Contoh Surat Cuti Melahirkan Pns

Halo teman-teman! Kalian pasti pernah dong merasakan bosan karena harus berada di tempat kerja atau sekolah terus menerus tanpa ada liburan atau cuti. Nah, di sini saya akan memberikan contoh-contoh surat izin tidak masuk sekolah dan cuti kerja yang lengkap untuk kalian yang ingin berlibur atau mengambil waktu untuk urusan pribadi. Daripada makin bosen ya kan?

Daftar Isi

Cuti Melahirkan

surat izin cuti melahirkan

Apa itu cuti melahirkan? Cuti melahirkan adalah izin yang diberikan kepada karyawan perempuan yang baru saja melahirkan untuk tidak bekerja selama beberapa waktu.

Mengapa perlu cuti melahirkan? Proses melahirkan itu sendiri sudah sangat melelahkan dan memakan waktu. Selain itu, tubuh juga membutuhkan waktu untuk pulih dan untuk perawatan bayi yang baru lahir.

Kapan bisa mengambil cuti melahirkan? Biasanya cuti melahirkan diberikan selama 3 bulan setelah tanggal kelahiran bayi.

Dimana bisa mengurus cuti melahirkan? Surat permohonan cuti melahirkan bisa disampaikan ke departemen sumber daya manusia kantor tempat bekerja.

Kelebihan mengambil cuti melahirkan adalah ibu bisa lebih merawat bayi yang baru lahir dan mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. Namun, kekurangannya adalah karyawan harus meninggalkan pekerjaan dan gaji sementara belum ada.

Bagaimana cara mengambil cuti melahirkan? Karyawan perempuan yang ingin mengambil cuti melahirkan harus menyampaikan surat permohonan ke HRD kantor tempat bekerja yang berisi alasan mengapa mengambil cuti, tanggal awal dan akhir cuti, serta lampiran dokumen medis yang menyatakan bahwa karyawan memang sedang hamil atau baru saja melahirkan.

Contoh Surat Permohonan Cuti Melahirkan:

Salam sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [nama lengkap]

Alamat: [alamat lengkap]

Tempat, tanggal lahir: [tempat, tanggal lahir]

Nomor induk karyawan: [nomor induk karyawan]

Dengan ini hendak memohon cuti melahirkan untuk waktu selama 3 bulan terhitung sejak tanggal perkiraan kelahiran. Saya bersedia untuk menyerahkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan cuti ini. Semoga permohonan saya dapat diterima. Terima kasih.

Cuti Sakit

surat izin cuti sakit

Apa itu cuti sakit? Cuti sakit adalah izin yang diberikan kepada karyawan yang sedang mengalami sakit dan tidak mampu bekerja selama beberapa waktu.

Mengapa perlu cuti sakit? Karyawan yang sedang sakit membutuhkan istirahat untuk memulihkan diri dari penyakit dan agar tidak menularkan penyakitnya kepada rekan kerja. Selain itu, karyawan juga harus tetap merawat diri agar tidak semakin parah atau menimbulkan efek samping yang lebih buruk.

Kapan bisa mengambil cuti sakit? Cuti sakit bisa diambil setiap saat, namun karyawan harus segera memberitahukan HRD dan pihak yang berwenang dalam kurun waktu minimal satu hari sebelum cuti diambil.

Dimana bisa mengurus cuti sakit? Surat permohonan cuti sakit bisa disampaikan ke HRD kantor tempat bekerja dan juga dokter atau rumah sakit yang merawat karyawan yang sedang sakit untuk menjadi bukti adanya keadaan sakit tersebut.

Kelebihan mengambil cuti sakit adalah karyawan bisa memulihkan diri dan kembali produktif setelah sembuh. Namun, kekurangannya adalah karyawan akan kehilangan gaji sementara selama cuti sakit dan beban kerja mungkin akan ditumpuk setelah karyawan kembali bekerja.

Bagaimana cara mengambil cuti sakit? Karyawan yang ingin mengambil cuti sakit harus menyampaikan surat permohonan ke HRD kantor tempat bekerja yang berisi alasan mengapa mengambil cuti, tanggal awal dan akhir cuti, serta lampiran dokumen medis yang mencantumkan diagnosis dan durasi pengobatan.

Contoh Surat Permohonan Cuti Sakit:

Salam sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [nama lengkap]

Alamat: [alamat lengkap]

Tempat, tanggal lahir: [tempat, tanggal lahir]

Nomor induk karyawan: [nomor induk karyawan]

Dengan ini hendak memohon cuti sakit selama 3 hari terhitung mulai tanggal 5 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 7 Agustus 2021 karena sakit COVID-19. Saya bersedia untuk menyerahkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan cuti ini. Semoga permohonan saya dapat diterima. Terima kasih.

Nah, itulah tadi beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah dan cuti kerja lengkap untuk berbagai macam kebutuhan. Semoga bisa membantu kalian mengurus liburan atau urusan pribadi dengan lebih mudah dan efektif. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan deadline dan prosedur yang berlaku ya! Oh iya, jangan sampai terlalu sering ngajukan cuti juga ya, nanti boss atau guru kalian jadi risih dan merasa tidak terlalu aman dengan kinerja kalian, hehehe. Semoga bebas bosan dan senang-senang selalu, teman-teman!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Cuti Melahirkan Pns yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment