Contoh Surat Lamaran Kerja Di Pabrik Tulis Tangan

Menulis surat lamaran kerja merupakan langkah awal dalam mengajukan diri pada suatu perusahaan yang diinginkan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam menulis surat lamaran kerja, salah satunya adalah menulis secara tulis tangan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan

Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan tulis tangan yang bisa dijadikan referensi dalam menulis surat lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Apa itu Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan?

Surat lamaran kerja tulis tangan adalah surat lamaran kerja yang ditulis dengan tangan tanpa bantuan komputer atau mesin cetak. Surat lamaran kerja tulis tangan biasanya digunakan pada perusahaan yang belum menerapkan sistem pendaftaran secara online atau untuk posisi tertentu yang menuntut kemampuan menulis tangan yang baik.

Mengapa Harus Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan?

Menulis surat lamaran kerja tulis tangan memiliki beberapa kelebihan yaitu menjadi nilai plus bagi pelamar yang menunjukkan kemampuan menulis tangan yang baik, meningkatkan kepercayaan diri, dan menarik perhatian dari calon pekerjaan. Selain itu, surat lamaran kerja tulis tangan dapat menunjukkan keseriusan pelamar dalam mendaftar pada perusahaan terkait.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan?

Menulis surat lamaran kerja tulis tangan diperlukan ketika perusahaan yang diinginkan masih menggunakan sistem pendaftaran secara manual atau untuk posisi tertentu yang mensyaratkan kemampuan menulis tangan yang baik.

Dimana Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Biasanya Digunakan?

Surat lamaran kerja tulis tangan biasanya digunakan pada perusahaan yang belum menerapkan sistem pendaftaran online atau untuk posisi tertentu yang mensyaratkan kemampuan menulis tangan yang baik.

Kelebihan Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Menulis surat lamaran kerja tulis tangan memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  1. Menunjukkan kemampuan menulis tangan yang baik
  2. Menunjukkan keseriusan pelamar dalam mendaftar pada perusahaan terkait
  3. Meningkatkan kepercayaan diri
  4. Menarik perhatian dari calon pekerjaan

Kekurangan Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Menulis surat lamaran kerja tulis tangan juga memiliki beberapa kekurangan yaitu:

  1. Memerlukan waktu dan tenaga lebih
  2. Kesalahan penulisan sulit diubah
  3. Butuh kertas dan pena / pulpen
  4. Cetak huruf tidak sejajar dan kurang rapi

Bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar?

Berikut adalah langkah-langkah dalam menulis surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar.

1. Siapkan Alat-alat yang Dibutuhkan

Siapkan alat-alat tulis seperti pena atau pulpen, kertas, dan alat bantu seperti penghapus dan pengasah pensil.

2. Buat Rencana Teks

Membuat rencana teks akan membantu pelamar dalam merencanakan susunan isi surat lamaran kerja. Rencana teks dapat berupa kerangka surat lamaran atau point-point penting yang ingin disampaikan.

3. Tentukan Struktur Surat Lamaran Kerja

Struktur surat lamaran kerja tulis tangan berisi tentang susunan ruang lingkup surat, yaitu:

  1. Bagian Pembukaan
  2. Bagian Isi Surat Lamaran Kerja
  3. Bagian Penutup Surat Lamaran Kerja
  4. Bagian Tanda Tangan

4. Buat Kerangka Konten Surat Lamaran Kerja

Untuk memudahkan pelamar dalam menulis surat lamaran kerja tulis tangan, penting untuk membuat kerangka konten surat lamaran. Hal ini dapat membantu pelamar dalam menyusun paragraf dan alur pembahasan yang mudah dipahami oleh pihak perusahaan.

5. Tuliskan Isi Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Isi surat lamaran kerja tulis tangan harus mencakup alasan mengapa pelamar ingin bekerja pada perusahaan terkait, latar belakang pendidikan dan sertifikasi yang dimiliki, pengalaman kerja yang relevan, dan kualifikasi lain yang bisa mendukung pelamar dalam posisi yang dilamar.

6. Periksa Ulang Surat Lamaran Kerja

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja tulis tangan, pastikan untuk memeriksanya dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan penulisan atau struktur yang kurang baik.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan

Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan tulis tangan yang bisa dijadikan referensi dalam menulis surat lamaran kerja.

Dengan menjaga beberapa hal dan tips di atas, diharapkan kamu bisa menulis surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar sehingga bisa meningkatkan peluang untuk diterima bekerja pada perusahaan impianmu.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Lamaran Kerja Di Pabrik Tulis Tangan yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment