Mengenal Retinol, Bahan Aktif Skincare yang Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang berasal dari vitamin A dan banyak dipergunakan di beberapa produk skincare. Ada beberapa kandungan senyawa di dalam retinol yang berfungsi untuk mengatasi permasalahan jerawat.

Maka dari itu, sampai dengan saat ini retinol di gadang-gadang obat yang paling ampuh untuk penuaan dini. Seperti bahan aktif lainnya, untuk retinol juga bisa mendapatkan manfaat dan terhindar dari terjadinya risiko iritasi.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Retinol

Berdasarkan dari halaman Harvard Medical School, retinol merupakan salah satu zat yang dibuat dari vitamin A. Bahkan, untuk zat yang ada di retinol sudah dipergunakan sebagai obat jerawat sekitar tahun 1970 an.

Akan tetapi, ada salah satu seorang peneliti yang mengatakan bahwa dengan menggunakan retinol bisa mencegah terjadinya penuaan. Tidak hanya itu saja, retinol juga bisa membantu proses pembaruan beberapa sel-sel kulit yang sudah mati.

Sehingga, untuk hasil kulit yang diberikan selanjutnya bisa lebih halus. Retinol sendiri dibagi menjadi dua jenis yang berdasarkan dengan tingkat kekuatannya. Untuk produk retinol yang bisa dibeli bebas, biasanya mempunyai kandungan retinyl palmitate, retinaldehyde atau adapalene.

Perlu anda ketahui, untuk adapalene juga ditemukan di beberapa produk untuk mengatasi permasalahan jerawat. Selain itu, ada juga retinol yang lebih kuat seperti tretinoin dan tazarotene.

Kedua jenis retinol tersebut harus dibeli dengan menggunakan resep dan pengaruh yang diberikan tetap kuat. Untuk efek yang diberikan memang lebih cepat, akan tetapi untuk risiko terjadinya iritasinya lebih besar.

Semua jenis retinol yang digunakan, pada dasarnya memberikan hasil kulit secara cepat. Maka dari itu, untuk anda yang ingin menggunakan retinol bisa disesuaikan dengan aturan. Paling tidak, efek atau hasil yang diberikan ketika menggunakan retinol bisa dilihat pada bulan ketiga.

Manfaat Retinol Pada Kulit

Bagi anda yang menggunakan retinol, pasti ada beberapa alasan yang terkadang tidak bisa diungkapkan satu persatu. Akan tetapi, ada 3 manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan retinol yaitu:

1. Dapat Mengobati Jerawat

Manfaat yang pertama untuk skincare dengan kandungan retinol adalah bisa mengobati jerawat dengan tingkat rendah maupun parah. Pada saat anda menggunakan skincare yang mengandung retinol bisa membuka pori-pori dan mampu menyerap obat jerawat lebih cepat dan baik.

Selain itu, untuk retinol juga bisa mencegah munculnya jerawat dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Dengan menggunakan retinol, bisa mengurangi terjadinya penyumbatan pori-pori yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Bahkan, ada juga beberapa krim penghilang bekas jerawat yang mengandung retinol.

2. Dapat Mencegah Terjadinya Keriput atau Penuaan

Sebagaimana dirangkum dari pickybest.id, retinol bisa mencegah terjadinya keriput atau penuaan. Apalagi, untuk anda yang menggunakan retinol dengan kandungan tretinoin bisa langsung mencegah munculnya keriput atau garis halus di bagian kulit wajah.

Untuk hal yang satu ini, bisa disebabkan juga karena kandungan tretinoin dapat meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, tretinoin juga bisa memberikan rangsangan kepada aliran darah di bawah kulit dan memberikan hasil yang lebih sehat.

Paling terpentingnya lagi, dengan menggunakan retinol berbahan tretinoin bisa membantu untuk memudarkan flek hitam dan mengurangi bintik-bintik dari pemicu terjadinya kanker. Kandungan senyawa yang satu ini mempunyai cara kerja dengan menghalang paparan sinar ultraviolet berlebih di bagian wajah.

3. Dapat Menghilangkan Milia

Milia merupakan benjolan kecil yang biasanya tumbuh di bagian sekitar hidung, dahi dan kelopak mata. Selain itu, benjolan satu ini sangat sulit sekali untuk dihilangkan. Artinya, untuk menghilangkan benjolan tersebut membutuhkan obat khusus.

Bagi anda yang ingin menghilangkan benjolan di bagian-bagian tersebut bisa dibantu dengan menggunakan serum retinol dengan tambahan tretinoin. Dengan kandungan senyawa tersebut bisa membantu proses pengikisan milia dan mencegah terjadinya pertumbuhan benjolan baru.

Nah, itulah dia pengertian dan manfaat dari kandungan retinol yang ada di beberapa produk skincare. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai retinol dapat membantu anda lebih paham lagi, di saat akan menggunakan beberapa produk skincare.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment