Juknis Bop Paud 2022

Eh, jangan-jangan kamu bingung cari referensi LPJ dana BOP tahap 1 tahun 2022 atau malah sibuk cari permendikbud 45 tahun 2022? Tenang-tenang, udah ada solusinya nih! Jangan pusing mikirin urusannya, kita bahas aja yuk satu-satu. Siapa tau ada yang lucu-lucu juga hehe…

Cara Menyusun LPJ Dana BOP Tahap 1 Tahun 2022

Kalau kamu pengurus kegiatan kemahasiswaan, OSIS, atau organisasi apapun yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan di luar kelas, pasti sudah tidak asing lagi dengan BOP atau Bantuan Operasional Sekolah. Nah, agar kamu bisa mengelola dana BOP dengan baik dan tetap teratur, ada LPJ yang harus kamu siapkan lho. Gimana caranya? Simak dulu apa itu LPJ dan langkahnya sebagai berikut.

Apa Itu LPJ?

LPJ atau Laporan Pertanggungjawaban adalah laporan yang diperlukan untuk menghindari penyalahgunaan dana. LPJ sering diwajibkan oleh pihak yang memberikan dana, contohnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat memberikan BOP.

Mengapa Harus Membuat LPJ?

Harus dibuat karena LPJ akan membuktikan bahwa dana yang diberikan sudah digunakan sesuai dengan peruntukannya. LPJ juga bisa menjadi referensi kamu dalam mengelola keuangan kegiatan di masa yang akan datang.

Kapan Harus Membuat LPJ?

LPJ biasanya dibuat setelah kegiatan selesai digelar. Siapa tau nih ada yang belum tahu, jadi kamu harus tahu deadline pengumpulan LPJ yaitu maksimal 1 bulan setelah kegiatan berakhir.

Dimana Harus Membuat LPJ?

Tempat pembuatan LPJ sama saja. Pilih saja tempat yang kondusif dan nyaman untuk kamu, bisa di ruangan kosong di kampus atau saat menjadi penghuni kost-kostan atau bahkan di rumah.

Kelebihan LPJ

Ada banyak kelebihan dalam membuat LPJ. Berikut ini beberapa kelebihannya:

  • Transparansi, dengan LPJ, kegiatan kamu akan lebih tertib dan terstruktur, bisa juga menghindari penggunaan dana yang tidak sesuai peruntukannya.
  • Mencegah Penyelewengan Dana, seperti yang disebutkan tadi, LPJ akan membuktikan bahwa dana disalurkan dengan baik dan tepat.
  • Membangun Kepercayaan, LPJ akan membuat pihak yang memberikan dana merasa tenang dan percaya pada kamu, karena kamu sudah terbukti bisa mengelola dana dengan baik.
  • Referensi, LPJ bukan hanya berfungsi sebagai laporan, tapi juga bisa menjadi referensi kamu di masa depan. Kamu bisa melihat penggunaan dana pada kegiatan sebelumnya sebagai bahan evaluasi dan perbaikan kegiatan di masa yang akan datang.

Kekurangan LPJ

Walau memiliki banyak kelebihan, LPJ juga memiliki kekurangan, yaitu:

  • Bikin Pusing, kalau kamu belum terbiasa menghitung keuangan, bisa jadi LPJ malah bikin kurang tidur karena pusing mikirin perhitungannya.
  • Bikin Ribet, LPJ terkadang membutuhkan data-data yang lengkap dan detail, sehingga kamu harus bersabar dan teliti dalam mempersiapkan segala data yang dibutuhkan. Dan kalau kurang teliti dalam pengumpulan data, bisa-bisa LPJ jadi kurang valid.
  • Makan Waktu, LPJ bukan hanya memakan waktu saat dipersiapkan, tapi juga saat di-review oleh pihak yang memberikan dana. Diperlukan waktu sekitar 2-4 minggu untuk mengecek validitas LPJ dan bisa jadi kamu menunggu dana tersebut untuk kegiatan selanjutnya.

Bagaimana Membuat LPJ?

Proses pembuatan LPJ gampang-gampang susah sih, tapi tidak perlu takut! Ikuti langkah-langkah berikut ini dan LPJ kamu insyaaAllah berhasil.

  1. Mengumpulkan Data, lengkapi data-data terkait dengan kegiatan seperti biaya, sumber dana, dan keperluan pembelian.
  2. Membuat Rincian Acara, buat rincian kegiatan dari awal hingga akhir, mulai dari persiapan sampai acara berakhir.
  3. Membuat Daftar Barang, daftar semua barang yang dibeli dengan dana BOP.
  4. Membuat Laporan Pengeluaran, catat setiap pengeluaran yang dilakukan selama kegiatan berlangsung.
  5. Membuat Laporan Penerimaan, catat setiap penerimaan yang diterima oleh panitia selama kegiatan berlangsung.
  6. Membuat Rekapitulasi, buat rekapitulasi mengenai pengeluaran dan penerimaan selama kegiatan berlangsung.
  7. Membuat Kesimpulan, berikan kesimpulan terhadap kegiatan tersebut.
  8. Menandatangani LPJ, sebelum LPJ kamu diterima oleh pihak yang memberikan dana, harus ditandatangani terlebih dahulu.

Contoh LPJ Dana BOP Tahap 1 Tahun 2022

Bicara tentang LPJ, biasanya akan banyak sekali format dan tampilan yang beragam. Apalagi kalau salah satunya bikin pusing, pasti langsung cari contoh supaya lebih paham. Berikut ini contoh LPJ yang bisa menjadi bahan referensi kamu:

Peraturan Mendikbud 45 Tahun 2022

Kalau kamu pengin jadi guru atau karyawan di sekolah, penting banget nih untuk tahu regulasi yang terbaru. Nah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baru-baru ini mengeluarkan peraturan baru nih, yaitu Permendikbud 45 tahun 2022. Nah, biar kamu tidak ketinggalan infonya, kita bahas aja yuk!

Apa itu Permendikbud 45 Tahun 2022?

Permendikbud 45 tahun 2022 adalah peraturan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berisi mengenai kurikulum, standar dan proses penilaian, serta pengakkreditasian institusi pendidikan. Ini adalah revisi dari permendikbud 44 tahun 2022.

Mengapa Ada Permendikbud 45 Tahun 2022?

Berbicara tentang regulasi baru, tentu alasan yang diungkapkan pasti ada yang baik-baiknya. Permendikbud 45 tahun 2022 dibuat untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia secara merata. Seperti yang kita ketahui, sistem pendidikan di Indonesia masih jauh dari yang diharapkan, hal ini menjadi fokus saat dibuatnya Permendikbud 45 tahun 2022.

Kapan diundangkan?

Permendikbud 45 tahun 2022 resmi diundangkan pada tanggal 4 Januari 2022 lalu.

Dimana Dapat Dilihat?

Kamu bisa melihat langsung ke website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Atau, kamu juga bisa mencari referensi dari website dan portal-portal yang membahas mengenai sistem pendidikan.

Apa yang Diatur dalam Permendikbud 45 Tahun 2022?

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, Permendikbud 45 tahun 2022 mengatur mengenai kurikulum, standar dan proses penilaian, serta pengakkreditasian institusi pendidikan. Berikut ini rincian dari setiap bab dalam Permendikbud 45 tahun 2022:

Bab I – Ketentuan Umum

Pada bab ini diatur mengenai lingkup permendikbud 45 tahun 2022, asas, tujuan, dan definisi.

Bab II – Ketentuan Kurikulum dan Pembelajaran

Pada bab ini diatur mengenai kurikulum pendidikan, implementasi kurikulum, dan pembelajaran.

Bab III – Standar Pendidikan

Pada bab ini diatur mengenai standar nasional pendidikan, standar pendidikan tinggi, dan standar pendidikan vokasi.

Bab IV – Penilaian dan Evaluasi

Pada bab ini diatur mengenai proses penilaian dalam pendidikan dan evaluasi proses belajar mengajar.

Bab V – Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan

Pada bab ini diatur mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan.

Bab VI – Akreditasi

Pada bab ini diatur mengenai proses pengakreditasian untuk lembaga pendidikan.

Apa Saja Perubahan dari Permendikbud 44 Tahun 2021?

Setiap peraturan pasti ada perubahannya. Buat kamu yang merasa sudah paham dengan Permendikbud 44 tahun 2021, yuk simak perubahannya pada Permendikbud 45 tahun 2022:

  • Penerapan 4 Pilar Pendidikan, pada Permendikbud 45 tahun 2022, ditekankan penerapan 4 pilar pendidikan, yaitu learning to know, learning to do, learning to live together, dan learning to be.
  • Tidak Ada UTS dan UAS Sekolah, pada Permendikbud 45 tahun 2022, UTS dan UAS sekolah ditiadakan, namun tetap ada Ujian Sekolah (US) atau Ujian Nasional (UN).
  • Bahasa Indonesia Sebagai Mata Pelajaran Wajib, Permendikbud 45 tahun 2022 mewajibkan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran di setiap jenjang pendidikan. Dan tidak hanya 2-3 jam dalam seminggu seperti sebelumnya, melainkan 5-6 jam dalam seminggu.
  • Kenaikan Gaji Guru, dalam Permendikbud 45 tahun 2022, juga diatur mengenai kenaikan gaji guru, yaitu 5% dari gaji pokok setiap tahunnya.

Nah, itu dia paparan mengenai cara menyusun LPJ dana BOP tahap 1 tahun 2022 dan juga peraturan baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Semoga bermanfaat dan bisa memberi gambaran yang lebih baik mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan sistem pendidikan kita ya!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Juknis Bop Paud 2022 yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment