Contoh Surat Pribadi

Saat ini bidang IT semakin berkembang pesat sehingga sudah sangat jarang orang-orang mengirimkan surat pribadi melalui pos Indonesia. Dikarenakan lebih banyaknya yang menggunakan email saat ini sehingga akan sulit menemukan seperti apa contoh surat pribadi yang pernah trend pada jamannya. Namun masih ada juga yang mengirimkan surat pribadi melalui email, walau tidak semuanya seperti itu setidaknya masih ada segelintir orang yang mempertahankan kearifan tersebut.

Berhubung sekarang sudah ada video call, panggilan seluler, dan email sehingga akan jarang sekali menjumpai seseorang yang masih menggunakan surat pribadi. Maka dari itu jika ada tugas di sekolah membuat surat pribadi pastinya Anda akan kesulitan mencari contoh surat pribadi yang baik dan benar.

Penggunaan surat di jaman yang sudah modern ini tentu akan terlihat kuno. Namun di Indonesia masih digunakan untuk kepentingan berbagai lembaga, perusahaan, pemerintahan, dan beberapa dinas mengingat lebih amannya data. Karena kalau menggunakan media online akan sangat rawan di sadap, sehingga bisa terjadi kebocoran data yang ada didalam surat tersebut.

Maka dari itu akan sulit sekali dihilangkan penggunaan surat ini, karena pasti masih akan digunakan untuk beberapa kalangan. Baik itu digunakan untuk kepentingan resmi, tidak resmi, maupun pribadi. Untuk itulah di artikel ini akan dijelaskan beberapa contoh surat pribadi yang bisa Anda jadikan acuan dalam penulisannya dengan baik dan benar.

Surat pribasi biasanya saat ini digunakan untuk saling bertukar informasi atau pesan yang ditujukan terhadap sahabat, orang tua, dan teman. Ciri-ciri yang biasa ditemui dalam pembuatan surat pribadi yaitu tidak ada nomor surat, tidak ada kop surat, menggunakan salam pembuka dan penutup yang bermacam-macam, menggunakan bahasa yang sesuai dengan keinginan si penulis, serta format penulisan surat juga bebas. Berikut beberapa contoh surat pribadi yang terbaru di tahun ini untuk dapat mengerjakan tugas Anda sekolah Anda dengan baik dan benar.

Download Surat Pribadi

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Cepat Diterima Pekerjaannya

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Wonosobo, 12 Februari 2020

Untuk Sahabatku,

Indah Purnamasari

Di Jakarta

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Hallo Sari, apa kabar yang sekarang di Jakarta? Baik-baik saja kan Sari? Saya berharap kamu di Jakarta pada kondisi yang sehat. Mudah-mudahan kamu serta keluargamu tetap ada dalam kebahagiaan serta lindungan Allah SWT. Amin.

Sari, rindu sekali saya sama kamu. Telah berapakah lama ya Sari kita tidak berjumpa lagi pada waktu itu, persisnya sejak kita lulus SD serta kamu putuskan untuk pindah ke Jakarta. Kemungkinan telah 10 tahun ya Sari kita tidak berjumpa lagi. Serta mulai sejak itu saya belum pernah lagi dengar info tentangmu. Mudah-mudahan kamu masih tetap ingat denganku ya Sari.

Oh ya Sari, saya ada berita baik nih untuk kamu. Kelihatannya saya serta keluargaku merencanakan jalan-jalan ke Jakarta sekalian untuk berkunjung ke saudaraku yang akan menikah. Kemungkinan saya ke tempat Sari jika tidak ada sibuk pada saat nanti.

Saya berharap saat saya di Jakarta, saya dapat berjumpa denganmu ya Sari. Kelak kita main bersama lagi seperti zaman SD dahulu. Saya masih ingat sekali dahulu waktu dimana kamu serta saya coba melakukan eksperimen membuat beberapa jenis makanan. Meskipun rasa-rasanya sedikit aneh serta gosong, tetapi kita masih ketawa sekalian mengonsumsi makanan itu ya Sari.

Tetapi, jika saat ini saya bisa memasak sedikit-sedikit loh Sari. Jadi, jika kelak saya berjumpa kamu, saya sudah siap nih memasak semua tipe makanan bareng kamu deh. Serta tentunya dalam kesempatan ini tidak akan gosong lagi serta rasa-rasanya cukup lah untuk kita nikmati bersama.

Sari, demikian ya info dari saya, berikan salamku sama ibumu yang cantik serta baik hati itu ya. Selalu jaga kesehatan terus ya Sari, jangan sakit sebelum saya sampai disana. Sampai bertemu di Jakarta ya Sari.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Sahabatmu,

Dita

Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris

Wonosobo, 12 February 2020

For my best friend,

Beautiful Purnamasari

In Jakarta

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Hello Sari, how are you now in Jakarta? Have you been well, Sari? I wish you a healthy condition in Jakarta. Hopefully you and your family will remain in the happiness and protection of Allah SWT. Amen

Sari, I miss you very much. Sari, how long have we not met at that time, exactly since we graduated from elementary school and you decided to move to Jakarta. It might have been 10 years, Sari, we don’t see each other again. And from then on, I have never heard of you again. Hopefully you still remember me, Sari.

Oh yes Sari, I have good news for you. It seems that my family and I are planning a trip to Jakarta as well as visiting my brother who is going to get married. It is likely that I will go to Sari’s place if there is no time to be busy.

I hope when I am in Jakarta, I can meet you, Sari. Later we play together again like in elementary school. I still remember a long time ago when you and I tried to make experiments to make some kind of food. Even though the taste is a little strange and charred, but we still laugh at the same time consuming the food ya Sari.

But, if this time I can cook a little tablet Sari. So, if I meet you one day, I’m ready to cook all types of food with you. And of course on this occasion will not burn again and the taste is enough for us to enjoy together.

Sari, that is my info, give my greetings to your beautiful and kind mother. Always take care of your health, Sari, don’t get sick before I get there. See you in Jakarta, Sari.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Your best friend,

Dita

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Kerja Di Perusahaan yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pribadi Dari Murid Untuk Guru

Surabaya, 8 Januari 2020

Teruntuk Guruku Terkasih, Ibu Eni

Di Manado

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana info Ibu Eni? Saya mengharap Ibu tetap diberi kesehatan serta ada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Bu Eni, surat ini saya berikan untuk memberi berita bahagia untuk Ibu. Alhamdulillah Bu, tempo hari saya berhasil lolos dalam Olimpiade Sains Nasional serta saat ini saya jadi wakil Indonesia untuk ikuti Olimpiade Sains di Amerika. Pada akhirnya ya Bu, yang diimpikan kita berdua dapat terjadi.

Bu Eni, saya ingin ucapkan terima kasih yang sebanyaknya pada Ibu. Ibu sudah kerja keras sejauh ini untuk menuntun saya, hingga saya dapat sampai di step ini. Saya meminta maaf Bu bila sepanjang perjalanan tuntunan, saya banyak nakalnya serta sulit untuk di kasih tahu.

Sekarang, saya belum juga dapat membalas kebaikan Ibu. Untuk alternatifnya, saya akan mendoakan kebaikan untuk Ibu. Mudah-mudahan Bu Eni sehat tetap, lancar rejekinya, serta dihindarkan dari semua mara bahaya.

Oh ya Bu, saya punyai sedikit hadiah untuk Ibu. Kemungkinan tidak mahal. Tapi, saya pikir Ibu akan menyenanginya. Saya membelikan Bu Eni mukena serta sajadah yang dikirim bertepatan dengan datangnya surat ini. Mudah-mudahan Bu Eni senang dengan hadiah yang saya berikan.

Hadiah ini ialah bentuk kecil dari terima kasih saya pada Ibu. Saya ingin minta doa serta restu dari Ibu agar saya dapat diberi kelancaran serta keringanan untuk mengikuti Olimpiade Sains di Amerika.

Cukup sampai disini surat saya pada Ibu. Jika saya mempunyai beberapa kekurangan serta kesalahan, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Salam Dari Murid IPA,

Intan

Baca juga : Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar Untuk Melamar Kerja

Contoh Surat Pribadi Singkat Untuk Teman

Malang, 14 Maret 2020

Untuk Nadila

Di Probolinggo

Hallo Dila, apa kabarnya? Tentunya baik-baik saja dong. Telah lama ya Dila kita tidak sempat berjumpa sejak lulus dari universitas. Kamu tentu sudah lupain saya ya. Hmm, kesel nih saya tidak pernah mendapat info dari kamu.

Oh ya Dila, Selamat Lagi Tahun yang ke dua puluh dua ya Dila untuk kamu pada hari ini. Maaf sekali ya saya belum juga dapat kasih kamu hadiah apa-apa pada hari paling baikmu ini. Tetapi, saya punyai doa istimewa sekali untuk kamu nih. Serta saya jamin kamu tentu akan seneng dengarkan doa saya.

Dila ku sayang, mudah-mudahan kamu selekasnya memperoleh karier yang cemerlang, yang seperti kamu mimpikan serta pikirkan. Lalu mudah-mudahan kamu sukses serta sehat tetap. Terlepas dari semua bahaya. Serta tentunya, mudah-mudahan kamu semakin hari semakin cantik serta pinter masak tentunya. Janganlah sampai umumnya garam seperti waktu di kosan dahulu ya Dila. Hehe

Dila, saya rindu sekali deh sama kamu. Kapan-kapan jika ada waktu luang bermain-main ya ke sini. Kelak saya jemput di terminal deh. Terus kelak giliran saya yang main ke sana. Sekaligus kelak kita rayakan ulang tahun kamu. Tidak papah deh walau perayaannya telat sekali.

Kemungkinan sampai disini dahulu ya Dila perkataan serta doa dari saya. Janganlah lupa untuk membalas surat saya. Saya nantikan intinya loh ya. Jika tidak kamu kirim saya akan geram loh. Telah dahulu ya Dila. Intinya wish you all the best deh. See you later.

Salam Kangen,

Puput

Baca juga : Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Perusahaan Untuk Karyawan

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Bandung, 10 Januari 2020

Untuk

Papah serta Mamah

Di Jogja

Assalamualaikum Wr. Wb.

Papah serta Mamah apa kabarnya? Kakak mengharap mudah-mudahan Papah serta Mamah di Malang baik-baik saja. Mudah-mudahan Papah serta Mamah tetap pada kondisi yang sehat . Kakak di sini baik-baik saja serta pada keadaan yang sehat .

Papah, Mamah, sebetulnya kakak ingin memberi info. Kelihatannya, bulan ini kakak belum juga dapat pulang ke rumah dahulu. Bulan ini, organisasi universitas kakak punyai banyak acara. Serta kebetulan, kakak jadi salah satunya ketua dari pekerjaan itu Yah, Bun.

Tetapi, Papah serta Mamah jangan cemas ya sama kakak. Kakak pasti jaga diri kakak secara baik. Kakak akan ingat dengan nasehat Mamah jika selalu harus mempertahankan kesehatan bagaimana juga kesibukannya. Serta, Alhamdulillah, kakak belum pernah terlambat makan kok Mamah. Kakak tetap makan tiap 3x satu hari, pagi, siang, serta malam.

Kakak tetap ingat pesan Mamah jika kakak di sini harus tuntut pengetahuan serta rajin belajar. Tiap hari sesudah kakak usai pekerjaan universitas serta pulang ke kos, kakak tetap belajar materi kuliah lagi kok Bun. Jadi, Papah serta Mamah jangan cemaskan kuatirkan kakak di sini ya serta kakak kangen dengan Papah serta Mamah.

Mah, kakak titip salam ya ke adik Maya serta adik Vio. Salam kan rasa rindu kakak ya Mah. Katakan sama mereka, insyaAllah jika kakak pulang ke rumah tentu kakak belikan oleh-oleh. Kakak sayang sama kalian.

Cukup di sini dahulu ya suratnya, kakak minta doa serta restu dari Papah serta Mamah. Mudah-mudahan kakak di sini tetap diberi keringanan serta kelancaran untuk jalankan perkuliahan. Serta doakan mudah-mudahan selekasnya usai serta lulus ya Pah, Mamah.

Demikian dahulu surat dari kakak, Papah serta Mamah harus selalu menjaga kesehatan ya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Salam kangen dari anakmu terkasih

Kartika

Itulah berbagai contoh surat pribadi yang bisa Anda buat berdasarkan fungsinya masing-masing, baik yang resmi maupun tidak resmi. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian semua, terima kasih sudah berkunjung di web ini, baca juga artikel lainnya disini.