Contoh Brosur

Contoh brosur sekolah, produk, laundry, tk, ppdb, paket lebaran, makanan, dan minuman yang menarik dan sederhana bahasa Indonesia dan Inggris. Dalam sebuah usaha pasti memerlukan yang namanya Promosi dari usaha tersebut. Bentuk promosinya salah satunya adalah dengan mengacu pada sebuah kesuksesan dari sebuah usaha, untuk itu perlu yang yang namanya dengan teknik promosi sebuah produk.

Misalnya kita sering melihat promosi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan melalui media iklan di koran, majalah atau menyebarkan panflet atau brosur di jalanan Ramai atau tempat-tempat yang dikunjungi oleh banyak orang.

Saat ini teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat banyak perusahaan yang beralih memakai sarana digital dan internet untuk menjalankan promosi perusahaannya.

Promosi lewat internet sangat mudah dilakukan Selain itu hemat biaya karena murah dan tidak banyak mengeluarkan pengeluaran dan hasilnya cenderung lebih cepat.

Dari banyaknya promosi yang dilakukan oleh orang-orang, baik itu perorangan atau perusahaan banyak memanfaatkan sarana media media sosial untuk menjaring customer atau pembeli lebih banyak lagi yang berasal dari jejaring sosial.

Lalu jika banyak orang yang berpromosi menggunakan jejaring internet lewat media sosial, apakah masih ada orang-orang yang tertarik mempromosikan produk perusahaannya menggunakan brosur pamflet dan sebagainya?

Apa keunggulan menggunakan brosur sebagai sarana promosi?

Meskipun cara-cara promosi dengan menyebar brosur atau pamflet termasuk langkah lama dalam dunia pemasaran, tetapi jangkauannya terhadap customer lebih efektif meskipun harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal daripada menggunakan media digital internet.

Kenapa?

Karena tidak semua orang menggunakan internet, masih banyak orang-orang tua atau anak muda yang lebih tertarik untuk tidak menggunakan media sosial, oleh karenanya langkah menggunakan brosur sebagai pemasaran masih lebih efektif dan menguntungkan untuk menyebarkan info tentang suatu produk perusahaan anda.

Baca Juga : Contoh Berita Acara Terbaru dan Terlengkap

Langkah-langkah membuat desain brosur yang menarik

1. Menggunakan figur orang terkenal atau yang berpenampilan menarik
Cara ini digunakan di hampir seluruh produk di dunia. Bahkan banyak juga perusahaan-perusahaan elite dan besar yang menggunakan public figure seperti asli olahraga selebriti dan sebagainya. Tetapi fokus utamanya tetap harus pada produk yang kita jual, figur ini hanya sebagai pemanis dari desain brosur.

2. Judul brosur yang menarik
Menggunakan judul utama yang bombastis atau menakjubkan atau mempunyai kandungan unsur yang wow jika perlu menggunakan kata-kata yang yang memainkan faktor emosi dari konsumen atau pembaca. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian orang yang membaca sekilas brosur anda karena bisa menarik perhatian pembaca dan mulai penasaran dengan produk yang tertera di dalam brosur.

3. Pemilihan warna pada brosur harus sesuai
Menggunakan warna-warna yang cocok dengan produk yang Anda jual, warna ini juga harus anda sesuaikan dengan target customer anda. Sebagai tips, perhatikan juga filosofi warna karena itu bisa menambah kesan menarik dalam nomor anda.

Ini juga bagian yang penting karena pemakaian warna-warna yang spesifik seperti ini ternyata mempengaruhi kekuatan daya tarik customer.

Contohnya untuk produk mainan anak-anak otomatis akan lebih cocok dan lebih menarik jika menggunakan warna-warna dasar yang terang. Begitu juga dengan produk aksesoris remaja putri akan lebih menarik dengan menggunakan warna-warna yang lembut seprti biru langit, pink, dsb.

4. Mencantumkan harga pada brosur jika anda bermaksud menjual barang
Bila memungkinkan Anda bisa memasukkan harga atau juga dari produk yang Anda jual. Untuk menarik lebih banyak pelanggan anda juga bisa membandingkan produk Anda dengan merk yang lain dengan buku yang serupa tapi dengan harga yang berbeda misal produk yang Anda tawarkan harganya jauh lebih murah daripada produk merek lain dengan mobil yang serupa tersebut.

Selain itu Anda juga bisa menjadikan harga diskon Anda bagai unsur di dalam judul utama dan cetak besar-besar atau dominan. Karena harga yang tidak mahal dan mutu yang bagus adalah produk yang didambakan oleh setiap orang.

Untuk itu, customer atau orang yang membaca brosur anda akan tertarik dengan harga tersebut karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan barang yang sama tetapi harganya lebih mahal.

Baca Juga : Contoh Metode Penelitian yang Baik dan Benar

5. Menggunakan tanda khusus pada bagian brosur
Pemakaian tanda spesifik atau khusus pada judul utama akan membentuk komunikasi secara visual. Contohnya bentuk bintang bentuk lingkaran bentuk kotak oval tanda panah dan sebagainya.

Tujuannya adalah untuk memperkuat kesan dari judul yang telah anda Tentukan pernah dan spesifik Ini kebanyakan disebut juga dengan flashes.

6. Membuat sub judul brosur yang menarik
Sub judul ini Tujuannya adalah untuk menyebutkan secara singkat maksud yang berasal dari judul utama berunsur anda. Subjudul ini berbentuk kalimat pendek yang membuat ilustrasi singkat yang bisa membuat orang yang membacanya menginginkan atau penasaran dengan isi brosur yang anda buat.

jadi perbedaannya adalah jika judul utama kebanyakan menggunakan satu atau dua kata maka kebanyakan membuat kalimat yang memiliki makna memperkuat dan mempertegas kesan yang berasal dari judul utama browser anda.

7. Buatlah layout desain brosur Anda menarik dan sesuai dengan produk yang Anda jual
Layout yang anda buat harus mengilustrasikan keunggulan dari produk anda secara baik dan menarik.

8. Sisipkan space yang cukup
Sediakan area kosong atau spesi yang cukup karena jika terlalu padat pembaca akan malas membacanya karena terlihat terlalu kacau, rumit dan berantakan.

Bisa kita ambil contoh pada brosur-brosur dari perusahaan-perusahaan besar, mereka biasanya menyisipkan area kosong untuk memastikan readibility dan legibility desain brosur yang mereka pasarkan.

Area kosong ini juga berkenaan dengan dominasi atau pengutaraan apa yang ingin anda tonjolkan dalam browser anda.

Baca Juga : Contoh Laporan PKL yang Baik dan Benar

9. Pastikan mencantumkan informasi perusahaan ada di dalam brosur
Jika customer atau pembaca dari brosur anda tertarik dengan produk yang Anda tawarkan otomatis mereka pasti menginginkan data atau informasi yang menggiring mereka untuk segera menghubungi anda,

Untuk itu mencantumkan nomor untuk itu mencantumkan nomor telepon alamat toko dan sebagainya sangat diperlukan.

Jenis-jenis brosur dan ukurannya

Seperti yang sudah kita ketahui, penggunaan brosur untuk pemasaran penggunaan brosur untuk suatu pemasaran dalam produk perusahaan anda merupakan upaya merupakan upaya yang sangat efektif. Meski begitu, masih banyak dari kita yang belum mengetahui kalau brosur itu memiliki beraneka macam, jenis, dan juga ukuran.

1. Ukuran brosur lipat 3
Brosur lipat 3 merupakan jenis brosur yang paling banyak diminati, ukuran brosur lipat 3 adalah seukuran kertas A4 (21 x 29,7 cm) kemudian dilipat 3 dan dijadikan brosur yang memiliki 6 Halaman bolak-balik.

Bagi Anda yang menginginkan untuk menampilkan bermacam-macam foto produk dalam materi brosur anda dan dibagi-bagi setiap halaman, makam brosur lipat 3 adalah jenis brosur yang paling anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan produk Anda.

Ukuran brosur lipat 3 tidak hanya seukuran kertas A4, tetapi bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan yang anda inginkan misalnya seperti seukuran kertas A5.

2. Ukuran brosur lipat 2
Brosur jenis Ini kebanyakan memiliki ukuran ukuran kertas A4 atau sama dengan ukuran brosur lipat 3, tetapi tetapi brosur ini dilipat menjadi 2 bagian sehingga memiliki 4 halaman yang bolak-balik. Brosur jenis ini sesuai dengan anda yang menginginkan untuk menampilkan produk Anda dengan gambar yang besar.

3. Ukuran brosur tanpa lipatan
Ukuran brosur jenis ini tidak memiliki lipatan sama sekali biasanya disebut juga dengan flyer. Umumnya ukurannya seukuran dengan kertas A4, A5 (14,8 x 21 cm), atau bisa juga seukuran DL size atau seperempat kertas kuarto.

Untuk jenis brosur dengan tanpa lipatan ini sangat sesuai untuk Anda yang memiliki info singkat dan padat, tetapi menginginkan lebih banyak materi lain untuk diinfokan ke dalam brosur.

Agar anda bisa memahami lebih lanjut tentang brosur-brosur yang cocok untuk memasarkan produk Anda, berikut ini contoh-contoh brosur yang bisa anda jadikan referensi sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan yang Baik dan Benar

Contoh Brosur Makanan

Contoh desain brosur untuk makanan atau restoran sangat bisa dipasarkan melalui brosur yang di desain semenarik mungkin, tujuannya bisa untuk meningkatkan penjualan rumah makan atau bisnis kuliner anda dengan waktu yang singkat.

Karena pada aslinya brosur makanan memang sangat menarik, berisi menu lengkap makanan yang ada di bisnis kuliner anda dengan warna yang sangat mengundang selera.

Dengan pemasaran bisnis Anda menggunakan brosur makanan anda bisa meningkatkan pengunjung ke restoran atau Rumah Makan atau bisnis kuliner anda. Penataan layout dan perpaduan warna yang tepat sangat perlu diperhatikan agar desain tidak terlihat menumpuk dan berantakan.

Di sini kemampuan seorang desainer grafis sangat dibutuhkan karena bisa membawa dampak yang sangat baik bagi kemajuan bisnis kuliner Anda yang mana bisa menarik dan memikat hati pelanggan anda.

Berikut contoh brosur makanan :

Contoh Brosur Makanan

Contoh Brosur Sekolah

Pada pembuatan desain brosur sekolah kurang lebih sama dengan desain brosur lainnya, tetapi brosur sekolah lebih memfokuskan inti materinya terhadap promosi lembaga pendidikan atau sekolah-sekolah kepada pembacanya.

Brosur sekolah berisi keunggulan-keunggulan berikut seperti prestasi akademiknya ataupun prestasi non akademiknya, sarana dan prasarana penunjangnya, staf pengajarnya, dan sebagainya yang masih bersangkutan dengan kegiatan yang ada di sekolah tersebut.

Berikut contoh brosur sekolah :

contoh brosur sekolah

Contoh Brosur Bahasa Inggris

Cara pembuatan brosur menggunakan bahasa Inggris tidak berbeda jauh dengan yang menggunakan bahasa Indonesia. Tetap dengan tujuan yang sama yaitu mempromosikan barang, jasa, atau produk-produk perusahaan anda.

Berikut contoh brosur bahasa Inggris :

Contoh Brosur Dalam Bahasa Inggris

Contoh Brosur Produk

Meningkatnya keperluan promosi produk dalam bentuk brosur, flyer, poster, dan sebagainya maka biasanya designer grafis pun perlu menampilkan poin-poin menarik sehingga meningkatkan minat calon customer atau pengguna jasa atau pembeli produk yang anda targetkan.

Mulai dari tata letak penentuan kata serta warna yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam mendesain suatu brosur promosi produk. Modal terpenting dari mendesain brosur produk adalah kreativitas dan memahami produk yang akan dipasarkan lewat brosur tersebut.

Untuk itu seorang desainer grafis perlu memiliki banyak referensi untuk mendatangkan inovasi motivasi inspirasi dalam pembuatan gagasan dari mendesain sebuah brosur untuk promosi produk.

Berikut contoh brosur produk :

Contoh Brosur Promosi Produk

Contoh Brosur Laundry

Bagi Anda yang memiliki bisnis laundry pakaian menggunakan brosur adalah salah satu cara memasarkan bisnis anda dengan efektif. Meskipun harus mengeluarkan uang lebih, tetapi hasil yang didapatkan sangat menguntungkan.

Jangkauan customer anda akan meningkat karena akan semakin banyak orang yang mengetahui bahwa bisnis laundry pakaian anda sangat berkualitas dan patut untuk dicoba.

Disarankan Anda harus memasukkan daftar harga dan penawaran lainnya terkait dengan harga yang Anda tawarkan saat laundry pakaian karena bagian ini adalah bagian yang paling menarik saat Anda menawarkan jasa laundry pakaian.

Berikut contoh brosur laundry :

brosur laundry washy 1 Brosur / Flyer Laundry

Contoh Brosur Sederhana

Memasarkan bisnis Anda menggunakan brosur sederhana adalah menjadi jawaban yang paling menguntungkan untuk meningkatkan pemasaran dari bisnis anda Baik itu bisnis jasa ataupun barang.

Seperti yang sudah kita ketahui Ada banyak jenis dan ukuran dari brosur, terutama saat Anda menggunakan brosur sederhana dalam memasarkan perusahaan atau bisnis anda.

Memasarkan bisnis anda bisa juga dengan menggunakan flyer, flyer adalah contoh dari brosur sederhana yang bisa anda jadikan referensi bisnis anda karena flyer hanya berjumlah 1 halaman saja dan kebanyakan desainnya sangat sederhana.

Berikut ini contoh brosur sederhana :

Contoh Brosur Minuman

Dalam bisnis kuliner baik itu bisnis makanan atau bisnis minuman keduanya sama-sama memerlukan media pemasaran yang cocok agar penjualan dari bisnis kuliner Anda bisa meningkat.

Brosur untuk minuman tidak tidak jauh berbeda dengan brosur untuk makanan keduanya sama-sama menampilkan produk makanan yang mereka jual, sebagian ada yang mencantumkan harga Ada pula yang hanya mencantumkan bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam minuman tersebut.

Agar anda semakin memahami contoh brosur minuman Berikut ini beberapa contoh yang bisa anda jadikan referensi :

Contoh-Brosur-Minuman-2

Contoh Brosur PPDB

Contoh brosur PPDB atau penerimaan peserta didik baru biasanya sama saja atau bisa dikaitkan dengan contoh brosur sekolah, tetapi di sini ada sedikit perbedaannya.

dimana contoh brosur PPDB biasanya memasukkan tanggal penerimaan siswa baru dan juga untuk pihak swasta biasanya mencantumkan harga selain hanya mencantumkan keunggulan-keunggulan sekolah yang dimiliki oleh sekolah tersebut seperti yang tercantum di dalam contoh brosur sekolah.

Berikut ini contoh brosur PPDB :

Contoh-Brosur-Sekolah

Contoh Brosur TK

Dalam dunia pendidikan bukan hanya pendidikan seperti sekolah Dasar atau sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas yang perlu dipasarkan, kenyataannya pendidikan usia dini atau taman kanak-kanak juga perlu yang namanya pemasaran untuk penerimaan peserta didik baru.

Biasanya penggunaan brosur TK seperti dilakukan oleh pihak-pihak swasta yang memang membutuhkan peserta didik baru, beda halnya dengan sekolah-sekolah negeri yang memang dari sananya sudah jauh lebih dikenal meskipun tanpa adanya pemasaran.

Untuk itu berikut ini contoh-contoh brosur TK dengan desain yang ceria :

21 Contoh Brosur TK RA dan PAUD Desain Kontras

Contoh Brosur Paket Lebaran

Biasanya suatu perusahaan atau bisnis akan memberikan harga khusus pada hari-hari tertentu khususnya hari-hari besar. Tidak ketinggalan juga hari raya Lebaran, pada hari ini biasanya retail makanan, restoran dan bisnis-bisnis kuliner lainnya akan memberikan harga khusus seperti paket makanan saat hari lebaran, paket minuman saat lebaran, dan masih banyak lagi.

Untuk itu sangat diperlukan yang namanya brosur untuk memasarkannya, pemasaran lewat media sosial juga pasti sangat dibutuhkan tetapi Dengan menyebarkan brosur di jalan atau di tempat yang banyak kerumunannya juga pasti akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Contoh brosur paket lebaran yang bisa anda jadikan referensi Jika anda memiliki perusahaan makanan atau bisnis kuliner sendiri. Ini pasti akan sangat membantu anda dalam mendesain brosur paket lebaran makanan anda.

Penjelasan tentang contoh unsur yang bisa anda jadikan referensi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. Selamat mencoba!

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment