Contoh Program Paud

Program tahunan adalah rencana kegiatan yang dibuat untuk jangka waktu setahun. Program ini dibuat untuk mengatur kegiatan dan pencapaian tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu satu tahun. Pada saat ini, program tahunan yang dibuat untuk TK terkait erat dengan Kurikulum 2013. Berikut ini adalah contoh program tahunan TK Kelompok A B di bawah Kurikulum 2013 beserta penjelasannya.

Prota Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013

Program tahunan (PROTA) yang digunakan pada TK Kelompok A B ini merujuk pada Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah kurikulum pendidikan yang diberlakukan di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Contoh Program Tahunan PAUD Kurikulum 2013

Apa itu Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013?

Program tahunan adalah rencana kegiatan yang dibuat untuk jangka waktu setahun. Sedangkan Kurikulum 2013 adalah kurikulum pendidikan yang diberlakukan di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia.

Mengapa harus membuat Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013?

Membuat program tahunan sangat penting untuk mengatur kegiatan dan pencapaian tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu satu tahun. Sedangkan Kurikulum 2013 diberlakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kapan Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013 dibuat?

Program tahunan dibuat pada awal tahun pelajaran. Biasanya, program tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013 dibuat tanggal 15 Juli atau 1 Agustus setiap tahunnya.

Dimana Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013 dibuat?

Program tahunan dibuat oleh guru dalam sebuah rapat bersama kepala sekolah atau satuan pendidikan lainnya. Biasanya, rapat tersebut dilaksanakan di sekolah atau satuan pendidikan masing-masing.

Apa Kelebihan dari Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013?

Kelebihan dari program tahunan adalah memperjelas tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan selama satu tahun. Selain itu, program tahunan juga memfasilitasi kegiatan yang terintegrasi dan merespon kebutuhan perkembangan anak secara holistik dan terpadu.

Apa Kekurangan dari Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013?

Kekurangan dari program tahunan adalah penggunaannya yang mungkin terlalu formal dan kaku sehingga terkesan terlalu mengikat ruang kreativitas anak. Selain itu, program tahunan juga seringkali tidak fleksibel dan kurang mampu merespon perubahan lingkungan dan kebutuhan anak.

Bagaimana cara membuat Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013?

Cara membuat program tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

  1. Perencanaan Tujuan Pembelajaran: Tentukan tujuan pembelajaran apa saja yang ingin dicapai selama satu tahun pelajaran. Tujuan pembelajaran perlu meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
  2. Rencana Kegiatan: Tentukan kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Rencana kegiatan harus terintegrasi dan merespon kebutuhan perkembangan anak secara holistik dan terpadu.
  3. Pembagian Waktu: Atur waktu pelaksanaan kegiatan dalam satu tahun pelajaran. Perhatikan waktu yang dimiliki, agar kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik.
  4. Pengelolaan Sumber Daya: Tentukan sumber daya yang dibutuhkan, seperti buku-buku referensi, alat peraga, dan modalitas belajar lainnya. Pastikan sumber daya tersebut sudah tersedia atau dapat dipenuhi.
  5. Strategi Penilaian: Tentukan cara penilaian dan evaluasi untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai.

Contoh Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013

Contoh Program Tahunan PAUD Kurikulum 2013

Berikut ini adalah contoh program tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013:

Bulan Tema/Subtema Minggu Ke- Kegiatan Pembelajaran Penilaian Sumber Daya
Agustus Diriku / Kegiatanku 1 Kebersihan diri, menyebutkan jenis-jenis kegiatan Pemahaman jenis-jenis kegiatan dan manfaatnya Observasi Buku-buku referensi
2 Mengecat kue bantal, membuat daun tangan, membuat tempat tisu dari sedotan Menstimulus jiwa kreatif dan mengasah motorik halus dalam kegiatan seni Portofolio Alat lukis dan pewarnaan
September Tanda-Tanda Negara / Pahlawanku 1 Belajar membaca, menyanyikan lagu kebangsaan Pemahaman bermasyarakat dan bernegara yang baik Penugasan Lagu kebangsaan, Lambang Negara
2 Membuat bendera Indonesia dan lambang Negara dari kertas origami, permainan balap karung Menstimulus kemampuan kreativitas dan memperkuat jiwa kebangsaan Observasi Alat tulis dan peraga
Oktober Musim Hujan 1 Gembira bermain air, mengeja nama-nama binatang, menggambar binatang air Memahami perubahan cuaca dan musim Penugasan Buku binatang air dan pembelajaran matematika
2 Membuat sampan dari kertas koran, memahami jenis ikan, menciptakan lagu tentang binatang air Menstimulus kreativitas dan rasa keteraturan dalam kegiatan seni Portofolio Alat tulis dan peraga

Dari contoh program tahunan di atas, dapat dilihat bahwa program tahunan membantu guru dalam merencanakan kegiatan belajar yang terencana dan terstruktur dengan baik. Sehingga, tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal dan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak secara holistik dan terpadu.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang membutuhkannya.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Program Paud yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment