Contoh Surat Lamaran Kerja Kertas Folio

Berikut ini adalah dua contoh surat lamaran kerja yang ditulis tangan. Yuk simak apa itu, mengapa, kapan, dimana, kelebihan, kekurangan, bagaimana dan cara membuat surat lamaran kerja seperti contoh di bawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pertama

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pertama

Apa itu?

Surat lamaran kerja adalah sebuah surat yang dikirimkan oleh pelamar kerja kepada perusahaan atau institusi yang membuka lowongan kerja. Surat lamaran kerja berguna untuk memperkenalkan diri dan mengungkapkan kemampuan serta pengalaman yang dimiliki pelamar kerja. Saat membuat surat lamaran kerja, pastikan Anda membuatnya semenarik dan sejelas mungkin agar dapat menarik perhatian pihak perusahaan.

Mengapa?

Surat lamaran kerja dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan pengajuan lowongan kerja pada suatu perusahaan atau institusi. Tanpa surat lamaran kerja yang baik, kemungkinan besar pelamar kerja tidak akan dipertimbangkan oleh pihak perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat surat lamaran kerja semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian pihak perusahaan.

Kapan dan dimana?

Surat lamaran kerja dapat dikirimkan saat pelamar kerja menemukan lowongan yang sesuai dengan kemampuan dan kriteria dirinya. Pelamar kerja dapat mengirimkan surat lamaran kerja ke alamat email atau alamat kantor perusahaan. Pilihlah alamat yang dirasa paling mudah dijangkau dan sesuai dengan kriteria perusahaan atau institusi yang sedang membuka lowongan kerja.

Kelebihan

Membuat surat lamaran kerja secara tulis tangan memiliki beberapa kelebihan. Pertama, membuat surat lamaran kerja secara tulis tangan dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan tulis tangan pelamar kerja. Kedua, surat lamaran kerja tulis tangan lebih personal karena terasa seperti surat yang dikirimi langsung oleh pelamar kerja. Ketiga, surat lamaran kerja tulis tangan terkesan unik dan berbeda dari surat lamaran kerja pada umumnya yang hanya dicetak dengan menggunakan printer.

Kekurangan

Meskipun memiliki banyak kelebihan, membuat surat lamaran kerja secara tulis tangan juga memiliki kekurangan. Pertama, membuat surat lamaran kerja secara tulis tangan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak daripada membuatnya secara elektronik. Kedua, kemungkinan terjadi kesalahan penulisan pada surat lamaran kerja tulis tangan lebih besar dibandingkan dengan elektronik.

Bagaimana dan cara membuatnya?

Tahapan cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah draft surat lamaran kerja terlebih dahulu sebelum menuliskannya pada lembaran kertas folio bergaris.
  2. Kemudian, siapkan kertas folio bergaris ukuran A4 beserta pensil dan penghapus.
  3. Tulislah nama dan alamat lengkap pada bagian atas kertas folio berjarak 2 cm dari pinggir atas kertas.
  4. Selanjutnya, tuliskan alamat perusahaan atau institusi yang membuka lowongan kerja pada bagian bawah kertas folio dengan jarak 2,5 cm dari pinggir bawah kertas.
  5. Buatlah kalimat pembuka yang menarik.
  6. Jelaskan tentang kemampuan dan pengalaman Anda dan cara Anda dapat memberikan kontribusi pada perusahaan tersebut.
  7. Berikan penutup yang menunjukkan antusiasme dan rasa terima kasih.
  8. Periksa kembali surat yang telah Anda tulis dan hapus kesalahan penulisan jika ada.
  9. Jika sudah tidak ada kesalahan, tuliskan surat lamaran kerja pada kertas folio dengan tulisan tulangan tangan yang rapi dan jelas.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Kedua

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Kedua

Apa itu?

Surat lamaran kerja adalah sebuah surat yang ditulis oleh seorang pelamar kerja dan dikirimkan kepada pihak perusahaan atau institusi sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keahlian yang dimiliki.

Mengapa?

Surat lamaran kerja dibutuhkan untuk memberikan gambaran kepada pihak perusahaan bahwa Anda memiliki kemampuan dan keahlian yang diperlukan untuk posisi yang diinginkan. Dengan menulis surat lamaran kerja, Anda dapat mempresentasikan diri dan mengungkapkan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

Kapan dan dimana?

Surat lamaran kerja dapat ditulis dan dikirimkan ke perusahaan atau institusi ketika mereka membuka lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Surat lamaran kerja dapat dikirimkan melalui email, pos, atau diserahkan langsung ke kantor pihak perusahaan.

Kelebihan

Membuat surat lamaran kerja secara tulis tangan memiliki kelebihan. Surat lamaran kerja tulis tangan terkesan lebih personal dan menunjukkan keterampilan tulis tangan Anda yang bernilai baik dalam pekerjaan yang melibatkan banyak penulisan tangan, seperti menata arsip. Selain itu, surat lamaran kerja tulis tangan lebih unik dan terkesan lebih serius dibandingkan dengan surat lamaran kerja yang dibuat dengan menggunakan komputer.

Kekurangan

Meskipun membuat surat lamaran kerja secara tulis tangan memiliki kelebihan namun ada juga kekurangan yang perlu diperhatikan. Membuat surat lamaran kerja secara tulis tangan memerlukan usaha yang lebih besar daripada membuatnya secara elektronik. Selain itu, kemungkinan terjadi penulisan yang salah atau tinta yang bocor pada kertas juga lebih besar.

Bagaimana dan cara membuatnya?

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan:

  1. Siapkan kertas folio bergaris dan pensil.
  2. Tuliskan nama dan alamat Anda di sudut kiri atas kertas folio.
  3. Selanjutnya, tuliskan hari, tanggal, serta bulannya di bagian kanan atas.
  4. Kemudian, tuliskan alamat perusahaan atau institusi yang dituju pada baris berikutnya.
  5. Buat kalimat pembuka yang singkat dan menarik.
  6. Jelaskan diri Anda dan ungkapkan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi yang diinginkan.
  7. Sebutkan keahlian dan pengalaman yang dimiliki sesuai dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan atau institusi.
  8. Berikan penutup yang menunjukkan antusiasme dan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan.
  9. Periksa kembali surat yang telah Anda tulis dan hapus kesalahan penulisan jika ada.
  10. Jika sudah selesai, kirimkan surat lamaran kerja tersebut ke alamat perusahaan atau institusi yang dituju.

Demikianlah dua contoh surat lamaran kerja yang ditulis tangan dan cara membuatnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam membuat surat lamaran kerja agar lebih menarik dan memikat hati pihak perusahaan atau institusi yang dituju.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Lamaran Kerja Kertas Folio yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment