Contoh Rumusan Masalah

Inilah contoh rumusan masalah lengkap untuk skripsi, makalah, penelitian, dan proposal baik yang kualitatif, deskriptif, dan kuantitatif terbaru. Rumusan masalah adalah tinjauan umum yang luas dari pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas dalam bidang penelitian tertentu. Ini menguraikan deskripsi masalah, termasuk visi, menyarankan metode yang digunakan untuk memecahkan masalah, dan memberikan hipotesis.

Ini juga memberikan poin negatif dari situasi saat ini di bidang penelitian, menjelaskan mengapa masalah ini, dan kemudian mengusulkan bagaimana proyek yang ada bertujuan untuk menyelesaikannya. Biasanya saat menulis rumusan masalah, peneliti menggunakan 5 “W” (Siapa, Apa, Di mana, Kapan, dan Mengapa).

Penelitian adalah proses investigasi sistematis yang digunakan untuk menambah atau merevisi pengetahuan saat ini dengan menemukan fakta baru. Ini dapat dibagi menjadi dua kategori umum: (1) Penelitian dasar, yang penyelidikan ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah, dan (2) penelitian terapan, yang merupakan upaya yang bertujuan menggunakan penelitian dasar untuk memecahkan masalah atau mengembangkan proses baru, produk, atau teknik.

Langkah pertama dan paling penting dalam penelitian apa pun adalah mengidentifikasi dan menggambarkan masalah penelitian: yaitu, apa yang ingin diselesaikan oleh peneliti dan pertanyaan apa yang ingin dijawabnya.

Masalah penelitian dapat didefinisikan sebagai bidang yang menjadi perhatian, kesenjangan dalam pengetahuan yang ada, atau penyimpangan dalam norma atau standar yang menunjukkan perlunya pemahaman dan penyelidikan lebih lanjut.

Meskipun banyak masalah ternyata memiliki beberapa solusi (cara untuk menutup celah atau memperbaiki penyimpangan), kesulitan muncul di mana cara tersebut tidak jelas atau tidak segera tersedia. Ini kemudian mengharuskan beberapa penelitian untuk mencapai solusi yang layak.

Rumusan masalah digunakan dalam pekerjaan penelitian sebagai klaim yang menguraikan masalah yang ditangani oleh penelitian. Rumusan masalah secara singkat menjawab pertanyaan: Apa masalah yang akan ditangani oleh penelitian?

Apa Tujuan dari Pernyataan Masalah?

Tujuan akhir dari contoh rumusan masalah adalah untuk mengubah masalah umum (sesuatu yang mengganggu Anda; kekurangan yang dirasakan) menjadi masalah yang ditargetkan dan didefinisikan dengan baik; satu yang bisa diselesaikan melalui riset terfokus dan pengambilan keputusan yang cermat.

Menulis rumusan masalah akan membantu Anda mengidentifikasi dengan jelas tujuan proyek penelitian yang akan Anda usulkan.

Seringkali, rumusan masalah juga akan berfungsi sebagai dasar untuk bagian pengantar proposal akhir Anda, mengarahkan perhatian pembaca Anda dengan cepat ke masalah-masalah yang akan ditangani oleh proyek yang Anda usulkan dan memberikan kepada pembaca pernyataan singkat tentang proyek yang diusulkan itu sendiri.

Rumusan masalah tidak perlu panjang dan rumit: satu halaman lebih dari cukup untuk rumusan masalah yang baik.

Karakteristik

Masalah penelitian yang baik harus memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Ini harus mengatasi kesenjangan dalam pengetahuan.
  • Itu harus cukup signifikan untuk berkontribusi pada badan penelitian yang ada
  • Ini harus mengarah pada penelitian lebih lanjut
  • Masalahnya harus membuat dirinya untuk investigasi melalui pengumpulan data
  • Itu harus menarik bagi peneliti dan sesuai dengan keterampilan, waktu, dan sumber dayanya
  • Pendekatan menuju penyelesaian masalah harus etis
  • Format Penulisan Rumusan Masalah

Pada contoh rumusan masalah yang persuasif biasanya ditulis dalam tiga bagian:

Bagian A (Yang ideal): Menjelaskan tujuan atau situasi ideal yang diinginkan; menjelaskan bagaimana seharusnya.

Bagian B (Kenyataan): Menjelaskan suatu kondisi yang mencegah tujuan, keadaan, atau nilai di Bagian A dari pencapaian atau realisasi pada saat ini; menjelaskan bagaimana situasi saat ini gagal mencapai tujuan atau ideal.

Bagian C (Konsekuensi): Mengidentifikasi cara yang Anda usulkan untuk memperbaiki situasi saat ini dan mendekatkannya ke tujuan atau cita-cita.

Berikut ini sebuah contoh:

Pernyataan 1

Kementerian Pemuda didedikasikan untuk mengalokasikan dana pengembangan usaha untuk kaum muda dan wanita. Dana ini tersedia untuk memulai usaha wirausaha yang menciptakan dan memperluas lapangan kerja. (Berikan statistik dan kutipan yang relevan)

Pernyataan 2

Salah satu fokus utama dari pelayanan adalah konsistensi. Sayangnya, konsistensi dalam mengalokasikan dana untuk generasi penerimanya membutuhkan pengetahuan sebelumnya tentang alokasi sebelumnya dan praktik-praktik yang telah ada. Metode pencairan berkelanjutan saat ini tidak memungkinkan untuk analisis yang memadai atas pencairan sebelumnya sebelum pencairan saat ini dilakukan.

Pernyataan 3

Melanjutkan metode pencairan saat ini mencegah konsistensi dan menyebabkan keputusan menjadi sangat politis, yang pada gilirannya menghambat pencapaian tujuan dana. Mengembangkan sistem pencairan yang lebih terinformasi dapat membantu mengimplementasikan fokus konsistensi kementerian dengan lebih baik dan pada saat yang sama membantu kementerian memantau dan mengevaluasi dana dengan lebih baik.

Penelitian yang diusulkan ini bercita-cita untuk mengeksplorasi pilihan untuk sistem pencairan dana baru yang akan fokus pada konsistensi. Untuk melakukan ini, peneliti akan melakukan analisis pemangku kepentingan penuh dan menggunakannya untuk mengusulkan intervensi kebijakan yang tepat.

Contoh Rumusan Masalah Terlengkap

Jika Anda membutuhkan contoh nyata dari perumusan masalah, kami bisa memberikan Anda beberapa contoh. Berikut beberapa contoh rumusan masalah yang bisa dijadikan acuan bagi Anda untuk membuat rumusan sendiri dalam karya ilmiah yang Anda tulis.

Baca Juga : Contoh Abstrak yang Baik dan Benar

Contoh Rumusan Masalah Makalah

Rumusan masalah dalam makalah biasanya cukup panjang, tetapi tidak sepanjang di dalam skripsi. Berikut contohnya:

Tren yang mapan dalam pembiayaan awal usaha kecil di Kenya adalah membentuk penggalangan dana. Beberapa dari dana ini termasuk dana pemuda dan dana perempuan.

Dana ini telah membantu meningkatkan tingkat start-up di negara ini. Namun, setelah tahap start-up, perusahaan mulai mengembangkan masalah. Pertama, mereka menghadapi masalah dalam manajemen yang mengarah ke masalah pemasaran dan akhirnya stagnasi dan keluar awal.

Sebuah studi oleh Institute of Development Studies (RoK, 2004) mengungkapkan bahwa hanya 38% dari bisnis yang berkembang sementara 58% belum menambahkan pekerja. Menurut survei, lebih banyak perusahaan kemungkinan akan tutup dalam tiga tahun pertama operasi mereka.

Empat tahun kemudian institut yang sama melakukan penelitian lain di Kenya Tengah. Studi ini mengungkapkan bahwa 57% dari bisnis kecil mengalami kemandekan dengan hanya 33% di antaranya yang menunjukkan tingkat pertumbuhan.

Dalam proyek kami saat ini, kami mengusulkan untuk memeriksa faktor-faktor yang berdampak pada keberlanjutan usaha kecil. Kami akan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data dan informasi primer dan sekunder dengan tujuan menentukan faktor keberhasilan untuk pertumbuhan bisnis kecil di Kenya.

Khususnya, kami akan menggunakan model siklus hidup produk (PLC) untuk mengidentifikasi kebutuhan usaha kecil di berbagai tahap PLC.

Sekarang setelah Anda mempelajari dasar-dasarnya, asah keterampilan Anda dan tulis pernyataan ideal tentang masalah dengan kursus lanjutan ini oleh pakar kami Prof. Henry Bwisa.

Referensi:

  1. RoK, (2008). Survei Ekonomi. Nairobi, Kenya. Printer Pemerintah.
  2. Nyaga C.N. (2009). Kendala non-finansial menghambat pertumbuhan UKM di Kenya: Kasus perusahaan manufaktur plastik di kawasan industri di Nairobi. (Tesis penelitian master, Universitas Nairobi).
  3. Nyagah C.N. (2013). Kendala non-finansial menghambat pertumbuhan UKM di Kenya: kasus perusahaan manufaktur plastik di kawasan industri di Kabupaten Nairobi (disertasi Doktor).

Contoh Rumusan Masalah Skripsi

Berikut rumusan masalah untuk skripsi mengenai Analisa Skala Prioritas Pemilih di Florida

Jumlah pemilih di wilayah barat daya Florida telah menurun secara signifikan selama dekade terakhir, sementara daerah lain di negara bagian itu terus melihat peningkatan jumlah pemilih di tempat pemungutan suara.

Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Pemilih Florida menunjukkan bahwa tingkat partisipasi pemilih paling rendah di antara orang yang berusia antara 18 hingga 25 tahun dan rumah tangga berpendapatan rendah (berpenghasilan di bawah $ 30.000 per tahun untuk rumah tangga dua orang). Penelitian yang dilakukan pada pola pemungutan suara di negara bagian A.S. selatan lainnya menunjukkan bahwa ini dapat menunjukkan tren yang lebih luas, tetapi demografi kawasan ini menunjukkan bahwa itu bisa menjadi masalah yang lebih signifikan [perluas dan jelaskan dengan sumber]. Bagian lain negara ini telah melakukan upaya, dan berhasil, pada tingkat tertentu, untuk meningkatkan jumlah pemilih, tetapi solusi serupa belum memiliki efek yang diinginkan di sini di Florida barat daya [sumber kutipan]. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang alasan upaya ini gagal dan strategi apa yang mungkin lebih berdampak pada menjangkau rumah tangga yang lebih muda dan berpenghasilan rendah.

Daerah-daerah dengan tingkat partisipasi pemilih yang rendah secara historis telah terbukti memiliki tingkat kohesi sosial dan keterlibatan sipil yang lebih rendah dan jumlah yang lebih tinggi dalam kasus kerusuhan sipil. Baru-baru ini, ini menjadi semakin memprihatinkan untuk bagian A.S. [memberi contoh dan mengutip sumber]. Data menunjukkan bahwa ketika bagian-bagian tertentu dari masyarakat kekurangan perwakilan politik, mereka cenderung menjadi semakin kecewa dari waktu ke waktu, mengikis kepercayaan masyarakat terhadap demokrasi dan secara sistematis memicu tantangan dalam pemerintahan [penjelasan dan sumber]. Mengatasi masalah ini akan memberikan wawasan yang sangat dibutuhkan partai-partai regional untuk membantu mereka menyesuaikan kebijakan dan strategi kampanye mereka untuk melibatkan lebih banyak penduduk di wilayah ini. Ini juga akan berkontribusi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih bernuansa tren perilaku pemilih.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji rencana keterlibatan proaktif untuk meningkatkan jumlah pemilih di wilayah barat daya Florida. Ini akan membedakan penentu terbesar dalam non-voting melalui survei, wawancara, dan eksperimen sosial yang dirancang untuk mengamati dampak dari masing-masing strategi ini terhadap jumlah pemilih.

Contoh Rumusan Masalah Penelitian

Penelitian adalah proses investigasi sistematis yang digunakan untuk menambah atau merevisi pengetahuan saat ini dengan menemukan fakta baru. Ini dapat dibagi menjadi dua kategori umum: (1) Penelitian dasar, yang penyelidikan ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah, dan (2) penelitian terapan, yang merupakan upaya yang bertujuan menggunakan penelitian dasar untuk memecahkan masalah atau mengembangkan proses baru, produk, atau teknik.

Langkah pertama dan paling penting dalam penelitian apa pun adalah mengidentifikasi dan menggambarkan masalah penelitian: yaitu, apa yang ingin diselesaikan oleh peneliti dan pertanyaan apa yang ingin dijawabnya. Masalah penelitian dapat didefinisikan sebagai bidang yang menjadi perhatian, kesenjangan dalam pengetahuan yang ada, atau penyimpangan dalam norma atau standar yang menunjukkan perlunya pemahaman dan penyelidikan lebih lanjut. Meskipun banyak masalah ternyata memiliki beberapa solusi (cara untuk menutup celah atau memperbaiki penyimpangan), kesulitan muncul di mana cara tersebut tidak jelas atau tidak segera tersedia. Ini kemudian mengharuskan beberapa penelitian untuk mencapai solusi yang layak.

Contoh Rumusan Masalah Proposal

Untuk memberikan perawatan pasien yang sangat baik dengan biaya minimal, Rumah Sakit Middletown membutuhkan prosedur diagnostik yang aman, efisien, dan akurat. Selain itu, prosedur tidak boleh terlalu menyakitkan bagi pasien.

Saat ini, alat diagnostik utama Rumah Sakit Middletown adalah pemindaian CAT dan myelogram (keran tulang belakang). Pemindaian CAT gagal untuk membuat diagnosis yang jelas 60% dari waktu. Ketika pemindaian CAT gagal, dokter harus menggunakan mielogram. Walaupun myelogram akurat, prosedur ini sangat menyakitkan dan terkadang berbahaya bagi pasien.

Jika Rumah Sakit Middletown terus melakukan dua prosedur, mereka tidak hanya akan membuang-buang waktu dan uang, yang membahayakan efisiensi dan potensi pendapatan mereka secara keseluruhan. Juga, penderitaan yang tidak semestinya dapat menyebabkan pasien memilih rumah sakit lain dengan fasilitas yang lebih maju.

Teknik diagnostik baru, resonansi magnetik nuklir (NMR) dapat melampaui pemindaian CAT secara akurat dan mengurangi kebutuhan untuk menggunakan mielogram. Saya mengusulkan untuk meneliti kelayakan mendirikan laboratorium NMR di rumah sakit Middletown. Saya akan menyelidiki keakuratan, efisiensi, dan keamanan NMR serta masalah implementasi.

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah

Proposal ini diarahkan ke kepala sekolah Alfred Academy, Dr. Smith Nyman. Alfred Academy adalah sekolah menengah swasta dengan sekitar 200 siswa yang hadir. Nyman adalah penghubung utama antara administrasi, para siswa dan orang tua mereka. Nyman bekerja dengan dana pendidikan swasta dan alumni untuk mengumpulkan uang untuk program kemahasiswaan, misalnya, serangkaian kuliah. Nyman kemudian menciptakan gugus tugas orang tua dan siswa yang melaksanakan program untuknya.

Untuk melanjutkan tradisi nilai-nilai cinta damai lima puluh tahun, administrasi Alfred Academy membutuhkan program mediasi multi-segi yang mencakup administrasi, fakultas, siswa, dan orang tua siswa. Program mediasi ini perlu (1) berfungsi sebagai langkah pencegahan, (2) mendorong interaksi damai, dan (3) beradaptasi dengan perubahan kebutuhan sekolah.

Saat ini, Alfred memiliki tiga mediasi, yaitu, pemecahan masalah, sumber daya: (1) kelompok mediasi rekan tidak resmi, (2) pengadilan siswa tidak resmi, dan (3) program kuliah berjudul Peaces. Sayangnya, saat ini, hanya satu dari tiga metode yang digunakan: kuliah. Kuliah ini tidak wajib sebagai akibatnya, mayoritas siswa tidak menghadiri. Selain itu, baik kelompok mediasi sebaya maupun mahasiwa tidak disertifikasi secara hukum dan karenanya, bukan sumber daya yang kredibel dan tetap tidak digunakan.

Tanpa program mediasi yang efektif untuk membantu Alfred Academy mencapai tujuan pendidikannya, kekerasan akan terus meningkat. Diperlukan pendekatan interaktif baru untuk pemecahan masalah tanpa kekerasan. Program pelatihan mediasi jangka panjang dapat membantu administrasi untuk (1) mengembalikan nilai-nilai pasifis sekolah, (2) mencegah perilaku agresif meningkat, dan (3) mempromosikan interaksi damai di sekolah. Program mediasi saat ini berlimpah dan beragam.

Saya mengusulkan untuk memeriksa kelebihan dan kekurangan dari berbagai program pelatihan mediasi saat ini untuk menentukan mana yang cukup sesuai dengan kebutuhan Alfred saat ini dan masa depan.

Contoh Rumusan Masalah Kualitatif

Berikut rumusan masalah kualitatif yang bisa dijadikan contoh. Biasanya rumusan ini lebih berpedoman kepada data.

 

Contoh Rumusan Masalah Deskriptif

a

Contoh Rumusan Masalah Penelitian Kuantitatif

contoh rumusan masalahh

Contoh Rumusan Masalah Kuantitatif

contoh rumusan masalah

Contoh Rumusan Masalah Pada Makalah

Berikut rumusan masalah pada makalah yang bisa dijadikan contoh. Biasanya rumusan ini lebih berpedoman kepada alasan kenapa masalah tersebut perlu dibuatkan penjelasan panjang lebar.

contoh rumusan masalah

Itulah beberapa contoh rumusan masalah yang bisa Anda jadikan acuan. Sebenarnya, hampir seluruh struktur rumusan masalah pada karya tulis ilmiah jenis apapun sama. Hanya berbeda tema dan tingkat detailnya saja. Jika itu untuk skripsi, ada baiknya jika detail di perbanyak dengan alasan yang jelas.

Tinggalkan komentar