Contoh Surat Keluhan

Aduan Pelanggan Lucu yang Bikin Ketawa Abis

Kisah Ketika Pelayanan Jelek Bikin Pusing dan Kocar-Kacir

Foto Aduan Pelanggan

Apa Itu Aduan Pelanggan?

Aduan pelanggan merupakan komplain atau keluhan dari seseorang yang merasa tidak puas dengan pelayanan suatu layanan. Ya, kita pasti pernah mengalami hal ini apalagi saat pelayanan yang diberikan oleh suatu layanan sangat buruk dan bikin kita kesal. Seperti pernah saya alami.

Mengapa Aduan Pelanggan Penting?

Aduan pelanggan penting untuk memberikan feedback kepada layanan. Feedback dari aduan pelanggan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak penyedia layanan agar pelayanannya terus ditingkatkan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajukan Aduan Pelanggan?

Waktu yang tepat untuk mengajukan aduan pelanggan adalah segera setelah terjadi kejadian yang membuat kita tidak puas dengan pelayanan. Semakin cepat kita mengajukan aduan, semakin cepat pula masalah tersebut dapat dicari dan dipecahkan.

Dimana Tempat Mengajukan Aduan Pelanggan?

Tempat mengajukan aduan pelanggan bisa dilakukan melalui website resmi layanan yang bersangkutan, melalui email, telepon atau langsung ke kantor layanan. Namun ingat, pastikan kamu mencatat nomor tiket/aduan saat mengajukan aduan.

Kelebihan Mengajukan Aduan Pelanggan

Kelebihan mengajukan aduan pelanggan adalah, keluhan kita akan diperhatikan oleh pihak penyedia layanan. Selain itu, aduan kita dapat menjadi data yang dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan di masa depan.

Kekurangan Mengajukan Aduan Pelanggan

Kekurangan mengajukan aduan pelanggan adalah kita harus melewati proses yang kadang panjang dan menyita waktu kita. Selain itu, penyelesaian masalah yang dihadapi tidak bisa langsung diperbaiki secara instan. Kita harus sabar menunggu.

Bagaimana Cara Mengajukan Aduan Pelanggan?

Cara mengajukan aduan pelanggan adalah :

  1. Memastikan masalah yang dihadapi
  2. Mencari informasi mengenai bagaimana cara mengajukan aduan pelanggan
  3. Menghubungi pihak layanan dengan rinci apa masalahnya
  4. Memberikan data-data untuk verifikasi dan memperjelas masalah yang dialami
  5. Mencatat nomor tiket/aduan dari pihak layanan

Contoh Aduan Pelanggan yang Bikin Lucu

Sekarang kita sudah mengetahui apa itu aduan pelanggan. Namun, aduan pelanggan kadang bisa bikin ketawa abis karena tingkah konyol yang dilakukan pelanggan.

Foto Contoh Aduan Pelanggan

Kisah Pelanggan Aneh yang Bikin Ngakak

Sekumpulan aduan pelanggan di bawah ini jadi bukti bahwa memang kelakuan pelanggan tak bisa diprediksi. Langsung ketawa deh bacanya

1. Definisi Perenang

Saat perempuan ini menghubungi pihak hotel yang ia tempati, ia berkata, “Sudah satu jam saya mencoba mencari acara perenang tapi ga bisa-bisa. Kenapa sih hotel ini menyediakan kolam renang kalau ga ada perenang nya.” Pelanggan ini benar-benar tidak tahu definisi perenang.

2. DIY Link

Seseorang yang mengeklaim sebagai konsumen Mingguan Wanita menghubungi kantor koran tersebut dan meminta kabar daerahnya dalam bentuk link. Proses interaksi terus berlanjut dan bingung mereka saat pelanggan merespons dengan, “Sudah, tenang saja. Saya sendiri akan mencari linknya dan kirim lagi ke sana kalau menemukannya.” Ya ampun, jadi pelanggan yang cari informasi atau sekedar ringkasan artikel saja kok susah ya?

3. Jadwal Penerbangan

Mengeluh saat terbang dengan pesawat, seorang pelanggan meminta agar pilot membuat pengumuman selama pada ketinggian 30.000 kaki. Ia menginginkan informasi mengenai kota kecil di bawahnya dan waktu kunjungannya di hari berapa.

4. Buku Review Negatif

Adam Ferrier mendapat sebuah review untuk buku terbarunya, “The Advertising Effect,” dari Amazon, yang berjudul “Bukunya buruk, saya tidak suka.” Ferrier mengaku sempat terkesan dengan isian buku berikut review semacam ini.

5. Beli Semuanya

Suatu ketika pelanggan di restoran fast food menyerahkan selembar kembalian lumayan banyak kepada kasir sembari berkata, “Mbak, maaf. Cobain deh makanan semua dan ngasih tau saya mana yang paling enak. Sisanya kalo ga enak diganti aja”. Hmmm pelanggan yang masih ragu-ragu memilih.

6. Rebutan Bantal

“Apa masa sih pak Budi ngejual bantalnya!” begitu isi permintaan seorang pelanggan melalui email. “Saya memerlukan dua bantal kecil ini untuk tawaran saya. Bersedia membayar antara $20 – $30 untuk setiap satu bantal. Tapi tolong tidak jual ke orang lain ya.” Hahahaha, ini pelanggan salon atau pabrik bantal?

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Keluhan yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment