Contoh Surat Sakit Kerja Tulis Tangan

Surat lamaran kerja dan surat izin tidak masuk kerja adalah dua jenis surat yang sering dibutuhkan dalam dunia kerja. Berikut ini adalah contoh dan panduan dalam membuat kedua surat tersebut.

Contoh Surat Lamaran Tulis Tangan Untuk PT

Contoh Surat Lamaran Kerja

Apa itu surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja adalah surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Surat ini berisi informasi mengenai identitas diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan beberapa poin-poin penting lainnya yang memperjelas kompetensi dari pelamar pekerjaan tersebut.

Mengapa surat lamaran kerja penting?

Surat lamaran kerja penting karena dapat memperkenalkan diri sebaik mungkin kepada pihak perusahaan yang akan disambangi. Surat lamaran kerja yang baik akan meningkatkan peluang diterima sebagai karyawan baru pada perusahaan tersebut.

Kapan membuat surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja harus disiapkan sebelum pelamar melamar ke sebuah perusahaan. Sebaiknya pelamar mempersiapkan surat lamaran kerja tersebut dengan baik dan cermat, agar profesional dan menarik perhatian dari perusahaan yang dituju.

Dimana menempatkan surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja dapat dipasang di website resmi perusahaan, atau langsung diantar ke kantor perusahaan yang dituju secara langsung. Pada beberapa perusahaan, surat lamaran kerja diantar via email atau diunggah melalui website.

Kelebihan surat lamaran kerja tulis tangan

Surat lamaran kerja yang ditulis tangan mempunyai nilai yang berbeda dengan yang menggunakan printer. Tidak hanya terlihat unik, surat lamaran kerja yang tulis tangan juga memperlihatkan kemampuan menulis tangan yang baik serta menunjukkan komitmen untuk mengajukan lamaran kerja dengan cara yang lebih personal dan spesial.

Kekurangan surat lamaran kerja tulis tangan

Salah satu kekurangan utama surat lamaran kerja tulis tangan adalah mudah rapi dan sulit terbaca. Apabila tulisan calon pelamar kerja tidak rapi, seringkali susah terbaca oleh pihak perusahaan dan tidak akan menarik perhatian mereka.

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik?

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik:

  • Gunakan kertas yang bersih dan rapi
  • Tulis dengan tangan yang jelas dan mudah dibaca
  • Berikan spasi yang cukup antara baris sehingga surat terlihat rapi
  • Periksa lagi tulisan dan ejaan, pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan kata
  • Berikan alamat email dan nomor telepon yang jelas agar mudah dihubungi oleh pihak perusahaan
  • Jangan lupa menambahkan tanda tangan di akhir surat

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan untuk PT

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan untuk PT:

Tuan Budiman

Jl. Garuda No. 5

Jakarta Barat

12 Februari 2022

Kepada Yth.

Manajer HRD

PT Abadi Jaya

Jakarta Selatan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bersama ini saya mengajukan permohonan untuk melamar posisi sebagai tenaga administrasi di PT Abadi Jaya. Saya memiliki latar belakang pendidikan Administrasi Bisnis dan telah memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun di bidang pemasaran di PT Corporation.

Mengenai kemampuan yang saya miliki, saya memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer, menguasai software office, serta membaca dan menulis bahasa Inggris dengan baik. Saya juga sudah pernah mengerjakan pekerjaan administrasi di PT Corporation, seperti menyusun laporan keuangan hingga mengatur rapat internal perusahaan.

Jika diberikan kesempatan, saya siap bekerja serius dan memberikan kontribusi terbaik bagi PT Abadi Jaya. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu atas lamaran kerja saya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tuan Budiman

Contoh surat lamaran kerja di atas hanya bersifat ilustrasi, pelamar kerja dapat mengubah sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit atau Urusan

Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Apa itu surat izin tidak masuk kerja karena sakit atau urusan?

Surat izin tidak masuk kerja karena sakit atau urusan adalah surat yang digunakan untuk memberi tahu pimpinan atau atasan, bahwa karyawan tidak dapat hadir bekerja karena sakit atau ada urusan mendadak.

Mengapa surat izin tidak masuk kerja karena sakit atau urusan penting?

Surat izin tidak masuk kerja penting karena dapat memperoleh izin dari pimpinan atau atasan yang dibutuhkan ketika karyawan tidak dapat hadir bekerja pada hari kerja tertentu. Dengan surat izin tidak masuk kerja, pimpinan atau atasan dapat menyusun jadwal kerja yang baru dan meminta karyawan untuk menyelesaikan tugasnya secara teratur saat pulang ke kantor.

Kapan membuat surat izin tidak masuk kerja karena sakit atau urusan?

Surat izin tidak masuk kerja harus dibuat sebelum hari kerja dimaksudkan. Sebaiknya karyawan segera membuat surat izin tidak masuk kerja, apabila merasa sakit atau ada urusan mendadak sehingga tidak bisa datang bekerja.

Dimana menempatkan surat izin tidak masuk kerja?

Surat izin tidak masuk kerja biasanya diberikan atau dikirimkan kepada atasan yang memiliki kewenangan untuk memberikan izin. Biasanya, surat izin tidak masuk kerja tersebut disimpan pada bagian personalia atau disimpan pada berkas karyawan.

Bagaimana cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang baik?

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat surat izin tidak masuk kerja yang baik:

  • Tuliskan alasan dan waktu tidak hadir kerja secara jelas dan singkat
  • Tuliskan nama lengkap, jabatan, dan nama perusahaan
  • Usahakan membuat surat izin tidak masuk kerja secara formal dan sopan agar bisa dicontoh oleh karyawan lain
  • Pastikan tulisan tangan jelas dan mudah dibaca
  • Tambahkan tanda tangan pada surat izin tidak masuk kerja

Contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit atau urusan

Berikut contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit atau urusan yang tepat:

Kepada Yth

Bapak/Ibu Manajer

PT Maju Jaya

Jakarta Selatan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bersama ini saya mengajukan permohonan untuk tidak hadir bekerja pada tanggal 7 Agustus 2019 karena sakit flu.

Sehubungan dengan sakit flu yang saya derita, dokter menyarankan saya untuk istirahat selama 2 hari agar kondisi kesehatan saya bisa pulih dengan lebih cepat.

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak/Ibu Manajer untuk tidak hadir bekerja pada tanggal 7 Agustus 2019 hingga tanggal 8 Agustus 2019. Saya berharap dapat berkontribusi seperti biasa setelah kondisi kesehatan saya membaik.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu Manajer atas permohonan izin ini. Saya sudah berkoordinasi dengan tim saya untuk mengerjakan tugas-tugas yang tertunda di kantor.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nur Hasanah

Contoh surat izin tidak masuk kerja di atas hanya bersifat ilustrasi, karyawan harus menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Sakit Kerja Tulis Tangan yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment