Kurikulum Paud 2013

Maaf ya temen-temen, aku baru ngeh kalau aku masih belum ngomongin kurikulum PAUD nih. Kalau aku sih udah gede ya, jadi gatau deh sekarang kurikulumnya gimana. But coba yuk kita lihat gambar ini dulu.

Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013

Gambar Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013

Apa itu kurikulum PAUD sih? Kalau menurutku ya, kurikulum PAUD itu kayak panduan buat yang mau ngajar anak-anak usia dini. Jadi tujuannya itu untuk menyediakan panduan buat semua guru PAUD agar bisa memilih dan menyusun kegiatan pembelajaran yang baik dan sesuai dengan usia anak.

Mengapa harus punya kurikulum sih? Ya jelas biar lebih teratur dong. Kalau ga ada kurikulum, kan bisa jadi guru ngajar apapun. Kan nggak enak juga ya kalau anak-anak belajarnya ga terorganisir.

Kapan kurikulum PAUD mulai diberlakukan? Kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013, mulai diterapkan sejak Tahun Pelajaran 2014/2015 lalu.

Dimana kita bisa dapetin kurikulum PAUD? Hmm, mungkin bisa minta ke guru PAUD, atau ke orang tua yang sudah punya anak di PAUD. Atau kalau emang mau baca sendiri, bisa dapetin di internet juga kok.

Oke, terus apa aja sih kelebihannya? Dari pada aku yang ngomong mendingan kamu lihat ikon polian yang cute banget ini yuk.

Kompetensi Dasar PAUD – Paket Internet Murah

Gambar Kompetensi Dasar PAUD

Sudah lihat gambar yang bisa ngajarin akal sehat? Nah, kelebihan dari kurikulum PAUD itu banyak banget lho. Selain bisa mengarahkan pembelajaran agar lebih terorganisir, selain itu kurikulum PAUD juga bisa meningkatkan keterampilan dasar anak, mengasah kreativitas anak, serta meningkatkan interaksi sosial antara anak dengan anak dan anak dengan guru.

Tapi ya ga ada yang sempurna, pasti ada kekurangannya juga kan. Iya bener banget nih, aku bakal ngomongin kekurangannya juga tapi tetep ada gambar yang lucu.

Kompetensi Dasar PAUD – Paket Internet Murah

Gambar Kompetensi Dasar PAUD

Kekurangan dari kurikulum PAUD itu sebenernya ga banyak sih. Beberapa orang ngerasa kurikulumnya kurang relevan sama kondisi anak-anak di daerahnya masing-masing. Selain itu, ada juga yang ngerasa kurikulumnya terlalu banyak banget materinya, padahal anak-anak di PAUD masih harus di-pelukis-pelukis-in. Tapi, untuk kekuranganinya ya ini sih tergantung sudut pandang masing-masing ya.

Lalu,oke kalau kita udah tahu apa itu kurikulum PAUD, terus kan tadi aku udah ngomongin kelebihan kerugian-nya, nggak ada salahnya juga ya kita bahas cara implementasinya.

Caranya gampang banget loh temen-temen. Pertama-tama, para guru harus sudah paham dan mengerti dulu tentang kurikulumnya. Seperti tujuan, sasaran, strateginya, serta hasil yang diharapkan menjadi hasil dari kurikulum tersebut.

Setelah itu, para guru sudah bisa merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum PAUD. Jadi, selama proses belajar mengajar berlangsung, seorang guru harus terus mengacu pada kurikulum PAUD untuk memastikan bahwa apa yang diajarkannya sudah sesuai dengan apa yang tertuang di kurikulum.

Setelah melakukan proses belajar mengajar sebanyak beberapa kali, guru harus melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Tujuannya adalah agar para guru bisa mengetahui apa yang sudah dilakukan dengan baik, serta apa yang harus diperbaiki agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Lalu, apa kaitannya dengan contoh? Ya memang sih kurikulum PAUD ini berlaku untuk semua guru, tapi mungkin bagi kamu yang sudah jadi orang tua atau sedang mengasuh adik/keponakan, juga bisa memanfatkan kurikulum PAUD ini dari sisi konten-kontennya. Jadi kamu bisa berkreasi sendiri dengan memanfaatkan konten yang ada di dalam kurikulum PAUD, yang tentunya disesuaikan dengan usia dan tingkat pemahaman si anak.

Nah gimana, sudah pada paham kan? Kurikulum PAUD tu penting banget lho. Mengatur kegiatan pembelajaran, mengarahkan pembelajaran, serta memberikan panduan bagi para guru agar bisa memilih dan menyusun kegiatan pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan usia anak-anak. Jadi, mari kita semua mendukung ya!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kurikulum Paud 2013 yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment