Pendekatan Pembelajaran Paud

Hai teman-teman! Kali ini aku mau bahas tentang model pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 yang pake pendekatan saintifik.

Model Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 (Pendekatan Saintifik)

Nih, ada gambar model pembelajarannya:

Model Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 (Pendekatan Saintifik)

Bagus banget kan gambarnya? Jadi, model pembelajaran ini pake pendekatan saintifik, yang artinya lebih banyak eksperimen dan diskusi.

Apa itu Pendekatan Saintifik PAUD Kurikulum 2013?

Jadi pendekatan saintifik ini fokusnya pada eksplorasi dan pengalaman anak-anak, jadi lebih interaktif gitu. Anak-anak didorong untuk ngasih pendapat, bertanya, dan menjelaskan.

Mengapa Harus Pake Pendekatan Saintifik?

Karena dengan pendekatan ini, anak-anak jadi lebih terlibat dan aktif dalam pembelajaran. Mereka juga jadi lebih kreatif dan nggak takut buat ngasih pendapat.

Kapan Pendekatan Saintifik Dipake di PAUD Kurikulum 2013?

Nah, pendekatan saintifik ini dipake di seluruh kurikulum PAUD 2013.

Dimana Pendekatan Saintifik Bisa Dipake?

Bisa dipake di mana aja sih, asal ada tempat belajar dan guru yang bisa mengaplikasikan pendekatan ini.

Kelebihan Pendekatan Saintifik di PAUD Kurikulum 2013

Pake pendekatan saintifik ini lebih memperhatikan perkembangan anak-anak secara keseluruhan, terutama dalam hal kreativitas dan kemampuan berkomunikasi.

Kekurangan Pendekatan Saintifik di PAUD Kurikulum 2013

Mungkin kekurangannya terletak pada guru yang nggak siap atau nggak paham cara mengaplikasikan pendekatan ini.

Bagaimana Cara Penerapan Pendekatan Saintifik di PAUD Kurikulum 2013?

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengaplikasikan pendekatan saintifik ini, yaitu:

  • Memperkenalkan topik dengan menunjukkan benda nyata atau gambar
  • Mendorong anak-anak bertanya atau berpendapat
  • Mengobservasi atau mengamati fenomena atau benda yang dipelajari
  • Mendiskusikan hasil observasi atau pengamatan dengan anak-anak
  • Mengaitkan konsep yang dipelajari dengan konsep yang sudah dipahami anak-anak
  • Mempertajam pemahaman anak melalui eksperimen atau praktek langsung
  • Menganalisis hasil eksperimen dan membandingkan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki anak-anak sebelumnya
  • Mereview hasil pembelajaran dengan anak-anak

Contoh Penerapan Pendekatan Saintifik di PAUD Kurikulum 2013

Contohnya, misalnya topiknya tentang hewan. Guru bisa ngajak anak-anak untuk ngamatin hewan-hewan di sekitar sekolah atau di kebun binatang. Terus, anak-anak diminta buat menugaskan pertanyaan tentang hewan tersebut. Selanjutnya guru bisa ngajak anak-anak buat eksperimen, misalnya mengamati cara bergerak hewan tersebut atau cara makan hewan tersebut. Setelah itu, hasil observasi dan eksperimen bisa didiskusikan bersama-sama. Nah, dari diskusi tersebut bisa diturunkan konsep atau ide baru tentang hewan.

Nah, gimana? Asik banget kan pake pendekatan saintifik di PAUD Kurikulum 2013 ini? Kreatif dan interaktif banget!

Rizky Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pendekatan Pembelajaran Paud yang dipublish pada di website Mapel

Artikel Terkait

Leave a Comment