Persegi panjang

Persegi Panjang

Penjelasan apa itu persegi panjang mulai dari pengertian, rumus, sifat-sifat, ciri-ciri, macam-macam, luas, keliling, dan cara menghitung. Persegi panjang adalah persegi yang mempunyai ukuran panjang dengan dua pasang sisi sejajar dan empat sudut pada sudut siku-siku. Gambar di atas berbentuk persegi panjang. Gunakan empat simpul untuk memberi nama bentuk persegi panjang. Misalnya pada gambar persegi panjang di atas, kita dapat menamai persegi panjang tersebut ABCD.

Persegipanjang adalah bentuk dua dimensi yang terdiri dari dua pasang sisi yang masing-masing memiliki panjang yang sama dan sejajar dengan pasangannya, serta memiliki empat sudut yang kesemuanya merupakan sudut siku-siku.

Persegi panjang adalah turunan dari persegipanjang dengan dua sisi sejajar dan keempat sudutnya adalah sudut siku-siku (90 °). Sisi terpanjang disebut panjang dan sisi terpendek disebut lebar.

Selanjutnya kita akan membahas tentang penerapan konsep persegipanjang dalam kehidupan sehari-hari. Konsep persegipanjang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Misal, jika kita ingin memagari sekeliling kolam persegipanjang, kita bisa menerapkan konsep keliling persegipanjang. Selain itu, kita dapat menggunakan konsep luas persegi anjang untuk menentukan luas tapak dan luas kertas persegipanjang.

Rumus Persegi Panjang

Rumus persegi panjang

Rumus segi empat terdiri dari beberapa turunan rumus yang saling berkaitan. Rumus matematika ini adalah :

  • Rumus luas persegi panjang
  • Rumus keliling persegi panjang
  • Formula panjang
  • Rumus lebar persegi panjang, dan
  • Rumus panjang diagonal persegi panjang.

Luas (W) W = w x w
Keliling (K) K = 2 x (w + l)
Panjang (w) p = L ÷ l / p = (K ÷ 2) -l
Lebar (l) l = L ÷ p / l = (K ÷ 2) -p
Diagonal (d) d = √ (p2 + l2)

Luas dan Keliling Persegi Panjang

Luas dan keliling persegi panjang

Rumus Luas PersegiPanjang :

L = p x l

Rumus Keliling PersegiPanjang :

K = 2 x (p + l)

Jadi ini adalah beberapa rumus persegipanjang yang harus Anda ingat dan praktikkan di rumah. Misalnya, setelah memahami rumus untuk luas persegipanjang dan keliling dari seluruh persegipanjang, ada baiknya untuk mencoba beberapa soal yang dijelaskan di bawah ini. Semoga contoh pertanyaan berikut bermanfaat bagi Anda.

Menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan luas dan keliling persegipanjang sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu benar-benar memahami rumus dan penggunaannya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa contoh soal dan solusi yang berkaitan dengan luas dan keliling persegipanjang.

Contoh Soal 1

Diketahui di kelas 6 terdapat sebuah kotak yang berbentuk persegipanjang. Jika diukur, kotak tersebut memiliki panjang 5 cm dan lebar 3 cm. Hitunglah berapa luas dari persegipanjang tersebut.

Diketahui : p = 5cm, l = 3cm

Luas persegipanjang?

Penyelesaian :

L = p x l = 5cm x 3cm = 15 cm2

Jadi, luas persegipanjang tersebut adalah 15 cm2

Contoh Soal 2

Diketahui di kelas 5 terdapat sebuah kotak yang berbentuk persegipanjang. Jika diukur, kotak tersebut memiliki panjang 4 cm dan lebar 3 cm. Hitunglah berapa keliling dari persegipanjang tersebut.

Diketahui : p = 4cm, l = 3cm

Keliling persegipanjang?

Penyelesaian :

K = 2 x (p + l) = 2 x (4cm+3cm) = 14 cm

Jadi, keliling persegipanjang tersebut adalah 14 cm.

Sifat-Sifat Persegi Panjang

Sifat-sifat persegi panjang

Dari definisinya, persegi panjang adalah sebuah bentuk dengan 4 sisi, dimana sisi-sisinya menghadap dengan panjang yang sama dan memiliki empat simpul. Selain sisi-sisi berlawanan yang memiliki panjang yang sama, ia juga memiliki empat buah sudut yang berukuran sama yaitu 90 °. Nah, adapun sifat-sifat persegi panjang tersebut, antara lain:

  • Ia memiliki empat sisi, dua pasang sisi berlawanan dan sejajar
  • Memiliki simetri 2 kali lipat
  • Memiliki simetri rotasi sekunder
  • Ia memiliki 4 titik sudut, yang semuanya sama, yaitu sudut siku-siku (90)°
  • Diagonal persegipanjang berpotongan di tengah persegipanjang
  • Bagian tengah persegipanjang membagi diagonal menjadi dua bagian yang sama.
  • Ia memiliki dua sumbu simetri, sumbu vertikal dan sumbu horizontal.

Di atas adalah beberapa sifat dari konstruksi persegipanjang, kemudian kita akan membahas rumus-rumus untuk mencari atau menghitung keliling dan luas persegipanjang.

Bangun Persegi Panjang

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak objek dengan bentuk bangun ruang yang berbeda-beda. Misalnya objek berupa persegi panjang, lingkaran, segitiga dan bentuk lainnya. Oleh karena itu, dalam hal ini, kami akan memberikan beberapa contoh benda persegi panjang yang mengelilingi kita.

Namun, sebelum menjelaskan lebih lanjut objek persegipanjang, yang terbaik adalah memahami apa itu persegipanjang dan propertinya. Inilah interpretasi arti dari persegi panjang dan sifat-sifatnya.

Persegi panjang adalah bentuk dua dimensi dengan dua pasang sisi yang sejajar dan sama. Selain itu, bentuk datar memiliki empat titik sudut berbentuk siku-siku.

Bentuk persegipanjang berbeda dengan persegi, meskipun kedua bentuk tersebut adalah persegipanjang, tetapi persegipanjang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dengan panjang yang sama, sedangkan persegipanjang memiliki panjang yang sama. Misalnya benda dengan bentuk persegipanjang yang sering dijumpai pada rumah adalah pintu dan jendela.

Dalam setiap pengukuran, luas dan keliling benda persegipanjang dapat dihitung. Untuk menghitung luas persegipanjang adalah panjang × lebar. Rumus untuk mencari keliling persegipanjang adalah 2 × (panjang + lebar).

Ciri-Ciri Persegi Panjang

Setiap bentuk dua dimensi memiliki sifat yang berbeda satu sama lain. Properti persegipanjang adalah sebagai berikut.

Ada empat aspek:

  1. Ini memiliki dua pasang sisi paralel berlawanan dengan panjang yang sama.
  2. Ada empat titik sudut yang berbentuk sudut siku-siku (90 °).
  3. Ada dua garis diagonal dengan panjang yang sama.
  4. Ada dua simetri. Ini memiliki simetri rotasi tingkat kedua.

Tentunya setelah memahami definisi dan atribut persegipanjang, Anda sudah dapat memahami tampilan persegipanjang. Nah, lebih tepatnya, benda-benda segi empat inilah yang sering kita jumpai di sekitar kita.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai objek persegipanjang. Benda-benda tersebut terkadang berada di dalam atau di luar rumah. Berikut beberapa contoh benda segi empat di sekitar kita.

  1. Papan tulis
  2. Papan meja
  3. layar komputer
  4. seluler
  5. televisi
  6. kulkas
  7. Uang kertas
  8. pintu
  9. jendela
  10. Jendela kaca

Contoh Soal Persegi Panjang

  • Ada persegipanjang dengan panjang 18 cm dan lebar 14 cm. Berapa keliling persegipanjang?

K = 2 x (p + l)

K = 2 x (18 cm + 14 cm)

K = 2 x 32 cm

K = 64 cm

Jawaban: 64 cm

  • Lapangan sepak bola memiliki panjang lapangan 50 m dan lebar lapangan 30 m. Tentukan luas lapangan sepak bola.

L = p x l

L = 50 m x 30 m

L = 1500 meter persegi

Jawaban: 1500 meter persegi

  • Ruangan berukuran 8 mx 6 m akan dilengkapi dengan keramik. Jika ukuran ubin yang akan dipasang 40 cm x 40 cm, berapa ubin yang dibutuhkan?

Luas = lebar x lebar = 8 m x 6 m = 800 cm x 600 cm = 480000 centimeter persegi

Luas sebuah keramik = 40 cm x 40 cm = 1.600 centimeter persegi

Banyak keramik = 480.000 sentimeter persegi / 1600 sentimeter persegi = 300 lembar keramik.

Kesimpulannya

Persegipanjang adalah segiempat, dengan dua pasang sisi yang sama dan empat sudut siku-siku.

Rumus keliling persegipanjang, yaitu
K = 2 x (w + l)

Rumus luas persegipanjang, yaitu
L = p x l

Oleh karena itu, pembahasan tentang segi empat. Semoga dapat memberikan pengetahuan yang lebih mendasar untuk mempelajari materi matematika yang lebih kompleks. Terima kasih.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom

Saya adalah seorang sarjana komputer yang gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Artikel Terkait

Leave a Comment