Contoh Makna Tersirat Dan Tersurat

Mengapa penting untuk memahami makna tersurat dan tersirat dalam suatu teks? Jawabannya adalah karena terkadang makna yang terkandung dalam sebuah teks tidak hanya tampak dari bahasanya saja, melainkan juga melalui konteks dan penggunaan bahasa yang digunakan. Oleh karena itu, pemahaman terhadap makna tersurat dan tersirat perlu dimiliki oleh setiap pembaca maupun penulis teks.

Apa itu makna tersurat dan tersirat?

Makna tersurat adalah makna yang terdapat secara jelas dan nyata dalam sebuah teks. Artinya, makna tersebut dapat dipahami secara langsung dari bahasa yang digunakan. Sedangkan, makna tersirat adalah makna yang terkandung dalam teks namun tidak langsung terlihat dari bahasa yang digunakan. Biasanya, makna tersirat dapat dipahami melalui analisis konteks dan penggunaan bahasa yang digunakan dalam teks tersebut.

Kapan makna tersurat dan tersirat diperlukan?

Makna tersurat dan tersirat diperlukan ketika kita ingin memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis atau pembicara. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering membaca teks seperti berita, iklan, atau surat resmi yang bisa jadi mengandung makna tersurat dan tersirat. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap keduanya sangat penting untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman dalam membaca sebuah teks.

Dimana makna tersurat dan tersirat dapat ditemukan?

Makna tersurat dan tersirat dapat ditemukan dalam berbagai jenis teks, mulai dari teks berbahasa lisan hingga teks tertulis. Misalnya, dalam pembicaraan sehari-hari, kita bisa menemukan makna tersirat ketika seseorang memakai bahasa yang halus dan sopan meskipun ia sedang marah. Sedangkan makna tersurat bisa kita temukan dalam teks tertulis seperti surat resmi atau berita.

Kelebihan memahami makna tersurat dan tersirat

Memahami makna tersurat dan tersirat mendatangkan beberapa kelebihan, antara lain:

  • Kita dapat lebih mudah memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis atau pembicara.
  • Kita dapat menghindari kesalahpahaman ketika membaca sebuah teks.
  • Kita dapat lebih peka terhadap penggunaan bahasa yang digunakan dalam suatu teks.

Kekurangan dalam memahami makna tersurat dan tersirat

Tetapi, memahami makna tersurat dan tersirat juga memiliki kekurangan, antara lain:

  • Tidak semua orang memiliki kemampuan dalam memahami makna tersirat dalam sebuah teks.
  • Tidak semua teks memiliki makna tersirat yang sama.

Bagaimana cara memahami makna tersurat dan tersirat?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memahami makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks. Berikut adalah beberapa cara tersebut:

Membaca teks secara keseluruhan

Kita harus membaca suatu teks secara keseluruhan untuk memahami makna tersurat dan tersirat yang ingin disampaikan oleh penulis atau pembicara. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai pesan yang ingin disampaikan dalam teks tersebut.

Memperhatikan konteks teks

Konteks atau latar belakang suatu teks dapat mempengaruhi makna yang ingin disampaikan oleh penulis atau pembicara. Oleh sebab itu, kita perlu memperhatikan konteks teks untuk dapat memahami pesan secara lengkap.

Memperhatikan penggunaan bahasa yang digunakan dalam teks

Penggunaan bahasa yang digunakan dalam teks juga dapat memengaruhi makna tersurat dan tersirat. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan penggunaan bahasa yang digunakan dalam teks tersebut.

Menafsirkan makna yang ingin disampaikan

Setelah memperhatikan konteks dan penggunaan bahasa dalam suatu teks, kita bisa mencoba untuk menafsirkan makna tersurat dan tersirat yang ingin disampaikan oleh penulis atau pembicara.

Contoh makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks

Makna tersurat

Contoh makna tersurat dalam sebuah teks adalah sebagai berikut:

“Aku lapar, aku ingin makan.”

Makna tersurat dalam kalimat tersebut adalah bahwa pembicara merasa lapar dan ingin makan.

Makna tersirat

Contoh makna tersirat dalam sebuah teks adalah sebagai berikut:

“Hari ini cuaca begitu cerah dan menyenangkan. Terlihat beberapa orang bermain voli di pantai.”

Makna tersirat dalam kalimat tersebut adalah bahwa cuaca yang cerah membuat orang lebih mudah untuk beraktivitas di luar ruangan, termasuk bermain voli di pantai.

Kesimpulan

Makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks memiliki peran yang sangat penting dalam memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis atau pembicara. Oleh karena itu, kita perlu memahami kedua makna tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam membaca sebuah teks. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memahami makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks, antara lain dengan membaca teks secara keseluruhan, memperhatikan konteks dan penggunaan bahasa dalam teks, serta menafsirkan makna yang ingin disampaikan.

Sumber:

https://www.brainly.co.id/tugas/25460225

https://www.slideshare.net/qiezackman/ulang-kaji-teori-bahagian-4-oleh-norazmi-hasshim-11733438

Gambar tulisan di atas kanvas putih dengan pena.

Tentukan Makna Tersurat dan Tersirat dalam Teks

Sebuah teks dapat memiliki makna tersurat dan tersirat yang tidak selalu sama. Untuk memahami makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks, kita perlu melihat konteks, penggunaan bahasa, serta menafsirkan makna yang ingin disampaikan. Berikut contoh kasus dalam menentukan makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks.

Kasus: Pengumuman Konser Musik

Seorang pengurus event mengumumkan konser musik yang akan diselenggarakan di sebuah stadion. Berikut adalah isi pengumumannya:

“Hai Sobat Pencinta Musik, jangan sampai ketinggalan konser musik bertajuk ‘Berkumpul Kembali’ dengan artis terkenal Indonesia. Konser ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2021 di Stadion Utama Jakarta. Siapkan dirimu untuk menyaksikan penampilan mereka yang pasti akan memukau! Tiket sudah tersedia di loket terdekat.”

Makna Tersurat

Makna tersurat dalam pengumuman tersebut adalah bahwa akan ada konser musik dengan tema “Berkumpul Kembali” yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Agustus 2021 di Stadion Utama Jakarta. Selain itu, pengumuman juga menginformasikan bahwa tiket sudah tersedia di loket terdekat.

Makna Tersirat

Makna tersirat yang terdapat pada pengumuman tersebut adalah bahwa konser musik tersebut merupakan momen yang sangat diharapkan oleh para pencinta musik. Konser tersebut juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkumpul kembali dengan teman-teman musiknya dan menikmati penampilan artis terkenal Indonesia. Selain itu, konser musik yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Agustus 2021 tersebut juga memberikan nuansa kebersamaan dan kemeriahan.

Cara Menganalisis Teks untuk Menentukan Makna Tersurat dan Tersirat

Untuk menentukan makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks, kita perlu melakukan beberapa langkah analisis. Berikut cara menganalisis teks untuk menentukan makna tersurat dan tersirat.

1. Membaca Teks Secara Keseluruhan

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah membaca teks secara keseluruhan. Hal ini dilakukan agar kita dapat membentuk gambaran utuh mengenai teks tersebut dan tidak terjebak pada satu kalimat atau frasa saja.

2. Mempertimbangkan Konteks

Setelah membaca teks secara keseluruhan, perhatikan konteks dari teks tersebut. Contohnya, jika teks tersebut berupa pengumuman, apa pesan yang ingin disampaikan? Apa tujuan dari pengumuman tersebut?

3. Menelaah Penggunaan Bahasa

Analisis selanjutnya adalah menelaah penggunaan bahasa yang digunakan dalam teks. Perhatikan pilihan kata, tata bahasa, bentuk kalimat, dan jenis bahasa yang digunakan.

4. Menafsirkan Makna Tersurat

Dalam langkah ini, kita perlu menafsirkan makna tersurat dari teks tersebut. Makna tersurat adalah makna yang mudah dilihat dan dipahami dari teks tersebut, biasanya terlihat dari kata-kata yang digunakan dalam teks.

5. Menafsirkan Makna Tersirat

Langkah terakhir adalah menafsirkan makna tersirat dari teks tersebut. Makna tersirat adalah makna yang tidak begitu jelas dan perlu dianalisis dengan baik. Perlu dicari maksud yang lebih dalam dari teks tersebut.

Kesimpulan

Menentukan makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks perlu dilakukan untuk memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis atau pembicara. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menganalisis teks, seperti dengan memperhatikan konteks teks, penggunaan bahasa, serta menafsirkan makna yang ingin disampaikan. Dalam menentukan makna tersirat dalam sebuah teks, perlu diperhatikan bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan dalam melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan latihan agar kemampuan tersebut terus diasah dan ditingkatkan.

Sumber:

https://www.brainly.co.id/tugas/25460225

https://www.slideshare.net/qiezackman/ulang-kaji-teori-bahagian-4-oleh-norazmi-hasshim-11733438

Gambar tiga orang sedang berdiskusi di ruang kelas.

Contoh Makna Tersirat dan Tersurat

Contoh-contoh di bawah ini dapat membantu Anda untuk memahami perbedaan antara makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks.

Makna Tersurat

“Sekolah dasar terbaik di kota, dengan guru yang profesional dan fasilitas yang memadai.” (Iklan Sekolah)

Makna tersurat dari iklan tersebut adalah bahwa sekolah tersebut adalah sekolah dasar yang terbaik di kota dengan guru yang profesional dan fasilitas yang memadai.

Makna Tersirat

“Alangkah baiknya kamu memakai baju berkerah dan celana bermaterial kain ketimbang memakai baju kaos dan celana jeans.” (Ibu kepada anaknya)

Makna tersirat dari kalimat tersebut adalah bahwa ibu ingin anaknya terlihat lebih rapi dan santun dalam berpakaian, oleh sebab itu ia menyarankan anaknya untuk mengenakan baju dengan kerah dan celana biasa.

Makna Tersurat

“Silakan menuju ke loket pendaftaran untuk melakukan pendaftaran administrasi.” (Pengumuman di Kantor)

Makna tersurat dari pengumuman tersebut adalah bahwa pengumuman tersebut memberitahu orang untuk pergi ke loket pendaftaran untuk mendaftar secara administratif.

Makna Tersirat

“Ketika aku melihat kamu, hatiku serasa berdebar kencang.” (Pria kepada wanita)

Makna tersirat dari kalimat tersebut adalah bahwa pria tersebut mengungkapkan rasa cinta atau minat kepada wanita tersebut.

Berlatih Menganalisis Makna Tersurat dan Tersirat

Untuk mengasah kemampuan dalam menganalisis makna tersurat dan tersirat, Anda dapat berlatih dengan cara sebagai berikut:

Berlatih Membaca Teks Secara Keseluruhan

Berlatih membaca teks secara keseluruhan, seperti berita atau iklan, ataupun cerita pendek. Dengan membaca teks secara keseluruhan, Anda dapat melatih kemampuan dalam membentuk gambaran utuh mengenai teks tersebut.

Berlatih Memperhatikan Konteks

Dalam latihan kali ini, bacalah beberapa artikel atau teks, lalu coba analisis konteks yang terdapat pada teks tersebut. Contohnya, jika teks tersebut berupa pengumuman, apa tujuan dari pengumuman tersebut?

Berlatih Menelaah Penggunaan Bahasa

Berlatih menelaah penggunaan bahasa yang digunakan dalam suatu teks. Hal ini dilakukan dengan cara memperhatikan variasi kata yang digunakan, tata bahasa, jenis bahasa, dan bentuk kalimat.

Berlatih Menafsirkan Makna Tersurat dan Tersirat

Berlatih menafsirkan makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks. Cobalah untuk mengamati dan memahami setiap kata atau frasa dalam teks kemudian tentukan makna tersurat dan tersirat yang ada di dalamnya.

Kesimpulan

Makna tersurat dan tersirat dalam sebuah teks memegang peran yang sangat penting

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Makna Tersirat Dan Tersurat yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment