Contoh Surat Pengantar

Surat pengantar merupakan kebutuhan sehari-hari dalam urusan penting di kedinasan. Sebenarnya surat pengantar juga digunakan di kalangan RT dan RW dengan contoh untuk pembuatan KTP dan lain sebagainya. Namun dibeberapa perusahaan juga masih ada yang menggunakan surat pengantar, jadi tidak heran jika surat ini masih dipakai sehari-hari. Sehingga wajib Anda ketahui bagaimana cara membuat surat pengantar yang baik dan benar.

Surat pengantar merupakan surat resmi yang menggunakan bahasa dan penulisan yang baku, sehingga penulisannya tidak boleh asal-asalan. Karena dalam contoh surat pengantar harus menggunakan penulisan yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan atau EYD serta layaknya format penulisan surat resmi lainnya. Mulai dari nama pengirim surat, kemudian tanggal pembuatan surat tersebut, perihal surat, serta isi surat dan penutup surat. Di artikel ini akan dijelaskan beberapa contoh surat pengantar, mulai dari untuk dinas, RT, RW, kerja, hingga perusahaan dan kerjasama.

Contoh Surat Pengantar Dinas

Contoh surat pengantar dinas ini diharapkan dapat membantu Anda dalam membuat surat yang baik dan benar. Surat ini digunakan untuk karyawan di suatu CV yang dipercayakan oleh atasannya untuk dapat mengerjakan suatu tugas diluar perusahaan. Sehingga orang pihak ketiga dapat lebih yakin jika karyawan tersebut memegang surat pengantar dari suatu CV. Hal ini untuk menjaga berjalannya suatu kegiatan agar dapat lancar dan apabila terdapat hal buruk maka akan ada pertanggung jawabannya.

 

Surat Pengantar Dinas CV Sejahtera Abadi

Jl. Proklamasi No.3 Lampung, Sumatera Selatan

Telp. (0721) 332 7981. Fax (0721) 332 7981

Email : [email protected], Web : www.sejahteraabadi.com

SURAT PENGANTAR

Nomor : 823/XI/D921/2020

Berdasar rutinitas CV Sejahtera Abadi tiap tahunnya, yakni pekerjaan kantor cabang di Jakarta. Oleh karena itu kantor pusat akan mengirim salah seorang karyawan untuk lakukan pekerjaan itu. Berikut nama karyawan yang akan dikirim, yakni:

Nama        : Zainal

Jabatan    : Staff Produksi

NIP            : 2232133191

Dengan dikirimnya salah satunya karyawan itu, kami mengharap supaya pelajaran itu bisa berjalan dengan lancar serta di minta pada kantor cabang di Jakarta untuk memberi berkas-berkas yang diperlukan untuk kesuksesan serta kelancaran pelajaran dari kantor cabang CV Sejahtera Abadi di Jakarta.

Demikian surat pengantar ini kami berikan, atas perhatian serta kerjasamanya kami berterima kasih.

Lampung, 2 April 2020
Direktur Utama
CV Sejahtera Abadi,

Budi Santoso

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Cepat Diterima Kerja

Contoh Surat Pengantar RT

Saat ingin melamar pekerjaan di perusahaan atau lembaga, kemungkinan faksi perusahaan akan minta surat keterangan bertempat. Hal ini umumnya berlangsung jika hunian atau kota hunian tidak sesuai KTP yang dipunyai. Karena itu, untuk seorang yang ingin melamar pekerjaan minta surat pengantar bertempat, untuk menunjukkan jika memang sungguh masyarakat dalam tempat atau wilayah yang sedang ditempati. Berikut contoh surat pengantar dari ketua RT.

SURAT PENGANTAR DOMISILI

 

Saya yang bertanda tangan,
Ketua RT 22/RW 05 Bandung Barat menjelaskan bahwa :

Nama : Rizka Ayu

Tempat/Tanggal Lahir : Bekasi, 21 Maret 1996

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Pekerjaan : Staff PT Indo Sukses

Alamat Tempat Tinggal : JL. Kampung Sunda No. 18, Bandung

Nama tersebut adalah salah satu masyarakat saya yang bertempat di alamat itu, surat info ini akan dipakai untuk kebutuhan pekerjaan di tempat kerja.

Demikian surat ini saya bikin dengan sebetulnya serta dipakai seperti seharusnya.

Bandung, 14 Februari 2020

Ketua RT 22/RW 05 Bandung Barat

Baca juga : Contoh Surat Pribadi yang Menarik dan Sopan

Contoh Surat Pengantar Proposal

Dibawah ini akan dijelaskan contoh surat pengantar proposal bantuan dana kepada orang lain. Biasanya surat pengantar ini digunakan untuk menyelenggarakan acara yang kekurangan dana atau bisa juga untuk meminta bantuan dana ke masyarakat sekitar.

Surat Pengantar Proposal Bantuan Dana

Lomba Menulis Karya Ilmiah

Nomor           : 301/PAL/XI/2020

Lampiran      : 2 (dua) bendel proposal

Perihal           : Surat Pengantar Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth,

Bapak Wijaya Kasim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur atas kehadirat Alah SWT, yang sudah memberi nikmat sehat dan melimpahkan karunia pada kita. Terkait dengan perlombaan menulis karya ilmiah antar kota yang diadakan di Kota Malang, kami atas nama panitia mempunyai maksud untuk minta pertolongan dana pada Bapak Wijaya Kasim.

Pertolongan dana itu akan didistribusikan buat keperluan operasional perlombaan menulis karya ilmiah antar kota ini.

Demikian surat pengantar permintaan pertolongan dana ini kami bikin, besar kami harap atas pertolongan dana yang akan Bapak berikan. Atas perhatiannya kami berterima kasih.

Wassalamuallaikum warahmatullahi wabaraktuh

Malang, 30 Maret 2019
Mengetahui,

Ketua Pelaksana Lomba,
Adit Pratama

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Kerja yang Baik dan Benar di Perusahaan

Contoh Surat Pengantar Dokumen

Biasanya perusahaan akan menggunakan surat pengantar dokumen dalam keperluan tertentu, seperti contoh surat pengantar dokumen untuk laporan keuangan bulanan perusahaan. Tidak hanya perusahaan saja, pemerintah serta instansi, organisasi dan lembaga-lembaga juga saat ini masih menggunakan surat pengantar dokumen.

Surat Pengantar Dokumen Koperasi Simpati Raya

Desa Perakitan Kabupaten Pringharjo

Jl. Pemuda No. 32 Pringharjo

Telp. 021 423876 Email : [email protected]

Pringharjo, 19 Januari 2020

Nomor        : 21/11A/XX/2020

Lampiran   : 2 (dua) bendel

Perihal        : Surat Pengantar Laporan Bulanan

Kepada Yth,

Kepala Dinas Koperasi Simpati Raya

Pringharjo

 

Dengan hormat,

Dengan ketetapan yang sesuai dengan ketentuan, dimana tiap koperasi harus memberi laporan tiap quarter bulannya. Karena itu dengan datangnya surat pengantar ini, kami dari Koperasi Simpati Raya mengirim laporan itu. Mengenai beberapa laporan yang kami kirimkan yaitu sebagaimana berikut ini :

Laporan bulanan 1 Juni-1 September 2019

Demikian surat pengantar ini diterbitkan, mudah-mudahan laporan yang kami kirimkan sesuai yang diinginkan oleh Bapak/Ibu.

Hormat kami,
Ketua Koperasi Simpati Raya,

Hidayat

Baca juga : Contoh Surat Pengunduran Diri Di Perusahaan yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengantar Kerja

Biasanya surat pengantar kerja digunakan untuk para karyawan yang hendak mengerjakan suatu proyek di perusahaan yang sudah bekerjasama dengan perusahaan dimana ia bekerja. Berikut adalah contoh surat pengantar kerja yang biasa digunakan untuk dijadikan sebagai rujukan kerja dari perusahaan.

Surat Pengantar Kerja PT Makmur Utama

Jl. Komando No.41 Padang, Sumatera Barat

Telp. (021) 311 7121. Fax (021) 311 7121

Email : [email protected], Web : www.makmurutama.com

SURAT PENGANTAR

Nomor : 143/XIII/D31/2020

Berdasar rutinitas PT Makmur Utama setiap tahunnya, yakni mengenai kerjasama pekerjaan kantor cabang di Padang. Oleh karena itu kantor partner perusahaan di Jakarta akan dikirim salah seorang karyawan untuk kerja dari PT Makmur Utama. Berikut nama karyawan yang akan dikirim, yakni:

Nama        : Faisal Utomo

Jabatan    : Staff Produksi PT Makmur Utama

NIP            : 34524232

Dengan dikirimnya salah satunya karyawan dari PT Makmur Utama, kami mengharap supaya pekerjaan yang dikerjakan oleh karyawan kami bisa berjalan dengan lancar. Serta dapat memperbaiki kinerja perusahaan di Jakarta dimana sulitnya mengatur berkas-berkas yang diperlukan untuk mengelola produksi barang yang tidak stabil.

Demikian surat pengantar ini kami berikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami berterima kasih banyak.

Padang, 8 April 2020
Direktur Utama
PT Makmur Utama,

Nono Budiman

Itulah beberapa contoh surat pengantar untuk berbagai kalangan dan keperluan yang ada disekitar kita, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di web ini.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait