Contoh Surat Lamaran Kerja Dari Teman

Pada saat ini, mencari pekerjaan mungkin merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Memang ada banyak cara untuk mencari pekerjaan, salah satunya adalah dengan mencari informasi dari orang-orang di sekitar kita. Seperti yang diketahui, teman-teman kita seringkali memiliki informasi mengenai lowongan pekerjaan yang mungkin cocok dengan profil kita. Karena itu, kita dapat membuat surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi Dari Teman

Sebelum kita membuat surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman, kita harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Apa Itu Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi Dari Teman?

Surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman adalah surat yang dibuat ketika kita mengetahui ada lowongan pekerjaan yang cocok dengan profil kita dari teman. Dalam surat lamaran ini, kita akan menyebutkan bahwa kita mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut dari teman.

Mengapa Harus Membuat Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi Dari Teman?

Ada beberapa keuntungan jika kita membuat surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman. Pertama, teman kita sudah lebih dulu mengetahui lowongan pekerjaan tersebut sehingga kita bisa langsung mengajukan lamaran. Kedua, jika teman kita sudah diterima di perusahaan tersebut akan lebih mudah bagi kita untuk diterima juga.

Kapan Harus Membuat Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi Dari Teman?

Ketika kita mengetahui ada lowongan pekerjaan dari teman dan merasa cocok dengan profil yang dibutuhkan, maka itu adalah waktu yang tepat untuk membuat surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman.

Di Mana Harus Membuat Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi Dari Teman?

Surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman dapat dibuat di rumah atau di tempat kerja kita saat ini. Hal ini tergantung dari kesediaan dan kenyamanan kita dalam membuat surat lamaran tersebut. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kesopanan dalam membuat surat lamaran.

Apa Kelebihan Membuat Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi Dari Teman?

Kelebihan dari membuat surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman adalah kita dapat langsung mengajukan lamaran dengan lebih percaya diri. Selain itu, kita juga memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk diterima karena kita sudah memiliki referensi dari teman kita yang bekerja di perusahaan tersebut.

Apa Kekurangan Membuat Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi Dari Teman?

Kekurangan dari membuat surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman adalah jika teman kita salah memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut atau ada ketidakcocokan antara kita dengan profil yang dibutuhkan. Hal ini dapat menjadikan usaha kita sia-sia.

Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi Dari Teman?

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman:

  1. Buka sebuah dokumen kosong di Microsoft Word atau aplikasi pengolah kata lainnya.
  2. Isi data diri pada bagian yang sudah tersedia.
  3. Tuliskan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang didapat dari teman kita pada bagian awal surat.
  4. Isi surat dengan informasi mengenai diri kita, pengalaman kerja, keahlian, dan kualifikasi lain yang relevan dengan pekerjaan yang ingin dilamar.
  5. Tuliskan juga mengapa kita tertarik dengan pekerjaan tersebut dan apa yang bisa diberikan kepada perusahaan.
  6. Sebelum menyimpan dan mencetak surat lamaran tersebut, pastikan kita sudah melakukan pengecekan ulang agar tidak ada kesalahan dalam penulisan.
  7. Cetak surat lamaran tersebut dan siapkan untuk dikirim ke perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informasi Dari Teman

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman:

Pengalaman Kerja

Saya memiliki pengalaman kerja selama tiga tahun sebagai sales di perusahaan X. Selain itu, saya juga pernah bekerja di perusahaan Y sebagai marketing selama satu tahun.

Keahlian

Saya memiliki keahlian dalam melakukan presentasi, negosiasi, dan juga follow-up dengan calon pelanggan. Saya juga memiliki kemampuan dalam mengembangkan strategi pemasaran dan menciptakan kreativitas dalam hal pemasaran.

Motivasi

Saya tertarik dengan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan ini karena dapat memberikan tantangan dan juga kebebasan dalam berpikir kreatif. Selain itu, saya juga tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini dan memiliki motivasi untuk dapat membantu meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

Dalam membuat surat lamaran kerja berdasarkan informasi dari teman, kita harus memperhatikan beberapa hal seperti apa itu, mengapa, kapan, dimana, kelebihan, kekurangan, bagaimana dan cara, contoh. Dengan begitu, kita akan dapat membuat surat lamaran yang baik dan dapat meningkatkan peluang untuk diterima kerja. Semoga informasi ini dapat membantu dalam mencari pekerjaan yang diinginkan.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Lamaran Kerja Dari Teman yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment