Contoh Teks Anekdot

Contoh Teks Anekdot

Belum tau apa itu teks anekdot berserta contoh dari teks tersebut? Teks anekdot adalah cerita singkat ataupun panjang yang bisa bersifat sindiran dan kritikan dalam mengisahkan suatu kejadian sebenarnya. Sehingga tidak heran jika banyak contoh teks anekdot yang ikut strukturnya dibuat dengan tema layanan publik, politik, sosial, lingkungan, dan hukum. Teks anekdot juga memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan teks biasa pada umumnya. Ada contoh teks anekdot yang panjang dan ada juga yang singkat. Serta ada juga contoh teks anekdot yang menyindir dan tidak menyindir, biasanya teks yang menyindir dibuat khusus untuk teman kelas atau guru di sekolah.

Layaknya teks lain, ternyata teks anekdot juga memiliki struktur dimana memulainya dari abstraki, orientasi, krisis, reaksi, acara, dan reorientasi. Untuk abstraksi merupakan teks anekdot yang berada di bagian awal cerita atau paragraf pertama. Fungsi utamanya yaitu untuk memberi gambaran sedikit tentang isi dari teks anekdot secara keseluruhan.

Sedangkan orientasi yaitu struktur teks anekdot yang menjelaskan situasi yang pernah terjadi di awal cerita. Lalu acara menjelaskan dan menggambarkan dari susunan peristiwa yang telah diceritakan di teks anekdot tersebut. Seperti contoh teks anekdot untuk guru dan teman biasanya lebih panjang teksnya daripada teks anekdot lainnya yang ikut strukturnya.

Kemudian krisis merupakan struktur teks anekdot yang membahas berbagai masalah pokok yang dapat dibuat inti dari teks anekdot tersebut. Setelah itu reaksi yaitu struktur teks anekdot yang menampilkan cara pemecahan masalah atau solusi yang muncul pada saat krisis. Selain itu juga koda merupakan teks anekdot yang menggambarkan berbagai perubahan yang bisa terjadi pada tokoh yang ada di teks anekdot tersebut.

Lalu yang terakhir yaitu reorientasi merupakan struktur teks anekdot bagian akhir paragraf pada teks anekdot tersebut. Setelah mengetahui pengertian, struktur serta kaidah yang ada di teks anekdot, silakan lihat juga contoh teks anekdot singkat yang ada dalam beberapa macam aspek. Ada juga contoh teks anekdot yang panjang untuk menyindir teman atau guru di sekolah Anda yang sudah ikut strukturnya.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Teks Anekdot Singkat

Kereta dan Tukang Bakso

Dalam satu hari, seperti biasa, dari pagi sampai sore tukang bakso berdagang di SMA 3 Cikarang; jam 12 siang, ia umumnya telusuri rel kereta untuk ambil jalan singkat ke arah tempat dagang setelah itu, yaitu Pasar Citayeum.

Tapi kebetulan hari itu, dagangannya telah habis. Konsumen terakhir kalinya beli kupat tahu disamping rel kereta. Setelah konsumen paling akhir itu usai, tukang kupat tahu itu bersihkan piringnya yang berwarna merah lalu mengeringkannya dengan dikibas-kibaskan.

Kebetulan lagi, waktu itu ada kereta yang lewat. Lihat ada sinyal merah dikibas-kibaskan dari jauh, masinis kereta itu terkejut lalu mencapai rem keras-keras. Dugaannya ada hal genting yang membahayakan. Lalu kereta stop pas di samping tukang kupat tahu barusan.

Masinis: “Ada apakah, pak? ”

Tukang Bakso: “Tidak ada apa-apa, pak, tinggal micinnya saja.”

Saat itu Masinis turun lalu memukul tukang bakso.

Abstraksi: Dalam satu hari, seperti biasa, dari pagi sampai siang tukang bakso berdagang di SMA 3 Cikarang ; jam 12 siang, ia umumnya telusuri rel kereta untuk ambil jalan singkat ke arah tempat dagang setelah itu, yaitu Pasar Citayeum.

Orientasi: Konsumen terakhir kalinya beli kupat tahu disamping rel kereta.

Krisis: Lihat ada sinyal merah dikibas-kibaskan dari jauh, masinis kereta itu terkejut lalu mencapai rem keras-keras.

Reaksi: Pertanyaan Masinis, “Ada apakah, pak? ”

Koda: Saat itu Masinis turun dari kereta serta memukuli tukang kupat tahu.

Contoh Teks Anekdot Ikut Strukturnya

Gara-gara Takut Istri

Di satu hari yang sedikit mendung, tibalah seorang lelaki bertubuh besar dalam suatu rumah sakit. Tapi ada yang aneh, ke-2 telinganya melepuh seperti sisa terbakar.

Lalu lelaki bertubuh besar itu masuk ke ruangan dokter.

Dokter: “Apa yang dapat saya membantu, pak? ”

Bertubuh besar: “Ini telinga saya, dok.”

Dokter: “Mengapa telinganya, pak? Dapat diterangkan? ”

Bertubuh besar: “Jadi ini, pak dokter. bertubuh besar gini ini saya itu takut istri. Jadi tempo hari itu istri saya sedang ke luar rumah serta nyuruh saya nyetrika pakaian. Nah, ada telepon masuk. Karena takut itu dari istri saya … saya spontan tempelkan setrika ke telinga kanan saya, dok.”

Dokter: “Waah, saya memahami rasa-rasanya takut istri. Terus telinga kiri bapak mengapa? ”

Bertubuh besar: “Itu ia, dok. Telepon yang pertama tidak jadi keangkat sebab saya jejeritan. Eh, ada yang nelpon lagi. Jadi kekeduanya terkena.”

Saat itu dokter ambil setrika lalu melekatkannya dari muka lelaki bertubuh besar itu.

Susunan Teks Anekdot Lucu Dikarenakan Takut Istri

Abstraksi: Di satu hari yang sedikit mendung

Orientasi: Tibalah seorang lelaki bertubuh besar dalam suatu rumah sakit. Tapi ada yang aneh, ke-2 telinganya melepuh seperti sisa terbakar

Krisis: Keluhan lelaki bertubuh besar, “Jadi ini, pak dokter. bertubuh besar gini ini saya itu takut istri. Jadi tempo hari itu istri saya sedang ke luar rumah serta nyuruh saya nyetrika pakaian. Nah, ada telepon masuk. Karena takut itu dari istri saya … saya spontan tempelkan setrika ke telinga kanan saya, dok.”

Reaksi: “Waah, saya memahami rasa-rasanya takut istri. Terus telinga kiri bapak mengapa? ”

Koda: Saat itu dokter ambil setrika lalu melekatkannya dari muka lelaki bertubuh besar itu.

Contoh Teks Anekdot Layanan Publik

Anak Saya Kerja Bersama Negara

Dalam satu hari, Seorang Presiden Negara Di Asia tertarik dengan dagangan kue di tepi jalan. Selanjutnya ia membelinya.

Seperti ada rasa minat yang besar pada Pedagang kue itu. Hal tersebut membuat Sang Presiden menanyakan.

Presiden: “Telah berapakah lamakan ibu jual kue unik ini? ”

Pedagang kue: “Alhamdulillah, pak, seputar 30 tahun lebih saya berjualan kue ini.”

Presiden: “Sendirian? ”

Pedagang kue: “Iya, pak.”

Presiden: “Lho, anak ibu tidak turut menolong? ”

Pedagang kue: “Tidak, pak, mereka repot semua. Saya punyai anak 4 ; yang pertama kerja di KPK, ke-2 di POLDA, ke-3 di Kejaksaan Negeri, serta yang paling akhir di DPR, pak.”

Sang Presiden menggelengkan kepala tidak yakin. Kemungkinan ia berpikir kok dapat anak-anaknya sukses tetapi ibunya sendiri jualan kue di tepi jalan.

Pengawal presiden dari belakang nyeletuk, “Hebat, walau cuma berjualan kue, ibu dapat jadikan anak-anaknya sukses serta masih rendah hati.”

Dengar itu Sang Presiden meneruskan pertanyaannya.

Presiden: “Hebat ibu! Jika bisa saya ketahui, apa jabatan anak ibu di KPK, POLDA, Kejaksaan Negeri, serta DPR? ”

Pedagang kue: “Ya … sama, pak, jualan kue.”

Sang Presiden selanjutnya takjub dengar jawaban Pedagang kue barusan. Sekalian sedikit meredam tawa, presiden beli kue serta meneruskan perjalanannya.

Susunan Teks Anekdot Service Publik

Abstraksi: Dalam satu hari, Seorang Presiden Negara Di Asia tertarik dengan dagangan kue di tepi jalan. Selanjutnya ia membelinya.

Orientasi: Jawaban Pedagang kue, “Alhamdulillah, pak, seputar 30 tahun lebih saya berjualan kue ini.”

Krisis: Keterangan Pedagang kue tentang ke-4 anaknya, “”Tidak, pak, mereka repot semua. Saya punyai anak 4; yang pertama kerja di KPK, ke-2 di POLDA, ke-3 di Kejaksaan Negeri, serta yang paling akhir di DPR, pak.”

Reaksi: Sang Presiden menggelengkan kepala tidak yakin. Kemungkinan ia berpikir kok dapat anak-anaknya sukses tetapi ibunya sendiri jualan kue di tepi jalan.

Koda: Sang Presiden selanjutnya takjub dengar jawaban Pedagang kue barusan. Sekalian sedikit meredam tawa, presiden beli kue serta meneruskan perjalanannya.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Karyawan

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Sekolah Bertaraf Internasional

Hari yang cerah di salah satunya Rintisan Sekolah Berskala Internasional.

Ada seorang guru muda yang memberi informasi pada semua siswa.

Guru: “Beberapa anak, Alhamdulillah, kita bisa berita bahagia. Sesaat lagi sekolah kita sah jadi Sekolah Berskala Internasional (SBI). Nah, untuk menyongsong hari bahagia itu, apa yang akan kalian sediakan? Coba Budi, apa yang akan kamu buat persiapan? ”

Budi: “Bahasa Inggris, bu! Ya, belajar bahasa Inggris.”

Guru: “Pas sekali Budi. Kamu, Budi, apa yang akan kamu lakukan buat persiapan? ”

Budi: “Uang, bu! ”

Dengar jawaban itu, guru muda barusan ingin tahu. Selanjutnya ia meneruskan pertanyaan pada Budi.

Guru: “Lho, kok uang? ”

Budi: “Ya jelas, bu. Soalnya jika sekolah kita jadi SBI, tentu bayarnya tambah mahal, kan? Tidak kemungkinan akan sama saja.”

Guru: “Loh, loh, kamu kok demikian? Ini, Budi, Sekolah Berskala Internasional itu bermakna sekolah kita sama bagusnya dengan beberapa sekolah di luar negeri sana.”

Budi: “Tetapi menurut saya, SBI ini bukanlah Sekolah Berskala Internasional, tetapi Sekolah Bertarif Internasional! ”

Dengar jawaban Budi yang gawat dan menyindir tersebut, guru muda barusan cuma dapat terdiam. Kemungkinan hatinya menyetujui. Untuk menormalkan kondisi, dialihkanlah perbincangan jadi mengenai materi pelajaran supaya aman kembali lagi.

Susunan Teks Anekdot Pendidikan Sekolah Berskala Internasional

Abstraksi: Hari yang cerah di salah satunya Rintisan Sekolah Berskala Internasional.

Orientasi: Ada seorang guru muda yang memberi informasi pada semua siswa.

Krisis: Jawaban Budi pada guru muda, “Ya jelas, bu. Soalnya jika sekolah kita jadi SBI, tentu bayarnya tambah mahal, kan? Tidak kemungkinan akan sama saja.”

Reaksi: Dengar jawaban Budi yang gawat, guru muda barusan cuma dapat terdiam. Kemungkinan hatinya menyetujui.

Koda: Untuk menormalkan kondisi, dialihkanlah perbincangan jadi mengenai materi pelajaran supaya aman kembali lagi.

Itulah beberapa contoh teks anekdot yang lucu sekaligus menyindir dan ikut strukturnya sehingga tidak akan salah lagi teksnya. Anda bisa memilih contoh teks anekdot diatas baik yang singkat ataupun yang panjang dengan tema seperti pendidikan, sosial, dan politik. Anda juga bisa berimprovisasi dari contoh teks anekdot diatas untuk dapat membuat teks yang menyindir teman kelas atau guru Anda.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait