Contoh Poster

Contoh poster sangat mudah ditemukan di sekitar kita, terutama di sekolah dan kampus yang berisi himbauan atau pengumuman. Poster kerap didesain semenarik mungkin. Tak cuma berisi kata-kata, desain poster sering menonjolkan gambar tertentu. Misalnya saja, gambar pohon dan tanaman sebagai bentuk dukungan terhadap kelestarian hutan.

Membuat poster menjadi salah satu kegiatan pembelajaran di sekolah. Anda tentu pernah diminta membuat satu poster bukan? Entah poster yang berkaitan dengan pendidikan atau kompetisi tertentu. Dalam sebuah poster, biasanya ditemukan kata-kata ajakan yang bersifat lugas dan singkat. Tujuannya tentu agar lebih mudah dipahami dan diterima oleh pembaca.

Mengapa pemilihan kata pada poster sangat penting? Ini dikarenakan poster seringkali dibaca sekilas oleh orang. Pembaca jarang sekali berhenti dan menyempatkan membaca poster secara utuh. Untuk itu, kalimat ajakan harus bersifat provokatif agar menarik minat siapapun. Dengan begini, orang lebih memilih berhenti dan mencerna ajakan secara seksama. Lantas, bagaimana membuat poster yang benar-benar provokatif dan berpengaruh pada pembaca?

Contoh Poster Pendidikan

Sering melihat poster di papan pengumuman sekolah? Atau ada poster menarik di area kampus? Contoh poster pendidikan memang tak asing dipasang di lingkungan sekolah, kampus, atau pusat bimbingan belajar. Seruan atau ajakan untuk rajin belajar pun jadi himbauan paling umum dari poster-poster ini. Supaya berbeda, Anda sebenarnya bisa menggunakan himbauan lain pada poster pendidikan, seperti berikut.

Contoh Poster Pendidikan
Contoh Poster Pendidikan

Membaca Membawamu Berkeliling Dunia Lewat Lembaran-Lembaran Buku

Tak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar. Belajarlah Kapanpun, Dimanapun, dan Dari Siapapun.

Bermimpilah Setinggi Mungkin, Berdoalah Sesering Mungkin. Berusahalah Sekuat Mungkin, Bertawakallah kepada Sang Pencipta.

Baca Juga : Contoh Slogan Terbaru dan Terlengkap

Contoh Gambar Poster

Selain menampilkan untaian kata, poster pun berisi ilustrasi gambar. Pilihan gambar tentu saja disesuaikan dengan tema maupun kata-kata yang dipilih. Misalnya saja, ilustrasi organ tubuh untuk poster kesehatan. Dalam memilih gambar dan kata, sebenarnya tak ada aturan baku. Hanya saja perlu ditegaskan tema atau topik yang ingin disampaikan sedari awal.

Menentukan topik akan mempermudah proses desain nantinya. Tentunya pilihan gambar dan kata-kata pun terasa lebih relevan dan saling terhubung. Agar tak bingung dalam menentukan topik, lakukan survei sedalam mungkin. Untuk membantu Anda lebih memahami pemilihan topik, berikut contoh gambar poster yang atraktif.

Contoh Gambar Poster
Contoh Gambar Poster

Orang Keren Buang Sampah Pada Tempatnya

Jauhi Narkoba, Dekati Tuhan

Jangan Sia-Siakan Masa Mudamu, Kalau Tak Ingin Sesal di Masa Tua

Contoh Poster Lingkungan

Bagaimana cara mudah mengajak orang-orang menjaga lingkungan? Belakangan, isu lingkungan memang tengah hangat diperbincangkan. Tak sedikit organisasi lingkungan kelas dunia gencar melakukan gerakan. Satu diantaranya adalah pengurangan penggunaan plastik sekali pakai untuk mengatasi pencemaran laut dan lingkungan.

Bagi Anda yang mungkin ingin menggerakkan masyarakat melakukan hal serupa, cobalah manfaatkan poster. Sebagai media informasi, poster justru memberi efek lebih besar pada pembaca. Kalimat dan gambar yang ditampilkan memberi sugesti tersendiri. Setidaknya, ini terlihat dari beberapa contoh poster lingkungan di bawah ini.

Contoh Poster Lingkungan
Contoh Poster Lingkungan

Sayangi Bumi Seperti Kamu Menyayangi Dirimu Sendiri

Bumi Bukan Tempat Sampahmu, Jaga dan Rawat Bumi Untuk Anak dan Cucumu Nanti

Cintai dan Lestarikan Biota Laut Dengan Tak Membuang Sampah ke Laut

Contoh Poster Kesehatan

Mengapa sebuah poster tak memberi efek signifikan? Kebanyakan orang tentu mempertanyakan hal ini, terutama saat memasang poster dengan desain menarik. Pada dasarnya, aturan pembuatan poster sangat bergantung pada lokasi pemasangan. Jika poster dipasang di tempat yang kurang strategis, maka dampak yang ditimbulkan pun tak terlalu signifikan.

Sebagai contoh, Anda memasang himbauan memperbaiki gaya hidup di tempat hiburan. Poster semacam ini tentu hanya dianggap gambar tanpa makna. Alih-alih membaca dan mencermati pesan yang ingin disampaikan, pengunjung akan menyepelekannya. Tempat yang sepi dilalui orang pun bukan lokasi strategis untuk pemasangan poster. Oleh sebab itu, contoh poster kesehatan dengan kata-kata bombastis saja tak cukup. Perhatikan juga tempat Anda memasang poster tersebut dan pertimbangkan secara matang. Berikut contoh dan desain poster kesehatan yang bisa ditiru.

Contoh Poster Kesehatan
Contoh Poster Kesehatan

Tetap Jaga Kebersihan Untuk Memutus Rantai Penyebaran COVID-19

Terapkan Kebiasaan Hidup Bersih dan Sehat Daripada Menyesal Kemudian

Daripada Bayar Rumah Sakit Mahal, Yuk Jaga Kesehatan dan Ubah Gaya Hidup Anda

Contoh Poster Hemat Energi

Seperti yang kita tahu, pembuatan poster bertujuan mengajak orang untuk melakukan suatu hal. Salah satunya melakukan penghematan energi yang belakangan mulai mengkhawatirkan. Sejauh ini, dampak perubahan iklim dan pemanasan global sangat bergantung pada penggunaan energi berlebih. Contoh paling sederhana adalah emisi karbon yang dihasilkan oleh mobil dan motor.

Menghemat energi seharusnya bisa dilakukan bersama-sama. Guna menggerakkan kesadaran dan hati masyarakat, pembuatan poster pun sering diinisiasi. Nah, untuk Anda yang tertarik pula membuat poster berisi ajakan menghemat energi, contoh poster hemat energi ini bisa jadi ide menarik.

Contoh Poster Hemat Energi
Contoh Poster Hemat Energi

Yuk Pakai Transportasi Umum Untuk Bumi yang Lebih Baik

Selamatkan Bumi, Satu-Satunya Rumah Kita

Jangan Lupa Matikan Listrik Saat Tak Dipakai. Hemat Energi = Tabungan Masa Depan

Contoh Poster Film

Bukan hanya berisi ajakan, poster juga sering dimanfaatkan sebagai media promosi. Poster film contohnya, sering kita temukan saat acara peluncuran film terbaru. Isi poster film tentu berbeda dari poster kebanyakan. Poster film didominasi gambar atau potret para pemain, nama, serta tanggal perilisan.

Tak jarang, desain poster film justru jauh lebih grande dan terkesan mewah. Tujuan utamanya tentu untuk menarik minat calon penonton agar berbondong-bondong mendatangi bioskop. Selain memanfaatkan poster, film juga mengedepankan deretan pemain tersohor. Umumnya, bintang film terkenal mempunyai lebih banyak fans dibanding pendatang baru.

Belakangan, poster film pun dibuat cukup berbeda. Alih-alih menampilkan potret langsung para pemain, beberapa poster film berisikan ilustrasi atau komik dari wajah pemain. Ini tentu sangat menarik dan seru untuk dipertimbangkan bagi sineas perfilman. Pasalnya, wajah pemain seringkali memberi kesan bias terhadap pilihan penonton terhadap suatu film. Buat Anda yang tengah memikirkan desain poster film, ada baiknya melihat dan melakukan survei. Contoh poster film satu ini misalnya, bisa Anda jadikan referensi sekaligus ide segar kekinian.

Contoh Poster Film
Contoh Poster Film

Contoh Poster Ilmiah

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata ilmiah? Rangkaian penelitian berisi data dan fakta? Ilmiah memang berkaitan dengan proses penelitian akan suatu topik. Tak ayal kalau poster ilmiah pun berisi penjelasan runut yang dikumpulkan dari fakta dan data di lapangan. Penjelasan yang disajikan pun telah terbukti secara empiris kebenarannya, sehingga pembaca tak perlu merasa was-was.

Walaupun terkesan serius, poster ilmiah tak harus disajikan secara kaku. Anda bisa mendesain poster ilmiah dengan ilustrasi menarik, tentunya tetap terkait dengan topik. Contoh poster ilmiah menarik sudah sangat mudah ditemukan di website untuk kemudian ditiru. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi dalam mengembangkan poster ilmiah pribadi. Supaya tak bingung, ini cuplikan poster ilmiah PDF yang bisa ditiru.

Contoh Poster Ilmiah
Contoh Poster Ilmiah

Kotoran Sapi sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif untuk Masyarakat Desa Cempaka

Mengapa desa Cempaka?

Aliran listrik masih terbatas dan mahal

Tidak semua masyarakat bisa membayar biaya bulanan

Profil masyarakat : petani palawija dan pekerja serabutan. Hidup dari hasil panen dan terisolasi dari desa-desa lain

Alasan energi listrik alternatif berbahan kotoran sapi:

Karena sebagian besar penduduk beternak sapi untuk dijual maupun dikonsumsi secara pribadi.

Tujuan : Memberikan pilihan energi listrik yang ramah lingkungan dan murah

Contoh Poster Kegiatan

Ingin menyebarluaskan kegiatan yang akan dihelat? Buat saja poster yang menarik dan disebarkan melalui media sosial maupun cetak. Saat ini, poster tak lagi ditempelkan di majalah dinding atau koran semata, Anda bisa melihat poster di laman media sosial. Poster berbentuk digital dirasa lebih ramah lingkungan, sebab tak harus dicetak ke dalam kertas.

Proses penyebarannya pun juga sangat cepat dan lebih luas. Hanya dalam satu kali posting, ratusan hingga ribuan orang bisa langsung melihat. Apa saja yang harus dicantumkan pada poster kegiatan? Kami berikan contoh poster kegiatan sebagai gambaran untuk Anda.

Contoh Poster Kegiatan
Contoh Poster Kegiatan

Donor Darah

Setetes Darah, Menyelamatkan Hidup Mereka

Donor Darah Massal

Universitas Maju Jaya

Minggu, 2 Agustus 2020

08.00 – selesai

Jangan Lewatkan Momen Berbagi Ini!

Contoh Poster Lomba

Darimana Anda mengetahui sebuah lomba? Sebagian orang pasti akan menjawab poster. Berbagai lomba bertaraf lokal maupun internasional memang disebarluaskan melalui poster. Di dalamnya, para peserta akan mendapat informasi lengkap, mulai dari pendaftaran sampai total hadiah. Persyaratan yang harus terpenuhi pun bisa langsung dibaca dari poster.

Pencantuman informasi secara jelas dan lugas akan mempermudah pihak panitia. Nantinya, panitia tak harus menerima pertanyaan yang sama berulang kali. Setidaknya, masyarakat atau calon peserta lomba bisa menemukan informasi langsung di poster. Umumnya, panitia pun hanya akan memproses pendaftaran para peserta. Untuk itu, peserta wajib mencermati seluruh informasi secara seksama. Jangan sampai melewatkan poin-poin penting, seperti tanggal, waktu, serta persyaratan. Contoh poster lomba ini menginformasikan seluruh hal terkait lomba dan bisa Anda cermati.

Contoh Poster Lomba
Contoh Poster Lomba

Dalam Rangka Memperingati Hari Anak Dunia

Yayasan Sayang Anak Mengadakan

Lomba Melukis dan Menggambar

Peserta berusia 3 – 8 tahun

Kategori perlombaan : Menggambar untuk usia balita

Melukis untuk SD kelas 1 – 3

Total Hadiah : 10 juta dan penghargaan

Contoh Desain Poster

Kendala terbesar saat membuat sebuah poster adalah desain. Beberapa orang sering sekali mengeluhkan hal ini. Mendesain poster agar terlihat atraktif, menarik, dan impactful memang tak mudah. Apalagi poster yang berkaitan dengan himbauan atau ajakan. Anda harus memastikan poster benar-benar mampu memberi sugesti para pembaca.

Dengan begini, pesan yang disampaikan akan lebih mudah diikuti dan dijalankan. Berbeda dengan poster promosi, poster himbauan tentu lebih serius. Paduan warna, ilustrasi, serta kontras yang tajam dan kuat memberi kesan lebih spektakuler. Bagi pembaca anak misalnya, perpaduan warna terang akan menarik perhatian dan mata mereka.

Agar poster lebih berkesan, pastikan pula target sasaran. Siapa yang ingin Anda pengaruhi dengan himbauan tersebut? Sama halnya dengan iklan, poster harus dipahami dengan mudah. Anak-anak misalnya, tentu lebih mudah menerima ajakan yang ditulis secara ringkas dan jenaka. Berbeda dengan orang dewasa yang mencermati poster lewat validasi data. Oleh sebab itu, pelajari contoh desain poster dari banyak sumber.

Contoh Desain Poster
Contoh Desain Poster

Contoh Poster Penelitian

Hasil penelitian seyogyanya menjadi informasi yang bisa dinikmati secara umum. Penelitian yang bermanfaat tentu memberi perubahan bagi para pembacanya. Misalnya saja, Anda meneliti khasiat jahe untuk kesehatan. Darimana masyarakat tahu manfaat jahe kalau tak Anda bagikan? Nah, poster bisa jadi sarana informasi untuk Anda membagikan hasil penelitian tersebut.

Tak hanya dijadikan sebagai informasi hasil penelitian, poster penelitian pun menjadi syarat dari suatu kegiatan. Beberapa kompetisi nasional di bidang penelitian seringkali menjadikan poster sebagai produk jadi. Produk jadi ini nantinya digunakan untuk sosialisasi kepada masyarakat terkait penelitian itu sendiri. Sebagai contoh, penelitian di bidang kesehatan yang dirangkum dalam sebuah poster. Contoh poster penelitian pun tak sulit dibuat selama data dan fakta telah terkumpul di lapangan.

Contoh Poster Penelitian
Contoh Poster Penelitian

Penggunaan Dialek Melayu di Kalangan Mahasiswa

Abstrak : Perubahan dialek Melayu terjadi sejak bertahun-tahun silam. Bahasa Melayu yang digunakan turut bercampur dengan bahasa lain, akibat asimilasi kebudayaan. Bahasa Melayu di kalangan mahasiswa menjadi bukti pergeseran makna sekaligus dialek. Meskipun demikian, penggunaan bahasa Melayu menjadi upaya pelestarian bahasa itu sendiri.

Metode : Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif yang memanfaatkan pendekatan deskriptif.

Hasil : Ditemukan adanya perubahan dialek dan pembentukan dialek baru di kalangan mahasiswa. Penyebab perubahan dialek adalah asimilasi kebudayaan. Mahasiswa membaur dengan lapisan masyarakat dan mahasiswa dari daerah lain. Walaupun dalam lingkup yang sama, dialek Melayu memiliki ciri khas di setiap daerah.

Contoh Poster Seminar

Tujuan diadakan seminar tentu untuk menyampaikan ilmu maupun informasi ke lebih banyak peserta. Sebagian besar seminar mensyaratkan para peserta untuk membayar sejumlah biaya sebagai investasi. Hal ini sangat lazim di kalangan masyarakat, bahkan dengan biaya seminar yang tak murah. Pihak panitia sendiri berupaya menarik lebih banyak peserta dan memenuhi kuota yang ada. Cara termudah tentu saja menyebarkan informasi tentang acara tersebut ke banyak platform.

Tak cuma mengandalkan platform digital, seringkali panitia menggunakan sistem jemput bola. Artinya, panitia menghubungi pihak-pihak yang sekiranya berkaitan erat. Contohnya, seminar internasional psikologi yang menyasar mahasiswa maupun dosen di bidang psikologi. Seminar semacam ini biasanya juga menghimpun penulisan jurnal untuk diterbitkan. Contoh poster seminar terkait acara pasti akan lebih mudah ditemukan di lingkup kampus psikologi dibanding tempat lainnya.

Contoh Poster Seminar
Contoh Poster Seminar

Menghadapi Kecemasan di Masa Pandemi Bagi Kaum Milenial

Registrasi : 083497297523

Biaya : Rp50.000

Fasilitas : Sertifikat, Seminar Kit

Pembicara :

Dr. Untung Supriatno, S.KJ

Dahlian Irsyadi M.Psi

Contoh Poster Makanan

Memperkenalkan menu atau tempat makan baru bisa dilakukan dengan media poster. Ilustrasi makanan atau minuman jadi ciri khas dari poster satu ini. Dari banyaknya poster makanan yang beredar, pemilik usaha tentu harus membuat sesuatu yang berbeda. Salah satunya dengan menampilkan potret menu tertentu beserta diskon yang diberikan.

Di samping memberitahukan berita pembukaan restoran baru, poster makanan pun dijadikan media memperkenalkan menu terbaru. Ini lazim ditemukan saat restoran mulai melakukan inovasi. Satu contoh paling menarik adalah menu udon terbaru yang diracik dari bumbu-bumbu nusantara. Demi memuaskan lidah masyarakat Indonesia, restoran tentu harus selalu berinovasi. Inovasilah yang membuat restoran dinilai berbeda dan pengunjung kembali datang. Inovasi tanpa promosi tentu dirasa sia-sia. Oleh sebab itu, contoh poster makanan wajib diikutsertakan dalam momen ini.

Contoh Poster Makanan
Contoh Poster Makanan

Pihak restoran atau divisi promosi menyebarluaskan poster makanan yang telah didesain semenarik mungkin. Tentunya gambar makanan disesuaikan dengan menu yang akan dirilis. Sebisa mungkin, ilustrasi gambar mirip dengan makanan asli, bukan sekedar pemanis.

Tinggalkan komentar

https://technologi.site/