Contoh Surat Rekomendasi Perusahaan

Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Salah satunya adalah surat rekomendasi kerja dari perusahaan sebelumnya. Surat tersebut akan memberikan gambaran kepada calon atasan tentang kualitas dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh pelamar kerja.

Contoh Surat Rekomendasi Kerja

Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi kerja dari perusahaan.

Contoh surat rekomendasi kerja

Apa Itu Surat Rekomendasi Kerja?

Surat rekomendasi kerja adalah surat yang ditulis oleh atasan atau pihak perusahaan kepada calon atasan atau rekruter dari perusahaan yang akan dilamar oleh seseorang. Surat tersebut berisi tentang pengalaman kerja yang dimiliki oleh pelamar, kualitas kerja yang dimiliki, serta hal positif lainnya yang terkait dengan rekam jejak kerja pelamar kerja tersebut.

Mengapa Surat Rekomendasi Kerja Penting?

Surat rekomendasi kerja penting karena bisa menjadi sarana untuk meningkatkan peluang seseorang dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Surat tersebut akan memberikan gambaran kepada calon atasan atau rekruter tentang kualitas dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh pelamar kerja. Selain itu, surat rekomendasi kerja juga menjadi bukti nyata tentang penghargaan yang diberikan oleh perusahaan terhadap kinerja pelamar kerja yang bersangkutan.

Kapan Seseorang Membutuhkan Surat Rekomendasi Kerja?

Seseorang membutuhkan surat rekomendasi kerja ketika akan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Surat tersebut bisa diminta oleh calon atasan atau rekruter dari perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk merekomendasikan kualitas dan pengalaman kerja sesama pekerja ketika diminta.

Dimana Seseorang Bisa Mendapatkan Surat Rekomendasi Kerja?

Seseorang bisa mendapatkan surat rekomendasi kerja dari atasan atau pihak perusahaan yang pernah bekerja bersama selama ini. Selain itu, surat tersebut juga bisa diperoleh dari kolega kerja atau manajer di departemen yang berbeda. Jangan ragu untuk meminta surat rekomendasi kerja jika ada kesempatan yang tersedia, karena hal tersebut akan sangat membantu dalam proses perekrutan di masa depan.

Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Surat Rekomendasi Kerja

Surat rekomendasi kerja memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari surat rekomendasi kerja:

Kelebihan

  • Memberikan gambaran tentang kualitas dan pengalaman kerja pelamar kerja
  • Menjadi bukti nyata penghargaan dari perusahaan terhadap kinerja pelamar kerja yang bersangkutan
  • Dapat meningkatkan peluang seseorang dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan
  • Bisa menjadi referensi untuk meningkatkan kapabilitas dan kualifikasi dalam pekerjaan di masa depan

Kekurangan

  • Surat rekomendasi kerja tidak selalu tersedia
  • Surat rekomendasi kerja mungkin tidak tepat atau relevan
  • Surat tersebut bisa menjadi negatif apabila isinya negatif atau tidak sesuai dengan harapan pemilik surat
  • Membutuhkan waktu dan usaha ekstra untuk meminta dan mendapatkan surat rekomendasi kerja

Bagaimana Cara Menulis Surat Rekomendasi Kerja yang Baik?

Menulis surat rekomendasi kerja yang baik perlu memperhatikan beberapa hal penting. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menulis surat rekomendasi kerja yang baik:

Perkenalkan Diri Anda

Surat rekomendasi kerja harus dimulai dengan perkenalan diri kepada calon atasan atau rekruter dari perusahaan yang akan dilamar oleh seseorang. Penjelasan ringkas tentang siapa Anda, jabatan dan pengalaman kerja di perusahaan tersebut sudah cukup untuk memperkenalkan diri.

Penjelasan Tentang Pelamar Kerja

Ketika menulis surat rekomendasi kerja, jangan lupa untuk memberikan gambaran tentang pelamar kerja yang akan direkomendasikan. Berikan informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, kualifikasi, dan skill yang dimiliki oleh pelamar kerja tersebut. Tentunya, informasi tersebut harus bersifat positif agar membuat pelamar kerja semakin menonjol diantara pesaing lainnya.

Deskripsi Tentang Kinerja Pelamar Kerja

Deskripsi tentang kinerja pelamar kerja juga sangat penting dalam surat rekomendasi kerja. Berikan informasi tentang bagaimana kesuksesan kerja pelamar kerja di perusahaan tersebut, tanggung jawab yang dijalankan, serta beberapa proyek penting yang telah sukses ditangani oleh pelamar kerja tersebut. Deskripsi tersebut harus memberikan gambaran yang positif dalam kinerja pelamar kerja.

Akhiran Surat

Akhiran surat rekomendasi kerja harus memuat informasi tentang saran atau rekomendasi kepada calon atasan terkait pelamar kerja tersebut. Sebagai penutup, tandai hubungan Anda dengan pelamar kerja, dan tuliskan informasi kontak untuk referensi lebih lanjut.

Contoh Surat Rekomendasi Perusahaan Untuk Pengajuan KPR

Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi perusahaan yang bisa digunakan untuk pengajuan KPR.

Contoh surat rekomendasi perusahaan untuk pengajuan KPR

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Bank XYZ

Di tempat

Dalam rangka pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang diajukan oleh Sdr/Sdri Nama Pelamar, Kami atas nama Perusahaan ABC menyampaikan informasi tentang pekerjaan dan penghasilan yang diterima oleh Sdr/Sdri Nama Pelamar selama ini.

Sejak tanggal DD/MM/YYYY, Sdr/Sdri Nama Pelamar telah bergabung dengan Perusahaan ABC sebagai posisi Jabatan Pelamar Kerja. Sdr/Sdri Nama Pelamar memiliki status sebagai karyawan tetap dan penghasilan bulanan yang diterima berkisar antara Rp. 7.000.000,- hingga Rp. 10.000.000,-. Selain itu, kami juga menjamin bahwa pelamar kerja tersebut tidak sedang dalam penundaan gaji dan tidak memiliki keterlambatan dalam pembayaran cicilan hutang.

Dengan demikian, kami atas nama Perusahaan ABC merekomendasikan Sdr/Sdri Nama Pelamar sebagai kandidat yang layak dan memiliki kemampuan untuk memperoleh Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Sekian surat rekomendasi ini kami sampaikan,

Hormat kami,

___________________

Nama Penandatangan

Jabatan Penandatangan

Cara Membuat Surat Rekomendasi Kerja

Bagi Anda yang ingin membuat surat rekomendasi kerja, berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan:

Persiapkan Informasi

Persiapkan informasi terkait pelamar kerja, seperti nama lengkap, perusahaan tempat bekerja, posisi, serta kualifikasi dan pengalaman kerja. Hindari memberikan informasi yang tidak relevan atau negatif.

Tentukan Format dan Struktur Surat

Tentukan format dan struktur surat yang akan Anda buat. Surat rekomendasi kerja biasanya memiliki format yang sederhana dan struktur yang mudah dimengerti. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Tulis Surat

Mulailah menulis surat rekomendasi kerja dengan perkenalan diri dan penjelasan singkat tentang isi surat. Berikan informasi tentang pelamar kerja, kinerja, dan skill yang dimiliki oleh pelamar kerja tersebut. Deskripsi tersebut harus positif dan terfokus pada kualitas pekerjaan.

Recheck Surat

Sebelum mengirimkan surat, pastikan bahwa surat tersebut bebas dari kesalahan, ejaan yang tidak benar, atau kalimat yang tidak jelas. Perbaiki dan periksa surat sebelum finalisasi dan kirimkan.

Contoh Surat Rekomendasi Kerja Lengkap

Berikut adalah contoh surat rekomendasi kerja yang lengkap:

Kepada Yth.

Atasan/rekruter dari Perusahaan Xyz

Di tempat

Perkenankan kami untuk merekomendasikan Nama Pelamar untuk posisi Pelamar Kerja pada perusahaan Anda yang terkemuka. Nama Pelamar telah bekerja di perusahaan ini sejak DD/MM/YYYY, dan selama itu telah menunjukkan dedikasi dan komitmen yang luar biasa dalam melakukan pekerjaannya.

Nama Pelamar membuktikan kemampuan kerja atasannya dengan menyelesaikan sejumlah pekerjaan dengan baik dan tepat waktu dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, ia juga terbukti sebagai pemain tim yang tangguh dan memiliki kemampuan interpersonal yang baik dalam bekerja dengan rekan kerja dan klien. Nama Pelamar dikenal sebagai karyawan yang rajin, cekatan, dan terfokus pada hasil.

Selama masa kerja di perusahaan ini, Nama Pelamar telah mengembangkan kemampuan teknikal dalam bidangnya serta keahlian interpersonal, komunikasi, dan pemecahan masalah yang memadai. Nama Pelamar juga telah mempelajari banyak hal dalam bekerja di lingkungan perusahaan dan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang hebat.

Kami meyakini bahwa Nama Pelamar dapat menjadi aset yang bermanfaat bagi perusahaan Anda dan siap untuk memanfaatkan pengalaman dan kemampuan kerjanya untuk proyek masa depan yang penting. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Nama Pelamar sebagai kandidat yang memiliki kualitas dan pengalaman kerja yang sangat baik bagi perusahaan Anda.

Sekian rekomendasi ini kami sampaikan. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin berdiskusi tentang calon karyawan ini, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Hormat Kami,

___________________

Nama Penandatangan

Jabatan Penandatangan

Kesimpulan

Surat rekomendasi kerja sangat penting dalam membantu pelamar kerja meningkatkan peluang dalam mencari pekerjaan. Surat tersebut memberikan gambaran kepada calon atasan atau rekruter tentang kualitas dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh pelamar kerja. Oleh karena itu, penting bagi setiap pekerja untuk selalu memiliki surat rekomendasi kerja dari perusahaan sebelumnya untuk meningkatkan peluang dalam proses perekrutan di masa depan.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Rekomendasi Perusahaan yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment