Contoh Surat Lamaran Indomaret Tulis Tangan

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Surat lamaran kerja tulis tangan adalah sebuah surat yang berisi permohonan untuk mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan. Surat ini ditujukan untuk memperkenalkan diri dan menawarkan diri sebagai calon karyawan yang sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan yang dicari oleh perusahaan. Surat lamaran kerja tulis tangan menjadi salah satu cara yang umum digunakan oleh para pencari kerja untuk mencari pekerjaan yang diinginkan, termasuk menjadi karyawan di Indomaret.

Apa itu Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan?

Surat lamaran kerja tulis tangan adalah surat yang ditulis dengan tangan dan memuat informasi lengkap tentang pencari kerja dan motivasi mengapa ia ingin bekerja di perusahaan tersebut. Surat ini biasanya dilampirkan dengan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) yang juga ditulis dengan tangan atau menggunakan mesin tik. Surat lamaran kerja tulis tangan biasanya menjadi salah satu persyaratan dalam proses seleksi karyawan di sebuah perusahaan.

Mengapa Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan?

Ada beberapa alasan mengapa membuat surat lamaran kerja tulis tangan. Pertama, surat lamaran kerja tulis tangan menunjukkan keseriusan dan kejujuran Anda dalam mencari pekerjaan. Kedua, surat lamaran kerja tulis tangan memberikan kesempatan untuk menunjukkan kepribadian dan kualifikasi yang dimiliki oleh pencari kerja. Ketiga, surat lamaran kerja tulis tangan dapat membedakan diri antara pencari kerja lain yang hanya mengirimkan surat lamaran kerja dalam format digital atau email.

Kapan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Dibuat?

Surat lamaran kerja tulis tangan biasanya dibuat ketika ada lowongan pekerjaan yang dibuka oleh sebuah perusahaan. Surat ini dibuat sebagai salah satu syarat untuk mengajukan permohonan menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Jika ingin mengirimkan surat lamaran kerja tulis tangan, pastikan bahwa pekerjaan yang dilamar memang sesuai dengan kualifikasi dan minat Anda.

Dimana Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Dikirimkan?

Surat lamaran kerja tulis tangan bisa dikirimkan langsung ke kantor pusat perusahaan atau melalui pos. Jika mengirimkan surat lamaran kerja melalui pos, pastikan untuk mengecek alamat dan kode pos perusahaan yang tepat. Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan untuk membaca kembali dan memeriksa surat tersebut agar tidak ada kesalahan atau typo pada penulisan.

Kelebihan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Kelebihan dari surat lamaran kerja tulis tangan antara lain:

  • Lebih personal dan menunjukkan keseriusan daerah pencari kerja dalam melamar pekerjaan
  • Memberikan kesempatan untuk menunjukkan kualifikasi dan kepribadian diri yang mencari kerja
  • Memiliki peluang lebih besar untuk diabaikan oleh perekrut online

Kekurangan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Ada beberapa kekurangan dari surat lamaran kerja tulis tangan, yaitu:

  • Membutuhkan waktu dan usaha lebih besar dalam membuat surat lamaran kerja
  • Tidak praktis jika berlaku untuk banyak pekerjaan
  • Bisa terkena masalah seperti sulit dibaca dan terlalu rapi sehingga terlihat tidak asli

Bagaimana Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan?

Jika Anda ingin membuat surat lamaran kerja tulis tangan, pastikan surat tersebut memuat informasi yang dibutuhkan dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Berikut ini adalah cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan:

  1. Perkenalkan diri Anda secara singkat
  2. Sebutkan tujuan dari surat lamaran kerja Anda
  3. Jelaskan pengalaman kerja atau kualifikasi pendidikan yang Anda miliki
  4. Sertakan alasan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut
  5. Kenalkan diri Anda lebih lanjut dan sertakan informasi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar
  6. Mintalah pengumuman tentang posisi yang dilamar dan waktu yang tepat untuk mengikuti interview jika memungkinkan
  7. Berikan tanda tangan pribadi pada surat lamaran kerja Anda

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Indomaret

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan berikut ini dapat menjadi panduan bagi Anda jika ingin melamar pekerjaan di Indomaret:

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Indomaret

Nama : Ana Andari

Alamat : Jl. K.H. Hasyim Ashari No. 50, Jakarta

No. HP : 0812345678

Email : [email protected]

Kepada Yth.,

Manajer HRD Indomaret

Alamat Perusahaan

Tanggal

Dengan hormat,

Saya Ana Andari, ingin mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan di Indomaret. Saya tertarik dengan posisi kasir yang tersedia dan merasa memiliki kualifikasi yang cocok dengan persyaratan yang dibutuhkan.

Sebagai seorang lulusan dari Universitas Indonesia, saya memiliki pengalaman dalam bekerja di bidang kasir selama 2 tahun. Selama bekerja, saya telah menguasai skill dalam melayani konsumen dengan baik, menjaga ketersediaan produk di kasir, hingga memastikan bahwa jumlah uang dalam kasir selalu seimbang. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan mengoperasikan mesin kasir dan perangkat lain yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut.

Saya tertarik untuk bergabung dengan Indomaret karena merasa bahwa perusahaan ini memberikan peluang karir dan pengembangan yang baik bagi karyawan. Selain itu, Indomaret dikenal sebagai jaringan minimarket terbesar di Indonesia, yang menunjukkan bahwa perusahaan ini memiliki reputasi yang baik dan dapat diandalkan.

Saya sangat mengharapkan kesempatan untuk dapat bergabung bersama Indomaret dan memberikan kontribusi yang terbaik bagi perusahaan. Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat saya,

Ana Andari

Penutup

Surat lamaran kerja tulis tangan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menunjukkan keseriusan dan kejujuran kita dalam mencari pekerjaan. Meski memiliki kekurangan seperti sulit untuk dibaca dan membutuhkan waktu dan usaha lebih besar dalam pembuatan, surat lamaran kerja tulis tangan tetap menjadi pilihan bagi beberapa pencari kerja. Pastikan memahami bagaimana cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar agar memiliki peluang lebih besar untuk diterima oleh perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan di Indomaret atau perusahaan lainnya.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Lamaran Indomaret Tulis Tangan yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment