Contoh Surat Balasan Dinas

Hayo siapa yang suka bikin surat? Biasanya sih surat-surat yang kita buat itu cenderung sederhana-sederhana aja. Tapi kadang-kadang ada beberapa surat yang memang harus dibikin dengan serius dan bener-bener pake aturan yang baku. Misalnya surat dinas atau surat permohonan. Nah, buat kamu yang masih bingung gimana cara buat surat-surat itu, yuk simak contoh-contohnya di bawah ini!

Contoh Surat Dinas: Saddam

Contoh surat dinas

Apa itu surat dinas? Surat dinas adalah surat resmi yang digunakan oleh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk keperluan administrasi. Mengapa harus menggunakan surat dinas? Karena surat dinas merupakan dokumen resmi dan sah yang memberikan tanda pengenal untuk instansi pemerintah.

Kapan surat dinas digunakan? Surat dinas digunakan untuk keperluan rapat, tugas dinas, dan sebagainya. Dimana surat dinas bisa dibuat? Surat dinas bisa dibuat di kantor instansi terkait.

Kelebihan dari surat dinas? Surat dinas memiliki kekuatan hukum yang kuat, sehingga bisa dipergunakan sebagai bukti hukum dalam persidangan. Selain itu, surat dinas juga memberikan legitimasi resmi bagi instansi pemerintah yang mengeluarkan surat tersebut.

Kekurangan dari surat dinas? Kekurangan dari surat dinas adalah harus mengikuti aturan baku dalam penulisannya, sehingga membuat proses pembuatannya lebih rumit.

Bagaimana cara membuat surat dinas? Surat dinas harus dibuat dengan benar dan sesuai standar. Berikut adalah contoh surat dinas:

Kepala Dinas Tapsel
Jl. Bhayangkara No. 10
Kabupaten Tapanuli Selatan
Sumatera Utara
Telp. (0636) 31333
Fax. (0636) 31444

Surat Dinas No. 001/KD/2021
Lampiran: –
Perihal: Penunjukan sebagai Anggota Tim Pelaksana Perencanaan Program Kerja Tahun 2021

Kepada Yth,
Nama: Ibu Nama
Jabatan: Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan
Di Tempat

Dalam rangka pelaksanaan Program Kerja Dinas Tapsel Tahun 2021, dimana salah satu program kerja adalah Penyusunan Rencana Strategi Dinas Tapsel Tahun 2021-2025, maka Kepala Dinas Tapsel menugaskan Saudari Ibu Nama sebagai Anggota Tim Pelaksana Perencanaan Program Kerja. Tugas Saudari Ibu Nama antara lain:

  1. Melakukan kajian terhadap Rencana Strategi Dinas Tapsel Tahun 2021-2025 sesuai dengan tugas yang diberikan.
  2. Menyusun rekomendasi serta memberikan saran kepada Tim Pelaksana Perencanaan Program Kerja dalam hal yang berkaitan dengan tugas Saudari Ibu Nama.
  3. Menghadiri dan memberikan masukan pada rapat-rapat kerja Tim Pelaksana Perencanaan Program Kerja yang akan diadakan.
  4. Menyerahkan laporan hasil pelaksanaan tugas pada Tim Pelaksana Perencanaan Program Kerja.

Demikianlah surat tugas ini diberikan, agar Saudari Ibu Nama melaksanakan tugas tersebut dengan penuh tanggung jawab dan menjaga kerahasiaan informasi yang bersifat rahasia, serta berkoordinasi dengan anggota lainnya. Apabila terdapat hal-hal yang belum jelas, silahkan bertanya langsung kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan yang ditunjuk.

Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Kepala Dinas Tapsel

Contoh Surat Permohonan Izin Surat Permohonan Rs

Contoh Surat Permohonan Izin Surat Permohonan Rs - Macam-macam surat

Apa itu surat permohonan izin? Surat permohonan izin adalah surat resmi yang digunakan sebagai permintaan ijin atau persetujuan dari pihak yang berwenang. Mengapa perlu membuat surat permohonan izin? Karena surat permohonan izin memiliki kekuatan hukum yang kuat dan sebagai bukti keseriusan dalam pengambilan keputusan.

Kapan surat permohonan izin dibutuhkan? Surat permohonan izin dibutuhkan apabila ingin mengajukan permintaan persetujuan pada pihak yang berwenang terkait kegiatan atau hal yang akan dilakukan. Di mana surat permohonan izin bisa dibuat? Surat permohonan izin bisa dibuat di kantor atau tempat yang berkaitan dengan pihak yang akan memberikan persetujuan.

Kelebihan dari surat permohonan izin? Surat permohonan izin dapat menjamin jaminan keamanan dan kenyamanan suatu kegiatan. Selain itu, surat permohonan izin juga menunjukkan bahwa pelaku kegiatan telah bertanggung jawab dan memperhatikan kesepakatan bersama.

Kekurangan dari surat permohonan izin? Kekurangan dari surat permohonan izin adalah proses pengajuan dapat memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari besarnya kegiatan yang akan dilakukan dan sifat dari persetujuan yang akan diberikan oleh pihak yang berwenang.

Bagaimana cara membuat surat permohonan izin? Surat permohonan izin harus dibuat dengan benar dan sesuai standar. Berikut adalah contoh surat permohonan izin:

Kepada Yth,
Direktur RS Kota Jakarta
Jalan Jenderal Sudirman No. 25
Jakarta Selatan

Dengan hormat,
Dalam rangka kerjasama dalam program pelatihan kader kesehatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2021, kami dari Satuan Pelaksana Kegiatan (SPK) Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat memohon izin kepada Bapak/Ibu Direktur RS Kota Jakarta untuk memberikan fasilitas ruang pertemuan dan ruang praktikum yang kami butuhkan.

Adapun keperluan fasilitas kami adalah:

  • 1 Ruang pertemuan untuk 100 orang peserta pelatihan yang akan diadakan pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB, dengan fasilitas AC, meja, dan kursi.
  • 1 Ruang praktikum untuk 15 orang peserta pelatihan yang akan diadakan pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB, dengan fasilitas alat praktikum.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Ketua SPK Kecamatan Kebon Jeruk
Agus Kurniawan

Nah, gitu deh contoh surat dinas dan surat permohonan izin yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk nulis surat kamu selanjutnya. Semoga bermanfaat dan nggak bikin pusing lagi deh nulis surat.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Balasan Dinas yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment