Contoh Essay

Berikut beberapa contoh essay ilmiah, pendidikan, beasiswa, dan ekonomi yang baik dan benar untuk mahasiswa serta pelajar secara pribadi. Essay adalah serangkaian opini dan laporan secara faktual yang membahas tentang permasalahan tertentu yang bersifat subjektif atau berdasarkan sudut pandang/opini dari penulis dan juga argumentatif. Namun, sudut pandang dan opini tersebut haruslah logis dan bisa dipahami dengan baik oleh pembaca. Selain itu, argumen yang penulis masukkan ke dalam essay yang sedang penulis buat harus didukung kuat oleh fakta sehingga essay tersebut tidak menjadi tulisan fiktif.

Tujuan penulisan essay adalah untuk mengetahui berbagai fenomena atau kejadian yang terjadi di sekitar kita. Ada banyak Contoh essay, salah satunya ialah essay dengan tema pendidikan. Cara membuat essay juga cukup mudah karena pola atau format penulisan esai tidak begitu spesifik dan biasanya, essay dibuat dalam bentuk singkat, padat, jelas penuh dengan fakta, dan mudah dimengerti oleh pembaca. Berikut ini adalah struktur yang perlu diketahui saat menulis essay :

1. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian pembuka dimana pembaca akan memahami topik atau tema yang penulis sampaikan di dalam essay sehingga pembaca lebih mudah menerima informasi dari essay yang penulis buat.

Di dalam pendahuluan struktur menulis essay, penulis menjelaskan tema yang akan dibahas di dalam keseluruhan essay yang penulis buat. Pada bagian ini, terdiri dari latar belakang dan pendapat pribadi penulis tentang tema yang penulis bahas dengan jelas dan detail.

Baca Juga : Contoh Abstrak yang Baik dan Benar

2. Pembahasan

Pembahasan atau isi merupakan inti dari penulisan essay. Berisi tentang penjelasan dari topik atau tema yang penulis sudah pilih, dijabarkan secara detail menggunakan bahasa argumentasi dengan fakta-fakta yang akurat dan data analisis yang mendukung penulisan essay.

Pada bagian ini pula, penulis akan menjabarkan pendapat-pendapat atau opini yang penulis kemas terkait topik atau tema yang dipilih. Penulisan essay pada bagian ini harus ditulis secara urut sesuai dengan bahasan tema yang penulis telah susun dalam kerangka yang dibuat menjadi koheren.

3. Kesimpulan

Kesimpulan atau penutup pastinya adalah bagian terakhir dalam penulisan essay. Pada bagian ini, berisi kesimpulan keseluruhan informasi yang penulis buat dari pendahuluan hingga isi. Selain itu, kesimpulan juga berisi isi saran terkait dengan topik atau tema yang dibahas. Penulisannya dalam satu paragraf secara singkat, padat, jelas, dan harus sesuai dengan tema yang dibahas.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh-contoh yang yang bisa dijadikan referensi saat membuat essay:

Contoh Essay Ilmiah

Judul: Rumah Tanggap Darurat

Krisis bencana adalah kejadian yang secara alami maupun karena ulah manusia terjadi secara mendadak atau berangsur-angsur. Kejadian ini menyebabkan banyak sekali kerugian dimana masyarakat akan terkena dampaknya secara langsung dan dipaksa melakukan tindakan penanggulangan demi keberlangsungan hidup selanjutnya. Indonesia sendiri merupakan negara rawan bencana ini berhubungan karena Indonesia terletak Secara geografis di lempeng tektonik dunia.

Sejak dibuatnya safe community oleh pemerintah Indonesia, tenaga medis dituntut untuk selalu siap siaga dan tanggap darurat bencana dalam upaya penanggulangan bencana tersebut. Melalui melalui beberapa upaya seperti rumah tanggap darurat bencana diharapkan mampu membantu menurunkan Angka krisis bencana di Indonesia melalui kolaborasi preventif, kuratif, dan rehabilitatif dari krisis sebelum bencana hingga setelah krisis bencana.

Metode yang digunakan adalah adalah metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara pihak terkait, dan studi literatur Dari jurnal, buku, dan media cetak lainnya. Yang pada akhirnya nanti data-data tersebut akan dianalisis dengan mengumpulkan data yang ada, diseleksi, dan data-data diklasifikasikan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia.

Baca Juga : Contoh Paper yang Singkat dan Sederhana

Contoh Essay Pendidikan

Judul: Pendidikan Karakter Pancasila

Pendahuluan: Nilai-nilai yang terkandung dan termuat dalam Pancasila kini semakin memudar. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang lahir karena kemajemukannya dan perbedaan yang dipersatukan oleh kesadaran bersama untuk hidup sebagai bangsa yang merdeka dan juga berdaulat. Dari sini kita ketahui bahwa, indonesia lahir dari berbagai perbedaan yang ada seperti perbedaan suku, budaya, agama, adat istiadat, jenis kulit, jenis pekerjaan, dan masih banyak lagi. Namun, perbedaan tersebut bukan malah menjadi halangan ataupun pemutus tali persatuan sesama warga atau rakyat dari bangsa ini, tetapi perbedaan tersebut menjadi kekayaan dan kunci pemersatu bangsa Indonesia.

Isi: Masyarakat pada hari ini terutama para kaum muda seperti para pelajar dan cendekiawan muda tidak lagi mempererat tali persatuan yang yang tertulis dalam Pancasila. Kemajuan teknologi dari efek globalisasi mengakibatkan karakter Pancasila pada generasi muda dan juga pada seluruh lapisan masyarakat Indonesia luntur dan juga memudar. Namun, pendidikan karakter yang ada pada saat ini pun juga belum mencerminkan jati diri Indonesia yang sesungguhnya. Masih perlu banyak dimodifikasi dan disempurnakan kembali agar dapat segera diimplementasikan kepada generasi selanjutnya.

Pendidikan berkarakter Pancasila sangat dibutuhkan untuk generasi yang akan datang dan juga Generasi masa kini. Mengapa? Karena merekalah yang akan menjadi penerus bangsa dan pewaris seluruh kekayaan yang ada di negeri ini. Dengan menanamkan jiwa dan juga karakter Pancasila maka, pengamalan nilai-nilai pancasila akan mudah dilaksanakan nantinya. Pada setiap jenjang pendidikan perlu diberikan pendidikan berkarakter Pancasila untuk memperkuat karakter Pancasila yang sesungguhnya pada generasi muda.

Penutup: Dinamika masyarakatnya yang semakin Kompleks menjadikan kebutuhan tersendiri agar bangsa Indonesia bisa menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan karakter Pancasila. Seperti yang sudah kita ketahui, pancasila sebagai besar dirumuskan oleh eh para pemuda ini berarti tujuan pembentukan Pancasila sejak awal untuk memberikan pengarahan agar generasi muda bisa memiliki semangat perjuangan demi menjaga keutuhan bangsa. Dengan adanya pendidikan berkarakter Pancasila, penulis berharap di tahun 2045 nanti di mana Indonesia sudah merdeka 100 tahun lamanya, indonesia sudah siap dengan bibit-bibit mudahnya yang berkarakter Pancasila dan berkualitas sesuai dengan cita-cita bangsa 100 tahun yang lalu. Generasi emas bukan lagi jadi mimpi bagi seluruh bangsa Indonesia karena karena hal tersebut menjadi hal yang konkrit dan selaras dengan kemerdekaan yang sesungguhnya.

Contoh Essay PDF

Contoh Essay PDF

Untuk Anda yang hendak download contoh essay dengan format PDF silakan klik disini Essay PDF.

Contoh Essay Beasiswa

Hidup adalah perjalanan panjang dengan bermacam-macam lika-likunya. Kita tidak dapat mengetahui apa saja yang adadi depan sana. Namun, sejatinya hal baik dan hal yang kurang baik selalu berjalan beriringan selaras dengan kehidupan. Sudah sunah kehidupan jika hal baik akan datang setelah melewati hal yang kurang baik. Itulah yang dinamakan pelajaran hidup.

Ketika kita Sanggup Bertahan dengan segala hal yang kurang baik kita akan sangat menikmati dan mensyukuri apa yang sudah kita lewati dimana tidak akan bisa digantikan dengan apapun. Pencapaian-pencapaian tersebut disebut juga dengan kesuksesan.

Sudah pasti sukses bukanlah hal yang mudah karena dimulai dengan keinginan untuk menggapai sesuatu dimana keinginan tersebut bisa menjadi pendorong untuk berjuang meskipun jalan yang ditempuh sulit.

Fakta nyata yang aku rasakan untuk menggapai kesuksesan yang aku inginkan sangatlah sulit. Dimulai dari aku yang berasal dari keluarga ekonomi rendah hingga keinginanku untuk bersekolah hingga ke jenjang perguruan tinggi terasa seperti mencapai bulan. Beruntungnya mungkin karena aku masih muda aku masih memiliki tekad dan juga semangat serta dukungan dari orang-orang terdekat. Aku berupaya segala cara agar bisa mendapatkan pendidikan perguruan tinggi dengan mencoba peruntungan ku mendaftar program beasiswa bidikmisi sebagai pendukung kuat masuknya aku ke Universitas yang aku inginkan. Tetapi nasib berkata lain, aku tidak lulus.

Kesedihan menjadi hal yang normal Bila seseorang mengalami kegagalan. Namun, itu semua tidak membuat tekad ku berhenti, bagiku sekali tekad dibentuk wajib untuk direalisasikan sebagai wujud dari kesuksesan yang aku inginkan. Kemudian aku mencoba kembali dengan mengikuti SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri). Bersyukurnya, aku dinyatakan lulus seleksi masuk perguruan tinggi yang dimana menjadi tombak awal kesuksesanku untuk mewujudkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Perjuanganku tidak mungkin saja, aku harus dihadapkan dengan kondisi perekonomian yang sangat tidak memungkinkan untuk melakukan registrasi ulang karena jumlahnya cukup besar. Aku merasa sangat terbebani dengan bayaran tersebut. Sebenarnya aku masih ikut serta dalam registrasi beasiswa Bidikmisi saat itu, tetapi kelulusan beasiswa tersebut masih juga belum diterbitkan di saat aku sangat membutuhkannya. Di sini hampir saja aku putus asa, akhirnya aku putuskan untuk menunda registrasi ulang tersebut sambil mencari rezeki untuk registrasi karena sangat tidak memungkinkan bila aku harus bergantung pada orang tua. Aku bertekad, aku akan mencobanya kembali tahun depan, karena aku yakin jalan menuju kesuksesan ku masih banyak dan masih berpeluang besar Jika aku tidak berhenti berusaha.

Contoh Essay Bahasa Inggris

Untuk lebih detailnya mengenai contoh essay bahasa inggris, silakan Anda download versi PDF nya disini Essay Bahasa Inggris PDF.

Contoh Essay Ekonomi

Kasus korupsi semakin marak dan telah menyeret banyak nama pejabat yang notabennya masih berstatus pejabat aktif hingga mantan penjabat. Hal tersebut menimbulkan kekecewaan mendalam bagi rakyat, pasalnya mereka telah memilih dengan keyakinan yang baik, namun rupanya para pejabat tersebut tersandung kasus korupsi. Sehingga banyak yang kecewa memilih calon rakyat dengan anggapan bisa mengubah kehidupan mereka, ini malah semakin memperburuk kehidupan mereka.

Tidak hanya itu, saat ini tengah dibahas beberapa peraturan yang dimana mengunggulkan para koruptor agar terbebas dari hukumannya. Jelas rakyat tidak setuju karena hal tersebut sangat tidak setimpal dengan apa yang mereka lakukan.

Kami sebagai rakyat membutuhkan hukuman bagi para koruptor agar Jera dari segala tindakan dan perbuatannya. Sistem pemerintahan Indonesia bisa dilihat dari ketidakmampuannya mengatasi masalah korupsi yang semakin marak, semakin menggurita sehingga menurunkan harapan rakyat terhadap pemerintah.

Contoh Essay Bahasa Indonesia

Pendidikan memiliki peranan besar untuk membawa kesuksesan yang aku inginkan. Pendidikan memberikan peluang untuk seseorang agar lebih produktif dengan bermacam skill yang didapat. Lewat pendidikan Aku belajar sesuatu permasalahan dan juga metode menanggulangi permasalahan tersebut. Aku belajar bagaimana jadi diri sendiri serta mengaplikasikannya pada budaya yang ada di sekitar kita. Menurutku, pendidikan mengajarkan orang tentang norma, ketentuan, peraturan, serta nilai-nilai kehidupan bermasyarakat.

Tidak hanya itu, pendidikan yang bermutu akan membawa kita mengalami kehidupan yang lebih sukses, meningkatkan ilmu pengetahuan dan juga skill dan bisa merubah kehidupan jadi lebih positif. Bagiku, pendidikan merupakan pondasi untuk masa depan. Seseorang yang tidak menempuh pendidikan pasti akan menghadapi bermacam permasalahan di masa yang akan datang demi menanggulangi aspek kehidupan yang ada. dengan adanya pendidikan, pemikiran manusia jadi lebih luas dan mengarahkan kita menjadi individu yang lebih disiplin.

Tidak hanya itu, pendidikan memberikan peluang besar untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik, lebih hebat lagi, dan lebih luas lagi. Seperti yang sudah kita ketahui pendidikan adalah ketentuan absolut untuk suatu bangsa agar lebih maju. Seperti saat ini, pendidikan lebih terbuka serta liberal. Ini menjadi dorongan warga untuk memiliki pendidikan yang merupakan Ali dasar seseorang menuju sesuatu yang diinginkan di masa depan, alasannya bermacam-macam ada yang mengatakan bahwa pendidikan adalah suatu pembelajaran yang bersumber pada kemanusiaan, mengajari tentang kebebasan, hak asasi, dan demokrasi.

Tetapi, pembelajaran wajib sejalan dengan kebutuhan warga dan menjadi gambaran di masa depan. Warga industri yang saat ini membuka banyak peluang kerja bagi siapa saja yang memiliki keahlian dan pengetahuan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Jadi pendidikan memang sangat berarti untuk menanggulangi permasalahan sosial yang ada, karena dengan begitu, angka kemiskinan juga bisa turun. Perlu kita ingat kalau pendidikan keahlian ditingkatkan bagi siapa saja yang sudah menjalankan sistem dasar pendidikan jenjang sebelumnya bagi siapa saja yang memperoleh peluang untuk memperoleh karir serta kesejahteraan hidup yang mereka inginkan.

Contoh Essay Pribadi

Salam pembuka: Assalamualaikum / selamat pagi / salam sejahtera / salam bahagia untuk semua / dan lain-lain.

Paragraf Ke-1: Nama saya Khairunnisa, saya lahir di Jakarta tanggal 1 Januari 1999. Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Saat ini saya adalah mahasiswa tingkat akhir di salah satu Universitas ternama di Indonesia. Saya mengambil jurusan hukum. Alasan mengapa saya mengambil jurusan ini adalah karena melihat besarnya peluang lapangan pekerjaan dan karir dengan pesatnya kemajuan dari berbagai aspek di negeri ini.

Paragraf ke-2: Selama berkuliah di jurusan hukum, hukum kurang lebih mengajarkan saya untuk menjadi seseorang yang teliti, adil, dan tenang dalam menghadapi segala sesuatu saat menghadapi kasus atau permasalahan. saya dituntut memiliki kemampuan analisis yang baik untuk mengetahui Dimana letak kesalahan dan perkara hukum tersebut. Selain itu, ilmu-ilmu dapatkan juga tidak sedikit tetapi banyak yang saya dapatkan dari praktek dalam kehidupan pribadi saya saya mengerti untuk bersikap lebih bijaksana dan adil terhadap dua sisi yang berseteru, tentang salah dan benar, tetapi juga tentang kemanusiaan dan hati nurani dan cara menjalankan negara demi keuntungan bersama.

Paragraf ke-3: Saya senang sekali menambah pengetahuan Saya dan mengupgrade hukum saya yang sudah saya dapatkan di bangku perkuliahan, saya mengikuti pelatihan-pelatihan seminar yang berkaitan dengan hukum yang ada di negara kita. Itu Saya juga mengikuti kursus bahasa Inggris untuk membantu saya jika suatu hari nanti mendapati permasalahan yang bisa dilewati lewat jalur bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Menurut saya, kalian untuk mengenal bahasa saya bahasa Indonesia sangat penting karena bahasa adalah alat berkomunikasi yang bisa mengikat antara satu orang dengan orang lainnya.

Paragraf ke-4: Pada bulan April tahun 2018 lalu, saya pernah melakukan pekerjaan magang di instansi pemerintahan terkait dengan hukum. saat itu, saya bergabung dengan divisi lapangan yang membantu menyelesaikan suatu perkara. Tugas yang saya lakukan itu adalah turun langsung ke lapangan dan mengelola dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Paragraf ke-5: Pengalaman duduk di bangku SMP. Terpilih menjadi ketua ekstra kurikuler. Kegemaran organisasi saya lanjutkan hinggap bangku perkuliahan. Selama 2.e saya menghabiskan waktu di himpunan jurusan hukum. Saya menjabat sebagai seksi humas. Dari sekian banyak kegiatan, saya menempatkan diri saya menjadi orang yang fleksibel, tidak terpaku pada satu bidang seksi saja. Saya pernah menjadi seksi humas, publikasim dan dokumentasi dimana saya bertugas mendesain poster, spanduk, serta promosi di media sosial, tetapi saya juga ikut mengisi acara tersebut. Saya juga pernah menjadi bagian dari seksi Danus atau dana dan usaha yang bertugas mencari sumber dana dan juga sponsorship.

Paragraf ke-6: Hobi saya yang paling saya Minati adalah travelling dimana keingintahuan saya sangat besar dan selalu ingin menemukan suasana baru dan bertemu orang baru. Karena saya merasa membangun relasi sejak dini adalah sesuatu yang penting. (cantumkan jangan terlalu banyak cukup dua saja.)

Paragraf terakhir: Saat ini, saya memiliki banyak waktu luang dan sering merasa bosan jika tidak memiliki kegiatan. Maka dari itu, saya tertarik untuk bergabung dengan NET TV yang kebetulan membuka program magang. Dengan harapan lewat magang ini saya bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Sekian pengenalan diri dari saya, saya harap bisa mendapatkan tanggapan yang baik dari surat ini. terima kasih.

Baca Juga : Contoh Teks Laporan Percobaan yang Baik dan Benar

Contoh Essay Mahasiswa

Aku banyak memiliki impian yang ingin aku capai. Salah satunya keinginan berkarya di bidang yang dinamis, penuh Tantangan, diisi oleh orang-orang yang cakap di bidangnya masing-masing, dan memberikan banyak kesempatan kesempatan baru yang menunggu untuk dibuka. Aku berpikir, cara agar aku bisa memperoleh keinginanku tersebut hanya dengan lewat pendidikan.

Kata orang, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina, tujuannya untuk memberikan semangat agar tidak menyerah dalam mencari ilmu. Menurutku, ilmu adalah senjata manusia untuk mengubah kondisi hidupnya dan juga orang-orang di sekitarnya. Tanpa pendidikan yang cukup seseorang pasti akan kesulitan untuk menghadapi keadaannya dan mungkin menemui kebuntuan. Menurutku, pendidikan yang aku miliki saat ini belum cukup untuk mencapai tempat yang aku tuju. Untuk mencapainya, aku wajib menaikkan pendidikanku agar ilmuku mencukupi dan mendapat kesempatan yanh bagus di masa depan. Untuk itu, aku memilih program magister manajemen pemasaran di Universitas Indonesia sebagai pendidikan ku selanjutnya.

Pemasaran menurutku adalah bidang yang dinamis, Penuh Tantangan, dan menjadi ujung tombak dari berdirinya suatu bisnis. Ini sangat menarik untukku untuk menggali lebih dalam lagi di bidang ini. Ditambah lagi dengan pertumbuhan ekonomi dan teknologi seperti saat ini, akan menjadi hal yang lebih menantang dan menarik serta efektif di bidang pemasaran ini.

Reputasi MMUI yang kredibel di Indonesia membuat aku menguatkan hati memilih program ini untuk melanjutkan pendidikan ku. Tidak hanya itu, banyak alumni dan juga dosen yang berkompeten yang memotivasi aku supaya nantinya bisa menolong aku membuka banyak kesempatan baru untuk bekerja sama. Lokasinya yang dekat pula dengan kediamanku menjadi pertimbangan untuk mengambil program pasca sarjana di Universitas Indonesia.

Pada kesimpulannya, aku berharap tidak hanya meningkatkan kualitas ilmu dan peluang yang lebih luas, tetapi aku juga bisa membuat orang-orang terdekatku bangga.

Contoh Essay yang Baik dan Benar

Judul: Pemimpin

Pendahuluan: Pemimpin merupakan titik utama Jalannya suatu organisasi. Tanpa kepemimpinan serta sikap leadership organisasi akan berjalan dengan Tidak sesuai harapan. Kepemimpinan yang ada dalam organisasi umumnya terstruktur. Titik utama kepemimpinan yang membawahi banyak anggota dalam satu struktur perlu memiliki kekuatan untuk menggerakkan segala elemen dalam berorganisasi. Cara leadership antara pemimpin yang satu dengan pemimpin lainnya berbeda dan akan memberikan pengaruh visi atau misi yang berbeda pula dalam suatu organisasi. Tetapi, umumnya cara memimpin tersebut tergantung pada karakter dan metode mendidik dimana mempengaruhi gaya orang tersebut saat memimpin.

Isi: Orang yang terdidik secara moderat gaya kepemimpinannya cenderung demokratis. Sehingga mudah berdialog dengan siapa saja dan terbuka terhadap lawan bicaranya. Ini akan berbeda dengan orang yang terdidik secara militer, gaya kepemimpinannya cenderung kaku tetapi tegas dalam mengambil setiap kebijakan. Berbeda lagi jika dibesarkan diantara para pebisnis, ia akan cenderung memiliki perhitungan dan kalkulasi yang hebat. Sebagai contoh, politisi di Korea Selatan mahir dan lahir dari golongan ini.

Setiap pemimpin mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing dan semua itu kembali lagi kepada bawahannya apakah mereka siap dengan gaya kepemimpinan yang dibawa oleh pemimpin tersebut atau tidak, karena tidak semua orang memiliki gaya kepemimpinan yang sama.

Penutup: Dari bermacam contoh di atas kita bisa mengetahui bahwa setiap kepemimpinan tersebut bisa memberi pengaruh serta integrasi yang tergantung dengan kecocokan ataupun keadaan yang terdapat dalam organisasi yang ia bawahi. Sebab pada dasarnya, kebergantungan tersebut bisa merekatkan hubungan antara pimpinan dan juga bawahan dalam menanggulangi kekurangan pada diri masing-masing yang semuanya bertujuan untuk memajukan organisasi.

Itulah beberapa contoh essay yang baik dan benar dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk mengerjakan tugas Anda di sekolah.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Essay yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment