Contoh Bikin Surat Pernyataan

Halo, teman-teman! Kita akan bahas tentang dua contoh surat pernyataan, ya! Ini penting banget untuk diketahui, terutama kalau kamu sudah berkeluarga atau bekerja. Bisa jadi suatu saat nanti kamu membutuhkan surat seperti ini dan kamu sudah tahu bagaimana membuatnya.

Contoh Bikin Surat Pernyataan Alasan Pencabutan PKP dari Perusahaan

Pertama kita bahas tentang surat pernyataan pencabutan PKP dari perusahaan. Nah, PKP itu singkatan dari Pekerjaan Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran. Kalau kamu bekerja di perusahaan yang statusnya pengalaman PKP, maka ada baiknya kamu membuat surat pernyataan alasan kamu mencabut PKP dari perusahaan tersebut. Ini penting untuk membuktikan bahwa kamu tidak lagi terkait dengan perusahaan yang alami kebangkrutan.

contoh surat pernyataan alasan pencabutan PKP dari perusahaan

Apa itu surat pernyataan alasan pencabutan PKP dari perusahaan? Surat pernyataan ini berisi pemberitahuan bahwa kamu tidak lagi memiliki hubungan bisnis dengan perusahaan yang mengalami PKP dan mempunyai niat untuk mencabut status PKP tersebut dari perusahaannya. Surat ini akan dikirim ke instansi terkait untuk melaporkan pencabutan PKP.

Mengapa harus membuat surat pernyataan alasan pencabutan PKP dari perusahaan? Surat ini dibutuhkan untuk menginformasikan perusahaan bahwa kamu tidak lagi terkait dengan kondisi keuangan perusahaan yang sedang PKP. Kamu juga harus membuat surat ini jika perusahaan kebangkrutan dan ingin memutuskan hubungan bisnis dengan perusahaan tersebut.

Kapan harus membuat surat pernyataan alasan pencabutan PKP dari perusahaan? Surat ini harus kamu buat sesegera mungkin, pada saat kamu ingin memutuskan hubungan bisnis dengan perusahaan yang PKP. Jangan tunggu terlalu lama karena bisa membingungkan pihak yang terkait.

Dimana membuat surat pernyataan alasan pencabutan PKP dari perusahaan? Kamu bisa membuat surat ini di rumah atau di kantor kamu. Cukup siapkan kertas dan pena untuk menulis surat ini. Tuliskan alasan dan tujuan kamu mencabut status PKP perusahaan tersebut dan jangan lupa untuk menyebutkan tanggal penulisan surat pernyataan.

Apa kelebihan membuat surat pernyataan alasan pencabutan PKP dari perusahaan? Dengan membuat surat pernyataan ini, kamu sudah memastikan bahwa kamu tidak lagi terlibat dengan masalah finansial perusahaan yang PKP. Surat pernyataan ini juga akan membantu pihak terkait untuk memproses pencabutan status PKP perusahaan dan memberikan klarifikasi jelas mengenai statusmu di perusahaan.

Apa kekurangan membuat surat pernyataan alasan pencabutan PKP dari perusahaan? Tidak ada kekurangan dalam membuat surat pernyataan ini, asalkan kamu membuatnya dengan jelas dan dengan niat yang baik.

Bagaimana cara membuat surat pernyataan alasan pencabutan PKP dari perusahaan? Pertama-tama tuliskan nama dan alamat lengkapmu di bagian atas kiri kertas. Di bawahnya, tuliskan alamat instansi yang dituju (biasanya KPP Pratama di wilayah setempat). Kemudian, masukkan kalimat pernyataan pencabutan PKP dan tujuan pencabutan tersebut. Jangan lupa sertakan tanggal dan tanda tangan di bagian bawah surat.

Contoh surat pernyataan alasan pencabutan PKP dari perusahaan:

Kepada Yth. KPP Pratama Jakarta Selatan,

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Niken Widiastuti
Alamat : Jalan Merdeka Baru No. 10 Rt/Rw 03/09 Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12210.

Menyatakan bahwa saya tidak lagi terlibat dan berafiliasi dengan PT. Baru Makmur yang mengalami Pekerjaan Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran (PKP). Melalui surat ini kami hendak mencabut status PKP tersebut dari PT. Baru Makmur dan meminta agar kewajiban kami sebagai karyawan PT. Baru Makmur dapat diproses oleh pihak yang terkait.

Sekian pernyataan dari kami, dan atas kerjasama dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 16 Januari 2022

Download Contoh Surat Pernyataan Cerai Pernikahan

Selanjutnya kita bahas contoh lainnya, yaitu surat pernyataan cerai pernikahan. Surat ini, seperti namanya, berisi tentang pernyataan mengenai perceraian suatu pasangan yang sudah menikah.

contoh surat pernyataan cerai pernikahan

Apa itu surat pernyataan cerai pernikahan? Surat ini berisi pernyataan bahwa suami atau istri umumnya, yang sudah menikah, sudah tidak lagi hidup bersama karena terjadinya perceraian. Ke mana surat ini dikirim tergantung dari tujuan pembuatannya. Pihak terkait biasanya meliputi kantor catatan sipil atau instansi terkait lainnya.

Mengapa harus membuat surat pernyataan cerai pernikahan? Surat ini diperlukan untuk melapor ke pihak yang berwenang bahwa pasangan sudah bercerai dan tidak lagi hidup bersama. Di negara kita, perceraian harus didaftarkan secara resmi ke kantor catatan sipil dan pihak berwenang lainnya.

Kapan harus membuat surat pernyataan cerai pernikahan? Surat ini harus dibuat secepat mungkin, ketika suami/istri umumnya sudah berpisah dan tidak lagi hidup bersama. Jangan menunda untuk membuat surat ini karena bisa melambatkan proses perceraianmu.

Dimana membuat surat pernyataan cerai pernikahan? Kamu bisa membuat surat ini di notaris atau di kantor catatan sipil. Biasanya pasangan dibantu oleh pengacara atau mediator dalam rangka membuat pernyataan cerai. Tinggal menyesuaikan saja apakah kamu ingin membuatnya di notaris atau kantor catatan sipil.

Apa kelebihan membuat surat pernyataan cerai pernikahan? Dengan membuat pernyataan cerai ini, kamu akan tercatat secara resmi oleh pihak berwenang bahwa kamu dan pasangan sudah bercerai dan tidak lagi hidup bersama. Ini menjadi penting untuk mengurus dokumen dan urusan lainnya yang berhubungan dengan perceraian.

Apa kekurangan membuat surat pernyataan cerai pernikahan? Tidak ada kekurangan dalam membuat pernyataan cerai, apabila kamu sudah memutuskan untuk bercerai dan ingin mengurusnya secara resmi.

Bagaimana cara membuat surat pernyataan cerai pernikahan? Kamu bisa membuat surat pernyataan cerai ini dengan bantuan pengacara atau notaris. Biasanya pengacara atau mediator akan mengajukan pernyataan cerai tersebut ke pengadilan agama atau kantor catatan sipil. Tinggal menyesuaikan saja apakah kamu akan membuatnya di notaris atau kantor catatan sipil.

Contoh surat pernyataan cerai pernikahan:

Kepada Yth. Kepala Kantor Catatan Sipil Kecamatan Batu Ampar,

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Raden Wijaya
Alamat : Jl. Sisingamangaraja No. 3A RT 05 RW 07 Kelurahan Tarakanita Kecamatan Batu Ampar

Menyatakan bahwa kami, suami istri, telah bercerai sejak tanggal 27 Desember 2021. Dalam rangka membuat surat pernyataan ini, kami sebagai pasangan yang bercerai sudah diwakili oleh mediator dalam pembicaraan dan persetujuan hak-hak masing-masing dari pihak terlibat.

Oleh sebab itu, kami memohon agar dapat diuruskan pencatatan perceraian kami sebagai pasangan yang sudah resmi bercerai untuk keperluan pembuatan dokumen yang berhubungan dengan data kependudukan, dan lain-lain sesegera mungkin oleh pihak yang berwenang.

Demikian surat pernyataan ini kami sampaikan, atas kerjasama dan bantuannya, kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 18 Januari 2022

Nah, itu tadi contoh-contoh surat pernyataan yang biasa dibuat dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan kamu sudah mengerti betul bagaimana membuatnya, ya! Jangan lupa untuk membuatnya dengan format yang jelas dan benar agar memudahkan dalam pengiriman dan pengurusan dokumen. Semangat!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Bikin Surat Pernyataan yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment