Contoh Menghias Kelas Tk

Mempercantik tampilan ruang kelas merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan agar siswa merasa nyaman dan semangat dalam belajar. Dalam menghias ruang kelas, kita bisa memilih berbagai macam tema, dan sesuaikan dengan usia dan minat anak-anak. Berikut ini adalah beberapa ide menghias ruang kelas yang bisa kamu terapkan bersama siswa di TK.

Warna Cat Ruang Kelas

Jika ingin merubah tampilan ruang kelas maka kamu bisa memilih untuk melukis warna cat baru di dinding kelas. Warna yang cerah dan ceria seperti biru, kuning, hijau, atau oranye adalah pilihan yang bagus untuk membuat suasana kelas lebih menyenangkan. Warna catnya bisa kamu sesuaikan dengan preferensi siswa dan tema yang akan dikembangkan di kelas.

contoh warna cat untuk ruang kelas

Dekorasi Dinding Kelas

Dekorasi yang menarik di dinding kelas bisa membuat anak-anak lebih termotivasi dalam belajar. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendekorasi dinding kelas seperti tempelkan poster, lukisan, atau plakat yang menarik.

contoh dekorasi dinding kelas

Apa itu Menghias Ruang Kelas?

Menghias ruang kelas merupakan kegiatan memperindah tampilan ruang kelas agar tampak lebih bersih, rapi, dan menarik. Ruang kelas yang menarik dapat membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar dan membuat mereka merasa nyaman selama berada di dalam kelas.

Mengapa Menghias Ruang Kelas Penting?

Menghias ruang kelas memiliki banyak manfaat positif bagi siswa. Dalam menghias ruang kelas tentunya akan menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya. Namun hal tersebut sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan, yaitu:

  • Meningkatkan semangat belajar siswa: Ruang kelas yang indah dan menarik bisa membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar. Mereka bisa merasa nyaman dan senang berada di ruang kelas
  • Membuat suasana kelas lebih ceria: Anak-anak akan senang berada di dalam kelas yang ceria dan penuh warna. Suara tawa siswa akan menciptakan lingkungan yang lebih positif dan menyenangkan
  • Memperkuat rasa memiliki dan bangga terhadap kelas: Ketika siswa ikut berkontribusi dalam menghias ruang kelas, mereka akan merasa memiliki dan bangga dengan ruang kelas mereka. Rasa memiliki tersebut bisa menguatkan solidaritas di antara siswa sehingga menjadi kelompok yang kompak

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menghias Ruang Kelas?

Waktu yang tepat untuk menghias kelas adalah sebelum tahun pelajaran dimulai atau pada awal semester baru. Selain itu, saat terdapat acara khusus seperti perayaan Hari Kemerdekaan, Hari Anak, atau Hari Lingkungan Hidup, kamu bisa memanfaatkannya untuk menghias kelas dengan tema yang sesuai dengan acara tersebut

Dimana Tempat yang Tepat untuk Menghias Ruang Kelas?

Tempat yang paling tepat untuk menghias ruang kelas adalah di dinding-dinding kelas. Jika ruang kelasmu terlalu sempit dan terbatas, kamu bisa menghias dengan tempelan kertas-kertas warna pada pintu atau bahkan pada meja belajarnya.

Kelebihan Menghias Ruang Kelas

Kelebihan dari menghias ruang kelas salah satunya adalah membuat ruang kelas tampil lebih menarik sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Selain itu, aktivitas menghias kelas juga dapat meningkatkan kreativitas siswa, meningkatkan solidaritas antar siswa, serta dapat memperkuat rasa memiliki terhadap kelas. Dengan kelebihan tersebut, menghias ruang kelas di TK sangat perlu untuk dilakukan.

Kekurangan Menghias Ruang Kelas

Kekurangan dari menghias ruang kelas adalah bahwa kegiatan ini membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya, terutama jika kita ingin mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun, kelemahan tersebut sebanding dengan perbedaan signifikan dalam tampilan ruang kelas yang bisa membuat siswa lebih termotivasi.

Bagaimana Cara Menghias Ruang Kelas?

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk menghias ruang kelas:

  1. Melukis ulang dinding kelas dengan cat yang cerah dan ceria
  2. Mencetak poster atau gambar dari internet yang di sesuaikan dengan usia dan minat anak-anak, lalu di tempelkan di dinding kelas
  3. Menggunakan kertas origami dan menempelkannya di dinding kelas.
  4. Menggunakan bunga potong dan meletakkannya di meja guru atau pada sudut-sudut ruang kelas
  5. Menggunakan balon bertema yang bisa mempercantik ruang kelas

Contoh Dekorasi Ruang Kelas yang Menarik

Berikut ini adalah beberapa contoh dekorasi ruang kelas yang unik dan menarik yang bisa kamu coba:

Dekorasi Tema Hewan Liar

Di dalam kelas kamu bisa memberikan tema binatang liar, seperti misalnya menghias kelas dengan poster berisi gambar binatang-binatang liar seperti singa, jerapah, terangga dan lain-lain. Kamu juga bisa menambahkan beberapa mainan binatang dan bunga-bunga sehingga menjadi semakin menarik. Dengan tema hewan liar di dalam kelas, murid dapat memperoleh edukasi dan pengetahuan mengenai jenis-jenis binatang dan habitatnya serta manfaatnya bagi lingkungan hidup.

Dekorasi Ruang Kelas Tema Astronot

Dengan menghias ruang kelas tema astronot, murid dapat memperoleh pengetahuan tentang ruang angkasa serta indra manusia yang berhubungan dengan lingkungan angkasa. Pada pemilihan dekorasi tema ini, kamu bisa meletakkan mainan robot, poster tentang Planet-Planet, dan bintang-bintang di dinding kelas untuk menimbulkan suasana luar angkasa.

Dekorasi Kesenian

Dekorasi ruang kelas tema kesenian sangat cocok diterapkan di ruang kelas. Seperti memberikan warna ceria pada dinding kelas, menggantungkan lukisan murid, menyediakan gitar dan tari-tarian tradisional yang dapat mengasah kreativitas siswa. Dengan adanya dekorasi seperti ini diharapkan siswa dapat lebih terlatih dalam meningkatkan baik sisi seni dan kreativitas mereka.

Demikian adalah beberapa ide, keuntungan/kerugian dan cara menghias ruang kelas di TK. Merupakan suatu hal yang penting bagi guru untuk membuat tampilan kelas lebih menarik sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan suka cita. Selamat mencoba!!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Menghias Kelas Tk yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment