Contoh Resensi Buku

Contoh resensi buku pengetahuan, pelajaran, ilmiah, pendidikan, cerpen, novel, fikisi dan non fiksi yang baik dan benar serta terbaru dan lengkap. Review adalah evaluasi kritis terhadap teks, peristiwa, objek, atau fenomena. Ulasan buku dapat berisi mempertimbangkan buku, artikel, seluruh genre atau bidang sastra, arsitektur, seni, mode, restoran, kebijakan, pameran, pertunjukan, dan banyak bentuk lainnya. Selebaran ini akan fokus pada ulasan buku.

Unsur terpenting dari tinjauan ini adalah ulasan, bukan sekadar ringkasan. Ini memungkinkan Anda untuk berdialog dan berdiskusi dengan pembuat karya dan dengan audiens lainnya.

Anda dapat menawarkan kesepakatan atau ketidaksetujuan dan mengidentifikasi di mana Anda menemukan pekerjaan itu patut dicontoh atau kurang dalam pengetahuan, penilaian, atau organisasinya.

Anda harus dengan jelas menyatakan pendapat Anda tentang karya tersebut, dan pernyataan itu mungkin akan menyerupai jenis penulisan akademis lainnya, dengan pernyataan tesis, paragraf badan pendukung, dan kesimpulan.

Isi Resensi Buku

Biasanya, ulasan singkat. Di surat kabar dan jurnal akademis, kata-kata itu jarang melebihi 1000 kata, meskipun Anda mungkin menghadapi tugas yang lebih panjang dan komentar panjang. Dalam kedua kasus tersebut, ulasan harus singkat. Sementara nada, subjek, dan gaya bervariasi, mereka berbagi beberapa fitur umum:

Pertama, ulasan memberikan ringkasan konten yang singkat kepada pembaca. Ini termasuk deskripsi topik yang relevan serta perspektif, argumen, atau tujuannya secara keseluruhan.

Kedua, dan yang lebih penting, ulasan menawarkan penilaian kritis terhadap konten. Ini melibatkan reaksi Anda terhadap pekerjaan yang sedang ditinjau: apa yang menurut Anda penting, apakah itu efektif atau persuasif, dan bagaimana hal itu meningkatkan pemahaman Anda tentang masalah yang dihadapi.

Akhirnya, selain menganalisis karya, tinjauan sering menunjukkan apakah audiens akan menghargainya atau tidak.

Baca Juga : Contoh Motivation Letter Secara Lengkap yang Baik dan Benar

Cara Menulis Ulasan

Tidak ada metode yang pasti untuk menulis ulasan, meskipun beberapa pemikiran kritis tentang pekerjaan yang ada diperlukan sebelum Anda benar-benar mulai menulis. Anda bisa mempelajari terlebih dahulu dengan melihat contoh resensi buku yang sudah ada di internet.

Dengan demikian, menulis ulasan adalah proses dua langkah: mengembangkan argumen tentang pekerjaan yang sedang dipertimbangkan, dan membuat argumen itu saat Anda menulis konsep yang terorganisir dan didukung dengan baik. Lihat selebaran kami tentang argumen.

Berikut ini adalah serangkaian pertanyaan untuk memfokuskan pemikiran Anda saat Anda menggali pekerjaan yang ada. Sementara pertanyaan secara khusus mempertimbangkan ulasan buku, Anda dapat dengan mudah memindahkannya ke analisis penampilan, pameran, dan subjek ulasan lainnya.

Berikut daftar pertanyaan untuk memudahkan menulis ulasan:

Apa tesis — atau argumen utama — dari buku ini? Jika penulis ingin Anda mendapatkan satu ide dari buku itu, apakah itu? Bagaimana cara membandingkan atau kontras dengan dunia yang Anda kenal? Apa yang telah dicapai buku itu?

Apa sebenarnya subjek atau topik buku ini? Apakah penulis membahas subjek secara memadai? Apakah penulis meliput semua aspek subjek secara seimbang? Apa pendekatan untuk subjek (topikal, analitis, kronologis, deskriptif)?

Bagaimana penulis mendukung argumennya? Bukti apa yang dia gunakan untuk membuktikan pendapatnya? Apakah Anda menemukan bukti itu meyakinkan? Mengapa atau mengapa tidak? Apakah ada informasi penulis (atau kesimpulan) yang bertentangan dengan buku-buku lain yang pernah Anda baca, kursus yang telah Anda ikuti, atau hanya asumsi sebelumnya tentang subjek yang Anda miliki?

Bagaimana penulis menyusun argumennya? Apa saja bagian yang membentuk keseluruhan? Apakah argumen itu masuk akal? Apakah itu membujuk Anda? Mengapa atau mengapa tidak?

Bagaimana buku ini membantu Anda memahami masalah ini? Apakah Anda akan merekomendasikan buku itu kepada pembaca Anda?

Di luar cara kerja internal buku ini, Anda juga dapat mempertimbangkan beberapa informasi tentang penulis dan keadaan produksi teks:

Siapa penulisnya? Kebangsaan, persuasi politik, pelatihan, kepentingan intelektual, sejarah pribadi, dan konteks historis dapat memberikan perincian penting tentang bagaimana sebuah karya terbentuk. Apakah penting, misalnya, bahwa penulis biografi itu adalah sahabat subjek? Apa bedanya jika penulis berpartisipasi dalam acara yang ditulisnya?

Apa genre buku itu? Di luar bidang apa itu muncul? Apakah itu sesuai atau menyimpang dari konvensi genre-nya? Pertanyaan-pertanyaan ini dapat memberikan standar historis atau sastra yang menjadi dasar evaluasi Anda. Jika Anda meninjau buku pertama yang pernah ditulis tentang masalah ini, penting bagi pembaca untuk mengetahuinya contoh buku resensi yang dipilih. Namun, perlu diingat bahwa penamaan “pertama” – di samping penamaan “terbaik” dan “hanya” – bisa menjadi bisnis yang berisiko kecuali Anda benar-benar yakin.

Baca Juga : Contoh Essay yang Baik dan Benar secara Lengkap

Menulis Ulasan

Setelah Anda melakukan pengamatan dan penilaian terhadap karya yang sedang ditinjau, hati-hati survei catatan Anda dan mencoba untuk menyatukan kesan Anda menjadi pernyataan yang akan menggambarkan tujuan atau tesis ulasan Anda. Lihatlah selebaran kami pada pernyataan tesis. Kemudian, uraikan argumen yang mendukung tesis Anda.

Argumen Anda harus logis.

kutu buku Logika itu, tidak seperti penulisan akademis yang lebih standar, pada awalnya dapat menekankan argumen penulis saat Anda mengembangkan sendiri dalam proses review. Penekanan relatif tergantung pada sifat ulasan: jika pembaca mungkin lebih tertarik pada karya itu sendiri, Anda mungkin ingin membuat karya dan penulis lebih menonjol.

Jika Anda ingin peninjauan itu tentang perspektif dan pendapat Anda, maka Anda dapat menyusun peninjauan itu untuk mengistimewakan pengamatan Anda atas (tetapi tidak pernah terpisah dari) orang-orang dari pekerjaan yang ditinjau. Berikut ini adalah salah satu dari banyak cara untuk mengatur ulasan.

Karena sebagian besar ulasan singkat, banyak penulis mulai dengan sindiran yang menarik atau anekdot yang secara ringkas menyampaikan argumen mereka. Tetapi Anda dapat memperkenalkan ulasan Anda secara berbeda tergantung pada argumen dan audiens.

Handout Pusat Penulisan tentang perkenalan dapat membantu Anda menemukan pendekatan yang berhasil. Secara umum, Anda harus memasukkan:

Nama penulis dan judul buku serta tema utama.

Rincian yang relevan tentang siapa penulis contoh buku resensi dan di mana dia berada dalam genre atau bidang penyelidikan. Anda juga bisa menautkan judul ke subjek untuk menunjukkan bagaimana judul menjelaskan masalah tersebut.

Konteks buku dan / atau ulasan Anda. Menempatkan ulasan Anda dalam suatu kerangka kerja yang masuk akal bagi audiens Anda akan mengingatkan pembaca untuk “menerima” buku tersebut. Mungkin Anda ingin menempatkan sebuah buku tentang revolusi Kuba dalam konteks persaingan Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Peninjau lain mungkin ingin mempertimbangkan buku ini dalam kerangka gerakan sosial Amerika Latin. Pilihan konteks Anda menginformasikan argumen Anda.

Tesis buku ini. Jika Anda mengulas fiksi, ini mungkin sulit karena novel, drama, dan cerita pendek jarang memiliki argumen yang eksplisit. Tetapi mengidentifikasi kebaruan, sudut, atau orisinalitas tertentu dari buku ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan kontribusi spesifik apa yang ingin dibuat oleh karya tersebut.

Baca Juga : Contoh Paper Terbaru yang Baik dan Benar

Ringkasan konten

Ini harus singkat, karena analisis diprioritaskan. Dalam perjalanan membuat penilaian Anda, Anda diharapkan akan mendukung pernyataan Anda dengan bukti nyata dari buku ini, sehingga beberapa ringkasan akan tersebar di seluruh bagian lain dari ulasan.

Jumlah ringkasan yang diperlukan juga tergantung pada audiens Anda. Mahasiswa pascasarjana, waspadalah! Jika Anda menulis ulasan buku untuk kolega — untuk mempersiapkan ujian komprehensif, misalnya — Anda mungkin ingin mencurahkan lebih banyak perhatian untuk meringkas isi buku.

Jika, di sisi lain, audiens Anda sudah membaca buku — seperti tugas kelas pada pekerjaan yang sama — Anda mungkin memiliki lebih banyak kebebasan untuk mengeksplorasi poin-poin yang lebih halus dan untuk menekankan argumen Anda sendiri. Lihat selebaran kami di ringkasan untuk tips lebih lanjut.

Analisis dan evaluasi buku

Analisis dan evaluasi Anda harus disusun dalam paragraf yang berhubungan dengan satu aspek dari argumen Anda. Pengaturan ini bisa jadi menantang ketika tujuan Anda adalah untuk mempertimbangkan buku secara keseluruhan, tetapi dapat membantu Anda membedakan unsur-unsur kritik Anda dan memasangkan pernyataan dengan bukti lebih jelas.

Anda tidak perlu bekerja secara kronologis melalui buku saat Anda membahasnya. Mengingat argumen yang ingin Anda buat, Anda dapat mengatur paragraf Anda lebih bermanfaat dengan tema, metode, atau elemen lain dari buku ini.

Jika Anda merasa berguna untuk memasukkan perbandingan ke buku-buku lain, buatlah itu singkat agar buku yang sedang diperiksa tetap menjadi sorotan. Hindari kutipan berlebihan dan berikan referensi halaman tertentu dalam tanda kurung ketika Anda mengutip. Ingatlah bahwa Anda dapat menyatakan banyak poin penulis dengan kata-kata Anda sendiri.

Baca Juga : Contoh Teks Cerita Sejarah yang Baik dan Benar

Kesimpulan

Ringkas atau nyatakan ulang tesis Anda atau buat penilaian akhir tentang buku tersebut. Anda tidak harus memperkenalkan bukti baru untuk argumen Anda dalam kesimpulan. Namun, Anda dapat memperkenalkan ide-ide baru yang melampaui buku ini jika mereka memperluas logika tesis Anda sendiri.

Paragraf ini perlu menyeimbangkan kekuatan dan kelemahan buku untuk menyatukan evaluasi Anda. Apakah badan ulasan Anda memiliki tiga paragraf negatif dan satu paragraf yang menguntungkan? Apa yang mereka tambahkan? Handout Pusat Penulisan tentang kesimpulan dapat membantu Anda membuat penilaian akhir. Selengkapnya Anda bisa lihat contoh resensi buku yang baik dan benar di internet saat ini.

Lihat Kembali Resensi Anda

Akhirnya, beberapa pertimbangan umum:

Tinjau buku di depan Anda, bukan buku yang Anda inginkan telah ditulis penulis. Anda bisa dan harus menunjukkan kekurangan atau kegagalan, tetapi jangan mengkritik buku ini karena tidak menjadi sesuatu yang tidak pernah dimaksudkan.

Dengan sedikit keberuntungan, penulis buku itu bekerja keras untuk menemukan kata-kata yang tepat untuk mengekspresikan ide-idenya. Anda harus berusaha melakukan hal yang sama. Bahasa yang tepat memungkinkan Anda untuk mengontrol nada ulasan Anda.

Jangan pernah ragu untuk menantang asumsi, pendekatan, atau argumen. Namun, pastikan untuk mengutip contoh spesifik untuk mendukung pernyataan Anda dengan hati-hati.

Cobalah untuk menyajikan argumen yang seimbang tentang nilai buku untuk pemirsanya. Anda berhak — dan terkadang diwajibkan — untuk menyuarakan persetujuan atau ketidaksetujuan yang kuat. Tetapi perlu diingat bahwa buku yang buruk membutuhkan waktu lama untuk ditulis sebagai bagus, dan setiap penulis berhak mendapatkan perlakuan yang adil.

Penilaian yang keras sulit untuk dibuktikan dan dapat memberi pembaca perasaan bahwa Anda tidak adil dalam penilaian Anda.

Tempat yang bagus untuk belajar tentang ulasan buku adalah dengan melihat contoh. The New York Times Sunday Book Review dan The New York Review of Books dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana penulis profesional meninjau buku. Nah berikut adalah beberapa contoh resensi buku yang biasanya dijadikan tugas di sekolah:

Baca Juga : Contoh Teks Biografi Terbaru dan Lengkap

Contoh Resensi Buku Terbaru

Berikut beberapa contoh resensi buku:

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Millbrooke, A.M. (1999). Sejarah Penerbangan. Englewood, CO: Jeppensen Sanderson.

Diulas oleh Nanette Scarpellini, Universitas Nebraska di Omaha.

Sejarah Penerbangan memberikan akun yang menghibur dan perspektif tentang sejarah penerbangan internasional. Buku ini adalah sumber yang bagus untuk siswa, pendidik, dan penggemar penerbangan.

Dalam meninjau buku ini, kriteria utama mencakup konten, organisasi, dan sumber referensi. Sementara kesalahan pengeditan dan ketidaksesuaian organisasi mengganggu beberapa bab terakhir, banyak kekurangan dari edisi pertama ini kemungkinan akan dikurangi dengan edisi selanjutnya. Masalah-masalah ini hanyalah gangguan kecil pada cerita yang diceritakan.

Dimulai dengan penerbangan balon udara tak berawak pertama pada tahun 1783 melalui pengumuman Hadiah X yang akan diberikan kepada pesawat ruang angkasa berawak pertama yang disponsori non-pemerintah, penulis menunjukkan perkembangan terperinci teknologi penerbangan dan aerospace internasional.

Pembaca melakukan perjalanan melalui dunia penerbangan dan menerima akun tangan pertama dari para penemu dan pemimpi yang memungkinkannya. Nada buku ini mencerminkan apresiasi yang dipelajari untuk keajaiban penerbangan sebagaimana diilustrasikan oleh kutipan dari novel terkait penerbangan 1759

Rasselas oleh Samuel Johnson, yang menjelaskan penerbangan dengan cara ini: “Jadi ikan memiliki air, di mana binatang buas dapat berenang oleh alam, dan manusia oleh seni.

Dia yang bisa berenang tidak perlu putus asa untuk terbang: untuk berenang adalah untuk terbang dalam cairan yang lebih kotor, dan terbang adalah untuk berenang dengan lebih halus “(2-5).

Penulis, Anne Marie Millbrooke, adalah sejarawan dan penulis terbukti yang berspesialisasi dalam sains dan teknologi dengan penekanan pada sejarah penerbangan.

Selain bertindak sebagai sejarawan untuk organisasi seperti National Park Service dan National Aeronautics and Administration Administration (NASA), ia juga mengelola Pusat Arsip dan Sejarah di United Technologies Corporation dan menjabat sebagai Kolaborator Penelitian dengan National Air dan Museum Luar Angkasa.

Prestasi pendidikannya termasuk mendapatkan gelar doktor dari University of Pennsylvania serta sertifikat pilotnya. Latar belakang multifaset Millbrooke menjadikannya dalam posisi strategis untuk mengumpulkan dan mengumpulkan bagian-bagian penting dari sejarah penerbangan yang menjangkau seluruh dunia.

Organisasi Sejarah Penerbangan memungkinkan pembaca untuk dengan mudah mengikuti evolusi penerbangan.

Buku ini dibagi menjadi sepuluh bab. Dibuka dengan penerbangan awal abad ke-18, buku ini berkembang melalui Wright Brothers, penerbangan awal, Perang Dunia I, penerbangan masa damai, Zaman Keemasan Charles Lindbergh dan pengalaman penerbangan pertama, Perang Dunia II, Perang Dingin, penerbangan ruang-zaman, dan akhirnya aerospace modern hingga 1999 dengan kilasan abad ke-21 dan seterusnya.

Lampiran ditutup dengan daftar penerbangan pertama dan penerbangan luar angkasa, serta salinan Paten Wright A.S. Meskipun mustahil untuk mengeksplorasi semua topik secara menyeluruh, bibliografi terperinci menyediakan sumber untuk memperoleh lebih banyak informasi. Format ini menyoroti fase utama pengembangan penerbangan.

Konstruksi buku ini cocok dengan organisasinya dan cocok untuk mempelajari berbagai periode waktu dalam sejarah. Setiap bab dipecah menjadi empat bagian, yang biasanya cocok secara logis ke dalam topik bab ini.

Semua bab terdiri dari beberapa bagian yang menentukan yang mempertahankan rasa kontinuitas di seluruh volume. Ringkasan Acara untuk periode waktu yang ditinjau mengarah ke pengantar dan tujuan bab.

Di dalam teks bab ini, ada bermacam-macam kotak pelarian yang menggambarkan peristiwa bersejarah, memberikan bukti historis untuk mendukung teori penerbangan, atau mengaitkan informasi bibliografi tentang individu-individu yang secara proporsional dalam membentuk sejarah penerbangan.

Sayangnya, kisah-kisah yang menggugah rasa ingin tahu itu juga dapat membingungkan pembaca ketika mereka begitu banyak sehingga mengganggu aliran teks.

Bab ini dilengkapi dengan daftar pustaka yang lengkap, pertanyaan-pertanyaan studi yang mengulas materi yang dibahas, dan jadwal yang ditambah dengan menyediakan acara yang tidak secara langsung terkait dengan penerbangan. Buku ini direferensikan dengan baik, memanfaatkan sumber orang pertama secara terampil.

Keteraturan buku sesuai dengan kurikulum akademik. Sementara bab-bab membuat paket parceled rapi, daerah-daerah tertentu tampaknya dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan rencana sepuluh bab.

Sebagai contoh, Bab 9: Penerbangan Zaman Antariksa tampaknya dibebani secara aneh oleh sepertiga terakhir dari bab yang berfokus pada pesawat tempur dan berbagai perang, dari Vietnam hingga invasi AS ke Granada, serta bagian terakhir sepenuhnya pada penerbangan pribadi dan umum.

Subjek-subjek ini dapat dibahas dengan lebih baik dengan membuat bab lain atau dengan membagi-bagi mereka menjadi bagian-bagian awal dan kemudian. Dalam situasi ini, penulis menyediakan materi dan konten yang baik, yang terhambat oleh organisasi yang buruk. Secara keseluruhan, cerita rinci tentang kemajuan penerbangan ditampilkan dalam gaya yang mudah dibaca dan menghibur.

Contoh Resensi Buku Fiksi

The Invisible Man dari Ralph Ellison:

Sebuah kisah yang sangat kuat tentang seorang Negro Selatan muda, mulai dari akhir masa SMA hingga tiga tahun di perguruan tinggi hingga kehidupannya di Harlem.

Latihan awalnya mempersiapkan dia untuk kehidupan yang rendah hati di hadapan orang kulit putih, tetapi melalui ketidakadilan – besar dan kecil, dia menyadari bahwa dia adalah “orang yang tidak terlihat”. Orang-orang melihat di dalam dirinya hanya cerminan dari ide-ide mereka sebelumnya tentang siapa dia, menyangkal individualitasnya, dan pada akhirnya tidak melihatnya sama sekali.

Tema ini, yang memiliki implikasi jauh melampaui paralel rasial yang jelas, ditangani dengan terampil. Insiden-insiden dalam cerita ini sepenuhnya menyerap.

Pemecatan bocah itu dari perguruan tinggi karena kesalahan yang tidak bersalah, reaksinya yang mengejutkan terhadap anonimitas Utara dan Harlem, pengalaman mimpi buruknya pada pekerjaan satu hari di pabrik cat dan di rumah sakit, keberhasilannya sebagai pemimpin Harlem di Harlem sebuah organisasi komunis yang dikenal sebagai Persaudaraan.

Keterlibatannya dalam bentrokan hitam versus putih dan hitam versus hitam dan kekecewaan dan pemahamannya tentang tembus pandangnya – semua klimaks secara alami dalam adegan-adegan kekerasan dan kerusuhan, diikuti dengan retret yang bersifat literal dan figuratif. Sebagian dari pengalaman ini mungkin telah diceritakan sebelumnya, tetapi tidak pernah dengan kesegaran, intensitas dan kekuatan seperti itu.

Ini adalah novel pertama Ellison, tetapi ia memiliki kendali penuh atas kisah dan gayanya. Awas.

Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Contoh Resensi Buku Pelajaran

Contoh Resensi Buku Pelajaran

Contoh Resensi Buku Novel

 

Contoh Resensi Buku Novel

Contoh Resensi Buku Singkat Dan Lengkap

 

Contoh Resensi Buku Singkat Dan Lengkap

Contoh Resensi Buku Ilmiah

Contoh Resensi Buku Ilmiah

Contoh Resensi Buku Yang Benar

Contoh Resensi Buku Yang Benar

Contoh Resensi Buku Pendidikan

Contoh Resensi Buku Pendidikan

Contoh Resensi Buku Cerpen

Contoh Resensi Buku Cerpen

Itulah beberapa contoh resensi buku cerpen pendidikan, ilmiah, novel, pelajaran, pengetahuan, fiksi, dan non fiksi yang terbaru. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Resensi Buku yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment