Contoh Motivation Letter

Contoh Motivation Letter

Pemburu beasiswa, pencari kerja, atau orang yang membutuhkan tempat magang dan organisasi kerap mencari contoh motivation letter. Saat ingin melanjutkan sekolah, pihak universitas biasanya meminta motivation letter atau personal statement untuk dilampirkan. Persyaratan ini berlaku baik di universitas dalam maupun luar negeri. Pada dasarnya, universitas menilai kompetensi dan kepribadian calon mahasiswa dari motivation letter.

Umumnya, para pendaftar seringkali gagal akibat motivation letter yang kurang meyakinkan. Walaupun terlihat mudah, motivation letter sebenarnya butuh struktur dan isi yang jelas. Kerangka berpikir Anda akan terlihat jelas dari isi pernyataan yang disampaikan. Oleh sebab itu, penting mengetahui poin penting yang harus dicantumkan dan dihindari saat membuat motivation letter.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah panjang esai. Usahakan esai tak lebih dari 500 kata. Di dalam esai, jelaskan secara ringkas tentang diri Anda, tujuan melanjutkan sekolah, hingga visi dan misi ke depan. Sebaiknya pilih kosakata yang terkesan baku dan tidak bertele-tele. Jangan pula terkesan angkuh atau pesimis, sebab akan mempengaruhi penilaian. Untuk membantu Anda menulis esai yang bagus, beberapa contoh berikut bisa membantu.

Biasanya Anda harus menulis Motivation Letter dalam 4 hal berikut:

  • Untuk mendaftar untuk diterima di program pendidikan di sebuah perguruan tinggi atau universitas (sarjana, pascasarjana, atau pascasarjana).
  • Untuk melamar pekerjaan di organisasi nirlaba.
  • Untuk melamar sebagai sukarelawan di suatu organisasi.
  • Untuk melamar magang di suatu perusahaan.
  • Semua organisasi mencari orang-orang yang benar-benar ingin berada di sana dan bersemangat dengan apa yang mereka lakukan. Dan cara untuk mendapatkan orang dengan semangat itu adalah melihat motiivation letter yang dia tullis.

Menulis motivation letter yang baik bisa menjadi kunci berhasilnya sebuah proposal atau lamaran. Ini dapat memberikan dukungan untuk resume Anda, sekaligus juga menambal kurangnya keterampilan yang dibutuhkan.

Cara Menyusun Motivation Letter

Motivation Letter yang baik adalah one-pager di mana Anda memperkenalkan diri Anda, kisah Anda, dan menunjukkan minat Anda pada posisi atau organisasi yang Anda lamar.

Ada dua cara utama untuk menyusun contoh Motivation Letter Anda:

  • Menggunakan struktur 3 paragraf utama klasik, di mana Motivation Letter Anda memiliki kata pengantar, isi, dan kesimpulan.
  • Menggunakan struktur 5-7 paragraf, di mana Anda membagi paragraf tubuh utama Anda menjadi paragraf 1-3 kalimat yang lebih kecil sesuai dengan poin utama.
  • Untuk aturan yang lebih praktis adalah jika Anda ingin menjadi lebih faktual dan to the point, pilih struktur 7 paragraf. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakan setiap paragraf tubuh untuk membahas pencapaian atau poin tertentu.

Di sisi lain, jika Anda memilih gaya bercerita, Anda bisa memilih opsi 3 paragraf, agar tidak memutus alur cerita.

Struktur Motivation Letter

Apapun struktur yang Anda pilih, itu harus terdiri dari 3 bagian utama: pengantar, tubuh, dan kesimpulan. Inilah yang termasuk dalam masing-masing:

Pendahuluan: Pitch pendek, menarik tentang diri Anda dan mengapa Anda melamar. Di sini, Anda dapat memasukkan:

  • Informasi pribadi. Siapa kamu dan apa yang kamu lakukan?
  • Apa yang Anda lamar? Dimana?
  • Pengantar sebagian besar esai Anda. Sebutkan alasan umum mengapa Anda melamar, dan kemudian selami sebagian besar Motivation Letter Anda.
  • Dan tentu saja, jangan lupa menyebutkan informasi kontak di atas.

Isi: ini adalah bagian utama dari Motivation Letter Anda. Di sinilah Anda benar-benar menjual diri Anda, menyebutkan kisah di balik pencapaian, keterampilan, dan hasrat Anda untuk apa pun yang Anda lamar.

Cobalah untuk menjadi faktual mungkin – siapa pun yang sering membaca Motivation Letter dapat membedakan kisah-kisah yang dibuat-buat dari yang asli. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menggunakan metrik untuk mendukung kualifikasi Anda.

Hal yang Dapat Anda Sebutkan dalam Motivation Letter Anda:

  • Saya ingin ______ karena ______.
  • Saya telah menjadi bagian dari _________ selama ___ bulan / tahun. Itu hal terbaik bagi saya karena _______ Jerman.
  • Saya ingat sekali ketika saya ________, yang membuat saya sadar bahwa saya _______ Jerman.
  • _______ Gema bergaung dengan saya karena _________.
  • Yang membedakan saya dari teman-teman saya adalah __________.

Kesimpulan:

Di bagian ini, Anda dapat:

  • Ringkas poin-poin utama Anda – “Saya yakin saya akan cocok untuk program ini karena __________”
  • Sebutkan tujuan menyeluruh Anda – “Saya ingin menjadi bagian dari _______ Jerman, karena akan memungkinkan saya untuk ___________.”
  • Terima kasih kepada pembaca dan akhiri Motivation Letter itu

Sekarang setelah Anda tahu cara menyusun Motivation Letter, mari beralih ke isinya!

Baca Juga : Contoh Teks Inspiratif Lengkap

Cara Menulis Motivation Letter yang Baik

Banyak pelamar yang motivation letternya mirip, bahkan kata-katanya sama. Cuma berbeda pada bagian nama tempat dan nama pribadi saja. Cara untuk menghindari generalisasi dan menambah kedalaman pada Motivation Letter Anda adalah dengan menyesuaikannya dengan organisasi dan program / posisi spesifik yang Anda lamar:

Saat menulis Motivation Letter, pastikan Anda tahu apa dan di mana Anda melamar. Cari tahu siapa yang bertanggung jawab menentukan nasib Anda dan mengatasinya secara langsung menyebutkan nama yang bersangkutan dalam pembukaan motivation letter Anda.

Lihatlah persyaratan program dan situs web institusi. Cari tahu tiga persyaratan teratas untuk posisi itu dan jelaskan bagaimana Anda adalah kandidat terbaik.

Tunjukkan bahwa Anda membagikan nilai-nilai organisasi atau memiliki kualifikasi luar biasa melalui cerita pendek atau contoh pribadi. Lebih spesifik.

Motivation Letter Anda harus menunjukkan bahwa Anda benar-benar ingin berada di sana! Ada garis tipis antara memohon dan menunjukkan minat yang cerdas sambil juga menjual diri Anda. Nyatakan alasan spesifik, perlihatkan pengetahuan, dan nyatakan hasrat untuk melamar ke lembaga atau organisasi tanpa pamer atau memohon.

JANGAN BERBOHONG! Jika Anda menulis sesuatu yang tidak benar, pembaca Anda akan merasakannya. Jika Anda menceritakan kisah palsu atau mengembang kegembiraan atau prestasi Anda, Anda akan dimasukkan ke dalam “tumpukan Pinnochio berbohong”. Ini jelas merugikan bagi Anda pribadi.

Contoh Motivation Letter Bahasa Indonesia

Tak semua motivation letter harus ditulis dalam bahasa Inggris. Universitas di tanah air biasanya tak mensyaratkan esai berbahasa Inggris. Bahkan pada lampiran pernyataan pun telah diberi pertanyaan untuk memandu calon mahasiswa. Buat Anda yang mungkin bingung menjelaskan diri sendiri pada esai, berikut contoh motivation letter bahasa Indonesia.

Contoh Motivation Letter Bahasa Indonesia
Contoh Motivation Letter Bahasa Indonesia

Yogyakarta, 31 Juli 2020

Kepada Yth,

Bapak/Ibu

Di tempat

Saya Panji Segara Alam, biasa dipanggil Panji. Saya lulus dari Fakultas Biologi, Universitas Pembangunan Jaya. Selama 4 tahun kuliah, saya menekuni dan ikut serta dalam beberapa penelitian. Salah satunya Pekan Kreativitas Mahasiswa dengan penelitian di bidang bioinformatika. Selain terlibat dalam penelitian bersama teman, saya juga mengembangkan inovasi baru di bidang biologi.

Untuk mengembangkan minat dan bakat, saya bergabung dalam kegiatan kemahasiswaan. Ide membentuk kelompok studi biologi pun muncul dari diri saya. Dengan bantuan teman dan dosen, ide tersebut bisa terealisasi dan bertahan hingga saat ini. Berawal dari keinginan berbagi ilmu, kelompok studi biologi ini membuktikan bisa bersaing dengan mahasiswa dari negara lain.

Beberapa lomba biologi berhasil kami ikuti, walaupun tak semuanya menang. Berbekal kelompok studi dan pengalaman penelitian, saya ingin melanjutkan pendidikan di bidang Magister Bioinformatika di Universitas Rusia. Saya melihat potensi untuk berkembang dan mendapat pengalaman terbaik ketika menempuh pendidikan nantinya.

Universitas Rusia menawarkan program studi, kurikulum, dan peluang karir yang sesuai dengan visi dan misi saya ke depannya. Usai menamatkan pendidikan magister, saya berniat melanjutkan karir sebagai seorang peneliti. Melakukan penelitian dan menemukan inovasi baru yang bisa berguna bagi hajat hidup orang banyak.

Saya sadar akan banyak pesaing yang lebih baik daripada saya. Tetapi saya meyakini semangat dan kerja keras saya menjadi kekuatan tersendiri. Program studi magister bukan tahapan yang mudah. Meskipun beribu rintangan harus saya hadapi, saya yakin bisa melewatinya. Oleh sebab itu, saya merasa senang jika bapak/ibu bisa memberi keputusan terbaik.

Hormat saya

Panji Segara Alam

Baca Juga : Cerita Hikayat Singkat Terbaru dan Terlengkap

Contoh Motivation Letter Beasiswa

Esai yang kuat dan lugas menjadi nilai lebih bagi pendaftar beasiswa. Seluruh pemburu beasiswa pasti menyadari betapa penting sebuah motivation letter. Ini pula alasan betapa teliti para pendaftar saat mengajukan sebuah esai. Walaupun membuat esai dibutuhkan waktu lumayan panjang, kebanyakan pemburu beasiswa tak menyia-nyiakan hal tersebut. Berikut adalah contohnya.

Contoh Motivation Letter Beasiswa
Contoh Motivation Letter Beasiswa

Secara tidak langsung, universitas bisa tahu kepribadian Anda lewat 500 kata. Untuk itu, Anda dituntut lebih bijak memasukkan pengalaman serta cerita diri. Tak semua hal bisa Anda masukkan pada contoh motivation letter beasiswa. Beberapa beasiswa justru ingin melihat diri Anda secara utuh dan jujur, bukan sekedar tulisan yang dilebih-lebihkan.

Contoh Motivation Letter Magang

Bagaimana dengan esai untuk persyaratan magang? Adakah poin khusus yang harus diperhatikan? Sebenarnya tak ada yang berbeda pada semua esai atau personal statement. Ini terlihat pula pada contoh motivation letter magang. Citra diri yang kuat dan lugas tetap dibutuhkan untuk menarik perhatian tim penilai. Sebelum magang, cari dulu informasi tentang perusahaan di website atau sumber lainnya. Biar tak bingung, Anda bisa mencontoh esai berikut ini.

Yth,

Panitia Seleksi Magang Lembaga Cinta Kasih

Melalui motivation letter ini, saya ingin mengungkapkan ketertarikan untuk mengikuti program magang bersama Cinta Kasih. Ketertarikan ini dilandasi oleh latar belakang pendidikan saya di bidang psikologi. Saya Melati Asmara merupakan mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Patriot semester 5.

Tujuan saya mendaftar dalam program magang ini adalah ingin menambah pengalaman dan wawasan. Selama 2 tahun menempuh pendidikan, saya telah dibekali teori serta praktik dari dosen. Untuk menambah ilmu yang saya dapat di bangku perkuliahan, praktik lapangan sangat diperlukan. Oleh sebab itu, saya mengajukan diri sebagai kandidat peserta magang di Cinta Kasih.

Sebelum memutuskan mendaftar pada program magang ini, saya sudah mengikuti beberapa proyek bersama dosen. Kerja keras dan pantang menyerah menjadi salah satu kekuatan saya. Kekuatan ini sekiranya dibutuhkan dalam proses magang di lembaga bapak/ibu. Ke depannya, saya akan menerapkan ilmu dan pengalaman yang didapat untuk mengabdi ke masyarakat.

Selain terlibat langsung dalam penelitian internal, saya juga mengikuti penelitian tingkat nasional. Berbagai konferensi dan seminar internasional telah saya ikuti demi menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang psikologi. Saya sadar psikologi terus berkembang seiring dengan kehidupan manusia. Oleh sebab itu, sangat penting meningkatkan pengetahuan yang dimiliki dari berbagai sumber terpercaya.

Demikian motivation letter ini saya buat. Saya berharap bisa bergabung dan berkontribusi bagi Cinta Kasih. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Melati Asmara

Contoh Motivation Letter Seleksi

Proses seleksi terkadang membutuhkan persiapan dan kerja keras. Persyaratan yang diminta pun terkesan memberatkan, meskipun terbilang masuk akal. Salah satu prasyarat yang dilampirkan biasanya adalah motivation letter. Panitia seleksi mencoba mengenal para pendaftar melalui esai yang dituliskan. Seberapa kuat minat dan kemampuan peserta untuk bisa bergabung? Atau motivasi apa yang dimiliki oleh setiap peserta?

Semua jawaban tersebut sebenarnya bisa diketahui melalui motivation letter. Inilah alasannya banyak panitia seleksi mewajibkan dokumen motivation letter. Pada sesi wawancara pun, esai personal ini sering dibahas atau disinggung. Untuk itu, Anda perlu membuat pernyataan yang benar-benar kuat dan menggambarkan kepribadian secara utuh. Tidak ada salahnya pula mempelajari contoh motivation letter seleksi.

Contoh Motivation Letter Seleksi
Contoh Motivation Letter Seleksi

Jangan sampai Anda terkesan meremehkan panitia atau pihak penyelenggara. Sebaliknya, Anda tak boleh terlihat terlalu rapuh dan pesimis untuk diterima. Berikan penekanan pada kemampuan yang dirasa mewakili diri sendiri. Walaupun demikian, pilih prestasi yang mendukung program tersebut. Misalnya saja, keikutsertaan program olimpiade untuk mendaftar beasiswa.

Contoh Motivation Letter Volunteer

Volunteer atau sukarelawan tentu tak asing bagi masyarakat urban. Beberapa event besar biasanya mencari sukarelawan untuk bergabung dan membantu. Tak jarang pula beberapa kantor membutuhkan volunteer dalam operasional. Pencarian dan penerimaan sukarelawan sendiri tak bisa sembarangan, bahkan membutuhkan esai personal yang kuat. Contoh motivation letter volunteer ini bisa memberi gambaran untuk Anda yang tengah menyusun personal statement.

Motivation Letter

Membaca membawamu berkeliling dunia lewat lembaran-lembaran buku. Saya percaya, membaca bukan sekedar menambah ilmu, tetapi pengalaman. Melalui buku bacaan, saya bisa mengenal dunia di luar kehidupan diri sendiri. Membaca tulisan orang lain menambah rasa keingintahuan saya terhadap banyak hal. Saya pun terilhami untuk menulis dari buku-buku yang saya baca.

Saya selalu mencintai dunia menulis dan membaca. Sedari kecil, orangtua saya membiasakan anak-anaknya untuk membaca. Mereka selalu membelikan buku-buku yang menarik untuk kami. Saya pun membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian jajan untuk membeli buku yang diinginkan. Kebiasaan ini masih saya lanjutkan sampai sekarang, meskipun tak lagi muda.

Kecintaan saya terhadap dunia buku menjadi alasan kuat untuk mendaftar sebagai sukarelawan dalam acara Membaca Untuk Negeri. Program ini akan memberi pengalaman baru dan tak terlupakan sepanjang hidup saya. Saya akan melihat kecintaan anak-anak terhadap buku tumbuh lewat program sosial ini. Dengan membaca, mimpi mereka yang redup perlahan-lahan bisa dihidupkan kembali.

Membaca Untuk Negeri bukan sekedar acara membaca bersama. Setelah 3 tahun diselenggarakan, saya paham membaca dan belajar menjadi hal tak terpisahkan. Setiap anak berhak mendapat akses bacaan bermutu, dimanapun mereka berada. Melalui Membaca Untuk Negeri, anak-anak di pelosok negeri pun bisa mendapat akses dan kesempatan yang sama.

Latar belakang saya sebagai pendidik setidaknya cukup membantu dan memberi sumbangsih. Saya ingin mengabdi dan mengukir senyum tulus dari anak-anak yang ikut program Membaca Untuk Negeri. Oleh sebab itu, besar harapan saya bisa terpilih untuk terlibat dalam program ini. Kemampuan dan semangat yang saya miliki akan tercurah maksimal untuk menyukseskan program Membaca Untuk Negeri.

Besar harapan saya untuk bisa terpilih berpartisipasi dalam program Membaca Untuk Negeri. Atas perhatian bapak/ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Contoh Motivation Letter Organisasi

Dalam merekrut anggota, sebuah organisasi kerap memberi syarat tertentu. Personal statement menjadi satu diantara persyaratan tersebut. Esai ini bisa menjadi bahan pertimbangan terkait kompetensi dan kecakapan calon anggota. Seberapa jauh seseorang mengenal dan tertarik dengan organisasi tersebut, bisa diketahui dari esai yang ditulisnya. Contoh motivation letter organisasi akan memberi sedikit gambaran terkait kecakapan calon anggota.

Contoh Motivation Letter Organisasi
Contoh Motivation Letter Organisasi

Mengingat tanggung jawab yang diberikan taklah kecil, perekrut tentu harus tahu kompetensi calon anggota. Nantinya, perekrut juga tahu harus menempatkan anggota di divisi tertentu. Setiap peserta, tentu mempunyai keunggulan masing-masing. Misalnya saja, si A unggul dalam bidang kemasyarakatan, sehingga ditempatkan di divisi humas.

Selain mengetahui kompetensi anggota, motivation letter juga menilai latar belakang. Apakah ia pernah tergabung dengan suatu organisasi sebelumnya? Pengalaman apa yang telah didapatkan? Hal-hal semacam ini sangat diperlukan untuk perkembangan organisasi ke depannya.

Contoh Motivation Letter Melamar Kerja

Pernah diminta menulis motivation letter saat melamar kerja? Bingung cara menyusun citra diri dalam esai pendek? Anda bisa belajar dari contoh motivation letter melamar kerja. Di dalamnya, Anda diajarkan cara menonjolkan kemampuan diri tanpa terlihat berlebihan. Dengan pernyataan yang tepat, HRD pun akan lebih mudah tertarik melirik Anda sebagai karyawan.

Contoh Motivation Letter Melamar Kerja
Contoh Motivation Letter Melamar Kerja

Yth,

Bapak/Ibu HRD

Teguh Cipta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya ingin melamar pekerjaan pada jabatan Manager Keuangan di perusahaan Anda. Saya mendapat informasi bahwa perusahaan Anda tengah mencari orang yang tepat untuk mengisi jabatan tersebut.

Saya Oktarina Gianti, lulusan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Persada. Dengan ilmu yang saya miliki, saya berharap bisa berkontribusi besar pada perusahaan Anda. Sebagai mahasiswa administrasi bisnis, saya telah dibekali pengalaman dan ilmu memadai terkait bisnis. Dengan latar belakang pendidikan tersebut, saya belajar berbagai hal terkait kompensasi, legalitas, mengelola keuangan, serta ketenagakerjaan.

Sebelum lulus dari universitas, saya telah mengikuti program magang di PT. Tunas Bangsa. Disini, saya ditempatkan sebagai staf keuangan yang melakukan pengecekan operasional maupun pembiayaan. Masa magang selama 6 bulan mengajarkan saya banyak hal terkait administrasi perusahaan. Magang kian memantapkan panggilan hati saya untuk berkecimpung di bidang administrasi.

Selain menempuh pendidikan formal, saya pun mengejar pengalaman di berbagai kompetisi dan organisasi. Saya sempat terlibat aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan kompetisi ekonomi nasional. Penelitian saya di bidang keuangan berhasil memenangkan kompetisi tersebut. Berbekal prestasi dan pengalaman yang saya miliki, besar harapan saya dapat bergabung di perusahaan Anda.

Demikian motivation letter ini saya tulis. Atas perhatian bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Oktarina Gianti

Contoh Motivation Letter PDF

Merancang motivation letter dalam bentuk dokumen, tak berbeda dengan PDF. Beberapa organisasi atau lembaga memang meminta esai personal dikirim dalam bentuk PDF. Ini demi memudahkan proses seleksi atau penilaian. Setidaknya, esai berbentuk PDF lebih mudah diunggah dan minim terjadi crash, sehingga lebih meminimalisir masalah ke depannya.

Jika Anda perhatikan, isi esai yang disematkan pun tetap sama. Esai ditulis dengan kerangka yang tepat, dimulai dari pembukaan, isi, dan penutup. Isi tulisan dibuat efektif, dengan memilah kata dan pengalaman yang harus dicantumkan. Dengan begini, jelas saja contoh motivation letter PDF bisa dijadikan acuan. Setidaknya, memberi gambaran jelas tentang isi dan cara penyampaian yang tepat. Untuk yang mau download bisa langsung kunjungi disini Motivation Letter PDF.

Contoh Motivation Letter PDF
Contoh Motivation Letter PDF

Sebuah motivation letter tak akan bermakna kalau isinya terkesan ‘alay’. Perekrut enggan memilih orang yang tak bersungguh-sungguh mengikuti proses seleksi. Alasan ini pula yang kerap kali menggagalkan seseorang dalam meraih pekerjaan atau beasiswa. Untuk itu, perhatikan esai yang Anda buat dan dikirim dalam bentuk PDF.

Contoh Motivation Letter Bahasa Inggris

Contoh Motivation Letter Bahasa Inggris

Contoh Motivation Letter Mahasiswa

Kepada Bapak Irwansyah:

Dengan surat ini, saya ingin menyatakan minat saya untuk belajar di Universitas XY sebagai mahasiswa Erasmus.

Saat ini saya sedang mempelajari program Magister Geografi Regional di Universitas ABC di London. Setelah melihat-lihat materi Departemen Luar Negeri universitas saya, saya sangat senang menemukan kesempatan untuk menghabiskan satu semester belajar geografi di Universitas XY. Saya telah memutuskan untuk mendaftar untuk program ini karena saya yakin itu akan sangat memperkaya studi masa depan saya dan membantu saya dalam karier prospektif saya. Selain itu, saya menganggap program ini sebagai peluang besar untuk berhubungan dengan budaya dan sistem pendidikan Inggris. Terakhir namun tidak kalah pentingnya, saya sangat ingin tahu tentang berbagai pendekatan geografi di universitas asing.

Saya telah memilih untuk mendaftar ke Universitas XY, karena saya sangat suka sistem modul studinya. Saya secara khusus menghargai berbagai modul yang ditawarkan dan kebebasan dalam membuat rencana studi Anda. Banyak modul yang ditawarkan unik untuk saya, karena tidak ada yang setara di universitas asal saya. Sangat penting bagi saya juga peringkat “Luar Biasa” untuk pengajaran jurusan Geografi dan keseluruhan suasana persahabatan di universitas maupun kota. Alasan utama ketiga mengapa saya memilih XY adalah Lembaga Penelitian Kebijakan Urban dan Regional. Ini mengkhususkan diri dalam penelitian interdisipliner pada isu-isu kebijakan regional dan perkotaan utama, yang merupakan bidang geografi yang sangat akrab bagi saya.

Selama studi sebelumnya saya telah menemukan, bahwa saya ingin mengambil spesialisasi di Urban and Transport Geography. Universitas XY memberi saya kesempatan untuk berhubungan dengan mata pelajaran ini melalui modul dari Departemen Geografi dan Departemen Perencanaan Kota dan Wilayah. Pada tahun terakhir saya di Universitas ABC saya bekerja pada studi empiris dengan fokus utama pada biaya transportasi suburbanisasi dan urban sprawl. Saya sangat menyukai proyek saya dan saya ingin melanjutkannya. Saya ingin menggunakan masa tinggal saya di XY untuk lebih mengembangkan keterampilan saya dalam penelitian empiris dan mulai bekerja pada proyek diploma saya. Kemungkinan yang memberi saya University of XY semakin memperluas mereka di universitas asal saya. Saya akan mengambil modul yang berfokus pada Transportasi dan geografi Urban dan Studi Eropa.

Saya ingin sekali menghabiskan satu semester di Universitas XY. Ini akan memberi saya kesempatan untuk memperdalam pengetahuan geografis saya di lingkungan yang inspiratif, kreatif, dan kosmopolit dari salah satu universitas terbesar di Inggris. Selain itu, saya dapat meningkatkan bahasa Inggris dan meningkatkan kepercayaan diri saya untuk lulus ujian TOEFL setelah saya kembali. Selain itu, saya yakin bahwa pengalaman saya di London akan sangat menarik, menyenangkan, dan berharga untuk studi saya dan pengembangan umum secara keseluruhan.

Terima kasih telah mempertimbangkan permintaan saya. Saya menantikan tanggapan positif Anda.

Salam sejahtera,

Iriana Indrayani

Contoh Motivation Letter Untuk Volunteer

Saya Siti Nurbaya, seorang yang mempunyai motivasi yang besar untuk hidup jadi orang baik serta menginginkan kehidupan seseorang yang lebih bagus. Saya, kecuali mempunyai motivasi yang tinggi, ingin berperan dalam pekerjaan ini, untuk bentuk beribadah dan sebuah pekerjaan yang saya gemari. Saya suka sekali bila menekuni di dunia sosial, terkhusus yang terkait dengan beberapa anak, pendidikan, serta beberapa orang. Serta kebetulan, saya adalah salah satunya alumnus baru (Fresh Graduate) dengan gelar Sarjana Sosial. Dapat jadi sisi dari pekerjaan sosial tetap membahagiakan untuk saya, tetap nikmati serta berbahagia sendirinya.

Kesayangan saya di dunia sosial tumbuh semenjak dibangku kuliah dahulu, pernah seringkali ikuti pekerjaan sosial dalam satu komune serta forum-forum yang bergulat di bagian sosial serta pendidikan, ditambah, saat semester akhir tahun 2019, saya dikasih peluang untuk, kerja jadi volunteer disebuah Instansi Sosial namanya Rumah Yatim. Di dalam yayasan atau instansi sosial ini, saya banyak juga belajar menjadi seorang yang berguna untuk seseorang, serta belajar untuk selalu berkreasi yang mana hasilnya dapat berguna untuk beberapa orang.

Saya tetap yakin, jika pekerjaan atau pertolongan sekecil apa saja akan diperlukan buat beberapa orang yang memerlukan. Saya tetap yakin, peradaban dunia akan maju jika dibuat atas fundamen kepedulian kita pada sama-sama. Saya yakin, jika apa saja yang dilaksanakan untuk ke arah “perkembangan yang lebih bagus” itu akan berefek buat kesemua orang. Bagaiamapun, kesemua orang mempunyai peluang waktu, kesemua orang mempunyai peluang hidup, kesemua orang memilki peluang untuk belajar, kesemua orang mempunyai peluang untuk bertambah lebih baik, kesemua orang mempunyai peluang agar bisa merasai apakah yang dirasa oleh seseorang. Semua memiliki hak terima kesetaraan. Serta saya, yakin jika kesemua orang dibuat memang untuk sama-sama menolong, share serta sama-sama menghormati keduanya.

Lihat selebaran penerimaan Sekolah Pintar, serta ingin turut menekuni didalamnya, hati saya terdorong untuk daftarkan diri. Saya ingin jadi sisi dari kalian yang mempunyai visi membuat pengeteahuan serta ketrampilan sekolah serta siswa dalam hadapi efek musibah alam serta musibah sosial. Yang saya kenali memang beberapa anak umur belasan rawan sekali, benar-benar membutuhkan edukasi tentang ini, musibah alam serta musibah sosial. Karena banyak anak umur belasan yang serta banyak alami terserang risiko musibah alam serta musibah sosial yang salah satunya ada perselisihan sosial, bullying, kekerasan anak di bawah usia, serta ada banyak lagi musibah-bencana sosial yang lain yang terkena pada anak umur belasan tahun.

Motivasi saya besar sekali menjadi sisi dari volunteer Sekolah Pintar, saya percaya serta yakin jika mereka (beberapa anak) serta benar-benar memerlukan edukasi serta ketrampilan dari yang sangat fundamental, jadi yang umum. Mereka memiliki hak memperoleh itu semua, ditambah lagi buat beberapa anak yang ada diwilayah rawan musibah, serta jumlahnya insiden perselisihan sosial. Saya ingin mengubah pola beberapa anak jika tiap orang dapat memperhitungkan berlangsungnya musibah alam, tiap anak dapat serta dapat mencerminkan dianya tidak untuk terjebak dalam perselisihan-konflik sosial serta kekerasan sosial dan lain-lain.

Salam sejahtera,

Siti Nurbaya

Cara Membuat Motivation Letter

Dari ulasan dan contoh-contoh di atas, Anda sebenarnya bisa mengambil kesimpulan cara membuat motivation letter yang benar. Supaya lebih paham dan bisa menjadi panduan dalam menulis esai personal, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Menjual Kemampuan Diri

Anda harus bisa menonjolkan kemampuan dan kelebihan yang dimiliki. Tuliskan kemampuan yang sekiranya berkaitan dan menunjang pekerjaan atau pendidikan tersebut. Buatlah perusahaan atau panitia seleksi tertarik melirik Anda sebagai kandidat terbaik. Jadikan, kelebihan sebagai nilai jual yang layak dipertimbangkan oleh perusahaan atau panitia.

  1. Jujur dan Tak Berlebihan

Banyak orang menganggap remeh sebuah motivation letter. Pada kenyataannya, motivation letter tak semudah yang dibayangkan. Anda butuh waktu lumayan lama untuk memikirkan dan mempertimbangkan isi dari esai. Dalam menulis esai, pastikan Anda tetap jujur dan tidak berlebihan membanggakan diri. Yakin dan percaya dengan kemampuan diri sendiri memang penting, tetapi Anda tak boleh angkuh. Begitu pula saat menulis motivation letter, hindari pernyataan yang ‘berlebihan’ dan menjurus pada kebohongan.

  1. To The Point

Pembatasan karakter pada esai tentu ada maksud dan tujuan. Salah satunya agar peserta atau pelamar bisa menulis lebih terstruktur, ringkas, dan padat. Sebaiknya, hindari penggunaan bahasa dan kata yang berbelit. Pilih kosakata dan kalimat yang langsung mengungkapkan maksud serta tujuan Anda.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment