Contoh Surat Selesai Penelitian

Ini dia contoh surat keterangan penelitian, terutama skripsi atau tesis yang bisa kamu gunakan sebagai acuan. Mempersembahkan dua gambar yang menunjukkan contoh surat keterangan penelitian:

Contoh Surat Keterangan Penelitian (Skripsi / Tesis)

surat keterangan penelitian

Ayo Cek Contoh Terbaik: Yuk Lihat Surat Keterangan Selesai Penelitian

surat keterangan penelitian

Surat keterangan penelitian biasanya dibutuhkan sebagai salah satu kewajiban untuk mengajukan skripsi atau tesis sebagai syarat kelulusan di perguruan tinggi. Apa itu surat keterangan penelitian? Berikut penjelasannya:

Apa Itu Surat Keterangan Penelitian?

Secara sederhana, surat keterangan penelitian adalah surat resmi yang menunjukkan bahwa kamu telah menyelesaikan proses penelitian sesuai dengan tugas akhir yang diberikan oleh perguruan tinggi. Surat keterangan ini biasanya ditandatangani oleh dosen pembimbing dan dosen penguji.

Mengapa Harus Membuat Surat Keterangan Penelitian?

Membuat surat keterangan penelitian sangat penting karena ini akan menjadi bukti bahwa kamu benar-benar telah menyelesaikan penelitian dan siap untuk lulus dari perguruan tinggi. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu telah memahami tema dan metode penelitian yang digunakan dalam skripsi atau tesis.

Kapan Surat Keterangan Penelitian Diperlukan?

Surat keterangan penelitian biasanya diperlukan pada saat mengajukan permohonan sidang skripsi atau tesis. Ini adalah tahap akhir dari proses penelitian yang akan menentukan kesimpulan dari tugas akhirmu. Pastikan kamu sudah siap untuk menghadapi sidang ini!

Dimana Bisa Membuat Surat Keterangan Penelitian?

Kamu bisa membuat surat keterangan penelitian di kampus perguruan tinggi yang telah kamu lakukan penelitian. Sediakan semua dokumen penelitianmu dan jangan lupa untuk meminta tanda tangan dari dosen pembimbing dan dosen penguji. Dalam beberapa kasus, surat keterangan ini juga bisa diberikan oleh institusi yang melakukan penelitian.

Kelebihan Surat Keterangan Penelitian

Surat keterangan penelitian memberikan nilai tambah pada pelamar kerja. Ini menunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian secara mandiri dan menghasilkan laporan yang benar dan akurat.

Kekurangan Surat Keterangan Penelitian

Surat keterangan penelitian hanya menunjukkan bahwa kamu telah menyelesaikan tugas akhirmu. Namun, ini tidak menjamin bahwa kamu memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang kamu lamar. Tetap perlu menunjukkan kompetensi kamu dengan cara yang lebih detail.

Bagaimana Cara Membuat Surat Keterangan Penelitian?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat surat keterangan penelitian:

  1. Siapkan semua dokumen penelitianmu seperti laporan atau hasil penelitian.
  2. Hubungi dosen pembimbing dan dosen penguji kamu.
  3. Mintalah tanda tangan mereka pada surat keterangan.
  4. Pastikan semua informasi yang kamu berikan adalah benar dan akurat.
  5. Jangan lupa untuk mengecek tata bahasa dan ejaan yang kamu gunakan.

Contoh Surat Keterangan Penelitian

Berikut adalah contoh surat keterangan penelitian yang bisa kamu gunakan sebagai referensi:

contoh surat keterangan penelitian

Jika kamu memperhatikan semua tahap dalam penelitian dan membuat surat keterangan penelitian yang baik, maka kamu pasti bisa lulus dari perguruan tinggi dan menemukan pekerjaan yang kamu inginkan. Semoga berhasil!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Surat Selesai Penelitian yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment