Contoh Surat Belum Pernah Menikah

Mungkin sebagian besar dari kita sudah mulai memikirkan bagaimana cara mengurus buku nikah, dan ada juga yang mungkin sudah menikah dan harus mengurus surat cerai. Namun, sebelum itu dilakukan, ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu. Salah satunya adalah surat pernyataan belum menikah.

Apa itu Surat Pernyataan Belum Menikah?

Surat pernyataan belum menikah adalah surat yang dibuat oleh calon suami/istri yang menyatakan bahwa dirinya belum pernah menikah sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa calon suami/istri tersebut memenuhi syarat untuk menikah. Surat ini sangat penting untuk dikantongi sebelum mengajukan permohonan pernikahan.

Mengapa Surat Pernyataan Belum Menikah Diperlukan?

Surat pernyataan belum menikah diperlukan sebagai bukti bahwa calon suami/istri belum pernah menikah sebelumnya dan memiliki status sebagai lajang atau duda/janda. Pihak yang berwenang akan memeriksa status ini sebelum menyetujui permohonan pernikahan, sehingga surat pernyataan belum menikah menjadi salah satu dokumen penting yang harus disertakan dalam permohonan tersebut.

Kapan Surat Pernyataan Belum Menikah Dibutuhkan?

Surat pernyataan belum menikah dibutuhkan saat calon suami/istri akan mengajukan permohonan pernikahan. Pada saat pengajuan permohonan, calon suami/istri akan diminta untuk menyerahkan beberapa dokumen, salah satunya adalah surat pernyataan belum menikah. Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan dokumen tersebut sejak jauh-jauh hari sebelum pengajuan permohonan pernikahan dilakukan.

Dimana Mendapatkan Surat Pernyataan Belum Menikah?

Untuk mendapatkan surat pernyataan belum menikah, calon suami/istri dapat mengajukan permohonan ke Kantor Catatan Sipil di wilayah tempat tinggalnya. Prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan dapat berbeda-beda tergantung dari daerah masing-masing. Sebaiknya cari informasi terlebih dahulu mengenai persyaratan yang dibutuhkan dan jangan lupa membawa dokumen yang diperlukan saat mengajukan permohonan.

Kelebihan Surat Pernyataan Belum Menikah

Dengan memiliki surat pernyataan belum menikah, calon suami/istri akan lebih mudah dalam mengurus permohonan pernikahan. Dokumen ini membuktikan bahwa calon suami/istri benar-benar belum pernah menikah sebelumnya dan memiliki status yang diwajibkan untuk menikah.

Kekurangan Surat Pernyataan Belum Menikah

Salah satu kekurangan dari surat pernyataan belum menikah adalah jika calon suami/istri sebelumnya pernah menikah namun belum bercerai di pengadilan agama. Surat pernyataan ini menjadi tidak berlaku dalam hal ini dan calon suami/istri harus mengurus surat cerai terlebih dahulu sebelum mengurus permohonan pernikahan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Surat Pernyataan Belum Menikah?

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan surat pernyataan belum menikah:

  1. Mengajukan permohonan ke Kantor Catatan Sipil di wilayah tempat tinggal dengan membawa dokumen yang diperlukan.
  2. Menunggu proses verifikasi data dan penerbitan surat pernyataan belum menikah.
  3. Menerima surat pernyataan belum menikah dari Kantor Catatan Sipil.

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Berikut adalah contoh surat pernyataan belum menikah:

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Pernyataan Belum Menikah

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama Lengkap : ………….


Tempat/Tanggal Lahir : ………….


Alamat : ……………


KTP No : ……………


Pernyataan :

Demi kepentingan ikhwal perkawinan yang akan kami lakukan, dengan ini saya menyatakan dan menjamin bahwa saya masih tercatat sebagai seorang lajang /duda atau janda dan belum pernah menikah secara agama atau mendapatkan pengakuan hukum apapun serta tidak sedang dalam keadaan terikat suatu ikatan perkawinan yang sah menurut hukum Negara Republik Indonesia atau Negara yang sah lainnya.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dan apabila dikemudian hari terdapat kecurangan dari pernyataan tersebut, maka saya bersedia menerima segala akibat hukum yang akan dijatuhkan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Tahapan Birokrasi Mengurus Buku Nikah

Selain mengurus surat pernyataan belum menikah, calon suami/istri juga harus mengurus buku nikah. Berikut adalah tahapan birokrasi mengurus buku nikah:

  1. Mendapatkan nomor antrian di loket pendaftaran.
  2. Menyerahkan surat permohonan nikah dan surat pernyataan belum menikah.
  3. Mendapatkan nomor pengambilan dokumen.
  4. Membayar biaya pendaftaran.
  5. Mendapatkan tanda terima permohonan nikah.
  6. Menyerahkan tanda terima permohonan nikah pada saat pengambilan buku nikah.
  7. Menerima buku nikah.

Kesimpulan

Mengurus surat pernyataan belum menikah adalah salah satu langkah penting dalam mengajukan permohonan pernikahan. Surat ini dibutuhkan untuk membuktikan bahwa calon suami/istri belum pernah menikah sebelumnya dan memiliki status yang diwajibkan untuk menikah. Calon suami/istri harus mempersiapkan dokumen ini sejak jauh-jauh hari sebelum pengajuan permohonan pernikahan dilakukan. Selain itu, calon suami/istri juga harus mengurus buku nikah setelah pernikahan dilangsungkan. Mengurus buku nikah juga memerlukan beberapa tahapan birokrasi yang harus diikuti. Oleh karena itu, siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan matang dan ikuti prosedur yang ada dengan benar agar permohonan pernikahan dan pengurusan buku nikah dapat berjalan dengan lancar.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Belum Pernah Menikah yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment