Contoh Surat Pengunduran Diri Perusahaan

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan dan beberapa hal penting yang perlu dipahami terkait pengunduran diri dari suatu pekerjaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Resmi & Sopan

Surat Pengunduran Diri

Apa Itu Surat Pengunduran Diri?

Surat pengunduran diri adalah dokumen tertulis yang berisi pernyataan bahwa seseorang akan mengundurkan diri dari pekerjaannya di satu perusahaan atau organisasi tertentu. Surat ini wajib dikirimkan kepada atasan atau HRD perusahaan sebagai bukti sah dari pengunduran diri tersebut.

Mengapa Mengirimkan Surat Pengunduran Diri?

Terdapat berbagai alasan mengapa seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Beberapa alasan tersebut diantaranya:

  • Memperoleh pekerjaan yang lebih baik secara finansial ataupun kesempatan karir.
  • Adanya masalah di lingkungan kerja seperti perbedaan pendapat dengan atasan atau rekan kerja.
  • Kesulitan dalam menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dan keluarga.
  • Kondisi kesehatan yang memburuk atau adanya perubahan dalam situasi pribadi.

Ketika seseorang sudah memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya, maka surat pengunduran diri dibutuhkan sebagai penegasan bahwa dirinya telah mengambil keputusan untuk keluar dari perusahaan. Selain itu, surat pengunduran diri juga dapat membantu perusahaan untuk melakukan penjadwalan ulang terhadap rencana kegiatan dan tanggung jawab yang diemban oleh karyawan tersebut.

Kapan Surat Pengunduran Diri Perlu Dikirimkan?

Surat pengunduran diri idealnya harus dikirimkan minimal 2 (dua) minggu sebelum tanggal efektif pengunduran diri. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu kepada perusahaan untuk menyesuaikan rencana kegiatan dan tanggung jawab karyawan yang akan mengundurkan diri. Namun, apabila terdapat perjanjian yang menyebutkan waktu yang berbeda, maka waktu tersebutlah yang akan menjadi acuan.

Dimana Surat Pengunduran Diri Harus Dikirimkan?

Surat pengunduran diri harus ditujukan kepada atasan langsung atau direktur perusahaan. Selain itu, surat tersebut juga dapat disampaikan ke HRD perusahaan. Walaupun saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem pengiriman surat pengunduran diri secara online, namun alamat yang ditujukan tetap harus sesuai dengan yang disebutkan dalam perjanjian kerja atau peraturan perusahaan.

Kelebihan dan Kekurangan Mengirimkan Surat Pengunduran Diri

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam mengirimkan surat pengunduran diri:

Kelebihan

  • Memberikan kesan yang baik: Dengan mengirimkan surat pengunduran diri, seorang karyawan memberi kesan positif dan sopan kepada perusahaan. Hal ini akan memperbaiki citra karyawan di perusahaan dan meningkatkan peluang kerja di masa mendatang.
  • Memberikan informasi yang jelas: Dalam surat pengunduran diri, seorang karyawan harus menjelaskan alasan mengapa ia mengundurkan diri, tanggal efektif pengunduran diri dan suatu permohonan konfirmasi penerimaan surat tersebut. Dengan demikian, informasi yang disampaikan menjadi jelas dan terstruktur dengan baik.
  • Memperoleh informasi penting: Perusahaan dapat memperoleh informasi terkait alasan pengunduran diri karyawan. Informasi ini dapat menjadi bahan penyempurnaan manajemen sumber daya manusia di masa mendatang.

Kekurangan

  • Membuat keadaan karyawan tidak nyaman: Mengirimkan surat pengunduran diri dapat membuat suasana kerja menjadi kurang nyaman, apalagi bila karyawan tersebut memiliki hubungan dekat dengan rekan kerjanya.
  • Efek yang tidak diinginkan: Dalam beberapa kasus, surat pengunduran diri dapat memicu beberapa peraturan perusahaan yang menimbulkan efek yang tidak diinginkan oleh karyawan yang mengundurkan diri.
  • Memudahkan perusahaan untuk mengganti karyawan: Surat pengunduran diri dapat memudahkan perusahaan untuk melakukan penggantian karyawan yang mengundurkan diri dengan cepat dan efisien.

Bagaimana Menulis Surat Pengunduran Diri yang Baik?

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menulis surat pengunduran diri yang baik:

  1. Gunakan bahasa yang sopan

    Tuliskan surat pengunduran diri dengan bahasa yang sopan dan menghormati perusahaan. Hindari menggunakan kata-kata kasar dan menghina dalam surat tersebut. Di dalam surat, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh perusahaan.

  2. Jelaskan alasan dengan jelas

    Sebutkan alasan yang jelas dan spesifik tentang pengunduran diri tersebut. Apabila alasan yang dijelaskan cukup pribadi, Anda dapat menyebutkan hal secara singkat dan tidak terperinci.

  3. Tentukan tanggal efektif pengunduran diri

    Sebutkan tanggal yang pasti saat pengunduran diri berlaku. Berikan informasi cukup waktu kepada perusahaan untuk melakukan penyesuaian kegiatan dan tanggung jawab dengan baik.

  4. Sampaikan permohonan konfirmasi surat

    Sampaikan permohonan konfirmasi surat pengunduran diri yang telah Anda kirimkan. Permohonan ini penting agar Anda mendapatkan kepastian bahwa perusahaan telah menerima surat pengunduran diri tersebut dan tahu efeknya bagi posisi yang disandang oleh karyawan. Permohonan konfirmasi juga bisa menjadi pengingat yang baik agar perusahaan tidak lupa untuk melakukan tindakan penggantian karyawan yang diperlukan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik:

Perusahaan XYZ
Jl. Ahmad Yani no. 12
Bandung 40252

Bandung, 5 September 2022

Kepada Yth.
Bapak/Ibu HRD
Perusahaan XYZ

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama      : Ayu Fitriani
Jabatan     : Karyawan
NIK                 :  12345678

Melalui surat ini saya ingin memberikan pemberitahuan bahwa saya mengundurkan diri sebagai karyawan dari Perusahaan XYZ. Pengunduran diri saya berlaku efektif mulai tanggal 20 September 2022.

Saya memohon maaf apabila pengunduran diri ini memberikan dampak yang kurang baik pada jalannya operasional perusahaan. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang telah diberikan selama saya bergabung dengan perusahaan ini. Di samping itu, saya juga berkomitmen untuk membantu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab saya hingga saat pengunduran diri berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan. Saya mohon konfirmasi kehadiran surat ini dan juga perlunya hal-hal yang perlu dilakukan terkait proses pengunduran diri saya.

Hormat saya,

(tanda tangan)
Ayu Fitriani

Dalam surat pengunduran diri di atas, Ayu Fitriani memberikan pemberitahuan resmi kepada perusahaan bahwa ia mengundurkan diri dari posisinya sebagai karyawan. Surat tersebut membuat perusahaan menerima pengunduran diri secara resmi dan dapat melakukan tindakan yang perlu diambil dalam penggantian staf.

Hal ini menunjukkan penghormatan terhadap kebutuhan perusahaan dan memastikan bahwa proses berjalan lancar dan tidak mengganggu jalannya operasional perusahaan.

Semoga contoh surat pengunduran diri ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai isi dan format surat pengunduran diri sehingga dapat membantu Anda dalam menentukan bahasa yang tepat dan isi yang akurat dalam surat tersebut.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Pengunduran Diri Perusahaan yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment