Firewall

Firewall

Penjelasan lengkap apa itu firewall mulai dari pengertian, fungsi, kegunaan, definisi, jenis-jenis, cara kerja, dan contoh terbarunya.

Apa itu firewall? Kalian pernah melihat salah satu fitur dalam sistem pengaturan yang memiliki icon berbentuk globe dan terdapat tembok bata merah? Jika pernah, dan kalian masih mengingatnya itu adalah sebuah firewall.

Lalu, definisi firewall itu sendiri seperti apa? untuk lebih jelasnya akan terangkum dalam pembahasan tema teknologi informasi dan komunikasi kali ini.

Pengertian Firewall

Firewall adalah suatu sistem komputer yang dapat melindungi perangkat komputer tersebut dari ancaman virus maupun dalam segala hal yang berbahaya dalam jaringan internet.

Sistem tersebut berperan sebagai tembok yang membentengi perangkat komputer dari sebuah jaringan internet. Beberapa hal yang akan terbentengi adalah data maupun informasi, dan segala aktivitas yang terpantau dari satu perangkat dengan jaringan internet.

Terdapat dua kombinasi yaitu hardware dan software yang berfungsi sebagai pemisah antar jaringan komputer agar menjaga data maupun informasi kita tetap aman guys.

Lalu, apakah hanya itu saja fungsi firewall? Tentu saja masih terdapat beberapa fungsi yang lainnya. Makanya lanjutkan membaca dan belajarnya ya, agar tidak ada informasi yang tidak tercerna dengan lengkap.

Apa saja Fungsi Firewall

Yuk, berkenalan dengan fungsi dari sistem pelindung komputer kalian, agar kalian dapat memanfaatkannya dengan tepat!

1. Fungsi pada sebuah perangkat

Pada sebuah komputer maupun perangkat yang lainnya, sistem ini dapat menjadi :

  • Pengawas traffic paket data yang mengalir dalam sebuah jaringan komputer.
  • Modifikasi terhadap paket data yang terkirim agar dapat menyembunyikan alamat IP.

2. Pos keamanan jaringan

Sebagai pos keamanan, tentu saja harus memberikan pelayanan seperti berikut :

  • Memeriksa jaringan komputer,
  • Menyaring data dalam komputer,
  • Membatasi jaringan yang masuk dalam sebuah perangkat komputer,

Aktivitas tersebut harus dikerjakan secara otomatis dan dilihat dari asal alamat IP komputernya.

3. Pencatat Aktivitas User

Kalian tenang saja, semua aktivitas yang terjadi pada komputer kalian telah terdokumentasi oleh firewall. Hal tersebut dilakukan agar :

  • Sistem keamanan dalam komputer dapat dikembangkan atau terupdate.
  • Autentikasi terhadap akses menuju jaringan komputer.

4. Pencegahan Kebocoran Informasi

Fungsi keempat yaitu dapat mencegah agar informasi maupun data kalian tidak bocor.

Nah, itulah beberapa fungsi dari sebuah sistem pelindung komputer kalian. Lalu, manfaat atau kegunaan apa saja yang didapatkan dari fungsi – fungsi terebut.

Kegunaan Firewall

Kalian ingin tahu manfaat atau kegunaan firewall dalam sistem komputer kita? Yuk, lanjutkan bacanya ya!

Peran Firewall

1. Melindungi Data dari Hacker

Sebuah tembok tentu saja dapat menjadi pelindung. Maka dari itu, firewall dapat melindungi data yang terakes dari luar, sehingga hacker maupun pengguna asing tidak dapat mengakses data kalian.

Jadi, buruan pasang firewall dalam perangkat kalian, agar data terlindungi dan tidak mudah tercuri oleh user yang tidak terorientasi.

2. Blockir Pesan Berbahaya

Kalian sering mendapatkan pesan yang tidak diinginkan?

Wah, itu sering terjadi, terutama pesan spam yang menyuruh kalian untuk melakukan beberapa hal yang berhubungan dengan perangkat kalian seperti memasang aplikasi yang tidak seharusnya kalian lakukan.

Jadi, kalau kalian masih sering mendapatkan pesan seperti contoh di atas, maka perangkat komputer belum terinstall firewall dengan sempurna. Akan tetapi, selain sebuah pesan, jika terinstall dengan sempuran, maka konten – konten yang tidak diinginkan dan mengandung virus dapat terblockir otomatis.

3. Mencegah terjadinya Keyloggers

Diantara kalian ada yang pernah menonton drama korea yang berjudul “Phantom / Ghost”? Jika pernah, kalian penggemar oppa – oppa pasti tidak asing dengan aplikasi “keyloggers” yang muncul dalam drama bergenre detektif tersebut.

Ya, aplikasi atau perangkat lunak berbahaya jika tertanam dalam komputer kalian. Perangkat tersebut akan merekam jejak tombol yang kalian tekan, biasanya target utama adalah username dan password yang tersimpan dalam beberapa media yang sering kalian buka melalui perangkat komputer tersebut.

Wah, bisa berbahaya jika data dan informasi dari beberapa akun diintip oleh orang asing yang tidak bertanggung jawab. Makanya, segera install firewall agar terhindar dari tindakan keyloggers.

4. Monitoring Bandwidth

Selain sistem pelindung, dapat juga berguna untuk memonitor dan membatasi jumlah bandwidth yang terpakai. Contoh : Prioritas bandwidth dalam konten yang penting seperti bisnis, dan batasi bandwidth terhadap konten hiburan dan juga game.

5. Akses layanan VPN

Dapat menjadi fasilitator untuk koneksi VPN atau Virtual Private Network. Jadi, intinya kalian dapat masuk pada konten maupun sebuah website yang sudah terblockir oleh beberapa pihak agar dapat sharing data.

Tapi, jangan akses konten terblockir yang memang sudah tidak wajib alias tidak boleh dilihat ya!

Nah, sudah jelas bukan pengertian, fungsi dan manfaat firewall? Lalu, apakah sistem tersebut memiliki beberapa jenis atau tipe? Tentu saja ada, karena sistem keamanan juga memiliki tingkat keamanan dan sistem yang berbeda – beda.

Jenis-Jenis Firewall

Secara umum, jenis – jenis firewall yaitu :

1. Packet Filtering Firewall

Jenis firewall yang paling dasar dan terbilang paling lama. Jenis pertama ini dapat memeriksa router dan switch terhadap paket data yang mendarat.

Pemeriksaan tersebut berdasarkan alamat IP, port, tipe paket data serta informasi yang terkirim, kemudian jika dipastikan aman, maka akan diteruskan ke alamat tujuan.

2. Circuit Level Gateway

Jenis circuit level gateway bekerja untuk memverifikasi sebuah proses TCP atau Transfer Control Protocol, dan memastikan bahwa session yang terkirim tidak ada malware dan ancaman berbahaya lainnya.

3. Software Firewall

Jenis sistem yang terinstall bersamaan dengan software atau aplikasi yang lainnya. Jenis sistem ini dapat menciptakan pertahanan yang lebih dari berbagai ancaman yang membahayakan perangkat kalian.

4. Hardware Firewall

Jenis hardware firewall memiliki peran untuk filtering paket data yang terhubung dengan server. Tentu saja hal tersebut dilakukan untuk keamanan paket data, jadi jika terdapat sebuah masalah, maka akses akan langsung tertolak.

Kualitas hardware yang bagus, akan menjadi pertahanan yang semakin kuat pula dalam sebuah sistem perlindungan keamanan sebuah perangkat.

5. Cloud Firewall

Cloud merupakan tempat penyimpanan atau server data yang penting, dan akan sangat berbahaya jika tercuri oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Jadi, agar cloud aman, pastikan perangkat kalian terinstall firewall jenis yang satu ini.

6. Stateful Inspection Firewall

Gabungan dari packet filtering dengan circuit level gateway merupakan jenis dari stateful inspection. Sedangkan fungsinya, yaitu melakukan filtering data, dan melakukan verifikasi TCP agar keamanan bertingkat ganda.

Ternyata banyak juga ya jenis dari sistem pelindung perangkat kalian, memiliki fungsi dan perannya masing – masing.

Lalu, apakah cara kerjanya juga berbeda – beda dari tiap jenis? Jika ingin mengetahui, jangan berhenti disini bacanya, lanjutkan sampai akhir ya!

Cara Kerja Firewall

Ilustrasi Cara Kerja Firewall
Ilustrasi Cara Kerja Firewall

Firewall memiliki 3 prinsip kerja ketika sedang melindungi perangkat kalian, yaitu :

  • Menyaring Paket Data. Paket data akan dianalisa terlebih dahulu atau dilakukan filtering paket data yang terkirim ke dalam sistem.
  • Layanan Proxy. Pengambilan informasi dari internet yang kemudian akan dikirim ke dalam sistem.
  • Inspeksi Stateful. Pencocokan bagian tertentu dari paket data dengan database yang terpercaya. Jika hasil perbandingan menunjukkan hasil yang bagus, maka informasi boleh dilanjutkan untuk masuk ke dalam perangkat. Jika hasil tidak sinkron? tentu saja data terbendung, kemudian akan terbuang.

Sudah sangat jelas pembahasan tentang firewall? Jika masih bingung, langsung saja kalian cek gambar berikut ini.

Gambar Contoh Firewall Jenis Hardware
Gambar Contoh Firewall Jenis Hardware

Nah, bentuk hardware seperti di atas merupakan beberapa merek dari berbagai tipe hardware. Jadi, salah satu solusi yang dapat diberikan agar perangkat aman adalah menggunakan tipe hardware firewall sebagai pelindung ganda untuk perangkat kalian, selain yang sudah terinstall dalam sistem.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment