Contoh Surat Dari Sekolah

Wahai teman-teman yang belajar di sekolah atau yang sedang bekerja, apakah kalian pernah mengalami kesulitan dalam membuat surat resmi? Tenang saja, kami hari ini akan memberikan panduan membuat surat resmi dari sekolah dengan mudah dan cepat!

Cara Membuat Surat Resmi Dari Sekolah

Pertama-tama, apa itu surat resmi? Surat resmi adalah surat yang ditulis secara formal dan resmi dengan tujuan yang jelas dan terperinci. Biasanya surat resmi digunakan untuk kepentingan dalam organisasi, instansi ataupun perusahaan.

Dalam membuat surat resmi, Anda harus mengetahui format dasar surat resmi. Format dasar surat resmi terdiri dari bagian penanggalan, bagian pembuka, bagian isi/dalil yakni mengenai tujuan surat, bagian penutup, dan bagian tanda tangan.

Apa Itu Surat Izin Dari Atasan Untuk Ppg ?

Surat izin dari atasan untuk PPG adalah surat izin yang diterbitkan oleh atasan kepada pegawai untuk mengikuti Program Pendidikan atau Pelatihan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Mengapa Perlu Membuat Surat Resmi Dari Sekolah?

Mengapa perlu membuat surat resmi dari sekolah? Surat resmi dari sekolah biasanya digunakan untuk kepentingan tertentu untuk organisasi ataupun individu. Dalam lingkungan sekolah, surat resmi biasanya digunakan untuk meminta izin, mengadukan masalah, memberikan informasi, dan sebagainya.

Kapan Dan Dimana Biasanya Menggunakan Surat Resmi Dari Sekolah?

Surat Resmi dari sekolah biasanya digunakan di mana saja dan kapan saja, apabila sedang dibutuhkan dalam kepentingan tertentu. Contohnya ada murid yang ingin mengajukan cuti sekolah karena sudah mempunyai tiket pesawat dan sedang ingin pulang kampung, maka murid tersebut bisa membuat surat resmi untuk mengajukan izin cuti sekolah terlebih dahulu.

Apa Kelebihan Menggunakan Surat Resmi Dari Sekolah?

Ada beberapa kelebihan yang di dapat ketika menggunakan surat resmi dari sekolah. Berikut adalah kelebihannya:

  • Surat resmi memberikan informasi dengan jelas dan terperinci
  • Surat resmi membuat informasi tercatat dengan baik
  • Surat resmi memberikan kesan profesional
  • Surat resmi merupakan bentuk kesopanan dalam memberikan informasi

Apa Kekurangan Menggunakan Surat Resmi Dari Sekolah?

Tak hanya kelebihan saja, ternyata ada kekurangan dalam menggunakan surat resmi dari sekolah. Sehingga, harus diperhatikan dengan baik. Berikut adalah kekurangannya:

  • Surat resmi memerlukan waktu dan tenaga yang cukup
  • Surat resmi memerlukan keahlian penulisan surat yang baik
  • Surat resmi belum tentu cepat sampai ke tujuan

Bagaimana Cara Membuat Surat Resmi Dari Sekolah?

Nah, sekarang saatnya kita belajar cara membuat surat resmi dari sekolah. Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Tentukan Tujuan Surat

Pertama, tentukan terlebih dahulu tujuan surat yang akan ditulis. Apakah anda ingin membuat surat permohonan, surat pemberitahuan, atau surat pengaduan.

2. Tentukan Format Surat

Setelah menentukan tujuan surat, selanjutnya tentukan format surat yang akan digunakan. Ada beberapa format surat resmi yang biasanya digunakan, seperti format blok, format semi blok, dan format indentasi. Pilihlah format surat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Buat Penanggalan Surat

Selanjutnya, buatlah penanggalan surat dengan format: tempat, tanggal bulan tahun .

4. Buat Bagian Pembuka

Setelah membuat penanggalan, buatlah bagian pembuka. Isi bagian pembuka ini biasanya berupa salam pembuka. Misalnya, Kepada Yth. Bapak/Ibu/Kepala Sekolah .

5. Buat Bagian Isi Surat

Kemudian, buatlah bagian isi surat atau perihal surat. Bagian isi surat ini berisi mengenai derajat, jabatan serta nama yang dituju. Selain itu, berisi tujuan surat resmi dengan jelas dan singkat.

6. Buat Bagian Penutup

Setelah bagian isi selesai dibuat, buatlah bagian penutup. Bagian penutup biasanya berupa salam penutup dan tanda tangan. Misalnya Sekian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
(tanda tangan).

7. Cek Kembali Surat Yang Dibuat

Terakhir, sebelum mengirimkan surat resmi ke alamat yang dituju, cek kembali surat yang telah dibuat. Periksa kesalahan penulisan atau ketidaktepatan dalam format surat. Pastikan surat yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang ada.

Contoh Surat Resmi Dari Sekolah

Sekarang kita akan memberikan contoh surat resmi dari sekolah agar mudah dipahami. Berikut adalah contoh surat resmi dari sekolah:

Lampiran:

1. Sertifikat Kelulusan SD/sederajat

2. Surat Keterangan Lulus SD/sederajat

3. Fotokopi Kartu Keluarga

Kepada :

Yth. Kepala Sekolah SMA/Sederajat

Perihal :

Permohonan Pendaftaran Siswa Baru

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini mohon secara hormat untuk dapat diterima sebagai siswa baru di SMA/Sederajat pada tahun pelajaran 20xx/20xx.

Kulakukan pendaftaran melalui jalur zonasi yang diharuskan, dan atas dasar kelulusan dari SMP/MTs ternama. Adapun data diri saya sebagai berikut:

  • Nama :
  • Tempat, Tanggal Lahir :
  • Alamat :
  • Jurusan :

Demikian permohonan ini saya ajukan. Atas kesediaannya untuk menerima saya sebagai siswa baru, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Kesimpulan

Itulah, teman-teman, panduan membuat surat resmi dari sekolah. Anda sudah dapat membuat surat resmi sendiri dengan mudah, cepat, dan tepat. Ingat, surat resmi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari terutama di institusi sekolah dan organisasi. Semoga panduan ini bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkannya.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Dari Sekolah yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment