Contoh Surat Pengambilan Rapot

Sekarang ini, tak dapat dipungkiri bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan bukan hanya sekedar menuntut ilmu di sekolah namun juga meliputi semua aspek kehidupan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah pengambilan raport. Raport menjadi sebuah dokumen yang sangat penting bagi setiap pelajar karena didalamnya terdapat informasi mengenai prestasi dan perkembangannya selama satu semester. Dokumen ini pun dapat dijadikan bahan pertimbangan saat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun, ada kalanya peserta didik tidak mampu mengambil raportnya secara langsung. Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi. Mungkin saja memiliki jarak yang jauh dari sekolah, tidak memiliki waktu luang, atau beberapa sebab lainnya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah surat untuk mengambil raport tersebut.

Berikut adalah contoh surat dinas untuk mengambil raport:

Contoh Surat Dinas Undangan Pengambilan Rapot

Surat Raport

Apa itu surat dinas undangan pengambilan raport?

Surat dinas undangan pengambilan raport adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh pihak sekolah kepada wali murid atau peserta didik. Surat ini berisi informasi terkait waktu dan tempat pengambilan raport secara resmi.

Mengapa surat dinas undangan pengambilan raport diperlukan?

Surat dinas undangan pengambilan raport sangat penting untuk memudahkan wali murid atau peserta didik dalam mengambil rapot secara resmi tanpa harus menunggu lama di sekolah. Selain itu, dengan adanya surat dinas ini, pihak sekolah pun dapat meminimalisir adanya kerumunan dan mencegah penyebaran Covid-19.

Kapan surat dinas undangan pengambilan raport harus dibuat?

Surat dinas undangan pengambilan raport biasanya dibuat oleh pihak sekolah setelah semester berakhir. Waktu pengambilan raport yang ditentukan oleh pihak sekolah biasanya setelah kurang lebih sepekan setelah raport telah selesai dicetak dan diserahkan ke siswa.

Dimana surat dinas undangan pengambilan raport dapat ditemukan?

Surat dinas undangan pengambilan raport dapat diperoleh dengan cara melakukan tanya kepada pihak sekolah ataupun mengecek melalui platform online yang dimiliki oleh sekolah tempat anak anda sekolah. Setelah mendapatkan surat dinas undangan pengambilan raport, wali murid atau peserta didik harus mencetaknya sendiri dan membawa surat tersebut dihari yang telah disepakati.

Apa kelebihan dari menggunakan surat dinas undangan pengambilan raport?

Kelebihan dari penggunaan surat dinas undangan pengambilan raport yaitu sebagai salah satu bentuk tindakan pihak sekolah terhadap pandemi Covid-19 agar aman saat pengambilan raport. Selain itu, surat dinas ini dapat memudahkan wali murid atau peserta didik dalam mengambil raport.

Apa kekurangan dari menggunakan surat dinas undangan pengambilan raport?

Kekurangan dari penggunaan surat dinas undangan pengambilan raport yaitu surat ini hanya berlaku untuk satu kali pengambilan raport saja. Jadi, jika suatu saat nanti wali murid atau peserta didik ingin mengambil raport setelah waktu yang telah disepakati berlalu maka mereka harus membuat surat dinas yang baru.

Bagaimana cara pembuatan surat dinas undangan pengambilan raport?

Cara pembuatan surat dinas undangan pengambilan raport dapat dilakukan melalui program pengolah kata seperti Microsoft Word atau dengan penggunaan software surat resmi yang tersedia di internet. Yang perlu diperhatikan pada saat pembuatan surat dinas ini yaitu selalu gunakan bahasa yang sopan dalam tata bahasa yang baik agar isi surat tersebut dapat dipahami oleh pihak yang dituju.

Apa contoh format surat dinas undangan pengambilan raport?

Berikut adalah contoh format surat dinas undangan pengambilan raport:

PT. ABC

Jalan Utama No. 87

Surabaya, Jawa Timur

No :……… /ABC/V/..

Lampiran : –

Perihal : Undangan

Kepada Yth.

Orang Tua siswa/i kelas X 1

SMA ABC

Di Surabaya

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Semoga Bapak/Ibu dan keluarga selalu dalam keadaan sehat walafiat.

Sehubungan dengan telah selesainya pelaksanaan UTS kelas X semester 2 tahun ajaran 2019/2020, kami undang Bapak/Ibu sebagai orang tua wali murid siswa/i kelas X 1 di SMA ABC untuk mengambil rapor siswa/i sebagai berikut :

Hari : Senin

Tanggal :30 Mei 2020

Waktu : 08.00 – 12.00 WIB

Tempat: SMA ABC Surabaya

Untuk itu, mohon kesediaannya agar Bapak/Ibu dapat hadir atau mewakilkan seseorang dengan membawa surat ini pada hari, tanggal dan waktu yang telah ditentukan. Sesuai arahan dari pemerintah, dalam rangka memutuskan rantai Covid-19 maka diharapkan kepada seluruh siswa/i dan wali murid selalu memakai masker, membawa hand sanitizer dan menjaga jarak selama berada disekolah.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Surabaya, 25 Mei 2020

Kepala SMP ABC

Muhammad Ismail, M.Pd.

Itulah semua hal mengenai contoh surat dinas undangan pengambilan rapot. Semoga bermanfaat bagi semua wali murid ataupun peserta didik yang memerlukan. Dengan adanya surat ini akan memudahkan proses pengambilan rapot dan tentunya meminimalisir adanya kerumunan demi menjaga keamanan dan kesehatan kita dari pandemi Covid-19.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Pengambilan Rapot yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment