Contoh Surat Resmi
Inilah contoh surat resmi dan tidak resmi yang singkat serta terbaru untuk undangan sekolah maupun perusahaan dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Sunda. Surat resmi adalah surat yang di keluarkan oleh organisasi, lembaga atau instansi tertentu, yang bersifat formal dan resmi. Surat resmi dan surat tidak resmi atau surat biasa sangat berbeda satu dan lainnya. di lihat dari fungsi, penulisan dan bahasa yang di gunakan.
Surat resmi di gunakan untuk keperluan dari sebuah instansi, organisasi, keperluan di nas, atau kepentingan antar perusahaan yang saling bekerja sama. Surat resmi tidak saja di buat untuk kepentingan kelompok / organisasi / perusahaan, namun bisa juga di buat oleh individu. Contoh surat resmi yang di buat individu seperti surat lamaran kerja dan surat pengunduran diri dengan cara penulisan nya menggunakan format surat resmi yang berlaku.
Bahasa yang di gunakan dalam sebuah surat masih menggunakan bahasa sehari – hari maka itu di sebut surat tidak resmi atau surat biasa. Surat resmi di buat dalam bahasa formal dan untuk berbagai kegiatan resmi seperti di sekolah, dinas atau di berbagai instansi pemerintah. Untuk memahami surat resmi tersebut kamu bisa melihat contoh – contoh surat resmi di bawah ini.
Bagian Kerangka Sebuah Surat Resmi
Beda antara surat resmi dengan surat tidak resmi adalah terletak pada tata penulisan dan bahasa yang di gunakan. Selain itu, surat resmi juga bentuk nya terkesan lebih ber struktur dan ada ketentuan – ketentuan yang di gunakan dalam cara penulisan nya, yang nanti bisa kamu lihat contoh – contoh surat resmi agar lebih paham. Bagian – bagian surat ini adalah komponen yang harus wajib di penuhi di dalam pembuatan sebuah surat resmi. Berikut adalah bagian – bagian surat resmi yang harus kamu ketahui secara mendetail:
Kepala Surat Resmi
Kepala surat resmi atau kop surat resmi merupakan bentuk identitas pertama yang bisa di lihat pertama kali oleh penerima surat. Ada nya pemberian nama pada kop surat ini bertujuan untuk agar surat resmi perusahaan atau instansi bisa di ketahui dan di tambahkan seperti macam usaha, nomor izin usaha, dan bidang kegiatan. Kepala surat memiliki fungsi sebagai berikut:
- Media untuk promosi.
- Mudah mengetahui alamat dan nama dari instansi tersebut.
- Memberi informasi tentang ada nya jenis kegiatan dan / atau bidang usaha yang sedang di lakukan.
Baca Juga : Contoh Surat Dinas Perusahaan Terbaru
Nomor Surat Resmi
Penomoran surat ini pada surat resmi adalah bertujuan untuk memudahkan sebuah instansi atau organsasi dalam peng-arsipan atau penyimpanan data, bila mana nanti kapan terakhir pembuatan dan pengeluaran surat itu di lakukan. Memudahkan pekerjaan karyawan / pegawai dalam pembuatan surat – surat resmi berikut nanti nya. Penomoran surat terdiri dari nomor urut, bulan, dan tahun pembuatan / pengeluaran surat. Letak nomor surat resmi adalah di bawah kop surat dengan posisi sebelah kiri. Fungsi lain dari penomoran surat resmi ini adalah antara lain:
- Memudahkan pencarian bila mana surat akan di butuhkan di lain waktu.
- Memudahkan dalam penyimpanan administratif yang di tempatkan dalam sebuah loker.
- Membantu dalam peng-arsipan dan pengelompokan surat sesuai dengan jenis isi surat tersebut.
- Memudahkan untuk pengontrolan frekuensi dalam pengiriman surat ke berbagai instansi.
Pada saat pembuatan penomoran surat resmi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dengan seksama yaitu:
- Pembuatan Bulan dan tahun pada surat resmi.
- Pembuatan Kode tujuan surat, contoh nya dengan inisial UR (Undangan Rapat)
- Pembuatan Kode kedudukan surat, contoh nya dengan inisial KEI (Surat Keluar)
Nomor surat yang di keluarkan harus sesuai dengan urutan surat, di hitung mulai nomor akhir pembuatan surat.
Contoh: Nomor : 017/UR/II/2018
- 017 : Menunjukkan surat ke – 17
- UR : Undangan Rapat
- II : di buat pada bulan ke – 2 (Februari)
- 2018 : di buat pada tahun 2018
- Untuk Lampiran di sertakan kalau ada, tetapi kalau tidak ada cukup di beri tanda ( – ).
Tanggal Penulisan Surat Resmi
Tujuan dalam penulisan tanggal pada surat resmi adalah agar si penerima nanti nya bisa mengetahui kapan surat tersebut telah di buat. Ada nya tanggal penulisan surat resmi, maka akan dengan mudah di ketahui masa berlaku nya surat tersebut. Oleh karena itu, tanggal penulisan dari sebuah surat resmi adalah bagian komponen yang sangat penting yang ada di dalam sebuah penulisan surat resmi.
Baca Juga : Contoh Surat Tugas Dari Perusahaan
Lampiran Surat Resmi
Lampiran adalah dokumen yang ikut serta di tambahkan / lampiran dokumen, di dalam pembuatan surat resmi oleh suatu instansi, organisasi, maupun perseorangan. Lampiran dalam sebuah surat resmi memiliki fungsi untuk menunjukkan bilamana ada contoh dokumen yang penting sebagai penunjang surat tersebut.
- No : –
- Lamp : 3 Lembar (Hal ini menunjukkan surat itu menyertakan 3 lembar dokumen di dalam surat tersebut.)
- Perihal : –
Perihal Surat Resmi
Perihal dalam sebuah surat resmi adalah merupakan hal pokok yang menjadi tujuan utama nya dalam surat tersebut. Fungsi perihal sebegai sebuah komponen surat resmi ini adalah bagaimana untuk menunjukkan kepada penerima surat tentang pokok penting isi surat. Dengan adanya demikian si penerima dapat akan segera mengetahui tujuan dari pengirim dalam mengirimkan surat resmi tersebut kepadanya.
Alamat Tujuan Surat Resmi
Hal yang paling terpenting yang ada di dalam dalam sebuah surat resmi adalah kepada siapa surat itu nanti nya akan di tujukan. Oleh sebab itu, alamat surat menjadi hal yang jangan sampai salah kata atau malah salah tujuan. Penulisan alamat itu di lakukan sebanyak dua kali, yang pertama pada amplop surat resmi (yang diluar) dan yang kedua pada isi dalam surat itu sendiri. Berikut hal – hal yang harus di perhatikan dalam penulisan alamat dalam surat resmi yaitu:
- Pemakaian kata “Kepada” tidak usah di tulis lagi, karena sudah mengandung banyak arti kata.
- Penulisan “Yang terhormat” atau “Yth” berfungsi memberikan penghormatan kepada penerima surat seperti atasan atau relasi kerja nya atau yang menjadi rekan bisnis nya.
- Sebutan “Bapak”, “Ibu”, “Sdr” berlaku pada nama orang dan tidak di gunakan pada nama instansi yang ada atau pada jabatan tertentu.
- Pemakaian titik hanya di pakai sesudah singkatan tidak perlu di setiap akhir baris.
Contoh:
- Yth. Manager PT. PLN
- Jalan Gunung Kidul
- Kota Kudus
Atau
- Yth. Bapak Sukro, S.Tp
- Jalan Raya Sabang – Merauke
- Kota Kudus
Salam Pembuka Surat Resmi
Salam pembuka surat resmi merupakan komponen penting dalam sebuah surat resmi. Salam pembuka surat resmi berfungsi sebagai pembuka isi surat sebelum menuju dan sampai ke inti atau pokok isi surat. Contoh kata – kata salam pembuka itu seperti Assalamualaikum, Dengan Hormat, Salam Sejahtera.
Baca Juga : Contoh Surat Rekomendasi Terlengkap
Isi Surat pada Surat Resmi
Isi surat pada Surat Resmi adalah bagian komponen utama dari sebuah surat, di mana pokok – pokok atau inti yang sedang di bahas akan termuat dan tertuang di dalam isi surat. Dalam sebuah surat terdapat bagian – bagian kerangka, yaitu bagian pembuka, bagian inti, dan bagian penutup.
- Bagian Pembuka. Dalam isi surat resmi memiliki tujuan dari bagian seperti contoh pembuka yaitu sebagai pengantar untuk pembaca sebelum dapat mengetahui inti dari surat resmi tersebut. Pembuka juga berisikan inti masalah yang akan di sampaikan kepada si penerima surat.
- Bagian Inti. Merupakan komponen pokok inti isi surat ada pada sebuah surat. Bagian ini berisi bagian utama yang akan di sampaikan kepada pengirim.
- Bagian Penutup. Bagian ini berisi tentang penegasan, kesimpulan, ucapan terima kasih. Dengan demikian, bagian penutup menandai jika uraian pokok yang akan di sampaikan melalui surat resmi ini pun sudah berakhir. Penulisan penutup pada surat resmi sebaik nya singkat namun tegas.
Tanda Tangan pada Surat Resmi
Pasti nya kamu pernah membubuhkan tanda tangan di dalam surat atau keterangan tertentu, seperti absensi atau pun yang lain nya. Begitu pun hal nya dalam surat resmi yang di mana salah satu komponen yang di sertakan yaitu nama penanggung jawab dan tanda tangan. Nama penanggung jawab adalah penanda jika nama tersebut yang bertanggung jawab dan di kuatkan dengan tanda tangan. Penanda tangan dalam surat harus sesuai dengan nama orang yang tercantum pada surat tersebut.
Tembusan Surat Resmi
Tembusan ini di gunakan ketika jika terdapat pihak yang di anggap perlu mengetahui isi surat resmi tersebut.
Contoh Surat Resmi dan Tidak Resmi
Banyak sekali contoh surat resmi yang bisa kita jumpai sehari – hari nya. Misal nya adalah seperti surat panggilan dari sekolah, surat kuasa yang di minta oleh pihak bank dan masih banyak lain nya juga. Agar kamu bisa lebih paham pada sebuah surat resmi, berikut ini ada beberapa contoh surat resmi yang mungkin pernah kamu jumpai.
Contoh Surat Resmi Sekolah
Contoh Surat Resmi dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Resmi Undangan
Contoh Surat Resmi Perusahaan
Contoh Surat Resmi Bahasa Sunda
Contoh Surat Resmi Singkat
Contoh Surat Resmi Surat Kuasa
SURAT KUASA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Arifin Ahmad
Umur : 96 tahun
Tempat Tanggal Lahir : Makasar, 9 Juli 1904
Alamat : Jl. Arifin Achmad No. 7 Purbalingga
Yang selanjut nya di sebut sebagai Pemberi Kuasa. Dengan ini memberi kuasa kepada:
Nama : Muhammad Irham
Umur : 100 tahun
Tempat Tanggal Lahir : Semarang, 5 Mei 1902
Alamat : Jl. Soekarno No. 31 Kutai
Yang selanjut nya di sebut sebagai Penerima Kuasa.
—————————KHUSUS————————–
Atas nama dan untuk pemberi kuasa mewakili dan mengurus serta menjual Kendaraan bermotor merk: Honda, Type: 86, warna: Oranye, tahun : 2020, No.Pol.: N-3671-WTF, No.Rangka: va123456789, No.BPKB : 98765432, atas nama: Melvin.
Untuk keperluan yang tertera di atas maka, penerima kuasa dapat melakukan tindakan sebagai berikut :
Untuk menanda-tangani surat perjanjian jual beli, surat pernyataan melepaskan hak atas kendaraan bermotor tersebut dan maupun surat – surat yang berhubungan dengan maksud dan tujuan pelepasan hak kepemilikan atas kendaraan bermotor tersebut. Menerima uang serta menanda-tangani kwitansi hasil dari penjualan kendaraan bermotor tersebut serta melakukan tindakan lain yang di anggap perlu dan patut sehubungan dengan di berikan nya kuasa ini.
Demikian surat kuasa ini di buat agar dapat di pergunakan sebagai mana mesti nya.
Ujung Kulon, 12 September 2020
Penerima Kuasa Pemberi Kuasa
Muhammad Irham Arifin Ahmad
Contoh Surat Resmi Perintah Kerja
SURAT PERINTAH KERJA PROYEK
No. 07/SPKP/Desember/2020Yang bertkamu tangan di bawah ini:
Nama : Soleh Solihin
Jabatan : Pimpinan Proyek Rumah Asri Regency
Alamat : Jl. Panjaitan No. 23, Cilacap, Jawa TengahYang selanjut nya di sebut sebagai pihak pertama.
Dengan ini telah memberikan perintah kepada :
Nama : Samsuri
Jabatan : Pelaksana Teknik PT. BERTUAH PROPERTI
Alamat : Jl. Gatot Subroto No.27, Cilacap , Jawa TengahYang selanjut nya di sebut sebagai pihak kedua.
Untuk melaksanakan pekerjaan dengan rincian sebagai berikut:
Jenis proyek : Membangun 10 (sepuluh) unit rumah di proyek Rumah Permata Regency
Alamat : Jl. Simpang Siur No.7, Cilacap, Jawa Tengah.
Nilai kontrak pekerjaan : Rp. 800.000.000; – (sembilan ratus juta rupiah)
Waktu pelaksanaan : 18 Bulan (1 Januari 2018 s/d 1 Juli 2019)
Sistem pembayaran : Full finishingSyarat – syarat pekerjaan:
- Pekerjaan harus sesuai dengan desain gambar yang telah di sahkan atau di tetapkan.
- Pekerjaan harus di laksanakan sejak surat perintah ini di keluarkan dan harus di selesaikan sesuai waktu yang di tetapkan.
- Pelaksanaan serta di serahkan dengan baik kepada pemilik proyek.
- Penerima surat perintah kerja ini harus mampu memberikan jaminan mutu atas pekerjaan nya.
Demikian Surat Perintah Kerja ini di buat untuk di laksanakan sebaik – baik nya sebagaimana mesti nya.
di keluarkan di : Cilacap
Pada tanggal : 1 Desember 2020Yang Memberi Perintah Yang Menerima Perintah
Soleh Solihin Samsuri
Contoh Surat Resmi Perniagaan (Dagang)
Jakarta, 13 April 2020
Nomor : 11/12/XII/2020
Hal : Penawaran Barang
Lamp. : 1 lembar brosur AP/DGYth. Manager PT Surya Abadi
Jl. Pattimura No. 2
Kota Bandung
Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara saat ini semakin berkembang dan tentu nya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus di dukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan memadai sesuai dengan masa kini.
Dalam kesempatan ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersama surat ini kami lampir kan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Jika kamu menggunakan produk kantor unggulan yang di produksi oleh perusahaan kami, kami yakin pegawai kamu dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.
Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2018. Garansi yang kami berikan adalah selama 2 tahun dari setiap produk nya. Pembayaran bisa di lakukan dengan membayar uang muka ha nya sebesar 40 % dari harga total dan cicilan nya dapat di angsur seba nyak 3 kali setelah barang sampai di tempat kamu.
Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memakai produk yang kami tawarkan, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami,
ttd.
PT Jaya Sentosa
Contoh Surat Resmi Perjanjian Kontrak Kerja
SURAT PERJANJIAN KONTRAK KERJA
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Robby Alvian
Alamat : Jl. Pattimura No. 3, Jakarta Pusat
Jabatan : HRD Manager PT. Indomarco
Dan dalam hal ini bertindak atas nama: PT Indomarco. Beralamat di Jl. Pondok Kelapa, No. 3 Jakarta Pusat. Jenis Usaha Retail yang selanjut akan di sebut sebagai pihak pertama.
Nama : Alvin Hidayat
Jenis Kelamin : Laki laki
Tempat & Tanggal Lahir : Malang, 5 Mei 1992
Umur : 26 tahun
Agama : Islam
Pendi di kan terakhir : Manajemen S1
Alamat : Malang
No.KTP : 150108098747860001
Telepon/HP/e – mail : 087643580001
Status Perkawinan : Belum Kawin
Dalam hal ini selanjut nya di sebut sebagai Pihak Kedua (karyawan).
Kedua belah pihak sepakat untuk membuat kontrak perjanjian kerja dengan ketentuan dan syarat – syarat sebagai berikut:
Pasal 1
Pihak Pertama menyatakan dengan ini menerima Pihak Kedua sebagai karyawan/pekerja perusahaan PT Indomarco, yang Beralamat di Jl. Pondok Kelapa, No. 3 Jakarta Pusat, dan menjabat sebagai Kabag Humas, dan Pihak kedua dengan ini menyatakan bersedia menjadi karyawan Pihak Pertama sebagai Kabag Humas.
Pasal 2
Masa Percobaan di tetapkan selama 3 bulan di hitung sejak tanggal masuk di terima bekerja (perjanjian kerja waktu tertentu tidak boleh di syarat kan dalam masa percobaan), yakni sejak tanggal 3 Maret 2018. Dengan upah yang di berikan secara (bulanan, harian, mingguan), besar nya upah pokok Rp 800,000 – dengan waktu kerja sehari selama 8 jam, atau 48 jam seminggu.
Pasal 3
Tunjangan – tunjangan di luar upah adalah:
Tunjangan uang makan : Rp 50.000, – untuk 1 hari kerja
Tunjangan transport : Rp 30.000, – untuk 1 hari kerja
Lembur : Rp – untuk 1 hari kerja
Lembur tambah waktu kerja : Rp 100.000 , – untuk 1 hari kerja
Bonus : Kebijakan kantor
Pasal 4
Apabila salah satu pihak baik perusahaan atau pekerja mengakhiri perjanjian kerja untuk waktu tertentu sebelum waktu nya berakhir, maka pihak yang mengakhiri perjanjian tersebut wajib membayar ganti rugi kepada pihak lain nya sebesar sisa upah pekerja sampai waktu/pekerjaan nya selesai, kecuali apabila putus nya hubungan kerja karena alasan memaksa/kesalahan berat pekerja.
Pasal 5
Pihak Pertama dan Kedua bersedia menaati semua isi peraturan perusahaan, dan pihak kedua akan patuh pada tata tertib perusahaan.
Pasal 6
Hal – hal yang belum di atur dalam perjanjian ini, berlaku ketentuan isi KKB dan/atau peraturan perusahaan (jika perusahaan belum memiliki KKB atau peraturan perusahaan, perjanjian kerja ini di buat lebih rinci lagi dengan mengacu pada pedoman pembuatan peraturan perusahaan)
Pasal 7
Segala perselisihan yang timbul akibat perjanjian kontrak kerja ini akan di selesaikan secara musyawarah dan mufakat, dan apabila tidak dapat di selesaikan para pihak akan menyelesaikan nya melalui Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri.
Demikian Surat Perjanjian Kontak Kerja ini di buat, setelah kedua belah pihak membaca dan memahami isi nya kemudian dengan sukarela tanpa paksaan atau tekanan dari siapapun bersama – sama menandatangani nya di atas kertas bermaterai yang berlaku.
Jakarta, 2 Februari 2018
Pihak Pertama, Pihak Kedua,
Robby Alvian Alvin Hidayat
Contoh Surat Tidak Resmi
Demikian artikel mengenai surat surat resmi, bagian – bagian hingga contoh surat resmi yang bisa kita jumpai sehari harinya. Keterampilan membuat surat resmi sangat di perlukan, karena seseorang di tuntut untuk dapat membuat sebuah surat resmi. Untuk itu, artikel contoh surat resmi ini menjadi sangat penting karena membantu kamu untuk menjadikan nya bahan pembelajaran atau referensi.