Contoh Surat Keterangan Masih Bekerja

Surat keterangan adalah dokumen penting yang dibutuhkan dalam berbagai keperluan, termasuk dalam melamar pekerjaan, melanjutkan studi, serta mengajukan pinjaman. Berikut ini kami akan memberikan contoh surat keterangan masih bekerja dalam bahasa Inggris, serta 30+ contoh surat keterangan lulus kampus yang bisa menjadi referensi Anda.

Contoh Surat Keterangan Masih Bekerja Dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh surat keterangan masih bekerja dalam bahasa Inggris:

Contoh Surat Keterangan Masih Bekerja Dalam Bahasa Inggris

Apa itu surat keterangan masih bekerja?

Surat keterangan masih bekerja adalah dokumen resmi yang mencantumkan bahwa seseorang masih aktif bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi tertentu. Dokumen ini bisa diminta oleh berbagai pihak, seperti bank, pemberi beasiswa, ataupun perusahaan lain yang sedang melakukan verifikasi pekerjaan.

Mengapa surat keterangan masih bekerja diperlukan?

Surat keterangan masih bekerja diperlukan sebagai bukti bahwa seseorang masih bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi. Dokumen ini biasanya diminta oleh berbagai pihak dalam berbagai keperluan, seperti untuk pengajuan kredit, verifikasi pekerjaan, atau verifikasi syarat-syarat beasiswa.

Kapan surat keterangan masih bekerja harus disertakan?

Surat keterangan masih bekerja harus disertakan ketika diminta oleh berbagai pihak dalam berbagai keperluan. Anda dapat bertanya kepada pihak yang meminta dokumen tersebut mengenai kapan dokumen tersebut harus diserahkan.

Dimana bisa mendapatkan surat keterangan masih bekerja?

Surat keterangan masih bekerja bisa diperoleh dari perusahaan atau organisasi tempat Anda bekerja. Biasanya, dokumen ini diterbitkan oleh bagian kepegawaian atau HRD. Anda juga bisa meminta kepada atasan langsung Anda untuk meminta dokumen tersebut.

Kelebihan surat keterangan masih bekerja

Surat keterangan masih bekerja memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Menjadi bukti yang kuat bahwa seseorang masih aktif bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi.
  2. Bisa digunakan dalam berbagai keperluan, seperti untuk pengajuan kredit, verifikasi pekerjaan, atau verifikasi syarat-syarat beasiswa.
  3. Dapat mempermudah proses verifikasi dan menghindari tindakan penipuan.

Kekurangan surat keterangan masih bekerja

Surat keterangan masih bekerja juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Hanya mencantumkan bahwa seseorang masih aktif bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi, sehingga hanya memberikan informasi terbatas.
  2. Tidak memberikan informasi terperinci mengenai posisi, tanggung jawab, maupun kinerja karyawan yang bersangkutan.
  3. Dapat disusupi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan penipuan atau untuk keperluan lain yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana cara membuat surat keterangan masih bekerja?

Berikut adalah langkah-langkah membuat surat keterangan masih bekerja:

  1. Permintaan surat keterangan masih bekerja bisa dilakukan kepada bagian kepegawaian atau HRD perusahaan tempat Anda bekerja. Anda juga bisa meminta kepada atasan langsung Anda untuk membuatkan surat tersebut.
  2. Isikan formulir yang disediakan dengan lengkap dan jelas. Jangan lupa menyertakan nama lengkap, nomor identitas, posisi atau jabatan, serta keterangan lengkap mengenai masa kerja.
  3. Sertakan informasi kontak, termasuk nomor telepon dan alamat email, untuk memudahkan proses verifikasi.
  4. Jika dokumen tersebut diminta dalam bahasa Inggris, pastikan untuk menyebutkan bahwa dokumen tersebut harus diterbitkan dalam bahasa Inggris.
  5. Tunggu proses pengesahan surat keterangan masih bekerja oleh bagian kepegawaian atau HRD perusahaan tempat Anda bekerja, biasanya proses pengesahan memerlukan waktu yang cukup lama.
  6. Setelah proses pengesahan selesai, Anda bisa mengambil dokumen tersebut untuk selanjutnya digunakan sesuai keperluan.

Contoh surat keterangan masih bekerja dalam bahasa Inggris:

Contoh Surat Keterangan Masih Bekerja Dalam Bahasa Inggris

Surat Keterangan Masih Bekerja

To Whom It May Concern,

This is to certify that (nama karyawan) is still currently employed with (nama perusahaan) as (posisi karyawan) since (waktu mulai bekerja).

Should you need further information, please do not hesitate to contact us.

Sincerely,

(nama dan jabatan HRD)

30+ Surat Keterangan Lulus Kampus – Contoh Surat Ide

Berikut ini adalah 30+ contoh surat keterangan lulus kampus yang bisa menjadi referensi Anda:

  1. Contoh 1
  2. Untuk melengkapi persyaratan penerimaan kerja, saya melampirkan Fotokopi Ijazah S1 jurusan Ilmu Komunikasi dari Universitas (nama universitas) dan transkrip nilai dengan IPK 3,27 untuk dijadikan pertimbangan.

  3. Contoh 2
  4. Surat ini diberikan untuk menegaskan bahwa (nama mahasiswa) telah berhasil menyelesaikan program studi Sarjana (nama jurusan) dan lulus dengan predikat (keterangan predikat), sesuai dengan peraturan dan standar pendidikan yang berlaku di Universitas (nama universitas).

  5. Contoh 3
  6. Dengan ini menyatakan bahwa (nama mahasiswa) telah menyelesaikan studinya di Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas (nama universitas) dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang memuaskan yaitu (nilai IPK) pada tanggal (tanggal kelulusan).

  7. Contoh 4
  8. Untuk keperluan seleksi pekerjaan (nama perusahaan), terlampir kami sampaikan fotokopi Ijazah Program Sarjana (S1) Jurusan Arsitektur dari (nama universitas) dengan Nomor Registrasi (nomor registrasi) dan Transkrip Nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) (IPK mahasiswa) untuk menjadi pertimbangan dalam proses seleksi rekrutmen kerja.

  9. Contoh 5
  10. Dengan hormat, bersama ini kami sampaikan bahwa (nama mahasiswa) telah dinyatakan lulus dari Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas (nama universitas) Tahun Akademik 2021/2022.

  11. Contoh 6
  12. Mohon kesediaan pihak yang berwenang untuk melihat kelulusan saya dan kami bersyukur jika diterima di (nama perusahaan) untuk bekerja di bidang (nama bidang kerja) sesuai dengan kemampuan dan kualifikasi yang telah direkomendasikan oleh universitas kami.

  13. Contoh 7
  14. Dengan Hormat,

    Dengan ini saya kami sampaikan bahwa (nama mahasiswa) telah menyelesaikan studinya pada Fakultas Teknik Universitas (nama universitas), dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) (IPK mahasiswa), pada tanggal (tanggal kelulusan).

    Surat keterangan ini diberikan untuk kepentingan pengajuan tesis Magister (nama jurusan) pada Program Magister Universitas (nama universitas).

  15. Contoh 8
  16. Dengan Hormat,

    Dengan surat ini, kami berikan tanggapan atas permintaan dari (nama mahasiswa) yang meminta surat Keterangan Lulus sebagai syarat dalam pengajuan Beasiswa Program (nama beasiswa) pada (nama perusahaan).

    Setelah memeriksa rekam jejak perkulaihan, kami menyatakan bahwa (nama mahasiswa) telah berhasil menyelesaikan Program Sarjana Teknik Industri pada Fakultas Teknik Universitas (nama universitas).

    Dengan IPK yang diraihnya sebesar (nilai IPK), disematkan dengan predikat (predikat kelulusan), sesuai dengan kebijakan Fakultas Teknik Universitas (nama universitas).

  17. Contoh 9
  18. Dengan Hormat,

    Kami menyatakan dengan sesungguhnya bahwa (nama mahasiswa) telah berhasil menyelesaikan Program Studi Sarjana (S1) Jurusan Komunikasi pada Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas (nama universitas) pada tahun (tahun kelulusan).

    Dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang diperoleh sebesar (nilai IPK), (nama mahasiswa) dinyatakan berhasil menyelesaikan studi pada kurun waktu tiga tahun yang telah ditetapkan. (Nama Mahasiswa) juga mendapatkan predikat (predikat kelulusan) oleh Fakultas Ilmu Komunikasi dalam Tahun Akademik yang bersangkutan.

  19. Contoh 10
  20. Dalam rangka keperluan pengajuan Beasiswa (nama beasiswa) pada (nama perusahaan), saya memerlukan surat Keterangan Lulus sebagai salah satu persyaratan pengajuannya. Dengan mempergunakakan surat ini, saya mohon untuk meliputi hal-hal sebagai berikut :

    • Surat Keterangan Lulus S1 Jurusan Hukum
    • Transkrip Nilai yang telah di legalisir

    Saya bersama keluarga sangat berterima kasih atas kerjasama dan pengertiannya.

  21. Contoh 11
  22. Surat ini diberikan kepada (nama perusahaan) untuk kelengkapan syarat melamar kerja. Surat ini menegaskan bahwa (nama mahasiswa) telah berhasil menyelesaikan program studi Diploma 3 pada jurusan Teknik Elektro Politeknik (nama politeknik) dengan rata-rata nilai (nilai rata-rata) dan tanggal kelulusan (tanggal kelulusan). Surat keterangan ini dibuat oleh pihak fakultas Teknik Elektro dengan maksud untuk memberikan informasi mengenai pendidikan terakhir dari mahasiswa tersebut.

  23. Contoh 12
  24. Kepada pihak yang berwenang,

    Dalam rangka pengajuan Beasiswa Pendidikan Magister di Universitas (nama universitas), saya memerlukan surat keterangan lulus sebagai salah satu dari persyaratan yang harus dipenuhi.

    Saya menyatakan bahwa saya telah menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknik Komputer pada jurusan Teknik Informatika di Universitas (nama universitas) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) (nilai IPK), dan telah dinyatakan lulus.

    Oleh karena itu, mohon kiranya pihak yang berwenang dapat memberikan surat keterangan lulus kepada saya untuk keperluan di atas. Demikianlah surat permohonan ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

  25. Contoh 13
  26. Kepada Yth,

    Dalam rangka pengajuan Beasiswa S2 Magister Teknik Sipil, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

    • Nama : (nama mahasiswa)
    • Tempat dan Tanggal Lahir : (tempat lahir, tanggal lahir)
    • Alamat : (alamat lengkap mahasiswa)
    • Pekerjaan : Pegawai

    Memohon kesediaan Bapak Rektor Universitas (nama universitas), untuk diberikan surat keterangan lulus, berdasarkan:

    • Nama Mahasiswa : (nama mahasiswa)
    • NPM Mahasiswa : (npm mahasiswa)
    • Jurusan : (jurusan mahasiswa)
    • Provinsi tahun lulus : Kepulauan Riau Tahun 2012

    Untuk kepentingan pengajuan Beasiswa S2 Magister Teknik Sipil pada (nama perusahaan).

    Demikianlah surat permohonan ini saya buat, atas perhatian dan bantuan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

  27. Contoh 14
  28. Dalam rangka pengajuan Beasiswa Luar Negeri (nama beasiswa) perlulah disertakan Surat Keterangan Lulus S1 bagi yang belum melanjutkan ke S2.

    Berdasarkan hal tersebut, dengan hormat saya mohon bantuan kepada pihak yang berwenang untuk memberikan surat keterangan lulus kepada saya. Hal ini disampaikan atas keperluan pengajuan beasiswa luar negeri pada (nama perusahaan) dengan contoh atau format sebagai berikut :

    • Nama : (nama mahasiswa)
    • NPM : (npm mahasiswa)
    • Jurusan : (jurusan mahasiswa)
    • Konsentrasi : (konsentrasi jurusan mahasiswa)
    • Jumlah SKS : (jumlah sks yang ditempuh)
    • IPK : (nilai ipk yang diperoleh)
    • Tanggal Kelulusan : (tanggal kelulusan mahasiswa)

    Demikianlah surat permohonan ini saya buat, atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  29. Contoh 15
  30. Surat Permohonan Surat Keterangan Lulus Pendidikan D3 dan Nilai Akhir Mata Kuliah

    Kepada Yth,

    Dalam rangka pengajuan data untuk menjadi petugas (nama perusahaan) tahun ini, untuk pel

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Keterangan Masih Bekerja yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment