Contoh Surat Lamaran Kerja Di Toko Baju

Selamat datang di artikel kami tentang contoh surat lamaran kerja dan paklaring yang di tulis tangan untuk toko roti. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi lengkap tentang contoh surat lamaran kerja dan paklaring beserta dengan apa itu, mengapa dibutuhkan, kapan harus di tulis, dimana harus di tulis, kelebihan, kekurangan, bagaimana cara membuatnya dan beberapa contoh surat lamaran kerja dan paklaring yang dapat membantu anda dalam menulis surat lamaran kerja dan paklaring.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Di Toko Roti

Berikut ini, kami memberikan beberapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan di toko roti:

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Di Toko Roti

Apa itu Surat Lamaran Kerja dan Paklaring?

Surat lamaran kerja adalah sebuah surat yang digunakan untuk melamar sebuah pekerjaan ke perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran kerja biasanya mengandung informasi pribadi, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan alasan mengapa pelamar tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Di sisi lain, paklaring adalah singkatan dari pernyataan klarifikasi. Paklaring atau klarifikasi adalah surat pengantar dari penjamin yang menyatakan bahwa si penerima surat tersebut adalah orang yang terpercaya dan memiliki integritas yang baik.

Mengapa Dibutuhkan Surat Lamaran Kerja dan Paklaring?

Surat lamaran kerja dibutuhkan untuk memberikan informasi lengkap tentang pelamar dan alasan mengapa pelamar tertarik bekerja di perusahaan tersebut. Surat lamaran kerja juga memberikan informasi tentang kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki pelamar sehingga perusahaan dapat menilai apakah pelamar cocok untuk posisi yang tersedia atau tidak.

Sedangkan paklaring dibutuhkan sebagai bukti bahwa si penerima surat tersebut memang memiliki integritas yang baik dan dapat dipercaya oleh perusahaan. Paklaring juga memberikan rasa percaya diri bagi perusahaan untuk memperkerjakan si penerima surat tersebut.

Kapan Harus Menulis Surat Lamaran Kerja dan Paklaring?

Surat lamaran kerja dan paklaring harus ditulis saat anda ingin melamar pekerjaan dan membutuhkan rekomendasi dari penjamin. Biasanya, surat lamaran kerja dan paklaring di tulis saat anda mengajukan lamaran pekerjaan ke sebuah perusahaan atau instansi tertentu.

Dimana Harus Menulis Surat Lamaran Kerja dan Paklaring?

Surat lamaran kerja dan paklaring dapat di tulis di mana saja asalkan anda memiliki tempat dan waktu yang cukup untuk menulis. Biasanya, surat lamaran kerja dan paklaring di tulis di rumah atau di kantor.

Kelebihan Membuat Surat Lamaran Kerja dan Paklaring

Berikut adalah beberapa kelebihan dari membuat surat lamaran kerja dan paklaring:

  • Memberikan informasi lengkap tentang pelamar
  • Memberikan informasi tentang kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki pelamar
  • Memberikan rasa percaya diri bagi perusahaan untuk memperkerjakan si penerima surat
  • Meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan yang di inginkan

Kekurangan Membuat Surat Lamaran Kerja dan Paklaring

Meskipun surat lamaran kerja dan paklaring memiliki banyak kelebihan, namun ada juga beberapa kekurangan yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Membuat surat lamaran kerja dan paklaring memerlukan waktu dan tenaga yang cukup
  • Surat lamaran kerja dan paklaring dapat di tolak oleh perusahaan
  • Tidak semua perusahaan memerlukan surat lamaran kerja dan paklaring

Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Paklaring?

Berikut adalah cara mudah untuk membuat surat lamaran kerja dan paklaring:

  1. Tuliskan identitas pribadi, di mana pada surat lamaran kerja, identitas pribadi meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, dan alamat terbaru. Sedangkan pada surat paklaring, identitas pribadi meliputi nama dan nomor identitas unik.
  2. Deskripsikan kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki, di mana pada surat lamaran kerja, kualifikasi dan pengalaman dapat meliputi pendidikan terakhir, pengalaman kerja sebelumnya, bahasa yang dikuasai, dan keahlian lain yang dimiliki. Sedangkan pada surat paklaring, deskripsikan kualifikasi dan pengalaman yang anda miliki di mata si penjamin surat tersebut sehingga memudahkan si penjamin untuk memberikan rekomendasi.
  3. Jelaskan alasan anda tertarik pada posisi pekerjaan yang sedang di buka, di mana pada surat lamaran kerja, jelaskan mengapa anda tertarik pada posisi yang sedang di buka. Pada surat paklaring, jelaskan hubungan anda dengan si penjamin surat beserta latar belakangnya, misalnya anda adalah teman atau rekan kerja yang sudah bertahun-tahun bekerja bersama.
  4. Jelaskan tujuan untuk melamar pekerjaan, di mana pada surat lamaran kerja, jelaskan mengapa anda yakin diri untuk dapat mengisi posisi pekerjaan tersebut dan bagaimana anda akan berkontribusi pada perusahaan. Sedangkan pada surat paklaring, jelaskan tujuan anda untuk meminta rekomendasi dari si penjamin. Misalnya karena anda ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan atau instansi tertentu.
  5. Tutup surat dengan kalimat terimakasih, di mana pada surat lamaran kerja, tutup surat dengan kalimat mengucapkan terima kasih di akhir surat. Sedangkan pada surat paklaring, tutup surat dengan kalimat mohon perhatian dan bantuan dari si penjamin sekiranya ada hal yang masih membutuhkan klarifikasi dalam surat tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Di Toko Roti

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan di toko roti yang dapat anda gunakan sebagai referensi:

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Di Toko Roti

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Toko Roti X

Di tempat

Dengan hormat,

Selamat malam, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Bella Pratiwi

Tempat / tanggal lahir : Jakarta, 11 April 1995

Alamat : Jl. Boulevard Raya. No. 5. Kel. Renon, Kec. Denpasar Selatan. Kota Denpasar.

Pendidikan terakhir : D3 Manajemen

Menulis surat lamaran untuk melamar pekerjaan sebagai kasir di Toko Roti X. Saya tertarik dengan posisi yang sedang di buka di Toko Roti X, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, dan saya ingin membuktikan bahwa saya memiliki kualifikasi yang disyaratkan untuk pekerjaan ini.

Saya pernah bekerja di sebuah restoran selama lebih dari 1 tahun. Selama bekerja di sana, saya bertanggung jawab atas pengaturan kasir, transaksi uang, serta layanan pelanggan. Selain itu, saya memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, terutama dalam penggunaan program yang berhubungan dengan perhitungan keuangan, misalnya excel.

Pada posisi kasir di Toko Roti X, saya merasa bahwa saya dapat memberikan pengalaman belanja yang baik kepada para pelanggan. Saya akan bekerja sesuai rencana dan mengutamakan kualitas pelayanan di atas segalanya. Saya yakin, dengan pengalaman dan kualifikasi yang saya miliki, saya akan dapat berkontribusi pada Toko Roti X.

Demikianlah surat lamaran ini saya buat dengan penuh rasa hormat dan ketulusan hati, besar harapan saya untuk dapat diundang untuk wawancara kerja. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan untuk mengirim surat lamaran ini.

Hormat saya,

Bella Pratiwi

Contoh Surat Paklaring

Berikut ini adalah contoh surat paklaring yang dapat anda gunakan sebagai referensi:

Contoh Surat Paklaring

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Toko Roti X

Di tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka mengajukan lamaran pekerjaan sebagai kasir di Toko Roti X, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Bella Pratiwi

No. KTP : 123456789 0000

Mohon bantuan dan perhatian Bapak/Ibu untuk memberikan rekomendasi serta klarifikasi mengenai integritas dan kualifikasi saya sebagai kandidat pekerja pada Toko Roti X. Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai kasir di sebuah restoran, saya dapat mengoperasikan program komputer terutama dalam penggunaan excel, serta memiliki kemampuan pelayanan pelanggan yang baik dan ramah. Saya sangat yakin, dengan dukungan dan rekomendasi dari Bapak/Ibu, saya dapat memperoleh pekerjaan di Toko Roti X dengan lancar.

Demikianlah surat permohonan klarifikasi dan rekomendasi ini saya ajukan. Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.

Hormat saya,

Bella Pratiwi

Sekian artikel mengenai contoh surat lamaran kerja tulis tangan di toko roti dan surat paklaring. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menulis surat lamaran kerja dan surat paklaring dengan baik dan benar. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Lamaran Kerja Di Toko Baju yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment