Contoh Paper

Contoh paper singkat untuk tugas kuliah mengenai ekonomi, kesehatan secara ilmiah, serta penelitian yang sederhana dengan penulisan yang baik dan benar. Contoh paper yang sesuai dengan kebutuhan kita, sekarang sudah banyak beragam informasinya di internet. Tidak perlu bersusah payah mencari informasi mengenai contoh paper yang sesuai dengan kebutuhan kita di buku, internet sudah menyediakannya hanya dengan jentikan jari. Tapi, sebelum itu, ternyata masih banyak di antara kita yang belum mengetahui apa itu paper dan digunakan untuk isitilah apa, berikut penjelasannya!

Paper adalah sebutan atau istilah yang biasa digunakan oleh pelajar atau mahasiswa yang membahas mengenai seputar pendidikan untuk meraih gelar diploma, sarjana, magister, dan juga doktoral. Sebutan lainnya yang sering kita dengar adalah makalah. Tentu makalah bukan lagi hal yang asing di telinga, bukan?

Makalah atau paper termasuk dalam karya ilmiah yang dimana dalam pembuatannya memiliki tata cara penulisan yang perlu diperhatikan seperti; memiliki 6 s/d 10 halaman, isinya harus berkualitas dan padat informasi yang sedang dikaji atau dibuat sebagai wujud pengembangan diri dalam menulis karya ilmiah, tidak lupa harus dibuat dengan ketikan di komputer bukan tulisan tangan.

Berikut format penulisan contoh paper yang sesuai dengan kebutuhan kita yang wajib kita ketahui:

  1. Judul
    • Judul adalah bagian terpenting dimana orang yang membaca akan mendapat sekilas info tentang pembahasan dalam sebuah paper. Judul dibuat dengan bahasa yang spesifik tentang masalah yang diangkat di dalam pembuatan paper, sehingga menarik pembaca dengan memberikan informasi yang merupakan gambaran keseluruhan dari contoh paper yang sesuai dengan kebutuhan kita.
  2. Pendahuluan
    • Ini bisa disebut juga sebagai Bab I yang di dalamnya berisi :
      1. Latar belakang – Pada bagian ini menjelaskan tentang alasan kita mengapa mengambil tema dan judul pada contoh paper yang sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, juga perlu dijelaskan alasan yang melatar belakangi pengajar memberikan tugas paper tersebut.
      2. Rumusan masalah – Menjelaskan tentang titik fokus masalah yang akan dibahas. Biasanya berisi banyak pertanyaan yang menyangkut tentang masalah yang diangkat dalam penulisan contoh paper yang sesuai dengan kebutuhan kita, pertanyaan-pertanyaan tersebut nantinya akan dijadikan sebagai isi di dalam paper yang penulis buat.
      3. Tujuan pembahasan masalah – Seperti yang sudah kita ketahui, tujuan berarti menyangkut hasil pencapaian dari penulisan sebuah paper terkait masalah yang kita jelaskan di dalam contoh paper yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tujuan juga berhubungan langsung dengan tema yang sudah dipilih.
  3. Landasan Teori
    • Landasan teori atau kajian teori disebut juga Bab II, yang dimana isinya membahasa tentang teori-teori dasar sebuah penelitian, kajian, atau penulisan yang pernah dibuat oleh orang lain sebelumnya. Tentunya, teori-teori ini harus ada kaitannya dengan masalah yang penulis sedang angkat di dalam penulisan paper.
    • Cara penulisan teori-teori dasar ini harus sangat diperhatikan! kenapa? karena jika salah, kita bisa dikenakan sanksi karena melakukan tindak plagiarism atau pencontekan. Untuk itu, kita harus mencantumkan nama, tahun, buku atau halaman buku yang penulis kutip demi keamanan berlangsungnya penulisan paper dan jangan menimbulkan ambigu.
    • Lalu, bagaimana jika kita menemukan informasi dari internet bukannya buku? Kita hanya perlu mencantumkan sumber juga sertakan alamat URL dari teori yang sudah kita kutip.
  4. Pembahasan
    • Pembahasan atau Bab III adalah bagian isi sebuah paper. Ini berisi data-data terperinci yang kita telah dapatkan dari hasil penelitian atau pengamatan langsung di lapangan. Pada bagian pembahasan ini, juga membahas dan mengolah semua data yang kita sudah dapat selama berlangsungnya penelitian atau pengamatan tanpa kurang satu data pun.
    • Data-data ini harus disesuaikan dengan teori yang sudah kita cantumkan di Bab II. Mengapa? karena landasan teori menjadi penguat atau pembanding data yang sudah didapatkan atau sedang kita kelola. Jangan sampai teori dengan data yang dimasukkan ke dalam paper tidak relevan, ini akan mengurangi penilaian paper yang kita buat.
    • Di dalam pembahasan juga, semua hasil pengolahan data yang didapat saat melakukan pengamatan atau penelitian harus ditulis sesuai dengan apa yang sudah didapat. Tidak boleh ada kecurangan data di dalamnya! Jika ditemukan ketidaksesuaian antara teori yang ada di Bab II dengan hasil olah data nyata dari penelitian atau pengamatan di lapangan, kita wajib menginfokan hasil tersebut secara ilmiah sehingga didapatlah hasil hipotesa yang baik dan sesuai.
  5. Kesimpulan/penutup
    • Kesimpulan sebagai bab terakhir atau Bab IV yang berisi keseluruhan tulisan yang sudah dibuat. Dimulai dari pendahuluan hingga pembahasan, informasikan pula pemecahan masalah yang penulis temukan selama membuat paper. Karena sebagai penutup, pada bagian ini harus singkat, padat, dan jelas. Tidak perlu panjang dan bertele-tele.

Makalah atau paper juga biasanya dijadikan sebagai tolak ukur atas hasil yang telah didapat dari penelitian atau kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan yang sedang ditempuh. Salah satu karya ilmiah yang satu ini juga bisa dijadikan salah satu sumber penilaian hasil belajar seseorang yang dilakukan oleh pihak guru atau dosen dalam upayanya melatih keterampilan, mengembangkan pola pikir kritis, dan kemampuan memecahkan masalah secara mandiri.

Jadi, sudah bisa dipastikan betapa pentingnya untuk seorang pelajar memahami pembuatan paper atau makalah yang baik dan juga benar. Untuk itu, mari kita pelajari beberapa contoh paper yang sesuai dengan kebutuhan kita lainnya yang biasa dibuat untuk keperluan pengembangan ilmu di berbagai bidang.

Baca Juga : Cara Membuat Latar Belakang Di Makalah

Contoh Paper Kuliah

PENGGUNAAN BAJA RINGAN SEBAGAI BAHAN BANGUNAN

BAB I PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai ilmu bahan bangunan, dimana  ilmu ini memberi informasi tentang manfaat dan fungsi dari bahan yang akan anda gunakan sebagai pembahasan di dalam tulisan ini, misal penggunaan baja ringan dalam membuat sebuah konstruksi. Untuk itu, perlu dilakukan survey langsung untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang semuanya masih berkaitan dengan bahan baja ringan.

  • RUMUSAN MASALAH

Apa kelebihan dan kekurangan penggunaan bahan baja ringan dalam suatu konstruksi aman?

  • TUJUAN

Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan baja ringan untuk pembuatan sebuah konstruksi yang menggunakan baja ringan.

BAB II LANDASAN TEORI

Kebutuhan baja ringan di pasaran cukup tinggi, karena kelebihan bahan bangunan yang satu ini jauh lebih menguntungkan daripada penggunaan bahan lainnya, seperti; bahannya ringan dan mudah dipasang, kuat dan tahan lama, tegangan tarik tinggi, dan yang paling penting dapat didaur ulang. Selain kelebihannya, masing-masing bahan juga pasti memiliki kekurangan begitu juga baja ringan, contohnya; harga relatif mahal, mudah terbawa angin jika dipasang tidak benar, tampilan acak-acakan karena jika dipasang semakin rapat maka kemampuan angkat bebannya makin tinggi, dan rentan roboh jika tidak diteliti dalam pemasangannya.

BAB III PEMBAHASAN

Baja ringan yang akan dipasang ke bagian suatu konstruksi misal dinding harus dipastikan dindingnya bersih dan tidak ada bagian yang cacat terlebih dahulu karena bisa mengganggu pemasangannya, lalu pastikan rancangan kerangka yang diinginkan sudah siap agar bisa diproyeksikan hasil akhirnya nanti, pastikan rangka baja yang sudah siap telah dipasang sesuai dengan pola desain, lalu pasang dengan teliti.

BAB IV PENUTUP

Dengan mengenal karakteristik baja ringan dan mempelajari cara pemasangannya bisa membantu meyakinkan anda bahwa penggunaan bahan ini sebagai bahan untuk bangunan anda aman.

Contoh Paper Singkat

PENYALAHGUNAAN INTERNET OLEH REMAJA

BAB I PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Keterbatasan berkomunikasi akhir-akhir ini sangat mudah ditangani dengan adanya kemajuan teknologi seperti internet dan barang elektronik lainnya seperti ponsel pintar. Keberadaan ponsel pintar menjadi sangat marak di kalangan masyarakat dari usia muda hingga tua, semua orang berbondong-bondong memanfaatkan kemajuan teknologi dengan alasan mempermudah komunikasi jarak jauh. Tetapi, tidaklah cukup hanya dengan ponsel pintar saja, tanpa adanya internet ponsel pintar tidak bisa digunakan untuk apa-apa. Oleh karena itu, masyarakat sekarang hidup sangat bergantung dengan adanya internet dan ponsel pintar.

Penyalahgunaan dari internet yang bergabung dengan ponsel pintar menjadi masalah masayarakat sosial di era global ini, dengan tidak adanya batasan informasi dari berbagai belahan penjuru dunia menjadi sasaran empuk bagi anak-anak khususnya remaja dengan menggunakan internet semaunya sebagai bagian dari kehidupannya sehari-hari yang justru menjerumuskan mereka.

  • RUMUSAN MASALAH

Bagaiman efek penyalahgunaan internet oleh kalangan remaja?

  • TUJUAN

Untuk mengetahui efek penyalahgunaan internet bagi remaja.

BAB II LANDASAN TEORI

Penyalahgunaan internet yang banyak dilakukan oleh kalangan remaja disebabkan adanya masa peralihan yang dialami oleh anak-anak menuju masa remaja, dimana pada masa ini remaja masih mencari jati dirinya dan belum paham betul apa yang baik dan tidak untuk dilakukan, apa yang merugikan dirinya di masa yang akan datang, dan apa yang menjerumuskan dirinya menuju tindak kriminal atau bahkan kekerasan yang banyak bertebaran di internet.

Meskipun begitu, tidak semua yang ada di internet membawa dampak buruk bagi perkembangan anak-anak khususnya remaja, ada pula yang membawa dampak baik. Tapi, tidak semua anak-anak dari kalangan remaja bahkan usia yang sudah cukup matang menggunakan internet dengan baik.

BAB III PEMBAHASAN

Penggunaan internet oleh remaja perlu adanya pendampingan oleh keluarga, karena tidak semua yang ada di internet buruk, ada juga yang membawa dampak baik seperti kelas mentoring suatu skill, mendapat lebih banyak informasi tanpa perlu bersusah payah mencarinya di buku, dsb.

Sedangkan dampak buruk dari penyalahgunaan internet di kalangan remaja bisa lebih menjerumuskan seseorang ketimbang terlalu banyak menonton televisi, kenapa? karena di internet luas ada banyak hal yang pasti menarik untuk dilihat kaum remaja yang pasti tidak ada saringan yang ketat bagi siapa saja yang masuk ke suatu situs, selain itu adanya penyebaran berita hoax, pornografi, mudahnya menemukan obat-obatan terlarang lewat internet tentu menjerumuskan remaja menuju zona yang sangat berbahaya. Untuk itu, perlunya bimbingan dari keluarga sangat dibutuhkan dalam penggunaan internet oleh remaja.

BAB IV PENUTUP

Penggunaan internet sejatinya memberikan lebih banyak manfaat ketimbang kerugian, semua dikembalikan lagi kepada penggunanya. Jika dipergunakan dengan baik, internet akan sangat membantu kehidupan kita sehari-hari, tetapi jika sebaliknya penggunaan internet bisa jadi sangat berbahaya.

Bimbingan moril dari orang tua dan orang sekitar juga diperlukan untuk membawa anak-anak remaja menggunakan internet ke arah yang lebih positif.

Contoh Paper Ekonomi

TANTANGAN BISNIS PENJUALAN BAJU

BAB I PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Di era yang serba praktis, semua orang menginginkan apa saja serba mudah dan hanya dalam satu genggaman saja. Ketersediaan bahan yang ada di pasaran dan kemudahan transportasi orang-orang yang ada di kota menjadi modal besar bagi pebisnis di era cepat. Sektor industri di daerah perkotaan menjadi tantangan besar bagi setiap individu untuk bersaing secara sehat dan pintar dalam menggaet pembeli dalam bisnis apapun. Termasuk di dalamnya bisnis skala kecil.

Oleh karena itu, pengembangan industri bagi industri kecil menengah perlu adanya perkembangan yang signifikan guna membantu kemajuan pemasaran bisnis skala kecil secara nasional tidak hanya di daerah perkotaan saja yang dimana usaha ini perlu adanya dukungan dari berbagai sektor dan komitmen yang tegas untuk seluruh pelaku pemangku kebijakan yang memiliki wewenang dalan industri ini.

  • RUMUSAN MASALAH

Apa saja tantangan yang harus diatasi oleh para pebisnis dalam menjual produk pakaiannya?

Bagaimana cara mengatasinya?

  • TUJUAN

Untuk mengetahui tantangan atau masalah yang menjadi penghalang kemajuan bisnis skala kecil dan mencari solusi untuk mengatasinya

BAB II LANDASAN TEORI

Jika semua pihak yang bisa membantu meningkatkan penjualan para pebisnis pakaian/baju ikut turut andil maka, peningkatan pendapatan juga bisa didapatkan.

BAB III PEMBAHASAN

Masalah yang biasa ditemui :

  • Penjual pakaian/baju yang produksinya dari dalam negeri masih kurang diminati karena perilaku konsumtif masyarakat yang lebih mengedepankan gengsi dengan lebih memilih barang impor.
  • Banyaknya persaingan dengan masih kurangnya adanya wadah yang membantu para pelaku usaha/bisnis untuk mengembangkan usahanya karena minimnya pengetahuan management dan promosi yang terarah dan tepat sasaran.

Pemecahan masalah yang bisa dilakukan guna menyokong perkembangan bisnis skala kecil nasional :

  • Menyiapkan program operasional yang baik di tiap bidang khususnya bisnis pakaian skala kecil
  • Meningkatkan pelayanan usaha
  • Menyempurnakan lagi manajemen sumber daya manusia yang dimana ini adalah salah satu faktor penting suksesnya sebuah usaha.
  • Meningkatkan mutu barang yang dijual agar bisa bersaing dengan barang yang diperjual belikan dari luar negeri
  • Pengupayaan peningkatan kelancaran arus barang baik mengirim maupun menerima barang dari tiap sektor bisnis.
  • Mengadakan promosi barang yang bertujuan memasarkan lebih luas barang produksi bisnis tertentu dengan harga yang stabil dan mutu yang baik.
  • Meningkatkan informasi tentang peluang pasar yang bisa didapat oleh pelaku bisnis pakaian.
  • Mengenalkan teknologi tepat guna yang bisa diberdayakan demi kemajuan bisnis.
  • Membantu para pelaku bisnis pakaian untuk meningkatkan semangat dan motivasinya dalam suatu program misal program pemberian award bagi setiap pebisnis skala kecil agar mereka termotivasi lebih sebagai seorang pelaku usaha.
  • Mengadakan kerja sama dengan berbagai pihak demi kelancaran pengembangan usaha pebisnis skala kecil.

BAB IV PENUTUP

Perlu adanya peningkatkan dari dalam (yang berhubungan langsung dengan bisnis terkait) dan peningkatan dari luar (semua yang berkaitan dengan arus penjualan dari bisnis terkait) agar semua faktor penghalang kemajuan pengembangan bisnis industri kecil ini bisa segera teratasi.

Baca Juga : Cara Membuat Rumusan Masalah Di Makalah

Contoh Paper Sederhana

HUKUM PERDATA

BAB I PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Undang-undang yang merupakan aturan tertulis dan tidak tertulis telah memuat segala aturan dalam rangka menertibkan kehidupan dalamsuatu negara. Ada 2 jenis hukum yang kita ketahui; perdana dan perdata.

  • RUMUSAN MASALAH

Apa itu hukum perdata di Indonesia?

  • TUJUAN

Untuk memberi informasi kepada pembaca apa itu hukum perdata.

BAB II LANDASAN TEORI

Sistematika dari hukum perdata dikemukakan oleh 2 pendapat.

BAB III PEMBAHASAN

Sistematika hukum perdata terdiri dari 2 pendapat;

  1. Dari pembentukan Undang-Undang yang berlaku
  2. Menurut ilmu hukum, ada 4 turunannya;
    1. Hukum diri sendiri terhadap diri sendiri
    2. Hukum keluarga
    3. Hukum kekayaan
    4. Hukum warisan

Sumber hukum perdata ada 3, diantaranya;

  1. Arti sumber hukum perdata (asal usulnya)
  2. Sumber dalam arti formal yang asalnya dari pemerintah kolonial belanda yang ditransisi artinya ke UUD 1945.
  3. Sumber dalam arti material (tempat)

BAB IV PENUTUP

Hukum perdata mengatur kepentingan perindividu dalam kehidupan sosial masyarakat yang keseluruhannya mengenai pribadi sendiri menyangkut orang lain.

Contoh Paper Ilmiah

PENGARUH PERUBAHAN MEDIA MASA TERHADAP CARA BERGAUL DI DUNIA MAYA

BAB I PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi di era seperti sekarang ini mempermudah segala bentuk komunikasi yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Informasi yang didapat bersumber dari segala penjuru dunia. Kemudahan ini bisa dijadikan keuntungan tersendiri bagi siapa saja di seluruh dunia melalui sistem secara global.

  • RUMUSAN MASALAH

Apakah pengaruh perubahan media sosial terhadap cara bergaul orang-orang di dunia maya?

  • TUJUAN

Untuk mengetahui apa saja bentuk pengaruh perubahan media sosial terhadap cara bergaul orang-orang di dunia maya.

BAB II LANDASAN TEORI

Era globalisasi memudahkan orang-orang untuk mendapatkan informasi dengan cepat, mudah, dan dalam massa yang banyak secara global/internasional. Keadaan seperti ini sebenarnya mendatangkan banyak keuntungan bagi siapa saja yang menggunakannya dengan baik, termasuk diantaranya bergaul atau bertemu lebih banyak orang di dunia maya yang bisa dilakukan hanya dengan satu alat yaitu ponsel pintar yang di dalamnya terdapat jaringan internet.

BAB III PEMBAHASAN

Perkembangan teknologi yang sangat pesat mendorong semua orang untuk melek informasi karena selain cara mendapatkannya yang sangat mudah hanya dengan jentikan jari dalam satu genggaman kita bisa mendapatkan informasi tentang hal-hal menarik, hal-hal yang menambah wawasan, dan termasuk mendapatkan informasi tentang identitas seseorang, melek informasi juga banyak digunakan untuk berbagai bidang seperti bidang industri perdagangan, bidang kesehatan, juga bida politik. Semua orang berlomba-lomba mendapatkan informasi demi kemajuan bidang yang mereka geluti dimana internet menjadi jalur informasi tersebut bisa didapatkan dengan mudah.

Orang sekarang bukan hanya bergaul di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya yang dimana mereka lebih fleksibel di dalamnya karena tidak terbatas ruang dan juga waktu, meski pada kenyataannya mempersempit ruang komunikasi secara nyata. Kecenderungan orang-orang bersosialisasi di dunia maya daripada dunia nyata sedikit banyaknya dipengaruhi oleh perubahan media sosial itu sendiri.

Penambahan fitur misalnya membuat orang-orang lebih tertarik menampilkan hal-hal yang mereka rasa perlu untuk dipertontonkan tanpa memperhatikan dampak sosialnya di masa yang akan datang. Sebagai contoh; mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, kecenderungan apatis terhadap suatu situasi baik di dunia nyata atau di dunia maya, dan anti sosial yang meningkat karena pola hidup yang berjarak.

BAB IV PENUTUP

Pengaruh yang ditimbulkan dari adanya perubahan di sosial media membuat para penggunanya lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk memperhatikan layar ketimbang sekelilingnya karena apa yang ada di layar ponsel pintar mereka lebih menarik ketimbang yang ada di dunia nyata dan apa yang sudah tersedia di dalamnya lebih membantu mereka untuk lebih bahagia ketimbang apa yang sudah ada pada situasi nyata.

Ini bisa berdampak baik dan juga buruk secara bersamaan tergantung dari si pengguna internet tersebut, kenapa? sebab internet sama saja seperti senjata, jika digunakan untuk hal baik pasti ia akan jadi barang yang berguna tetapi, sebaliknya, jika digunakan untuk hal yang tidak baik, ia akan menjadi senjata yang menyerang penggunanya sendiri.

Contoh Paper PDF

PAJAK

BAB I PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Pajak dalam arti kenegaraan berarti pembayaran nominal uang yang sudah ditentukan pihak terkait dari perorangan  kepada pemerintah negara sebagai sumber dana dalam pembayaran investasi publik. Pada awalnya pembayaran pajak ini hanya sukarela saja, boleh dibayarkan siapa saja dalam jumlah nominal berapa saja dan kapan saja untuk pihak pemerintahan sebagai tanda uang perawatan atau sekedar terima kasih karena sudah menyediakan jalan umum dan fasilitas umu lainnya, tetapi seiring perkembangannya justru pembayaran pajak menjadi hal rutinitas yang diwajibkan dan jika ada masyarakat yang tidak membayar pajak secara rutin akan dijatuhi sanksi.

Hal ini juga diadakan karena adanya faktor lain yang mendorong seperti salah satu cara negara mengelola uang negara yang dimana masyarakat atau rakyat harus membayar fasilitas umum untuknya kepada pihak penyedia yaitu pemerintah.

  • RUMUSAN MASALAH

Apa itu pajak?

  • TUJUAN

Untuk mengetahui apa saja informasi mengenai pajak termasuk jenis pajak, obyek pajak, syarat pajak, dan hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan pajak.

BAB II LANDASAN TEORI

Pajak dibayarkan untuk kepentingan bersama yang dikelola oleh pemerintah dengan berbagai macam jenis hingga persyaratannya yang detail.

BAB III PEMBAHASAN

  • Subjek pajak adalah semua pihak peorangan yang telah memenuhi syarat.
  • Obyek pajak adalah segala sesuatu yang telah diatur pihak berwajib untuk dikenakan pajak.
    • apa itu wajib pajak? wajib pajak adalah subjek pajak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.
  • Menurut aparatur pajak, demi adanya keadilan pembayaran pajak maka diberlakukan yang namanya wajib pajak.
  • Di dalam pajak ada pula yang namanya hutang piutang, hutang pajak yang mana hutang ini merupakan sanksi pajak yang harus dibayarkan berupa denda, bungan, dan kenaikan harga yang telah diberlakukan di surat perpajakan.

BAB IV PENUTUP

Menurut negara, dengan diberlakukan adanya pajak membantu masyarakat untuk turut serta merawat negeri.

Silakan jika yang butuh Contoh Paper dengan format PDF bisa langsung klik disini paper PDF.

Contoh Paper yang Baik dan Benar

PERTUMBUHAN EKONOMI NEGARA BERKEMBANG

BAB I PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Pertumbuhan ekonomi tiap negara pastilah berbeda, ada yang sudah masuk dalam kategori negara maju ada pula yang masih negara berkembang seperti halnya Indonesia. Perkembangan negara kita belum mengalami kenaikan yang berarti, peningkatan drastis masih jauh dari harapan. Pengaruh ekonomi negara kita belum berkembang dikarenakan belum adanya perubahan pengelolaan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang kita miliki, perubahan ke arah positif masih sangat jarang dilihat di negara kita ini dan tonggak perubahan tersebut pun sampai saat ini masih belum melakukan penggiatan perubahan yang berarti, masih sekedar saja.

  • RUMUSAN MASALAH

Adakan penyelesaian yang bisa dilakukan untuk negara berkembang seperti Indonesia?

  • TUJUAN

Untuk mengetahui penyelsaian masalah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan perekonomian negara berkembang.

BAB II LANDASAN TEORI

Umumnya perkembangan perekonomian sutau negara bisa berhasil karena adanya 4 faktor, seperti : modal atau stok barang, sumber daya manusia, sumber daya alam, dan teknologi tepat guna.

BAB III PEMBAHASAN

Perekonomian Indonesia sejatinya memiliki keempat faktor tersebut, pemasalahannya adalah :

  • Pengelolaan modal yang tidak baik dan barang yang akan diperdagangkan di pasar internasional masih kurang bahkan sedikit atau tidak mencukupi permintaan pasar.
  • Sumber daya manusia yang tidak berkualitas. Perkembangan ekonomi tidak hanya membutuhkan kuantitas, tetapi sangat penting sumber daya manusianya berkualitas, kenapa? karena kecenderungan negara berkembang masih menggunakan tenaga manusia sebagai penggerak utama ekonominya.
  • Sumber daya alam yang sangat melimpah ruah, tetapi tidak dikelola dengan baik bahkan buruk. Parahnya lagi hanya dinikmati oleh segelintir orang saja.
  • Penggunaan teknologi tepat guna menjadi barang langka karena sumber daya manusia yang masih konsumtif, tidak kreatif, dan tidak berkualitas.

BAB IV PENUTUP

Pengupayaan perkembangan perekonomian perlu digalakkan oleh banyak pihak, faktor penggerak utamannya adalah pemerintah sendiri karena semua pergerakan dan laju barang dalam ekonomi dikendalikan oleh pihak berwenang yang ditugaskan mengatur perekonomian negara.

Contoh Paper Bahasa Inggris

ADDRESING HUNGER ESSENTIAL TO IMPROVING HEALTH

INTRODUCTION

The connection in between consuming well and health is sturdily recognized. We learn form a very early age that “you’re what you consume” and consuming vegetables and fruits is important. With the development of the weight problems epidemic, a lot of the focus on food consumption in America has concentrated on the quantity, caloric thickness, and fat content of food consumed, with great factor. What’s often missing out on in our conversation of health and food consumption, however, is the terrible degree of appetite in America. In the wealthiest country, millions experience the pains of appetite and their health and wellness experiences consequently.

In this white paper, we examine the degree of appetite in America, the inextricable of appetite to bad health and wellness, and the need to think about appetite as a health and wellness issue to earn the changes needed.

LITERATURE REVIEW

Prevelance of appetite in America – food instability, or an insufficient consumption of food because of lack of sources, affected of almost one in 6 US homes in 2011. Overall, greater than 50 million individuals, consisting of almost 17 million children, experience from food security problems at some time each year. Additionally, almost 6 percent of homes skilled very reduced food security marked by having actually the food consumption of several home participants decreased and consuming patterns disrupted sometimes throughout the year because of an absence of money and various other sources for food.

3 Homes with children skilled food instability at a lot greater prices compared to those without children, particularly solitary moms and dad homes. Minorities are also disproportionately affected with greater than one in 4 Hispanic and black non Hispanic homes coverage food instability.

HUNGER ESSENTIAL TO IMPROVING HEALTH

Children residing in food unconfident homes are more most likely to experience bad health and wellness, postponed development, and poorer physical lifestyle. These children may also go to greater risk for developing persistent health and wellness problems, especially for those children that experience several episodes of appetite. Behavior health and wellness problems, consisting of stress and anxiousness and anxiety are also more common amongst children experiencing food instability. Children experiencing serious appetite have greater degrees of persistent disease and internalizing habits problems.
Food instability also plays a considerable role in the management of persistent problems and the exacerbation of problems. Considered that many persistent problems consist of required nutritional changes as a component of suggested treatment, food instability can present considerable challenges to health and wellness risk decrease and illness management.

CONCLUSION

Without conscious factor to consider of appetite, especially in plan conversations about improving health and wellness in America, we are missing out on a seriously important factor.
Work on understanding and addressing health and wellness disparities should also integrate assessment of food security condition. These initiatives are had to better understand, the degree of food instability amongst minority neighborhoods and to design effective treatments that integrate food security within health and wellness promo programs.
In the meanwhile, the co-occurrence of appetite and bad health and wellness condition advises activity that requires tactical collaborations to address.

Baca Juga : Contoh Abstrak untuk Makalah Penelitian

Contoh Paper Kesehatan

PENGARUH AGAMA KRISTEN TERHADAP KESEHATAN

BAB I PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Peranan bidang kesehtan di masa kini semakin penting dan kompleks. Dilihat dari penanganannya, pasien yang terjangkit penyakitnya, maupun proses-proses ilmiah lainnya yang digunakan demi kebermanfaatan hidup banyak orang seperti bayi tabung dan sebagainya. Permasalahan sosial yang menyangkut bidang kesehatan seperti ini, mendorong medis melakukan pertimbangan yang lebih luas yang kali ini menyangkut dengan keterkaitan suatu agama yaitu kristen dengan kesehatan manusia.

  • RUMUSAN MASALAH

Bagaimana peranan agama kristen dalam kesehatan manusia?

  • TUJUAN

Untuk mengetahui peranan agama dalam kesehatan manusia sehingga bisa memberikan pengetahuan baru yang salah satunya bisa dijadikan acuan dalam tindakan medis.

BAB II LANDASAN TEORI

Berdasarkan teori keperawatan yang berlandasan dengan konsep spiritual atau keagamaan kerohanian.

BAB III PEMBAHASAN

  • Tuhan Allah sebagai penentu kesehatan manusia yang semuanya tidak terlepas dari usaha manusia dalam proses kesembuhannya.
  • Upaya mendekatkan diri kepada tuhan adalah bagian dari proses penyembuhan yang dilakukan oleh pihak pelayanan kesehatan.

BAB IV PENUTUP

Kesehatan tidak bisa dilepaskan dari agama (spiritual). Dalam setiap perawatan orang yang sakit, pelayanan medis harus menerapkan ilmu keagamaan karena kesembuhan seseorang bergantung kehendak tuhan yang maha esa dan prosesnya merupakan bagian kesatuan dari pelayanan tuhan.

Contoh Paper Penelitian

KARAKTERISTIK PENDERITA PENYAKIT KULIT

BAB I PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Bagi orang yang tinggal di daerah tropis memang sangat menguntungkan karena mendapat banyak sinar matahari sepanjang tahun yang mana sinar matahari ini sangat baik demi kesuburan sumber daya alamnya, tetapi di lain sisi juga banyak mendatangkan masalah terutama masalah kesehatan kulit. Masyarakat daerah tropis tercatat rata-rata perekonomiannya masih berkembang, ini mengartikan ekonomi yang cenderung rendah dan masih banyak hal di berbagai sektor yang harus diperbaiki manajemen atau operasionalnya.

Di Indonesia sendiri masalah seperti ini masih banyak terjadi terutama masalah kesehatan kulit yang cukup mengkhawatirkan karena menyebabkan infeksi dan sangat memungkinkan menular ke orang lain di daerah kecamatan Winosa, Bali. Masalah fasilitas kesehatan yang memadai untuk mengatasi penyakit infeksi kulit ini juga masih sangat terbatas.

  • RUMUSAN MASALAH

Bagaimana karakteristik penderita penyakit kulit ini?

  • TUJUAN

Untuk mengetahui karakteristik penderita penyakit kulit yang sampelnya diambil acak di kecamatan Winosa, Bali yang mayoritas sosial ekonominya rendah.

BAB II METODE

Metode penelitian ini menggunakan metode analitik eksperimen. Diagnosa berdasarkan pemeriksaan fisik klinis dan pemeriksaan penunjang lainnya dilakukan dalam pemeriksaan lab.

BAB III HASIL

  • Penderita penyakit kulit di Kecamatan Winosa sebanyak 124 orang.
  • Yang menderita penyakit kulit infeksi sebanyak 95 orang dimana; 48,5% mikosis, 30,9% skabies, 3,2% folikulitis, 6,5% impetigo dan 8,9% ektima.
  • Perbandingan antara laki-laki dan perempuan sebesar 2 : 1 yang berart penyakit kulit ini didominasi laki-laki yang berusia sekitar 26 s.d 45 tahun dan kebanyakan pasien penderita infeksi kulit ini bekerja di bidang yang bersentuhan langsung dengan are rawan  bakteri dan kuman seperti; pertanian dan peternakan.

BAB IV KESIMPULAN

Hasil yang didapat menunjukkan bahwa laki-laki cenderung menderita penyakit kulit ini daripada perempuan. Kenapa? laki-laki di usia 26 s.d 45 tahun cenderung usia aktif kerja yang mana masyarakat di kecamatan Winosa mayoritas sosial ekonominya rendah dan masih bekerja di sektor pertanian dan peternakan yang rawan kuman dan bakteri.

Itulah berbagai contoh paper yang bisa Anda ikuti dalam mengerjakan tugas harian Anda baik di bidang ekonomi, kesehatan, maupun lainnya dengan penulisan yang baik dan benar secara sederhana.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment