Contoh Surat Lamaran Tulis Tangan

Saat mencari pekerjaan, sangat penting untuk menunjukkan keahlian dan pengalaman secara penuh dalam surat lamaran kerja. Untuk beberapa orang, menulis surat lamaran mungkin menjadi tugas yang sulit, terutama jika surat lamaran ditulis dengan tangan. Namun, dengan waktu dan latihan, seseorang dapat menulis surat lamaran dengan tangan yang baik.

Cara Menulis Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara menulis surat lamaran kerja yang baik dengan tangan:

Contoh Surat Lamaran Kerja

Apa itu surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang dikirim ke perusahaan atau organisasi untuk mengajukan permohonan pekerjaan dalam suatu posisi. Surat lamaran kerja umumnya berisi informasi tentang keahlian, pengalaman kerja, visi, dan tujuan seseorang dalam mencari pekerjaan.

Mengapa surat lamaran kerja penting?

Surat lamaran kerja penting karena merupakan tanda pertama dari seorang calon pekerja yang ingin bekerja di suatu perusahaan atau organisasi. Surat lamaran kerja menunjukkan keterampilan dan keahlian seseorang, serta memberikan kesan pertama yang baik kepada para perekrut.

Kapan harus menulis surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja harus ditulis saat seseorang ingin mencari pekerjaan di suatu perusahaan atau organisasi. Surat lamaran kerja dapat dibuat setelah melihat informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia.

Dimana harus menulis surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja harus dikirim langsung ke perusahaan atau organisasi yang menawarkan lowongan pekerjaan. Surat lamaran kerja dapat dikirim melalui pos, email atau langsung diserahkan ke kantor perusahaan atau organisasi.

Kelebihan Menulis Lamaran Kerja dengan Tangan

Menulis surat lamaran kerja dengan tangan memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Menunjukkan keahlian menulis tangan yang baik
  • Memberikan kesan personal dan autentik
  • Cocok untuk melamar pekerjaan yang memerlukan kemampuan menulis tangan yang baik, seperti sekretaris atau asisten pribadi

Kekurangan Menulis Lamaran Kerja dengan Tangan

Menulis surat lamaran kerja dengan tangan juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Waktu yang lebih lama dibutuhkan untuk menulis surat lamaran kerja dengan tangan
  • Gangguan dan kesalahan penulisan lebih mungkin terjadi
  • Tidak cocok untuk melamar pekerjaan yang memerlukan kemampuan mengetik yang baik

Bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dengan tangan?

Berikut adalah beberapa tips dalam menulis surat lamaran kerja yang baik dengan tangan:

  1. Siapkan alat tulis yang tepat, misalnya pensil yang tajam, pulpen dengan tinta yang cukup gelap dan tidak mudah menyebar, serta kertas tulis yang berkualitas baik
  2. Gunakan ukuran kertas yang standar (A4) dan atur jarak spasi pada kertas agar tulisan terlihat rapi
  3. Gunakan bahasa yang baik dan benar serta mudah dipahami, hindari menggunakan kata-kata yang kasar atau jargon yang tidak diketahui para perekrut
  4. Cantumkan informasi yang relevan dan penting, seperti keahlian, pengalaman kerja, keterampilan, dan alasan mengapa ingin bekerja di perusahaan atau organisasi tersebut
  5. Periksa kembali kebenaran dan keakuratan penulisan serta pastikan tidak ada kesalahan pengetikan atau ejaan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Cv Tulis Tangan Yang Baik

Berikut adalah salah satu contoh surat lamaran kerja yang ditulis dengan tangan:

Yth. Pimpinan PT XYZ

Saya yang bertandatangan di bawah ini,

Nama: Dewi Haryati

Alamat: Jl. Merdeka No. 10, Jakarta Selatan

Telepon: 08123456789

Email: [email protected]

Dengan ini mengajukan permohonan untuk bergabung dan bekerja di PT XYZ sebagai Marketing Manager. Saya meyakini bahwa keahlian dan pengalaman kerja saya akan sangat berguna dan memberikan kontribusi positif dalam menunjang perkembangan bisnis perusahaan Anda.

Saya telah bekerja sebagai seorang Marketing Manager di perusahaan-perusahaan selama 5 tahun, dan memiliki kemampuan dalam membuat strategi pemasaran, mengkoordinasikan tim, dan melakukan analisis pasar. Selama masa kerja saya, saya telah berhasil meningkatkan penjualan produk secara signifikan dan mencapai target penjualan yang ditentukan.

Saya sangat tertarik dengan bidang pemasaran dan percaya bahwa bekerja di PT XYZ akan memberikan pengalaman baru serta kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian saya. Saya berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan bersedia bekerja dengan semangat yang tinggi serta mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di perusahaan.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dewi Haryati

Dengan mengikuti tips dan contoh surat lamaran kerja di atas, seseorang dapat menulis surat lamaran kerja yang baik dengan tangan dan meningkatkan kesempatan untuk berhasil mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Latihan dan konsistensi akan membantu seseorang untuk semakin terbiasa menulis surat lamaran kerja dengan tangan dan meningkatkan kualitas penulisannya.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Lamaran Tulis Tangan yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment