Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Penjelasan lengkap jaringan komputer atau jarkom mulai dari pengertian, definisi, fungsi, jenis-jenis, sejarah, topologi, dan manfaatnya. Setiap hari kita saling berkirim pesan, baik melalui WhatsApp, Telegeram, E-mail, maupun yang lainnya.

Tapi, pernahkah kalian berpikir bagaimana kita bisa saling berkirim pesan dan bertukar data? Tentu saja karena adanya jaringan komputer. Berikut adalah penjelasan lengkapnya sehingga dapat memahami dengan mudah apa itu jarkom.

Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Mari kita bicarakan dulu tentang sejarah dari jaringan komputer. Jika berbicara tentang sejarah pasti membosankan dan malas untuk dipelajari.

Kesempatan bagi kalian untuk membaca cerita sejarah yang sangat menarik dan friendly.

  • Sistem antrian

Pada tahun 1940 terdapat proses beruntun atau Batch Processing untuk memproses banyak data tanpa harus membuang banyak waktu. Beberapa program dapat dijalankan dengan baik karena sistem antrian dalam sebuah komputer.

  • Terciptanya Super Komputer

Komputer mulai semakin berkembang sampai muncul sebuah super komputer pada tahun 1950 – an. Pada tahun ini disebutlah TSS atau Time Sharing System yang memperkenalkan bentuk sebuah jaringan (Network) komputer, dan proses ditribusi berdasarkan dari penyesuaian waktu.

Sistem TTS menghubungkan beberapa terminal yang terangkai secara seri dengan komputer lainnya, dan terhubung ke dalam suatu jaringan tertentu atau host.

  • 10 Komputer sudah Saling Terhubung

Tentu nama ARPANET sudah tidak asing lagi karena sering menjadi pembahasan dalam sejarah teknologi. Penelitian yang dilakukan pada tahun 1969 – 1970 – an tentang ARPANET digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer sampai membentuk sebuah jaringan organik.

Nah, pada tahun 1970 – an sudah mulai banyak pekerjaan yang mengandalkan perangkat komputer, sehingga lebih dari 10 komputer terhubung satu sama lain dengan konsep proses distribusi.

  • Cikal Bakal Internet (International Network)

Surat elektronik atau E-mail sudah mulai berhasil dikembangkan pada tahun 1972, sampai tahun 1973 terdapat dua ahli komputer mengutarakan idenya tentang sebuah internet.

  • TCP / IP

TCP atau Transmission Control Protocol dan IP atau Internet Protocol terbentuk pada tahun 1982. Sebelumnya, muncul sebuah telepon televisi pertama pada tahun 1981 untuk memudahkan orang berinteraksi dengan sebuah video link.

Begitulah sejarah singkat yang menyebabkan komputer terus berkembang hingga membentuk jaringan, bahkan lebih dari ratusan ribu komputer yang saling terhubung dalam jaringan.

Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Setelah mengetahui tentang sejarahnya secara singkat, seharusnya sudah dapat mendefinisikan apa itu jaringan komputer.

Jaringan Komputer adalah

Terkoneksinya satu device atau perangkat komputer dengan komputer yang lainnya, dan memiliki tujuan yang sama untuk saling mengirim data maupun berbagi informasi.

Saling bertukar data tentu ada pengirim dan penerima data. Pihak yang menerima data atau informasi adalah seorang client, sedangkan pihak lainnya yang mengirim data tersebut adalah server.

Terdapat perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak yaitu software yang berupa sistem operasi. Sistem operasi dapat membentuk sebuah jaringan dengan menggunakan kabel atau nirkabel (hardware) sebagai alat mentransmisikan data dari komputer satu menuju beberapa komputer yang lainnya.

Ingat, komputer itu sudah berkembang, jadi jangan berpikir bahwa komputer adalah sebuah perangkat besar yang biasa ditemukan di warnet. Akan tetapi, Laptop maupun Handphone yang tiap hari digunakan untuk bekerja, dan saling mengirim informasi juga termasuk dalam kategori Komputer.

Jadi, untuk kalsifikasi jaringan komputer terbagi menjadi 3, yaitu berdasarkan dari geografis atau jarak sebuah jaringan, berdasarkan fungsinya, dan juga topologi jaringan.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

Jenis – jenis jaringan berdasarkan geografis atau area jaringan ada 3, sebagai berikut :

1. LAN

LAN singkatan dari Local Area Network. Sesuai dengan namanya, jaringan LAN hanya menghubungkan area jaringan secara lokal yaitu area terdekat dengan server. Misalnya : Percetakan dengan perangkat printer di dalam sebuah kantor.

Sebuah komputer server atau komputer dari pengirim data (seperti printer) tidak boleh lebih dari jarak 1 hingga 10 km dari komputer client atau perangkat untuk mencetak sebuah data tersebut.

2. MAN

MAN singkatan dari Metropolitan Area Network. Jaringan ini lebih luas karena jaringan antar perangkat atau device dapat mencapai pada jarak 10 hingga 50 km. Seperti jaringan antar perusahaan atau satu gedung dengan gedung yang lainnya.

3. WAN

WAN singkatan dari Wide Area Network. Jaringan jenis WAN sangatlah luas, bahkan bisa menghubungkan jaringan antar negara dan benua karena mencakup keseluruh penjuru dunia.

Media transmisi atau pertukaran datanya menggunakan satelit, akan tetapi ada juga yang menggunakan fiber optik.

Jenis – Jenis komputer yang diklasifikasikan berdasarkan fungsinya sudah dibahas juga dalam pengertian di atas, yaitu client – server.

Sedangkan media transmisi yang digunakan dalam jaringan komputer untuk saling bertukar data maupun informasi ada 2, yaitu :

1. Jaringan Kabel

Jaringan yang menggunakan kabel atau wired network untuk menghubungkan beberapa komputer memiliki cara kerja dalam bentuk sinyal listrik, sehingga dapat mengirim data.

2. Jaringan Nirkabel

Jaringan jenis nirkabel biasa kalian kenal dengan sebutan Wi-Fi. Komputer yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi tidak memerlukan kabel, hanya berua sebuah gelombang elektromagnetik.

Fungsi kedua jaringan tersebut sama yaitu menjadi media atau alat untu mentransmisikan data maupun informasi.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan menjelaskan tentang hubungan antar layout yang tersusun dalam sebuah jaringan. Terdapat beberapa jenis topologi jaringan, yaitu :

1. Topologi Bintang

Topologi Star

Terkenal juga dengan topologi star memiliki tingkat keamanan yang tinggi, bahkan tahan dan sangat jarang terjadi gangguan jaringan.

Topologi tersebut memiliki kekurangan yang sangat fatal, disebabkan oleh titik pusat yang disebut dengan hub node apabila rusak, maka seluruh device yang terhubung dengan jaringan tersebut akan berhenti atau terputus.

2. Topologi Bus

Topologi Bus

Jika ingin menghemat kabel, maka gunakan topologi jaringan bus. Topologi bus hanya menggunakan satu kabel yang menghubungkan workstation dengan server. Pemasangan workstation yang baru tidak akan mengganggu yang lainnya, jadi mudah untuk mengembangkan jaringan.

Akan tetapi, akan sering mengalami padat jalur lalu lintas dalam jaringan, serta membutuhkan sebuah repeater agar bisa digunakan dalam jarak jauh.

3. Topologi Cincin

Topologi Ring

Cincin atau Ring merupakan bentuk topologi yang terusun secara melingkar seperti sebuah cincin.

Data maupun informasi yang dikirim akan melewati beberapa workstation, dan akan berhenti pada perangkat atau workstation yang sesuai dengan alamat tujuan.

Pengembangan jaringan lebih kaku dari pada topologi bus, dan lebih sulit melakukan konfigurasi dibandingkan dengan topologi star.

4. Topologi Pohon

Topologi Tree

Tree atau pohon merupakan kombinasi dari topologi star dan bus. Kelebihan dan kekurangannya tidak jauh berbeda dengan topologi star dan bus di atas.

Jaringan pohon dapat membentuk kelompok baru setiap saat ketika membutuhkan, seperti : sebuah perusahaan membentuk kelompok workstation penjualan, pembukuan, maupun yang lainnya.

5. Topologi Jala

Topologi Mesh

Penggunaan topologi jala atau mesh akan mengirim data secara langsung menuju ke tempat yang dituju, tanpa melalui beberapa komputer lainnya.

Itulah salah satu kelebihan dari topologi mesh yang mempercepat hubungan jaringan antar komputer client khusus dengan komputer yang akan dituju.

Tentu saja membutuhkan banyak kabel, dan juga semakin banyak port I/O yang akan digunakan jika dalam jaringan topologi mesh ini.

Wah, ternyata sudah sangat panjang pembahasan tentang jaringan komputer dalam artikel kali ini.

Setelah belajar materi tersebut, sebenarnya apa manfaat dari jaringan komputer itu?

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diambil ketika menggunakan sebuah jaringan dalam kehidupan sehari – hari kita.

  • Transfer data atau Sharing data.
  • Data terjaga karena terdata data security.
  • Komunikasi terjaga.
  • Manfaatkan sebagai hiburan karena bisa main game atau menonton dan melihat beberapa hal yang kalian suka.

Banyak manfaat yang tidak dapat disebutkan secara rinci, karena kalian akan dapatkan manfaat itu sendiri ketika kalian benar – benar memahami tentang jaringan pada sebuah komputer atau perangkat yang dimiliki.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment