikan Anda sudah memiliki alasan yang jelas dan tepat untuk mundur dari perusahaan tersebut. Misalnya, perusahaan yang tidak cocok dengan visi misi Anda atau kurang sesuai dengan keinginan karir Anda atau lain sebagainya.

  3. Buat surat pengunduran diri dengan format yang baik dan benar
  4. Pastikan surat pengunduran diri yang Anda buat memiliki format yang baik dan sesuai dengan standar formal. Jangan lupa juga gunakan bahasa yang sopan dan menjaga etika saat membuat surat tersebut.

  5. Berikan tanggal akhir dan waktu peringatan
  6. Pastikan memberikan waktu yang cukup bagi perusahaan untuk mencari pengganti atau mengatur ulang pekerjaan Anda. Berikan juga tanggal pasti kapan Anda akan mengakhiri hubungan dengan perusahaan tersebut.

  7. Serahkan surat langsung kepada atasan Anda
  8. Serahkan surat pengunduran diri Anda langsung ke atasan atau pihak terkait yang berada di atas Anda agar mereka dapat langsung menanganinya.

  9. Minta pemberian tanda tangan sebagai tanda penerimaan surat pengunduran diri
  10. Pastikan Anda meminta tanda tangan atasan Anda sebagai tanda penerimaan surat pengunduran diri. Tanda tangan ini dapat digunakan sebagai bukti bahwa surat pengunduran diri Anda sudah diterima dan valid.

  11. Jangan lupa untuk berterima kasih
  12. Berterima kasihlah kepada perusahaan serta atasan Anda atas kesempatan yang telah diberikan kepada Anda. Hal ini penting untuk menjaga hubungan baik antara Anda dan perusahaan, serta meningkatkan kesan profesionalisme Anda sebelum meninggalkan perusahaan tersebut.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja – Dunia Sosial

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri kerja dalam dunia sosial yang bisa menjadi referensi Anda:

Contoh surat pengunduran diri kerja - Dunia Sosial

Surat Pengunduran Diri

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan CV. Contoh Sosial

Alamat Kantor

Dengan hormat,

Sesuai dengan aturan dan peraturan yang berlaku, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Contoh Nama

Jabatan : Contoh Jabatan

Dengan ini menyatakan bahwa saya berencana untuk mengundurkan diri dari pekerjaan di CV. Contoh Sosial. Saya menyadari bahwa keputusan ini membawa dampak bagi segenap elemen di CV Contoh Sosial. Namun, saya menilai bahwa ini adalah keputusan yang paling tepat yang harus saya buat secara berdasarkan pertimbangan yang matang dan masa depan yang lebih baik.

Maka, berdasarkan pertimbangan ini, saya dengan ini mengajukan permohonan untuk segera menyelesaikan tugas-tugas saya sebagai pegawai di CV Contoh Sosial. Saya berharap permohonan saya ini dapat dipertimbangkan oleh pihak manajemen untuk segera disetujui dan diberikan kesempatan untuk memulai karir di tempat yang lebih baik lagi.

Demikian saya sampaikan surat pengunduran diri ini, saya harap atas pengertiannya dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Contoh Nama)

Kesimpulan

Membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik dan mempertimbangkan banyak hal sebelum membuat keputusan. Namun, dengan memahami apa itu surat pengunduran diri, mengapa harus membuat surat pengunduran diri, kapan, dimana, kelebihan, kekurangan dan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri, Anda dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk sukses dalam membuat surat pengunduran diri yang baik dan tepat.

Jangan lupa untuk meminta saran dan masukan kepada orang-orang di sekitar Anda untuk membuat keputusan yang lebih bijaksana. Selain itu, berterus teranglah dengan atasan dan jangan membuat keputusan impulsif yang dapat merugikan karir Anda di masa depan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Amplop Surat Pengunduran Diri yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment