Present Continuous Tense

Penjelasan lengkap apa itu present continuous tense mulai dari pengertian, fungsi, rumus kalimat, definisi materi, dan contoh penjelasannya.

Pengertian Present Continuous Tense

Salah satu fungsi dari tenses adalah membentuk suatu kalimat dalam bahasa Inggris yang didasarkan pada waktu terjadi atau berlangsungnya suatu kejadian. Penggunaan tenses dapaat dikatakan beragam, karena dibedakan menurut keterangan waktunya. Secara teori, ada 16 jenis tenses yang perlu kita ketahui dan pahami. Pada artikel berikut, kita akan membahas mengenai Present Continuous Tense.

Present Continuous Tense dapat dipahami sebagai penggunaan kata kerja (verb) untuk menjelaskan suatu aksi yang sedang berlangsung pada masa sekarang (present) atau merupakan sebuah rencana di masa yang akan datang (future). Oleh karena itulah tenses ini seringkali ditambahkan dengan adanya adverbial of time pada kalimatnya.

Ciri-Ciri Present Continuous Tense

Seperti jenis tenses yang lainnya, Present Continuous Tense juga memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakannya dengan tenses jenis lain.

  • Mempergunakan kata kerja dengan akhiran -ing atau V-ing. Contoh: running, studying, swimming, washing, counting, walking, dan lain-lain.
  • Apabila kalimat dengan tenses ini diubah bentuknya menjadi kalimat tanya, maka to be akan ditempatkan ke bagian awal kalimat. Sebagaimana kita ketahui, yang termasuk ke dalam to be adalah kata am, is, dan are. Apabila hendak membentuk kalimat tanya negatif, maka pada kalimat tersebut harus menggunakan kata not yang mengikuti to be.

Sehingga apabila kita menemukan kalimat dengan verb -ing atau kata kerja dalam bentuk -ing, maka bisa dikatakan bahwa kalimat tersebut menggunakan pola Present Continuous Tense.

Sebagai tambahan, ada beberapa ciri lainnya yang umumnya digunakan pada tenses ini, yaitu penggunaan keterangan waktu atau time signal. Selain itu, keterangan waktu memiliki kegunaan sebagai pembeda antara tenses yang satu dengan lainnya. Beberapa kata keterangan waktu yang sering digunakan pada tenses ini adalah now, at the moment, right now, today, this morning, this afternoon, soon, tonight, at present.

Rumus Present Continuous Tense

Selanjutnya kita akan belajar rumus penggunaannya pada suatu kalimat. Rumus berikut ini merupakan panduan untuk penyusunan subjek, katakerja, objek, serta keterangan waktu sehingga membentuk kalimat yang benar.

Kalimat Positif (Affirmative)

Pada bentuk kalimat positif, kata kerja (verb) yang digunakan memiliki akhiran -ing. Kalimat positif biasanya berfungsi menjelaskan suatu kejadian maupun aksi tanpa menggunakan kata not dalam kalimat tersebut.

Rumus : S + to be + Verb -ing

  • I am examining for the test currently.
  • Amanda is learning Science.
  • My mother is taking a shower.
  • My sister is cooking for lunch.

Kalimat Negatif

Jika sebelumnya merupakan kalimat positif atau Affirmative, maka kebalikannya adalah kalimat negatif yang menyatakan ketidakcocokan atau ketidaksesuaian atas peristiwa yang disampaikan. Oleh sebab itu, dalam penulisan kalimatnya menggunakan kata not. Sedangkan pada kata kerjanya (verb) masih menggunakan kata kerja dengan akhiran -ing.

Rumus: S + to be + not + Verb -ing

  • Jenny is not working right now.
  • I am not learning Science.
  • My mother is not sleeping in her bedroom.
  • My sister is not cooking for lunch in the kitchen.

Penulisan kata is not dapat diperpendek menjadi isn’t

Kalimat Tanya (Interrogative)

Present Continuous Tense juga memiliki rumus atau pola tertentu dalam penulisan kalimat tanya atau Interrogative. Namun, rumus yang digunakan berbeda dengan rumus yang digunakan pada kalimat positif dan negatif. Perbedaannya terletak pada penggunaan to be yang diletakkan di awal kalimat.

Rumus : To be + S + Verb -ing ?

  • Is Jenny working right now?
  • Am I learning Science?
  • Is my mother sleeping in her bedroom?
  • Is my sister cooking for lunch in the kitchen?

Fungsi Penggunaan dan Contoh Kalimat Present Continuous Tense

1. Present continuous tense adalah jenis Tenses yang memiliki fungsi untuk menerangkan suatu peristiwa/aksi yang saat ini sedang terjadi. Time expression (keterangan waktu) yang bisa dipakai antara lain:

  • now (sekarang)
  • at the moment (saat ini)
  • this afternoon (siang ini)
  • over the holidays (selama hari libur)

Contoh kalimat lainnya:

1. Citra is washing the clothes.

(Citra sedang mencuci pakaian.)

2. I‘m taking a train to Surabaya now.

(Saya naik kereta ke Surabaya sekarang.)

3. He’s learning Science to pass the exam tomorrow.

(Dia sedang belajar Ilmu Pengetahuan Alam agar lulus ujian besok.)

4. I‘m ordering hamburger at the moment.

(Saya sedang memesan hamburger saat ini.)

2. Present continuous tense yang digunakan untuk menyatakan sebuah rencana ke suatu tempat/kondisi. Keterangan waktu (time expression/time signal) yang dapat digunakan antara lain:

  • on Sunday (pada hari Minggu)
  • at eleven o’clock on Monday (pada pukul sebelas hari Senin)
  • next week/month (minggu/bulan depan)
  • this month (bulan ini)

Contoh Penggunaan Present Continuous Tense dalam Kalimat

1. I’m spending my school holiday on Paris until next month.

(Saya sedang menghabiskan liburan sekolah di Paris sampai bulan depan.)

2. You can’t call me this afternoon. I’m going to my boyfriend’s farewell party.

(Kamu tidak dapat menghubungi saya petang ini. Saya akan pergi ke pesta sahabat saya.)

3. The plane is departing in an hour.

(Pesawat tersebut berangkat dalam satu jam.)

4. We’re moving to Bali this month.

(Kami pindah ke Bali bulan ini.)

3. Present continuous tense untuk menyatakan suatu peristiwa atau aksi yang terjadi secara berulang kali. Dapat juga menyatakan ketidaksukaan terhadap peristiwa yang berulang kali dilakukan.

Contoh Kalimat Present Continuous Tense

1. Why is the dog always chasing at me?

(Mengapa anjing itu selalu mengejar saya?)

2. I‘m getting sick of you always asking me to do the same thing.

(Saya mulai bosan dengan kamu yang selalu meminta saya melakukan hal yang sama.)

3. My brother always screaming at me and complaining about everything.

(Kakak laki-laki saya selalu meneriaki saya dan mengeluh tentang segala hal.)

Apa yang membedakan antara Simple Present Tense dan Present Continuous Tense?

Mungkin beberapa di antara kamu akan sedikit bingung membedakan antara kalimat simple present tense dengan present continuous tense karena sewaktu-waktu kamu akan menghadapi kalimat yang terlihat mirip. Untuk menjawab kebingungan tersebut, perhatikan penjelasan berikut :

Simple PresentPresent Continuous
a) Untuk menyatakan aksi yang terjadi berulang-ulang atau secara regular. Contoh kalimat: Derry reads one book a day.Yuna usually walks to her school.The new semester starts on July.a) Untuk menyatakan aksi yang terjadi selama waktu pembicaraan. Contoh kalimat: Willy cannot pick up the phone right now because he is driving a car.   Untuk aksi yang berlangsung sekitar waktu pembicaraan Contoh kalimat: John is studying Math three times a week these days because he needs to make up his last Math test.
b) Untuk menyatakan suatu fakta, situasi, dan keadaan yang tidak diharapkan untuk berubah. Contoh kalimat: Shandy lives in Bogor.Marina works in a Bank.b) Present continuous tense untuk menyatakan situasi dan peristiwa yang terjadi hanya sementara atau kita harapkan untuk berubah. Contoh kalimat: Shandy is living in Bogor for the time being due to her study.Benny is working at a museum this two weeks because his classes are on break.

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai Present Continuous Tense berikut dengan contoh penggunaannya dalam kalimat. Dengan terus berlatih, tentunya pemahaman beberapa tense dan bentuk tenses lainnya akan lebih mudah untuk dipelajari. Semangat ya!

Tinggalkan komentar